Kesulitan Belajar yang Biasa Dialami Anak dan Cara Mengatasinya

situs teknologi
Belajar adalah proses penting dalam kehidupan anak, tetapi terkadang dalam prosesnya mereka bisa saja mengalami kesulitan dalam belajar. Beberapa kesulitan yang umum anak-anak alami saat belajar, seperti sulit atau belum bisa membaca, belum dapat menulis dengan lancar, sulit mengingat materi pelajaran, dan sebagainya. Yuk, baca penjelasan lengkapnya dan cara mengatasinya di artikel ini.

5 Kesulitan yang Umum Anak Alami Saat Belajar dan Cara Mengatasinya

1. Sulit atau Belum Bisa Membaca

Anak yang mengalami kesulitan dalam membaca biasanya karena belum mengenal dan memahami bentuk huruf dan rangkaian kata. Di saat yang sama, mereka juga masih kesulitan memahami arti kata akibat masih sedikit perbendaharaan kata yang mereka miliki.

Cara mengatasi anak yang masih mengalami kesulitan membaca, orang tua bisa menggunakan metode lain untuk melatih anak, misalnya melalui permainan interaktif mengenal huruf dulu. Kemudian, belajar merangkai huruf menjadi kata, memahami arti kata, baru kemudian secara terstruktur melatih keterampilannya membaca.

2. Belum Dapat Menulis dengan Lancar

Anak yang mengalami kesulitan menulis sehingga belum lancar saat diminta menulis suatu kata atau kalimat, biasanya karena mereka kesulitan mengorganisir pikiran, memahami struktur kalimat, atau belum mampu mengekspresikan pikiran atau ide secara tertulis.

Nah, cara mengatasinya, orang tua bisa menggunakan kartu kata, mengelompokkan atau memasangkan kata dan benda, latihan mengisi kata-kata yang hilang dalam suatu kalimat, dan sebagainya. Selain itu, bantu anak untuk latihan menulis secara terstruktur.

3. Sulit Fokus dan Berkonsentrasi

Jika anak sulit fokus dan berkonsentrasi dalam belajar, tentu saja ia jadi kesulitan pula memahami materi pelajaran. Anak yang sulit fokus ini umumnya karena situasi atau lingkungan tempat mereka belajar terlalu banyak distraksi, seperti adik yang lagi bermain di dekatnya, suara televisi yang menyala, ada orang yang sedang mengobrol, sementara anak harus belajar, dan sebagainya.

Coba ciptakan suasana belajar yang kondusif dan jauhkan distraksi dari sekeliling anak ketika anak sedang belajar. Selain itu, buatlah jadwal belajar yang teratur dan di jam yang sama, supaya tubuh dan pikiran anak bisa terlatih untuk fokus ketika belajar. 

4. Kesulitan dalam Mengingat atau Memori

Kesulitan mengingat atau kemampuan memori jangka pendek yang kurang sebenarnya bisa terjadi karena pemahaman anak yang kurang pada materi yang dipelajari, kurang melakukan pengulangan, atau kurang berlatih.

Maka untuk membantu anak agar bisa mengingat pelajaran dengan baik, orang tua bisa mengajarkan teknik memori, seperti mengulang-ulang materi belajar sampai bisa mengingatnya dengan baik, belajar dengan sistem tanya jawab, serta membangun kebiasaan belajar yang teratur untuk meningkatkan kemampuan memori. 

5. Belum Bisa Berhitung

Hampir sama seperti kesulitan anak yang belum bisa membaca dan menulis, maka anak yang belum bisa berhitung umumnya karena belum mengenal angka dengan baik, serta belum memahami konsep dasar matematika.

Cara membantu anak agar dapat berhitung, bisa dengan cara menggunakan bahan ajar yang interaktif untuk mengenalkan angka, penjumlahan, pengurangan, bahkan perkalian, Bisa juga berhitung dengan menggunakan alat bantu, seperti kartu bergambar, balok mainan, biji kacang, dan sebagainya. 

Selain cara-cara di atas, orang tua bisa lho memanfaatkan internet untuk menemukan cara lain untuk memaksimalkan potensi anak dalam belajar, sekaligus memanfaatkan berbagai platform dan materi edukasi yang tersedia di internet untuk membantu anak belajar. Misalnya, dengan materi edukasi yang disediakan IndiHome dari Telkom Indonesia

Memanfaatkan Materi Edukasi untuk Mengoptimalkan Potensi Anak dalam Belajar

IndiHome Edukasi

Dengan kemajuan teknologi internet saat ini, orang tua sebenarnya memiliki akses yang luas untuk mendapatkan referensi dan sumber belajar untuk memaksimalkan potensi dan meningkatkan kecerdasan anak. 

Berdasarkan rilis yang tayang di situs teknologi mengenai cara mendidik anak dengan internet, ada banyak platform belajar online maupun materi edukasi yang bisa digunakan secara gratis, asalkan sudah menjadi pelanggan IndiHome.

Jadi, orang tua cukup menjadi pengguna internet cepat IndiHome, kemudian bisa memilih untuk mendapatkan layanan tambahan untuk anak sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar di Ruangguru, Khan Academy, Quipper, dan sebagainya. 

Dari IndiHome sendiri pun juga banyak menyediakan materi belajar, seperti IndiHome Edukasi, yaitu platform yang bisa orang tua dan anak akses untuk belajar dari video pembelajaran, latihan soal, bahkan ikut ulangan online. Materi-materi ini disusun secara sistematis yang bertujuan untuk membantu anak lebih mudah menguasai dan memahami materi pelajaran. 

Selain itu ada pula IndiHome Study yang merupakan layanan untuk akses kelas online, virtual library, bahkan ulangan online. Mengikuti kelas online dan mengerjakan soal ulangan dapat membantu anak belajar lebih efektif. 

Media edukasi sekaligus hiburan yang khusus untuk anak dari IndiHome ada IndiHome Kids. Dengan mengakses layanan ini, anak bisa menonton video edukasi, ikut menyanyikan lagu anak, atau bermain permainan edukasi. Anak jadi bisa belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Kesulitan anak dalam belajar harus segera diatasi. Orang tua dapat memanfaatkan berbagai platform dan materi edukasi yang tersedia di internet untuk membantu dan mendampingi anak belajar.


1 komentar

  1. Bener banget nih. Orang tua yang perlu belajar lebih dulu sebelum menemani anak belajar

    BalasHapus