Pengalaman Pertama Kali Ke Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Tiket prkan raya jakarta
Tiket Pekan Raya Jakarta

Setelah beberapa tahun lamanya nggak menginjakkan kaki di Ibu kota, akhirnya awal bulan lalu punya alasan untuk bisa pergi ke Jakarta. Kangen juga dengan hiruk pikuknya Kota Metropolitan ini yang katanya tingkat kejahatannya lebih parah daripada ibu tiri.

Tahun 2021 kemarin sempat numpang lewat aja sih ke Jakarta karena harus transit dari Malang ke Jakarta lalu ke Belitung. Tapi beda lah ya rasanya karena cuma hitungan menit doang di Jakartanya waktu itu.

Kali ini, karena ada acara keluarga  aku bisa lebih lama stay di sini. Aku berangkat pada tanggal 9 Juni bulan lalu, pas banget dengan pembukaan PRJ (Pekan Raya Jakarta) setelah vakum di tahun 2020. Karena emang belum pernah sama sekali ke sana, saat sepupuku ngajakin ke sana langsung manggut-manggut kesenangan dong.

Event Jakarta fair atau yang biasa disebut Pekan Raya Jakarta ini sebenarnya sudah diadakan dari tahun 1968. Acara ini diadakan dalam rangka perayaan ulang tahun Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni. Sayangnya meski dulu 2 tahun tinggal di Jakarta aku belum pernah sekali pun tandang ke sana.

Baca Juga : Solusi Transportasi Nyaman dan Aman Saat Traveling Bareng Sahabat, Sewa Mobil Aja

Awal Mula PRJ

PRJ pertama kali dibuka oleh Presiden Soeharto pada tanggal 5 Juni hingga 20 Juli 1968. Pembukaan PRJ ditandai dengan pelepasan burung merpati pos. Awalnya PRJ diselenggarakan di Kawasan Monas, namun pada tahun 1992 dipindahkan ke Kawasan Kemayoran Jakarta Pusat yang memiliki area lebih luas.

Pencetus ide perhelatan Pekan Raya Jakarta ini adalah Syamsudin Mangan (Haji Mangan), Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri). Perhelatan event Jakarta Fair ini dimaksudkan guna meningkatkan pemasaran produk dalam negeri yang kala itu mulai bangkit setelah peristiwa G30S PKI 1965. Ide tersebut disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, karena Pemerintah DKI juga ingin membuat pameran besar yang terpusat dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Secara garis besar event ini bertujuan untuk membangkitkan semangat promosi produk dalam negeri, selanjutnya mampu untuk membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Pekan Raya Jakarta 2022

Setelah vakum selama 2 tahun karena pandemic covid yang menyerang ditahun 2020, kini PRJ mulai diadakan lagi. Di ulang tahun Jakarta yang ke 495 kali ini PRJ Mengusung tema "Majulah Produk-produk Indonesia untuk Pasar Domestik dan Dunia yang diharapkan ajang ini menjadi pemantik perekonomian Indonesia agar bangkit setelah pandemic Covid-19 mulai mereda."

Suasana pekan raya jakarta 2022
Keramaian PRJ

Pekan Raya Jakarta kali ini dibuka pada tangal 9 Juni 2022 hingga 17 Juli 2022.

 Jadwal operasional Jakarta Fair 2022

  • Senin – Jumat buka mulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB
  • Sabtu – Minggu buka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB

Cara Masuk PRJ

Untuk bisa masuk ke Pekan Raya Jakarta, kalian harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk bisa kalian beli on the spot atau secara online. Aku saranin beli secara online aja sih biar nggak antri terlalu lama di loket pembelian. Pembelian tiket secara online bisa dilakukan di Website PRJ 

Pengalaman aku waktu datang ke sana, antriannya panjang banget lho! Untungnya kemarin ada orang yang jual tiket karena temennya nggak jadi datang, jadi aku nggak antri lama-lama di loket.

Harga Tiket Masuk

Tiket tanpa Konser

  • Senin                                  Rp. 30.000
  • Selasa - Kamis                   Rp. 40.000  
  • Jumat – Minggu                 Rp. 50.000

Tiket masuk + konser (Bundling)

  • Senin                                   Rp 60.000
  • Selasa – Kamis                   Rp  70.000
  • Jumat – Sabtu                     Rp. 100.000

Saat beli tiket kalian akan mendapatkan selebaran yang berisi vocer potongan pembelian di beberapa outlet yang ada di PRJ.

Baca Juga : Tips Memilih Hotel Yang Tepat Saat Staycation

Kegiatan yang Bisa dilakukan di PRJ

Nonton koser
Panggung Utama Konser

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa kalian lakukan saat berada di Pekan Raya Jakarta. Areanya yang luas banget, rasanya nggak bakal bosan meski diputerin semalaman. Aku kemarin aja yang datang dari jam 18.00 WIB jalan keliling PRJ sampe pukul 22.00 WIB rasanya masih kurang lama berada di sana.

Nah apa aja sih yang bisa dilakukan di sana

1. Ajang Belanja dan Cari Barang Murah

Sebagai pameran terbesar se Asia Tenggara, tak ada lagi hal yang wajib dilakukan selain belanja. Dengan area seluas 44 hektare itu ada banyak sekali booth yang bisa kalian kunjungi. Mulai dari pakaian, alas kaki, kain, furniture, produk elektronik hingga mobil dan motor.

Dan menariknya lagi ada area khusus yang digunakan untuk penjualan produk-produk UMKM. Di sini kalian bisa menemukan banyak sekali jajanan khas daerah-daerah yang ada di Indonesia. Ada pempek palembang, kripik ikan, kripik tempe hingga dodol garut.

Selain ada berbagai macam booth yang bisa kita kunjungi, para penjual pun banyak menebar diskon. Jadi kalian bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah daripada jika kita membelinya di toko atau mall.

2. Kuliner Masakan Nusantara

Kuliner nusantara di jakarta
Area Makanan Khas Nusatara

Setelah capek belanja, sekarang waktunya isi perut nih. Di Pekan Raya Jakarta ini ada area food court di beberapa titik. Jadi kalian nggak akan kesusahan cari makan atau cari jajanan buat mengganjal perut.

Makanan yang disediakan pun beraneka ragam. kalian bisa mencoba berbagai makanan nusantara di sini. Tak terkecuali kerak telor, banyak pikulan-pikulan pedagang kerak telor, makanan khas betawi di tiap sudut Kawasan PRJ.

3. Atraksi Kesenian

Di jam-jam tertentu ada pertunjukan atraksi dari kesenian daerah yang dipertontonkan. Kemarin waktu aku ke sana ada atraksi barongsai. Setelah lelah berkeliling, jadi merasa terhibur dengan melihat atraksi barongsai ini.

4. Konser

Tiap hari selalu ada musisi papan atas yang tampil dalam konser di Pekan Raya Jakarta. Jika kalian ingin melihat konser, kalian bisa membeli tiket budling yaitu gabungan tiket masuk dan tiket konser. Lokasi konser berada di arena terbuka yang terletak di tengah kawasan Pekan Raya Jakarta.   

Jadwal konser bisa kalian lihat di Jadwal Konser PRJ. Kalian bisa menyeseuaikan kedatangan kalian ke PRJ dengan jadwal konser musisi yang kalian inginkan.

Begitulah pengalaman aku pertama kali datang ke Pekan Raya Jakarta. Rasanya tak akan pernah puas jika hanya semalam berkeliling di sana.

15 komentar

  1. Seru banget kayaknya PRJ ini, ya. Sayang aku belum pernah ke sana meski beberapa kali melintasi Jakarta

    BalasHapus
  2. wah aku malah belum jadi kesana :) tadinya pengen sebelum liburan sekolah biar gak penuh banget gitu, eh taunya sekarang udah liburan sekolah ya, wkwkwk..

    BalasHapus
  3. Pekan Raya Jakarta selalu bikin mupeng. Sayangnya jauh. Padahal pengin wisata kuliner ke sana. Kayaknya enak-enak tuh makanannya.

    BalasHapus
  4. PRJ ini memang sangat dinanti ya, Mbak. Apalagi bertepatan libur anak sekolah juga. Dan saya sudah 2 kali ke PRJ, Mbak. Sabtu 25 Juni dan 1 Juli. Seru, mamang. selain belanja, juga bisa nonton konser musik.

    BalasHapus
  5. Seru banget kayaknya Mbak, saya blm pernah ke Jakarta. Kecuali kemah di Cibubur saat SMA. Semoga bisa ikut acara seru di ibu kota atau wisata di sana. Amiin.

    BalasHapus
  6. Wah rame banget sepertinya, alhamdulillah akhirnya sudah mulai normal lagi ya aktifitas seperti ini udah diperbolehkan

    BalasHapus
  7. Daku masih belum kesampaian nih ke PRJ. Pengen juga melihat secara langsung, apalagi aneka kulinernya mau coba

    BalasHapus
  8. Wah baca ini jadi kangen datang ke PRJ Nih
    Dulu pas masih kerja di Jakarta, aku rutin ke PRJ

    BalasHapus
  9. udah ada rencana mau ke PRJ, semoga terwujud :')

    BalasHapus
  10. Saya sesekali pengin datang ke prj juga. Pengin Kuliner an Jakarta yg katanya banyak yang lezatnya

    BalasHapus
  11. Waaahhh rameee seruuu, pasti banyak stand menarik nih kayak kuliner yang aduhaaayyy pengen jajan! Sampai tanggal 17 ya, sip deh semoga bisa langsung bertandang ke Jakarta 🚀

    BalasHapus
  12. Wuiiihhh lihat dokumentasi fotonya jadi pengen banget buat ikut PRJ! Meriah banget yaa pastinya, bisa nonton konser sambil icip icip beranekaragam kuliner.

    BalasHapus
  13. Nostalgia banget sih main ke PRJ ini.
    Aku dulu juga sekali-kaliii main ke Jakarta karena Bapak rahimahullah tinggal dan kerja di Jakarta, sedangkan kami di Surabaya. Dan pantang melewatkan kesempatan berkunjung ke PRJ.
    Beneran seruuu~
    Kudu banget manusia tuh berinteraksi antara manusia dengan bahagia.

    BalasHapus
  14. Udah lama banget gak ke PRJ. Dulu jadi hiburan masa kecil, karena masih jarang ada mal. Sekarang karena udah banyak mal kali ya, jadinya belum ke PRJ lagi. Banyak kupon undian tuk ditukar dengan hadiah

    BalasHapus
  15. Eh murah ya ternyata masuk PRJ.. kupikir ampe ratusan ribu lo. Di Semarang juga ada sejenis PRJ gitu. Moga aja tahun ini sudah bisa terlaksana lagi.

    BalasHapus