Jangan Ragu! Inilah 3 Manfaat Pakai Kartu Prakerja Paling Utama

Manfaat Kartu prakerja
Dari data BPS (Badan Pusat Statistik), setidaknya ada 19,10 juta penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19. Di mana dari jumlah itu, 15,71 juta orang masih bekerja tapi mengalami pengurangan jam kerja, 1,9 juta orang tidak bekerja sementara dan 1,62 juta orang jadi pengangguran karena pekerjaan yang lenyap entah bangkrut atau PHK sebagai imbas pandemi.

Dengan peningkatan jumlah pengangguran itu, bisa dibilang daya beli masyarakat pun jadi anjlok. Diikuti inflasi, pertumbuhan ekonomi Indonesia pun tercatat negatif selama dua kuartal berturut-turut, mengartikan negeri ini terpeleset ke masa resesi. Tak ingin membiarkan kondisi pilu ini berlanjut, pemerintah pun akhirnya menawarkan Program Kartu Prakerja.

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Menurut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto seperti dilansir website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Kartu Prakerja adalah program yang diharapkan bisa meningkatkan kompetensi, produktivitas dan daya saing angkatan kerja Indonesia. Lewat program ini, pemerintah menggelontorkan bantuan biaya pelatihan dan dana insentif sekaligus kepada para pekerja, pencari kerja hingga pelaku UMKM yang kehilangan pekerjaan.

Diluncurkan untuk kali pertama pada bulan April 2020, Kartu Prakerja bisa diakses oleh WNI yang berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Kalian bisa mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja setelah membuat akun di situs resmi www.prakerja.go.id. Setelah proses verifikasi dan tergabung dalam gelombang pendaftaran, kalian akan memperoleh dana pelatihan untuk belajar secara online di mitra platform e-learningi.

Manfaat Kartu Prakerja yang Luas Biasa

Kini dengan dua tahun perjalanannya, manfaat Kartu Prakerja pun sudah dirasakan jutaan penduduk Indonesia. Hingga sepuluh angkatan awal pada tahun 2020, sudah ada lebih dari 5,6 juta orang penerima Kartu Prakerja. Dan hingga bulan Maret 2022 ini, pemerintah sudah membuka 24 gelombang yang menandakan program ini berhasil dalam melakukan transformasi pendidikan digital di Tanah Air.

Nah, supaya kalian juga makin mantap bergabung dalam program ini sekaligus memahami untuk apa kartu Prakerja, beberapa manfaat berikut ini bisa jadi pertimbangan:

1. Keterampilan Diri Meningkat

Bisa dibilang ini merupakan manfaat Kartu Prakerja yang paling mendasar yakni meningkatnya keterampilan diri. Karena pemerintah lewat program ini, menggaet lebih dari 165 lembaga pelatihan yang mayoritas online, dan menawarkan minimal 1.700 program latihan dari berbagai sektor entah keuangan, bahasa asing, pemasaran, produksi, teknologi, kuliner, desain hingga content creator.

Di mana untuk mengakses kelas-kelas tersebut, kita akan memperoleh bantuan dana pelatihan untuk setiap orang sekali seumur hidup, sebesar Rp1 juta.

2. Penyempurna Pendidikan Formal

Setelah mengikuti sejumlah kelas pelatihan Prakerja, kita akan melakukan tahapan pengujian sebelum akhirnya jika lolos dapat memperoleh sertifikat. Di mana sertifikat ini tentu akan menambah kualitas diri dan melengkapi pendidikan formal yang selama ini sudah dimiliki. Tujuannya jelas, angkatan kerja produktif Tanah Air akan memiliki SDM (Sumber Daya Manusia) yang makin berkualitas.

3. Insentif Bulanan

Tak perlu malu mengakui, inilah manfaat Kartu Prakerja yang paling menggiurkan. Yap, seluruh peserta Prakerja juga memperoleh dana insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan dan tambahan insentif survei kebekerjaan sebanyak Rp150 ribu. Dengan dana insentif total Rp2,550 juta itu, kita bisa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan baru hingga memulai modal bisnis kecil-kecilan berkat keterampilan yang didapat di mitra Prakerja.

Bagaimana, masih pikir-pikir lagi dengan manfaat Kartu Prakerja? Tentu tidak, dong. Yuk bersama dukung program peningkatan SDM dari pemerintah agar negeri ini siap jadi negara maju di masa depan. Semangat!

Tidak ada komentar

Posting Komentar