Keuntungan Bergabung Dengan PAFI Bagi Ahli Farmasi Indonesia

Ahli farmasi merupakan salah satu profesi dalam bidang kesehatan yang selalu kita temui di apotik-apotik rumah sakit, dan laboratorium farmasi. Tugas seorang ahli farmasi adalah membantu memastikan obat-obatan yang diberikan kepada pasien aman, efektif dan berkualitas tinggi untuk dikonsumsi pasien.

pafi
Source : pexels.com

Mereka yang berprofesi ahli farmasi ini mememiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pengolahan obat dan pemahaman tentang berbagai jenis obat serta penggunaan. Ahli farmasi memiliki peluang kerja yang luas. Seorang ahli farmasi bisa bekerja sebagai tenaga teknis kefarmasian, medical representative atau asisten apoteker.

Kesempatan untuk meraih peluang kerja tersebut bisa diraih dengan bergabung menjadi anggota PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia). Karena PAFI merupakan organisasi professional yang menaungi para ahli farmasi di Indonesia. PAFI sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia, salah satunya adalah PAFI Kota Blitar

Kenalan dengan PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia terbentuk pada tanggal 13 February 1946 di Yogyakarta. Organisasi ini dibentuk sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga yang bekerja di bidang Farmasi, yang selanjutnya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini disingkat dengan PAFI.

Ahli Farmasi Indonesia ini sudah ada sejak masa Proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Aggustus 1945. Dan ikut bergabung bersama dengan semua golongan masyarakat untuk turut serta dalam mengusir penjajah dari Indonesia. Ahli Farmasi Indonesia juga turut serta dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dalam pembangunan Masyarakat dan Negara.

Tujuan terbentuknya PAFI adalah

  1. Mewujudkan masyarakat adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  2. Mewujudkan Derajat Kesehatan yang opotimal bagi masyarakat Indonesia
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  4. Meningkatkan kesejateraan anggota

Dengan tujuan tersebut, ada banyak manfaat yang diberikan PAFI kepada anggotanya yaitu para ahli farmasi yang masuk di dalamnya.

Keuntungan Bergabung dengan PAFI

ahli farmasi
Source : pafisulut.or.id

Ada banyak keuntungang yang bisa didapatkan bagi para ahli farmasi yang bergabung dalam PAFI. Berikut beberapa keuntungan bergabung menjadi anggota PAFI.

1. Akses ke Jaringan Profesional

Karena merupakan kumpulan atau organisasi ahli farmasi se Indonesia, sehingga setiap anggota PAFI memiliki kesempatan memiliki jaringan professional yang luas baik ditingkat nasional atau internasional. Hal ini bisa membuka peluang untuk saling berbagi baik pengetahuan, pengalaman atau kesempatan kerja.

2. Meningkatkan Kompetensi dan Karir

Ada banyak sekali program-program peLatihan yang diselenggarakan oleh PAFI untuk para anggotanya. Sehingga setiap anggota memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan mereak. Hal ini mampu membantu para ahli farmasi untuk mengembangkan karir mereka dan membuka peluang kerja yang lebih baik.

3. Dukungan dan Perlindungan Hukum

Tak hanya memberikan akses dan pelatihan, PAFI juga memberikan dukungan perlindungan hukum bagi semua anggotanya dalam menghadapi berbagai masalah terkait profesi. Sehingga seluruh anggota merasa aman dan terlindungi selama menjalankan tugas mereka sebagai ahli farmasi.

4. Akses ke Informasi dan Sumber Daya

Seluruh anggota PAFI diberikan akses ke barbagai informasi dan sumber daya yang bermanfaat untuk profesi mereka. seperti publikasi ilmiah, penelitian terbaru, dan perkembangan terkini di dunia farmasi.

Kesempatan Berkontribusi

Lewat PAFI, seluruh anggota punya kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu farmasi dan peningkatan kualitas pelayanan kesehata di Indonesia.

itu tadi berbagai keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika mendaftar menjadi anggota PAFI. Untuk informasi yang lebih lengkap lagi, kalian bisa lihat di website resminya di https://pafikotablitar.org/.

 

 


Tidak ada komentar

Posting Komentar