Tingkatkan Kualitas Diri? Intip 5 Platform Belajar Online Ini!

Platform e-learning di Indonesia

Dan suka tidak suka, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sejak tahun 2020 mulai mengenalkanku dan kita semua pada konsep online learning. Sesuai dengan namanya, konsep ini membuat siapapun bisa belajar dari mana saja dan kapan saja tanpa harus ke sekolah atau kuliah, karena dilakukan dengan perantara internet.

Bahkan tak cuma para siswa di sekolah atau kampus, sistem belajar lewat internet ini akhirnya mendorong munculnya sejumlah platform e-learning di Indonesia. Seolah hadir sebagai bentuk revolusi dunia pendidikan Tanah Air, penyelenggara belajar di internet ini membuktikan bahwa siapapun bisa mengembangkan dirinya tak peduli jenis kelamin, latar belakang pendidikan, status diri hingga usia.

Pengertian dan Manfaat Belajar di e-Learning

Belajar online
Dilansir Codemi, e-learning sebetulnya merupakan metode pembelajaran elektronik berbasis online sehingga memanfaatkan betul teknologi digital, lantaran dilakukan secara jarak jauh. Berbeda saat kita belajar di sekolah atau kampus yang memperoleh text-book, bahan ajar untuk metode yang satu ini bersifat mandiri dan biasanya berbentuk digital yang disimpan dalam sistem komputasi.

Murid yang terlibat dalam skema belajar online ini bisa mengakses bahan ajar di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu saja, jadwal pembelajaran pun dapat ditentukan secara fleksibel sehingga kalian yang sudah berstatus sebagai IRT (Ibu Rumah Tangga) sekalipun, berhak bergabung bersama.

Tak ada yang menyalahkan jika akhirnya jumlah platform e-learning di Tanah Air semakin bertambah saat pandemi Covid-19 melanda, karena memang Kementrian Pendidikan kala itu menerapkan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Bahkan dengan tingginya jumlah pengangguran yang jadi korban resesi ekonomi di Indonesia, konsep belajar di internet ini memberikan manfaat luar biasa yakni sebagai solusi untuk mengembangkan diri lebih baik.

Tidak hanya memberikan manfaat utama sebagai sarana pengembangan diri jadi makin berkualitas, platform e-learning juga unggul dalam hal biaya yang lebih terjangkau. Anda pun bisa memonitor performa diri selama belajar, termasuk penilaian materi ujian sehingga dapat tahu seperti apa proses diri berubah jadi sosok yang makin diperhitungkan.

5 Platform e-Learning di Indonesia yang Layak Kalian Coba

Melihat bagaimana belajar online yang tepat bisa membuat diri makin berkembang ke arah yang diharapkan, akupun mengurai rasa penasaran dengan bergabung ke beberapa jasa belajar lewat internet itu. Dan dari banyaknya yang muncul di Tanah Air, berikut beberapa platform tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen. 

1. Skill Academy by Ruangguru

Kalau kalian bertanya siapakah penyedia online learning terbesar di Indonesia, maka jawabannya adalah Ruangguru. Didirikan Belva Devara saat dirinya masih mengenyam pendidikan di Universitas Harvard pada 2014 ketika berumur 24 tahun, perusahaan teknologi yang berbasis pendidikan ini sudah punya lebih dari 15 juta pelanggan dan 100 bidang pelajaran.

Sukses dengan Ruangguru yang fokus membantu anak-anak sekolah, Skill Academy pun lahir dengan pangsa pasar mahasiswa, tenaga profesional hingga masyarakat umum yang ingin mengembangkan diri. Ada banyak jenis keahlian teknik maupun soft skill dari Skill Academy seperti Kelas Bisnis, Kelas Keuangan, Kelas Teknologi dan Perangkat Lunak, Kelas Pemasaran dan Kelas Persiapan Tes yang semuanya bisa dipilih lewat kelas pelatihan prakerja.

2. Pintaria

Berkomitmen mendukung transformasi pendidikan Indonesia, Pintaria diluncurkan oleh HarukaEDU pada tahun 2018. Sekadar informasi kalau kalian tidak tahu, HarukaEDU adalah perusahaan teknologi edukasi yang memang sudah sejak lama fokus pada konsep pembelajaran online. Diharapkan Pintaria bisa hadir sebagai solusi kurangnya tenaga kerja produktif Indonesia yang berpendidikan tinggi, serta punya keahlian yang dibutuhkan industri.

Ada banyak kelas-kelas unggulan untuk upskilling dan reskilling masyarakat umum yang ditawarkan Pintaria seperti Kelas Seniman Kreatif, Kelas Microsoft Office, Kelas Pemasaran Instagram sampai dengan Kelas Google Ads. Sedangkan untuk kalian yang ingin berkuliah tapi sibuk kerja, Pintaria juga punya Kelas Karyawan dengan berbagai pilihan perguruan tinggi dengan Akreditasi A dan B di seluruh Indonesia.

3. Cakap

Kemampuan bahasa asing adalah salah satu skill yang dibutuhkan di era globalisasi seperti saat ini. Seolah ingin menjadi tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru dan dosen dalam hal berbahasa asing, Cakap pun hadir. Sama seperti Ruangguru, Cakap yang dibentuk oleh pengusaha sekaligus alumni Universitas Binus dan Universitas China-Beijing yakni Tomy Yunus ini, sudah berdiri sejak tahun 2014.

Ada banyak pilihan bahasa asing yang bisa dipelajari lewat Cakap seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Korea sampai bahasa Mandarin. Bertujuan meningkatkan kehidupan dan daya saing SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia, Cakap pun menjelma sebagai salah satu platform belajar lewat internet yang paling direkomendasikan. Dalam hal elektronik learning, Cakap menawarkan dua kelas berdasarkan usia yakni dewasa dan anak-anak.

4. MySkill

MySkill bisa dibilang ‘termuda’ karena baru saja berdiri pada pertengahan tahun 2021. Namun meskipun belum genap berusia setahun, MySkill berkembang sangat pesat dengan bermitra bersama institusi pemerintahan, perusahaan swasta, komunitas hingga pelaku UMKM yang membuat ribuan orang telah bergabung.

Dibentuk berdasarkan kegelisahan atas dunia pendidikan dan ketenagakerjaan, MySkill ingin jadi solusi terbaik bagi generasi muda yang baru saja lulus kuliah untuk meningkatkan keterampilan mereka, supaya siap terjun ke dunia kerja profesional. Ada banyak pilihan kelas di MySkill seperti Kelas Persiapan Karir, Kelas Desain Grafis, Kelas Pemasaran Digital, Kelas Data Visualization: Power BI, Kelas Data Analytics: SQL, sampai kelas Desain UI-UX.

5. QuBisa

Tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen
Sejak pertama kali berdiri, QuBisa sudah mengenalkan diri sebagai platform e-learning di Indonesia yang bertujuan meningkatkan keterampilan diri dan kemampuan digitalisasi baik untuk mahasiswa, tenaga profesional atau masyarakat umum. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 400 ribu murid dan 700 instruktur yang tergabung di QuBisa dengan setidaknya 750 webinar berkualitas serta 4.400 kelas-kelas terbaik yang ditawarkan.

Bukan tanpa alasan kalau menurutku QuBisa adalah salah satu tempat belajar online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen hingga masyarakat umum untuk makin mengembangkan diri. Karen QuBisa memang tak cuma punya ribuan konten berkualitas yang bekerjasama dengan institusi pendidikan tinggi hingga instansi profesional, QuBisa bahkan menyediakan penilaian bakat untuk para pengguna, konsultasi karir sampai road map karier Webinar.

Untuk bisa menikmati konten-konten berkualitas dan belajar di QuBisa, kalian bahkan tinggal mengunduh Aplikasi QuBisa untuk Android atau Aplikasi Qubisa untuk iOS di platform masing-masing. Jika sudah, lakukan pendaftaran dan kalian bisa langsung mengakses ribuan konten lewat smartphone masing-masing.

Aku sendiri menggunakan QuBisa karena platform ini bermitra dengan pemerintah menawarkan pilihan Pelatihan Prakerja. Ada dua jenis kelas di QuBisa yakni Kelas KSM (Keterampilan Sukses Milenial) yang mencakup Kelas Kemampuan Dasar, Kelas Kepemimpinan sampai Kelas Keseimbangan Diri. Dan Kelas KDM (Keterampilan Digital Milenial) yang di antaranya adalah Kelas Analisis Data Digital, Kelas Publikasi Konten Digital dan Kelas Produktivitas Digital.

LMS Corporate QuBisa, Solusi Belajar di Mana Saja

Inovasi yang diberikan QuBisa lewat kelas pelatihan Prakerja semakin memperkuat posisinya sebagai penyedia LMS (Learning System Management). Sekadar informasi, LMS ini merupakan perangkat lunak yang memang bertugas dalam membuat, mengatur hingga menyalurkan materi-materi pembelajaran yang cocok untuk seluruh kalangan.

Bisa dibilang berkat LMS Corporate QuBisa ini, proses pembelajaran kelas-kelas virtual bisa jadi lebih maksimal. Dengan mayoritas penyajian konten hanya sekitar 20% dan sisanya interaksi antara instruktur dan peserta kelas, video-video microlearning yang bisa kalian akses di aplikasi QuBisa membuat siapapun dapat mengembangkan diri lebih maksimal, lewat smartphone. Menjadikan QuBisa sebagai rekomendasi terbaik untuk upskilling dan reskilling yang efektif.

Kesimpulan

Tentu saja lewat berbagai platform-platform pembelajaran virtual di atas, asa agar kualitas SDM negeri ini jadi lebih baik semakin didengungkan. Butuh perjuangan memang untuk mengenalkan transformasi dunia pendidikan di Indonesia, tapi harapan untuk menuju ke sana jelas makin terbuka. Apalagi kini pemerintah dengan program kelas pelatihan Prakerja, semakin mengenalkan kita ke banyak platform belajar digital.

Dengan memilih platform e-learning yang tepat, aku, kalian dan kita semua akan menjadi generasi penerus bangsa yang siap membawa Indonesia menjadi negara maju di masa depan. Jadi, tetaplah belajar dan belajar karena jika aku bisa, maka kamu bisa!

40 komentar

  1. Dengan berbagai platform e-learning, kesempatan belajar semakin luas. Kita tinggal mau belajar atau tidak, mau memanfaatkan atau tidak?

    BalasHapus
  2. Andai dulu pas kita lulus2 skolah dan kuliah udah ada platform e-learning gini, makin siap ya L kalau masuk dunia kerja. Btw, ak juga daftar di QuBisa lhoooh

    BalasHapus
  3. Online tidak menghambat diri ya Mbak. Banyak aplikasi belajar yang bisa diakses daring. Menarik nih, QuBisa bahkan ada aplikasinya. Jadi lebih simple buat pengguna.

    BalasHapus
  4. Sekarang, selama punya niat dan krmauan kuat, akan selalu ada jalan buat belajat dan meningkatkan kemampuan ya. Apalagi e-learning makin menjamur dan banyak juga platform pilihannya untuk belajar.

    BalasHapus
  5. Dulu pernah ikutan Prakerja dan nyobain kelas di Skill Academy. Banyak banget kelas buat blogger. Dulu belum ada QuBisa sih. Sekarang udah ada yah, enak nih banyak pilihan kelas buat upgrade skill.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget ini, sebagai alumni Prakerja tahun 2020 enggak kebagian kelasnya QuBisa, padahal banyak banget dan keren-keren

      Hapus
  6. Sekarang memang eranya sistem belajar lewat internet ya, dan memang banyak pilihan e learning berualitas yang bisa dicoba kayak Qubisa ini. Ada aplikasinya pula.

    BalasHapus
  7. Diantara 5 platform itu. Baru Ruang guru dicoba. Dan Qubisa baru2 ini aku banyak dengar. Bisa prakerj gratis bisa solusiku saat ini

    BalasHapus
  8. semoga semakin banyaknya platform edukasi di Indonesia semakin baik juga generasi penerus bangsa ini ya.

    BalasHapus
  9. Dari 5 platform di atas, aq baru cobain QuBisa aja mbak, itupun masih nyari yang gratisan dulu. Hihi..

    BalasHapus
  10. sneneg banget sih, makin banyak platform buat belajar online, jadi makin praktis ya buat nambah ilmu dan skill di mana saja kapan saja

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak ya platform untuk belajar online. Jadi nggak perlu pusing lagi deh kalau mau meningkatkan skill.

    BalasHapus
  12. Lengkap banget ya kak di Qubisa. Bener-bener seperti pelatihan tapi enaknya kita stay di rumah aja. Lebih praktis dan efesien deh.

    BalasHapus
  13. Boleh nih saya share ke grup-grup mahasiswa ya,, agar mereka bisa mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang sama sekali berbeda dengan dunia kampus yang mereka jalani selama ini. Platform belajar online QuBisa keren ya,,,

    BalasHapus
  14. keren aplikasinya.. jadi bisa tetap semgnat belajra walaupun daring ya

    BalasHapus
  15. Banyak banget pilihan untuk belajar, di sesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan. semoga ke depan makin baik situasi hingga bisa normal kembali

    BalasHapus
  16. Kapan dan dimana pun belajarnya, gak terhalang lokasi, karena ragam platform e-learning ini bisa disesuaikan dgn kebutuhan

    BalasHapus
  17. Aku juga dari tahun lalu dah ikutan kelasnya QuBisa nihh, alhamdulillah suka banget karena pas itu dapat gratis kelas public speaking yang kalau bayar tuh mahalnya mintak ampun wkwkwk

    BalasHapus
  18. Sekarang mengambil kelas online semakin mudah ya mba, pilihannya banyak lagi. Aku pernah mencoba ikut kelas gratisnya Qubisa. Meski gratis, kelasnya bagus dan ngebantu banget memenuhi keinginan mengembangkan diri

    BalasHapus
  19. Pas banget ni, aku baru lolos prakerja gelombang 25. Sepertinya aku mau ambil kelas di QuBisa aja deh.

    BalasHapus
  20. Rekomen banget yaa mba di QuBisa buat meningkatkan skill kita di jaman serba digital ini, plus aku juga pernah ikut kelas di Skill Academy juga. Platform belajar online memudahkan kita untuk mendapatkan sertifikat keahlian

    BalasHapus
  21. Semoga semakin banyak yg tau program prakerja ini ya melalui tulisan ini sehingga SDM yang ada semaki berkualitas lagi

    BalasHapus
  22. Saya belum cobain kalau yang Pintaria dan Myskill kapan2 bisa saya cobain pastinya banyak banget ilmu yang bakal bisa diambil untuk tingkatkan skill yang idbutuhkan

    BalasHapus
  23. Ada dua platform andalan aku tuh, Qu bisa sama Ruang Guru, dua dua nya keren dan menyediakan materi yg mudah dipahami

    BalasHapus
  24. Aplikasi yang sangat membantu untuk penting skill ya kak.. Saya pernah belajar di QuBisa dan membantu banget dalam mendongkrak kualitas keterampilan diri.

    BalasHapus
  25. Wah makin banyak ya mbak pilihan untuk belajar dan meningkatkan skill kita. Memang platform2 belajar online ini bermanfaat banget sih membuat diri kita juga untuk siap di dunia kerja dengan skill yang terus diasah.

    BalasHapus
  26. Di sekolah banyak dari ruang guru nih. Bahkan sudah langganan juga.

    BalasHapus
  27. 5 platform pelatihan kerja ini memang rekomend ya, aku pun dah familiar dengan platform ini, Mba. Semoga info ini bermanfaat buat yang sedang membutuhkan ya

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ya, semakin banyak platform untuk belajar online... Tapi dari 5, saya baru pernah coba 2, skill academy dan qubisa...

    BalasHapus
  29. Aku juga suka belajar online di QuBisa, paling suka fitur microlearningnya.. bisa belajar banyak tema di QuBisa

    BalasHapus
  30. QuBisa keren ya makin terkenal dan inovatif memang
    Saya sering belajar gratis di sana soal fotografi

    BalasHapus
  31. Wah banyak ya platform online untuk pelatihan yg diikuti kalau lolos kartu prakerja. Bisa upgrade skill yang bisa bikin kita makin banyak ilmu dan wawasan.

    BalasHapus
  32. Sekarang banyak kesempatan untuk upgrade diri melalui pelatihan daring yang serttifikatnya diakui. Tinggal kita cari pelatihan yang kita butuhkan.

    BalasHapus
  33. Banyak ya platform belajar online sekarang, semua yang disebutkan top quality deh. Aku sendiri baru nyobain Skill Academy sama QuBisa, yang tiga lainnya belum.

    BalasHapus
  34. Qubisa ini membantu sekali yaa yang ingin bisa belajar lagi tapi terkendala waktu dan tempat

    BalasHapus
  35. kalau ikut Prakerja, wajib banget emang memaksimalkan belajarnya, apalagi dapat voucher 1juta yang bisa kita gunakan untuk memilih platform belajar online terbaik seperti 5 platform ini.
    saya juga suka belajar di QuBisa, secara bisa belajar apa aja dan dimana aja dengan sangat mudah :)

    BalasHapus
  36. Baru tahu nih. Ternyata QuBisa juga masuk dalam daftar platform e-learning yg ada di Prakerja. Boleh banget nih jadi referensi karena banyak kursus/pelatihannya yg menarik

    BalasHapus
  37. komplit nih, melalui QuBisa yang bener2 punya rbuan konten berkualitas untuk belajar. Semoga bisa ambil salah satu kelas disana kak:)

    BalasHapus
  38. Melalui Qubisa kita bisa meningkatan kualitas diri ya kak. Butuh banget sih memang mengasah skill supaya siap di dunia kerja atau apapun yang sedang kita dalami saat ini.

    BalasHapus
  39. Saya sudah coba 2 dari 5 platform di atas untuk tambah skill menulis.. Lumayan juga untuk tambah portofolio. Kalau saya masih muda, wah bakalan ikut banyak-banyak kelas agar dapat ilmu, pengalaman dan sertifikat.

    BalasHapus