MONEY LOVER, Bantu Kamu Atur Keuangan

“Gaji Cuma numpang lewat doang”

Seringnya kita nggak ngerti ya ini uang bulanan kok tiba-tiba abis aja sih. Padahal belum juga masuk akhir bulan. Uangnya udah kepakai buat apa aja? Kok berasa boros banget. Atau kadang kita juga ngerasa ini uang kok masih banyak ya, apa ada keperluan yang nggak kebeli?

Dulu waktu masih tahun awal kerja aku sering mengalami hal seperti itu. Lebih seringnya uangnya udah habis padahal tanggal gajian masih jauh. Karena dulu tuh suka lapar mata kalau pingin barang atau makanan ya langsung beli aja, nggak pernah mikirin ini dananya cukup apa nggak.

budgeting bulanan

Barulah sadar untuk mengatur keuangan, agar semua kebutuhan bisa terpenuhi dan bisa nabung untuk masa depan. *ceileeh

Awalnya manual gitu ngatur keuangannya, jadi pas gajian langsung disisihkan buat yang ditabung. Lainnya buat kebutuhan sehari-hari. Tapi nyatanya belum berhasil juga, karena kadang lebih banyak belanjanya dari pada buat makan. Dan drama akhihr bulan pun berlanjut hahaha.

Barulah kemudian liat teman kerja ngatur keuangan pribadinya menggunakan aplikasi di ponsel. Dari sanalah awal aku mengenal Money Lover.

Money Lover

aplikasi atur uang

Aplikasi berbentuk celengan babi warna hijau ini merupakan aplikasi yang membantu penggunanya untuk mengelola dan menganggarkan uang dengan mudah. Mulai dari melacak pengeluaran, membuat anggaran hingga membuat tabungan.

Merupakan aplikasi manajemen keuangan pemenang penghargaan best of 2017 app, google Top Developer, Editor’s Choice App, Best of 2016 money manager and budget app on android (google play nomination). Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 5 juta orang dengan rate bintang 4.

Fitur-fitur Money Lover

money lover

Catatan Transaksi

Fitur dasarnya adalah mencatat semua transaksi yang kalian lakukan, transaksi masuk, transaksi keluar, hutang piutang dan lainnya. Kalian bisa mengaturnya dalam beberapa kategori.

Misal untuk belanja kebutuhan sehari-hari kalian bisa mengelompokkannya dalam kategori belanja dengan sub kategori sembako, body care, snack dan lain-lain. Untuk pengeluaran makan dan minuman bisa kalian kelompokkan dalamsub katergori makan, jajan, caffe, resto dan lain-lain.

Kalian bisa melihat transaksinya berdasarkan transaksi (harian) atau berdasarkan kategori. Sehingga memudahkan untuk melihat pengeluaran harian dan pengeluaran per kategori. Jadi bisa tau nih bulan ini anggaran membengkak di kategori mana gitu.

Selain kategori pengeluaran dan pemasukan ada juga kategori hutang & piutang. Dikategori ini kalian bisa mudah untuk cek jika kalian mempunyai hutang. Jadi nggak bakal lupa bayar tuh. Kalian juga bisa cek berapa banyak piutnang yang belum kalian terima. Jadi kalau ada teman yang hutang kalian tetap ingat karena ada catatannya sehingga bisa ditagih. Nggak perlu takut lagi deh kalau ada temen yang tiba-tiba bilang “pinjam dulu seratus”.

Anggaran Pengeluaran

Menariknya lagi di aplikasi ini kalian juga bisa membuat anggaran untuk setiap pengeluaran kalian. Kalian bisa menambahkan anggaran per kategori.

Nantinya setiap kalian melakukan transaksi, kalian bisa cek berapa anggaran yang tersisa untuk kategori tersebut. Kalian juga bisa lihat apakah kalian masih memiliki anggaran belanja untuk kategori tersebut atau ternyata anggarannya udah habis. Jadi bisa bantu kalian untuk mempertimbangkan pengeluaran bulanan.  

Misalkan nih kalian dalam sebulan menganggarkan jajan di caffe sebesar Rp 500.000 tapi belum juga sampai akhir bulan ternyata jatah kalian ke caffe tinggal Rp. 50.000, jadi kalian bisa menentukan kan ini mau ngafe lagi atau menahan untuk nggak hang out karena anggaran sudah mau habis.

Transaksi Berulang

Pasti ada kan pengeluaran yang selalu sama tiap bulannya. Misalkan aja biaya wifi tiap bulan atau uang asuransi dll. Di Money lover kalian terdapat fitur transaksi berulang untuk transaksi-transaksi tersebut. Sehingga kalian nggak perlu repot mencatatnya tiap bulan karena nantinya transaksi tersebut secara otomatis akan tercatat.

Kelebihan Money Lover

aplikasi catat keuangan

Mudah Diakses Dimana Saja

Mencatat pengeluaran atau pemasukan bisa dilakukan di mana saja lewat ponsel, tablet atau laptop. Semua perangkat tersebut akan disinkronisasi secara otomatis. Jadi nggak perlu daftar berulang kali, cukup satu akun saja.

Membantu Mengelola Uang dengan Bijak

Money lover bisa bantu untuk rencakan anggaran dan memangkas yang tidak penting. Akan ada notifikasi ketika anggaran sudah mencapai batas yang ditentukan untuk mengingatkan kalian.

Money lover juga membantu kalian untuk membuat target tabungan yang masuk akal dan bisa dipantau secara langsung.

Mengetahui Kemana Uang Pergi

Melalui system kategory kalian bisa memantau uang kalian dengan sangat mudah. Selain itu laporan keuangannya mudah untuk dipahami dengan grafik yang intuitif sehingga memberikan gambaran detail tentang kehidupan financial kalian.

Tetap Ingat Tagihan

Money lover mengatur dan mengingatkan kalian tentang tagihan yang akan datang. Kalian cukup menjadwalkan pengeluaran yang belum terjadi dan siap-siap untuk pengeluran tak terduga.

Dengan Money Lover mengatur keuangan jadi lebih mudah.

 


Tidak ada komentar

Posting Komentar