Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Bagi Blogger

Menjadi blogger

Berawal dari kegemaran aku membaca buku, membuat aku mulai menyukai dunia literasi. Membaca dan  menulis agaknya memang tak pernah bisa terpisahkan. Begitupun kegemaranku membaca akhirnya membawaku ke dunia tulis menulis.

Sebagai generasi 90-an, dulu coretan di kertas menjadi wadah untuk menyalurkan hobi menulis. Semakin berkembangkanya zaman, kini blog menjadi wadah untuk aku menyalurkan segala macam isi kepala ke dalam tulisan.

Pertama Kali Terjun di Dunia Blogger

Ada beberapa platform yang aku gunakan untuk menyalurkan tulisan dulunya. Mulai dari multiply, facebook, wordpress, blogspot, hingga tumblr. Namun yang sampai kini digunakan adalah blogspot. Kalau dulu ngeblog belum dimonetisasi. Jadi cuma asal nulis aja, nggak terlalu fokus dengan konten, hanya menuliskan apa yang ada di dalam kepala.

Lalu seorang teman yang juga seorang blogger mengajak untuk mulai memonetisasi blog dengan cara mengubah menjadi Top Level Domain (TLD). Dari situ berlanjut dengan mengikuti beberapa komunitas blogger di Indonesia. Dari sana akhirnya mengenal banyak teman blogger dan mendapatkan banyak banget insight untuk mengembangkan blog menjadi lebih proffesional.

Dari sanalah aku mendapat banyak sekali ilmu baru tentang dunia blogger. Kalau kata pepatah “semakin tau malah semakin bodoh”, begitupun aku di dunia blogger. Semakin belajar semakin banyak hal baru yang aku tak tau sebelumnya.

Baca Juga : Belajar Menulis Novel dan Memasarkannya

Cara Aku Memulai Blog

Kalau mengingat kembali awal memulai ngeblog, blogspot menjadi wadah pertama yang aku pilih untuk memulai ngeblog. Mungkin karena merupakan platform yang paling popular saat itu. Pendaftarannya pun mudah, cukup dengan menggunakna akun google kalian bisa membuat akun di blogspot.

Setelah memuat akun blogspot, aku menentukan nama blog dan menentukan bakal fokus nulis apa nantinya. Mau fokus ke tulisan tentang traveling, kuliner, kecantikan, fashion atau tempat berbagi tips dan info.

Setelah itu mulai deh menghias tampilan blog dengan memilih theme blog. Ada banyak sekali theme blog yang disediakan oleh blogspot, ada yang gratis ada pula yang berbayar. Setelah mengatur tema lalu mengatur tata letak. Dan mulai deh menulis deh.

Langkah-langkah Menulis Artikel di Blog

Setelah blog sudah jadi, sekarang tinggal di isi dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat dong. Terus apa aja nih langkah-langkah menulis artikel di blog?

Kalau menurut aku nih, tulislah apa yang memang ingin kalian tulis. Namun sesuaikan juga dengan tema blog kalian. Misal tema blog kalian traveling, banyakin nulis tentang traveling atau kalaupun melenceng bisa disangkut-sangkutin ke traveling gitu. Awalnya emang rada susah sih nyambung-nyambungin tapi kalau sudah terbiasa bakal mudah kok.

Setelah itu tentukan judul, pilih judul yang menarik dan sesuai dengan isi untuk mengambil hati pembaca. Lalu mulai deh menuliskan artikel yang sesuai dengan judul yang kalian ambil. Kalau bisa tuliskan artikel listicle untuk memudahkan pembaca memahami tulisan kalian.

Panjang tulisan dalam satu artikelku biasanya minimal 500 kata. Hal ini agar tulisan mampu menyampaikan informasi yang lengkap. Jika kalian sudah selesai menulis, tambahkan gambar untuk mendukung tulisan kalian. Baru deh publish.

Menjaga Konsistensi Menulis

Agar performa blog baik, blogger harus konsisten dalam menulis. Ada yang bilang minimal seminggu sekali harus ada tulisan baru, ada yang bilang seminggu harus 3-4 tulisan. Namun buat aku tergantung sama kitanya. Mau goalsnya seperti apa yang penting konsisten. Percuma kalau nulis seminggu bisa 4 artikel tapi hanya jalan dalam sebulan doang.

Terus gimana dong biar konsisten nulisnya? Kalau aku sih biasanya bikin jadwal seminggu mau nulis berapa artikel. Jadi tiap bulan ada target tulisan yang harus dibuat.

Selain bikin target seperti itu, salah satu cara aku agar bisa konsisten menulis adalah ikut challenge menulis. Ada beberapa komunitas yang sering mengadakan challenge menulis seperti ini. Challenge yang mereka adakan pun beragam. Ada One Day One Post atau One Week On post dengan tema yang ditentukan.

Dengan ikut challenge seperti ini kita jadi terlatih untuk konsisten menulis. Selain itu kita jadi lebih semangat lagi untuk menulis karena punya banyak teman yang saling menyemangati.

Baca Juga : Menyusun Plan Blog 2022

Memilih Niche Blog

Seperti yang aku katakan di awal, saat memulai ngeblog kita tentukan dulu mau fokus nulis konten yang seperti apa. Tema atau topik khusus untuk blog ini disebut dengan niche blog. Niche blog apa yang aku pilih? Lifestyle Blogger menjadi pilihanku untuk blog utama www.rayuanmentari.com.

Kenapa sih kok milihnya lifestyle bukan yang lain? Sederhana saja sih alasannya, karena aku suka mengulas apapun. Mulai dari buku, film, makanan, caffe, tempat wisata hingga produk-produk yang pernah aku gunakan.

Lifestyle atau gaya hidup merupakan niche blog yang menggabungkan berbagai topik yang menjadi minat blogger. Oleh sebab itu aku rasa lifestyle blogger cocok jadi niche blog utama aku ini. Karena blog utama aku merupakan gabungan dari beberapa topik.

Meningkatkan Traffic Blog

Siapa sih yang nggak mau blognya banyak dikunjungi orang. Konten yang bagus dan menarik saja nggak cukup lho buat meningkatkan traffic blog. Ada beberapa cara lain yang biasa aku gunakan untuk naikin traffic blog.

Melakukan Riset Keyword

Melakukan riset keyword ini berguna agar blog mudah ditemukan di mesin pencari google. Sebelum menulis artikel ada baiknya melakukan riset keyword terlebih dahulu. Riset keyword bisa dilakukan dengan berbagai cara, ada beberapa tools yang bisa membantu kalian untuk melakukan riset keyword ini seperti MOZ, SEMrush atau Google Related Search.

Menulis Artikel Panjang

Panjang artikel menjadi salah satu penilaian google dalam menentukan rangking di hasil pencarian. Google menganggap artikel yang Panjang sebagai artikel lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari.

Membuat Internal Link

Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain di dalam satu blog yang sama. Internal link ini membantu google untuk memahai konteks dan hubungan antar halaman di blog. Melalui internal link, mesin pencari akan mengetahui mana halaman yang paling penting di blog kalian.

Mengenal SEO dan Manfaatnya Bagi Blogger

SEO itu apaan? Apa hubungannya sama ngeblog? Eitt jangan diremehkan ya kawan, blogger juga mesti ngerti dan paham tentang SEO. Kalau nggak ngerti SEO gimana orang bisa nemuin tulisan kalian.

SEO (Search Engine Optimatimation) merupakan teknik untuk mengupayakan agar situs mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs  atau blog kalian akan mudah ditemukan orang. Sehingga berpotensi untuk menaikkan traffic blog kalian.

Jadi alasan kenapa blogger harus ngerti SEO itu biar tulisannya punya kesempatan untuk dibaca oleh banyak orang. Kan saying banget ya kalau tulisan yang bagus namun kesempatan untuk ditemukan sama orang (pembaca) kecil.

Seuprit Pengetahuanku Tentang SEO

Sebagai seorang blogger aku juga mulai belajar tentang SEO. Sepanjang pengetahuanku saat ini ada dua jenis SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page

SEO On Page merupakan cara mengoptimasikan blog atau situs kita dari dalam. SEO On Page focus ke isi dari blog kita. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mengoptimasikan SEO On Page.

Misalnya saja keyword harus ada di dalam judul, permalink, paragraph pertama, dan paragraph terakhir. Memasukkan internal link atau external link dalam postingan. Mengisi meta Deskription dengan rangkuman postingan minimal 120 karakter dan maksimal 150 karakter. Dan masih banyak lagi.

SEO Off Page

Jika SEO On Page focus ke isi dari blog, SEO Off Page merupakan kebalikannya. SEO Off Page lebih focus ke ekternal. Dilansi dari Neil Patel, SEO Off Page adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimalkan website dari luar.

Pengoptimalan situs dari luar ini berupa backlink yang ditanamkan di situs lain yang menagrah ke situs kita. Semakin banyak backlink yang ditanamkan situs lain ke situs kita, semakin bagus nilai situs atau blog kita.

Mengenal Site Audit

Kalau sudah menerapkan SEO pada blog kita, ada satu tahapan lagi yang bisa kita lakukan agar performa blog tetap bagus yaitu melakukan site audit.

Apa sih site audit itu? Site audit adalah memeriksa dan memperbaiki berbagai aspek situs kita secara menyeluruh, terutama dari sisi teknisdan SEO. Dengan melakukan site audit kita bisa mengoptimalkan situs kita agar bisa mencapai potensi terbaiknya.

Dengan site audit kita bisa tau nih situs kita ada masalah di mana dan gimana cara memperbaikinya. Hasilnya, performa situs atau blog kita bisa lebih maksimal dan pengunjung jadi betah berlama-lama berselancar di situs kita.

Mereview Blog Sendiri

Sebagai blog utama aku, ingin sekali blog www.rayuanmentari.com ini aku optimalkan agar memiliki performa blog yang paripurna. Sebelum melakukan site audit ada beberapa hal yang secara global ingin aku perbaiki.

Pertama, kecepatan blog. Dengan kecepatan blog diharapkan pegunjung senang membaca di situs aku, karena tak perlu menunggu loading yang lama.

Kedua, keamanan situs. Sebenernya blog aku ini sudah sudah menjadi https yang artinya sudah aman. Namun saat cek performa blog nilai masih merah dengan keterangan belum aman.

Keinginan Untuk Mempelajari Site Audit Web

Dengan beberapa kendala di atas, aku pingin sekali untuk tau lebih banyak tentang site audit web. Sama seperti belajar tentang SEO, mempelajari site audit web juga kurasa sangat penting aku pelajari sebagi seorang blogger.

Karena dengan paham tentang site audit aku harap aku bisa lebih mengembangkan blog aku. Tau mana yang harus diperbaiki dan mana yang harus ditingkatkan.

Itu tadi alasan kuat aku untuk belajar lagi tentang site audit web. Biar ilmunya lebih bertambah. Dan selalu bisa mengembangkan diri menjadi seorang blogger.

Harapan Untuk Bisa Masuk ke Dalam Pelatihan Site Audit

Pucuk dicinta ulam pun tiba, kemarin diajakin teman untuk ikutan kelas Site Audit. Tanpa babibu fafifu langsung saja aku iyakan saja ajakannya. Beneran nggak sabaran deh untuk bisa ikut dalam kelas Site Audit.

Kalau ditanya kenapa sih harus ikut pelatihan kelas Site Audit? Blog itu udah seperti anak sendiri bagi seorang blogger yang tentu saja sangat di sayang dan dicintai oleh pemiliknya. Sebagai tanda sayang, seorang blogger pasti ingin merawat anaknya ini dengan baik.

Cara merawat blog salah satunya adalah dengan site audit ini. Site Audit ibarat dokter yang ngecek apakah blog ini sedang tidak baik-baik saja atau sebaliknya. Apakah blog ini sehat atau sakit.

Blogger VS Vlogger

Semakin ke sini blogger dan vlogger merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan. Kalau blogger bercerita lewat aksara vlogger bercerita lewat kata.

Namun haruskah blogger masih bisa bertahan dengan semakin banyaknya gempuran para vlogger yang bermunculan? Tentu saja blogger ga bisa begitu saja terkalahkan. Hal ini karena emang media dan mangsa pasarnya berbeda.

Kalau vlogger lingkupnya untuk orang-orang yang suka melihat video sedangkan untuk blogger lingkupnya orang-orang yang suka membaca. Jadi tak ada yang perlu diperbandingkan karena memang blogger dan vlogger ini berbeda.

Blog Etalasse

Pernah dengan dengan blog etalase? Bagi kalian yang belum pernah dengar tentang blog etalse kemungkinan blog kalian masih origina, dimana masih banyak postingan organic.

Blog etalase adalah perumpamaan yang biasa dibuat oleh para blogger. Blog etalasse adalah sebutan untuk blog yang isinya hanya berisi artikel promosi yang berisi external link pesanan dari orang lain.

Sebenarnya nggak ada yang salah sih sama blog etalase. Cuma bikin artikel jadi isinya campur baur. Jadi kurang sedap saja saat dibaca.

Peranan Seorang Blogger Bagi Indonesia

Seperti tujuan awal dari menulis, bagi aku peranan blogger di Indonesia salah satunya adalah dengan memberi informasi ke orang lain. Irnformasi yang dibagikan menrupakan informasi yang bermanfaat, bukan HOAX, tidak mengandung SARA, dan bukan merupakan ujaran kebencian.

Selain memberi informasi, bagi aku peranan blogger juga untuk memberi inspirasi untuk orang lain. Memberikan tulisan-tulisan yang membangun, yang bisa mengajak orang lain untuk lebih berkembang.

Karena tulisan yang baik, akan menuntun kita menuju ke sesuatu yang baik pula.

Itu tadi beberapa luapan isi kepala yang terluapkan. Kalau kalian bagaimana perjalanannya menjadi seorang blogger? 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar