Pengalaman Seru Belajar Data Science di Hacktiv8

Review Hacktiv8

Bukan hal baru lagi sih sebenernya buat aku behadapan dengan data numerik. Karena sedari kuliah dulu memang sering bergelut dengan angka dan rumus. Dan ketika mendapat tawaran Belajar programming untuk pemula dari Hacktiv8, tanpa babibu lagi langsung saja aku mengiyakan. Secara ya sekarang pekerjaan programmer itu sangat menjanjikan. Ada dua pilihan kelas yang ditawarkan oleh Hacktiv8 yaitu kelas Full Stack Javascript Immersive dan Data Science. Sesuai dengan bidangku akupun mengambil kelas Data Science.

Waktu kuliah dulu aku emang belum tertarik untuk mempelajari data science ini, mungkin karena belum tau kali ya apa aja kegunaannya. Namun kini, setelah tau manfaatnya belajar data science jadi excited banget buat belajar.

Baca juga : Belajar Menulis Novel dan Memasarkannya

Mengenal Data Science dan Manfaatnya

Sebenarnya Apasih Data Science?

Data Science adalah suatu disiplin ilmu yang khusus mempelajari data, khususnya data kuantitatif (data numerik), baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Berbagai subject yang dibahas dalam data science meliputi semua proses data, mulai dari pengumpulan data, analisis data, pengolahan data, manajemen data, kearsipan, pengelompokan data, penyajian data, distribusi data, hingga mengubah data menjadi kesatuan informasi yang dapat dipahami semua orang.  

Kalau menurut aku ya data science ini seperti alat untuk mengubah data menjadi sebuah informasi yang mungkin kita perlukan. Karena ketika kita sudah mendapatkan sebuah data mentah, dengan data science kita bisa mengolahnya dan malakukan analisis data dan menemukan sebuah kesimpulan yang bisa jadi sangat bermanfaat bagi kita.

Belajar programming untuk pemula

Manfaat Data Science

“Matematika mengekspresikan nilai-nilai yang mencerminkan dari alam semesta, termasuk ketertiban, keseimbangan, harmoni, logika, dan keindahan abstrak”. (Deepak Chopra)

Tanpa kita sadari dalam hidup kita memang tak pernah lepas dari yang namanya matematika. Selalu ada angka yang kita temui di kehidupan kita sehari-hari. Dan di dunia yang kini serba digital, seperti halnya matematika, data science menjadi sangat dibutuhkan untuk berbagai hal yang kita lakukan. Berikut beberapa manfaat dari Data science yang bisa kita rasakan.

1. Intertainment

Dengan data science kita bisa mengidentifikasi musik, film atau reality show yang lagi hits saat ini. Dengan data science juga bisa memunculkan musik, film atau reality show yang sesuai dengan minat kita. Semua musik yang kita sering putar atau genre film yang kita sering tonton semua dapat diambil dalam bentuk data yang nantinya bisa dianalisis dan menggeluarkan output film atau music yang sesuai dengan minat kita.

2. Search Engine

Sekolah coding
Source : thestar.com

Siapa bilang search engine nggak menggunakan data science. Ternyata mesin pencari yang biasa kita gunakan itu cara kerjanya menggunakan rumus vector lho! Gak nyangka kan.

Jadi ketika kita mengetikkan sesuatu di mesin pencari, nantinya mesin pencari tersebut akan memunculkan hasil yang sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan. Semakin nilai vector mendekati 1, mengindikasikan semakin mirip kata kunci yang dicari. Itu nanti yang nantinya akan dimunculkan di hasil pencarian.

3. Belanja Online

Data science ini juga digunakan dalam situs belanja online. Pernah nggak ketika kalian mengetikkan barang yang kalian cari di situs belanja online lalu muncul barang-barang yang serupa. Misal ketika kalian mengetikkan “Sepatu Olahraga” lalu muncul berbagai macam sepatu olahraga dengan berbagai merk dan harga yang beragam pula.

Semua itu bisa dilakukan dengan data science. Hal inilah yang membuat Data Science sangat popular akhir-akhir ini. Karena banyak perusahaan yang menggunakannya guna pengembangan bisnis mereka.

4. Mendeteksi Cuaca

Data Science juga digunakan untuk memperkirakan perkiraan cuaca suatu daerah. Beberapa lembaga juga menggunakannya dalam memahami pola bencana alam dan mempelajari pemanasan global.

Dan masih banyak sekali manfaat dari data science yang kita rasakan selama ini.

Pengalaman Belajar Data Science

Melihat banyaknya manfaat dari data science, yakin nih masih ragu buat mulai belajar data science. Kalau aku sih nggak mau membuang kesempatan buat kursus data science. Apalagi kursusnya di Hacktiv8, seperti Review Hacktiv8 yang banyak aku baca. Hacktiv8 merupakan tempat kursus data science yang cocok banget buat pemula kayak aku. Jadi nggak insecure karena memang program Hacktiv8 ini merupakan Belajar programming untuk pemula jadi semua pesertanya sama-sama pemulanya.

Selama tiga hari berturut-turut mengikuti kelas Data Science, banyak sekali ilmu yang aku dapatkan. Dari yang awalnya bener-bener nggak tau apa-apa, kini jadi lebih paham. Apalagi kita diberi kesempatan untuk mencobanya sendiri dan diberikan beberapa tugas untuk dikerjakan. Jadi apa yang diajarkan dengan mudah nyantol di otak.

Berkenalan dengan Hacktiv8

Review Hacktiv8
Source: rakaminstudent.com

Hacktiv8 merupakan sekolah coding berbentuk bootcamp yang menawarkan solusi program belajar intensif untuk membuat seorang pemula menjadi digital talent terbaik yang siap kerja, hanya dalam 12 minggu. Ada 2 Bootcamp Hacktiv8 yang disediakan yaitu full stack javascript immersive dan data science. Karena memang tertarik dengan data science, aku mengikuti Bootcamp Hacktiv8 Data science.

Kursus data science

Untuk bisa ikut dalam kelas ada beberapa kualifikasi yang diberikan oleh pihak Hacktiv8. Berikut adalah kualifikasi yang harus dimiliki setiap calon siswa Hacktiv8.

  1. Siap berkomitmen
  2. Memiliki kemampuan belajar
  3. Memiliki kemampuan dasar bahasa inggris
  4. Memiliki motivasi tinggi
  5. Memiliki laptop

Tidak begitu sulit ternyata untuk bisa masuk sekolah coding ini, aku yang nggak punya dasar IT ternyata juga bisa ikut kelas di sini.

Selama di dalam kelas kita nanti juga Belajar Pemrograman Python. Awal-awal pusing juga liat kode-kode pemrograman tapi lama-lama ngerti juga. Namanya juga belajar ilmu baru, awalnya pasti masih bingung dan nggak ngerti, namun setelah dipelajari dan langsung melakukan praktek sendiri akhirnya paham juga kok.

Meski mumet melihatan bahasa pemrograman saat Belajar Pemrograman Python, tapi tetep seru belajar dalam kelas. Karena mentornya telaten banget menghadapi kami murid-muridnya. Dan mereka dengan sabar menjawab semua pertanyaan kami.

Review Hacktiv8

Ada banyak sekali keseruan yang aku dapatkan selama mengikuti kursus full stack developer di Hacktiv8. Harus aku akui deh kemarin itu merupakan coding bootcamp terbaik yang pernah aku ikuti. Kenapa aku bisa bilang begitu?  

1. Materi Terupdate

Kurikulum yang diberikan sesuai dengan kebutuhan industry terkini dengan menggabungkan skill teknis dan pengembangan pola pikir desain.

Belajar programming untuk pemula
Jadwal kelas blogger swlama 3 hari

Untuk kelas data science kemarin ini materi yang aku dapatkan selama 3 hari berturut-turut.

  • Pengenalan Python
Sekolah coding
Belajar dasar phyton
Materi pertama di hari pertama merupakan pengenalan Python. Kami belajar mulai dari tools apa saja yang digunakan hingga dasar-dasar bahasa pemrograman. 
  • Visualisasi data
Setelah belajar dasar-dasar bahasa pemrogramman kami belajar gimana sih cara ngebaca datanya. Biar nanti bisa kami aplikasikan saat membuat kesimpulan. 
  • Praktek
Setelah mengenal dasar-dasar ilmu data science kami mulai praktek langsung. Mulai dari download Anaconda, tool yang bakal selalu digunakan dalam kelas. Hingga mencoba mengolah data sendiri.

Untuk contoh data sudah disediakan oleh mentor yang mengajar yaitu data musik. Lalu kamu diberi tugas untuk mengolahnya. Mulai dari mencari musik yang populer hingga penyanyinya.
Kursus data science

2. 1 on 1 Mentoring

Kalian akan mendapat kesempatan 2 kali dalam 1 bulan untuk melakukan mentoring secara private dengan mentor kelas yang kalian ikuti. Jadi nanti ada grup chat khusus untuk kita bisa chat konsultasi dengan mentor kita. Pada saat konsultasi kita boleh menanyakan apa saja yang kita belum pahami. Dan mentor-mentornya baik-baik, mereka dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan kita

3. Di Luar Jam Kerja

Waktu pembelajaran akan dilakukan selama 16 sesi, 2 sesi seminggu, pukul 07.00 – 22.00 WIB. Jadi fleksibel banget buat kalian yang belajar sambil kerja.

4. Terdaftar dalam CIRR

Council on Integrity in Result Reporting atau CIRR adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparasi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting.

Dan Hacktiv8 terdaftar di dalamnya. Jadi nggak perlu diragukan lagi kualitas lulusan dari Hacktiv8 ini. 

5. Career Coaching

Kalian akan mendapatkan sesi Career Coaching, di mana kalian akan belajar membuat CV yang baik, carla interview kerja dan negosiasi. Setelah mengikuti kelas kita juga bakal dilepas begitu saja, kita bakal dapat mentoring agar mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Itulah kenapa aku bilang ini merupakan Coding Bootcamp terbaik yang pernah aku ikuti. Karena kita nggak cuma diajarin lalu dilepas begitu saja tapi juga di tuntun hingga mendapat pekerjaan yang kita impikan.

Setelah mengikuti kursus full stack developer Data science, ini beberapa profesi atau pekerjaan yang bisa kita apply.

  • Data scienctist
  • Data analyst
  • Business Intelligence
  • Research Analyst
  • Financial Advisor

Dijamin deh kalian nggak bakal rugi mengikuti kelas Data Science di Hacktiv8. Itu tadi Review Hacktiv8 dari aku yang telah mengikuti kelasnya selama 3 hari berturut-turut.

 Baca juga : Webinar Perjamuan Pulang Bareng Agustinus Wibowo

 

 

 

 

27 komentar

  1. Menarik sekali kak kelas data science-nya. Kita juga harus belajar beberapa disiplin ilmu utk menguasai bidang ini. Kalo kita tekun pasti ada jalan ya kak. Buktinya banyak yg ikut meski bukan berlatar pendidikan IT. Profesi ini juga banyak dibutuhkan perusahaan ya kak. Jadi pgn ikutan belajar di Hacktiv8.

    BalasHapus
  2. Wowww... diriku terpana dengan kurikulumnya yang super lengkap. Jika tertarik dengan Data Science pasti bakalan happy masuk ke kelas ini. Apalagi setelah selesai bisa langsung dipraktekin. Keilmuannya juga banyak dicari dan bisa jadi kerjaan baru nih

    BalasHapus
  3. asik juga ya kak kalau baca dari tulisannya. aku sendiri pernah terpikir untuk belajar data science, karena ini bakal jadi salah satu skill yang dibutuhkan banget untuk karir masa depan

    BalasHapus
  4. Aihhh keren kali kak Lely nihh.. Semoga bisa jadi data scientist beneran ihh, dapat kesempatan langka belajar bareng Hacktiv8 ini jadi pengalaman seru yah kak. Kelasnya juga ngga ngeboseninn karena aku kmrn ngerasain jg di kelas javascript. Tahu data scientist sekeren ini juga pengen ikutan 2 2nya jadinya

    BalasHapus
  5. Seru sekali belajar data science ini ya, Mbak. Jadi pengin ikut saya. Walau mungkin awalnya agak pusing dengan angka-angka, namun akhirnya akan terbiasa juga. Ala bisa, karena biasa hehehe.

    BalasHapus
  6. Mempelajari data science ternyata banyak maanfaatnya ya mba. Nggak hanya programer yang bisa mempelajarinya, yang awam pun bisa belajar di kelas coding Hacktiv8 ya. Aku belum ikut kelasnya nih. Semoga bisa bergabung juga.

    BalasHapus
  7. Dulu, aku pernah berpikir buat apa sih kita belajar tentang angka-angka. Eh, sekarang malah penting banget dalam data science ya, Kak.

    Apa-apa sekarang tu maunya pake data science semua. Makanya banyak banget peminat kursus ini ya, kaak...

    BalasHapus
  8. Menarik Mbak... Saya dulu suka matematika, tapi entah bagaimana menjadi tidak tertarik sama matematika, dan beberapa tahun ini mulai suka matematika, fisika atau sains, karena mereka bicara simbol, yang satu huruf saja menjelaskan suatu peristiwa

    BalasHapus
  9. Belajar bahasa pemrograman dan data science ini meski terlihat sulit, tapi dengan cara yang asik seperti itu mempermudah pelajaran diterima.
    Apalagi bener juga bisa belajar sambil kerja

    BalasHapus
  10. Sulit kalau belajar data science apalagi saya yang masih ngeblog pake hape tapi kalau udah punya laptop mungkin bisa di coba ilmunya ini

    BalasHapus
  11. wah memang seru banget ya jadi belajar banyak hal di aplikasi ini, termasuk belajar pemrograman Python dan tools pendukung lainnya, seru deh

    BalasHapus
  12. keren banget mbak, jadi pengen ikutan deh :) keliatannya bikin pusing tapi penasaran ya jadi nagih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mempelajari data science ternyata banyak manfaatnya, ya. Sayangnya waktunya kurang panjang untuk memahami seluk beluk coding.

      Hapus
  13. Terpana sekali melihat deretan angka atau perintah coding yang berderet-deret tanpa visual.
    MashaAllah~
    Keren, kak..bisa megikuti kelas Bootcamp Hacktiv8 Data science.

    Ini tuh bahasa komunikasinya anak IT yaa...

    BalasHapus
  14. Aku penasaran sama Hacktiv8 ini. Soalnya beberapa blogger yang ikutan kelasnya kasih testimoni kalau abis ikut kelasnya emang bener-bener bisa diaplikasiin dan ngebantu banget berkarir di digital marketing. Jadi pengen ikut kelasnya juga. Pengen banyak belajar terutama data science. Siapa tau bisa diaplikasiin ke tulisan kita ya

    BalasHapus
  15. Belajar di Hacktiv8 akan membuka jendela informasi sesuai kebutuhan nantinya. Belajar di Hacktive8 tidak bosan

    BalasHapus
  16. Mbak aku juga buta banget nih masalah coding cem gini. Jadi penasaran juga pengen ikutan. Dengan data science juga bisa memunculkan musik, film atau reality show yang sesuai dengan minat kita. Ini gimana ya maksudnya? Mengambil dalam bentuk datanya ntar gimana sampe akhirnya keluar output sesuai minat kita.

    BalasHapus
  17. Keren banget mb Lely ikut kelas Data Science di Hacktiv8. Aku udah mumet kayaknya kalau belajar coding, mata bisa pedes. Sekarang malah dicari ya yg jagoan coding gitu...Denger-denger gajinya juta-juta tuh...

    BalasHapus
  18. sudah kebayang deretan angkanya, baru tahu namanya data science, menarik sepertinya mempelajari ini

    BalasHapus
  19. menarik sekali data science ini. Manfaat Data Science ternyata banyak ya, saya harus perdalam lagi ilmunya hehe

    BalasHapus
  20. Seru sekali ya belajar hal baru terkait coding dan data science. Secara profesi ini lagi booming dan favorite banget dengan masa depan yang menjanjikan. Interesting sekali

    BalasHapus
  21. Seru banget ya kak bisa ikutan Coding Botcamp. Apalagi ternyata sampai dibimbing bisa dapat pekerjaan yang kita inginkan.

    BalasHapus
  22. udah lama banget ingin serius ikut bootcamp, tapi blm sempat juga. padahal perlu ya untuk penunjang kerja

    BalasHapus
  23. Pengen ikut sekolah coding tapi takut otaknya gak nyampe. He he... Mungkin anak saya suatu saat bisa ikut

    BalasHapus
  24. Data science sekarang gak cuma punya anak laki ya. Anak perempuan pun udah pinter-pinter ngutak ngatik data science. Makin banyak informasi yang kudapatkan tentang Hacktiv8. Meski pun kadang agak belibet spellingnya. Hahaha.

    BalasHapus
  25. 5 pekerjaan yang menggunakan data science masih jadi pekerjaan bergaji yahud. Impian banyak milenia dan gen z yang mulai memasuki dunia kerja sambil bekerja. Seperti keponakan saya, lulus SMA sengaja ambil kuliah sore agar bisa kerja untuk membayar kuliahnya sendiri. Sekarang sedang menjajal kerja di dunia digital dan tanya2 tentang data science.

    BalasHapus
  26. Keren banget mbak bisa ikutan kelas Hacktiv8 ya, jadi paham data science dong ya,, hmm sesuatu yang daku belum bisa nih, ngertinya cm SPSS, google form, zohoform, hihi... nice info Mbak, thanks.

    BalasHapus