Mengenalkan Konsep Keuangan Pada Anak Lewat Games Online

Perlukah mengenalkan konsep keuangan pada anak?

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan konsep keuangan pada anak?

Dan bagaimana caranya mengenalkan konsep keuangan pada anak?

Games keuangan online
Source : pexels.com
Beberapa pakar psikolog anak mengatakan, mengenalkan uang ke anak baiknya dilakukan ketika anak memasuki usia sekolah yaitu ketika anak memasuki usia 3 hingga 5 tahun. Mengenalkan konsep keuangan pada anak sejak dini memiliki banyak dampak positif bagi anak.

Pemberian edukasi keuangan pada anak sejak dini diharapkan bisa membentuk pribadi anak menjadi tangguh, bertanggungjawab dan mandiri. Sehingga bisa menjadikan anak lebih bijak dalam menggunakan uang dan mampu menumbuhkan kebiasaan baik menabung.

Lalu, bagaimana cara untuk mulai memberikan edukasi pada anak agar mereka bisa cepat mengerti?

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mulai mengenalkan konsep keuangan pada anak.

1. Mengenalkan Nilai Mata Uang

Mengenalakan nilai mata uang bisa dimulai dari mengenalkan warna hingga nominalnya. Lalu memberitahukan barang apa saja yang bisa dibeli dengan uang tersebut.

Kalian juga bisa memberikan tes untuk anak dengan bermain jual beli barang seperti di toko. Kalian memberikan harga pada barang yang dijual dan meminta anak-anak untuk memberikan nominal uang yang harus mereka bayarkan.

2. Mengajak Anak Berbelanja ke Toko

Ajaklah anak berbelanja ke toko agar mereka bisa melihat sendiri kegunaan uang dalam proses jual beli secara langsung. Kalian bisa meminta mereka untuk mengambil barang apa saja yang mau dibeli, hingga meminta mereka untuk membayar barang belanjaan ke kasir.

3. Bermain Games Jual Beli

Mengenalkan konsep keuangan kepada anak dengan cara bermain seperti ini dirasa lebih efektif. Belajar sambal bermain membuat anak-anak lebih mudah dan cepat untuk menerima dan memahami.

Kini untuk mengenalkan keuangan pada anak lebih mudah lagi karena ada Money Games dari Mortgage Calculator. Sebuah situs games online yang berisi berbagai games keuangan dengan tema wirausaha, bisnis dan manajemen uang untuk anak-anak.

Games di sini memiliki konsep yang sederhana sehingga mudah dimainkan oleh anak-anak. Dan hebatnya lagi, kalian tak dikenakan biaya sepeser pun untuk memainkan games di situs Mortgage Calculator ini.

Money Games by Mortgage Calculator

Berikut beberapa games keuangan yang bisa kalian mainkan bersama anak-anak

Cash Back

Cara mengenalkan uang pada anak
Source : mortgagecalculator.org
Cash back adalah permainan dimana pemain memberikan uang kembalian yang benar menggunakan uang kertas dan koin.

Cara Bermain

  1. Pilih tutorial untuk melihat atau langsung bermain.
  2. Ada tiga tingkatan permainan yaitu easy, medium atau hard. Pilih tingkatan permainan di games yang akan kalian mainkan.
  3. Di kolom kiri nanti akan ada kolom barang yang dibeli pelanggan dengan harga tertentu.
  4. Di bawahnya ada keterangan yang menuliskan uang yang pelanggan bayarkan dan uang kembalian yang harus pelanggan terima.
  5. Jawab pertanyaan yang sebanyak mungkin dengan benar sampai waktu yang diberikan habis.
  6. Kalian bisa menjawab pertanyaan dengan berbagai kombinasi uang yang berbeda selama jumlah total akhir sesuai dengan perubahan yang jatuh tempo.

Grocery Cashier

Games mortgage calculator
Source : mortgagecalculator.org
Grocery Cashier merupakan games di mana anak-anak berlatih penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan mesin kasir virtual. Di games ini anak-anak berpura-pura menjadi seorang kasir. Mereka bertugas untuk menghitung total belanja pelanggan dan memberikan uang kembalian menggunakan kalkulator. Semakin banyak pelanggan yang dilayani dengan benar, semakin tinggi score yang diperoleh.

Cara Bermain

  1. Setiap pelanggan mewakili level permainan. Semakin lama bermain, jumlah item yang harus dijumlahkan semakin meningkat sementara batas waktu yang diberikan untuk setiap pelanggan berkurang.
  2. Barang yang dibeli pelanggan memiliki nominal yang berbeda-beda, jumlahkan harga semua barang yang dibeli pelanggan dengan menekan tombol plus (+).
  3. Untuk memasukkan pembayaran kalian harus mengklik tombol di kasir, bukan di keyboard. Jika kalian melakukan kesalah, kalian bisa menghapusnya dengan mengklik tombol hapus.
  4. Setelah memasukkan semua item klik tombol total.
  5. Jika pelanggan membayar menggunakan vocer belanja, masukkan jumlah vocer dan klik tanda minus lalu klik tombol done di sebelah kanan.
  6. Jika pelanggan membayar dengan uang, masukkan jumlah uang yang mereka bayarkan dan klik tombol pay. Lalu berikan uang kembalian sesuai dengan jumlah yang tertera di layar kasir dan klik tombol done.

Treze Coins

Treze Coins adalah games penjumlahan uang sederhana di mana anak-anak diharuskan menjumlahkan koin untuk disetorkan ke gumball machine.

Cara Bermain

  1. Pilih Bahasa yang kalian kuasai sesuai Bahasa negara yang dilambangkan dengan bendera negara. Pilihan bahasanya meliputi Bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, dan Prancis.
  2. Pilih denominasi koin yang akan kalian gunakan selama bermain games. Ada tiga pilihan pertama koin 1, kedua koin 1 dan 10, ketiga koin 1, 5 dan 10.
  3. Lihat jumlah yang ditampilkan di bagian tengah atas layar dan klik koin dari area bawah untuk memasukkan koin dengan jumlah yang sesuai.
  4. Jika kalian sudah menambahkan koin dengan benar, klik pada gumball mechine untuk memasukkan koin.
  5. Jika kalian melakukan kesalahan input koin, kalian bisa mengklik tombolX di bawah kotak penambaha koin.
  6. Jika kalian ingin melakukan perubahan denomasi uang, ada converter koin di pojok kanan bawah.
  7. Terus beli permen karet di gumball mechine sampai uang kalian habis.

Itu tadi beberapa games yang bisa kalian lakukan bersama anak-anak untuk mengenalkan mereka pada konsep keuangan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar