Skelas, Kumpulan Muda Mudi Bumi yang Bersama Bergerak Berdaya Pasarkan Produk Lokal

Skelas siak
Petani Nanas di Kabupaten Siak

Emang apa hubungannya memasarkan produk lokal dengan kelestarian alam?

Eistt jangan salh kira lho teman, dengan membeli produk lokal kalian sudah ikut membantu menjaga kelestarian alam kita. Kok bisa gitu? Ini beberapa alasannya bagaimana produk lokak bisa bantu jaga kelestarian bumi.

Indonesia dengan keanekaragaman hayatinya jadi lebih terjaga, karena apa? dengan adanya produk lokal bisa mencegah terjadinya ekploitasi sumber daya alam besar-besaran dari pihak luar.

Karena merupakan produksi dalam negeri sendiri, atau mungkin dalam kota sendiri maka proses perjalanan barang untuk sampai ke tempat kit aitu tidak membutuhkan waktu yang lama. Tidak pula membutuhkan transportasi yang jauh yang bisa meningkatkan penggunaan bahan bakan dan menambah polusi udara.

Bahan baku produk lokal biasanya menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Misalkan menggunakan botol kaca ramah lingkungan yang diproduksi sendiri.

Tak hanya ramah terhadap lingkungan, dengan membeli produk lokal kita juga ikut membantu perekonomian warga lokal. Dengan membeli barang buatan dalam negeri, berarti kita ikut membantu menjalankanetika bisnis yang adil bagi semua pihak yang terlibat, termasuk membuka lapangan pekerjaan di dalam negeri.

Dari sanalah Skelas hadir !!!

Skelas siak
Kantin Skelas

Sentra Kreatif Lestari Siaka disingkat dengan SKELAS merupakan sentra kreatif yang digerakkan oleh anak muda melalui Kerjasama multi pihak untuk mengembangkan inovasi produk lokal sehingga mewujudkan kelestarian alam dan budaya serta kesejahteraan bersama.

Hari Jumat tanggal 20 Oktober 2023 kemarin kami anggota dari Eco Blogger Squad bisa berbincang-bincang dengan Kak Cerli Ketua dari Skelas tentang gerakan yang digaungi oleh sekelompok anak muda Siak ini.

Bapak Ir Soekarno pernah berkata “Beri aku 10 anak muda, maka akan aku guncangkan dunia”.

Dari perkataan beliau dapat kita rasakan betapa berpengaruhnya anak-anak muda ini. Hanya dengan 10 anak muda saja bumi bisa bergunjang, bagaimana jika seluruh anak muda yang bersama bergerak berdaya.

Skelas yang digaungi muda mudi bumi ini memiliki 3 fungsi yaitu

  1. Promosi dan komunikasi membangun narasi pusaka literasi
  2. Inkubasi, akselerasi, dan aggregator
  3. Pusat data dan informasi

Komunitas yang bergerak bantu sepak terjak UMKM siak ini berada Lokasi Skelas ini berada di cagar budaya terkenal di Kabupaten Siak yaitu Tangsi Belanda yang terletak di Jalan Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak.

Di sinilah Kak Cerli dan kawan-kawan berdiskusi menyusun semua program kerja guna melestarikan budaya tapi juga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Tak hanya membantu dalam mempromosikan produk lokak, kawan-kawan Skelas juga meembantu masyarakat sekitar untuk memproduksi produk lokal yang dibutuhkan di pasaran.

Kawan-kawan Skelas ini diantaranya :

  • Cerli selaku Ketua
  • Aditya selaku sekertaris
  • Andrio selaku Bendahara
  • Noza  bagian Promosi dan Komunikasi
  • Cindy bagian Sumber Daya Manusia
  • Gun bagian bisnis lestari
  • Deni bagian kesekretariatan
  • Hendri bagian Data dan informasi
  • Satria bagian Hubungan antar Lembaga

Program-program Skelas

Skelas menganut asas gotong royong, dimana Skelas berfungsi sebagai ruang kolaborasi dan gotong royong antar komunitas dan pemerintah untuk bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Siak. Beberapa program kerja mereka adalah :

Gommunity (Government & Community)

Skelas berperan sebagai pusat gerakan yang dapat memicu  muda mudi lintas sector bergotong royong untuk melahirkan solusi kreatif Siak Hijau berbasis ekonomi lestari sebagai incubator asik untuk mewujudkan siak hijau.

Fungsinya

  • Memberikan wadah bagi anak muda untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi mereka secara kreatif.
  • Mendorong ekonomi kreatif lestari di Kabupaten Siak.
  • Bertindak sebagai wadah kolaborasi antara komunitas dan pemerintah.
  • Berupaya untuk mendukung visi Siak Hijau yang mengutamakan berkelanjutan dan pelestarian lingkungan.

KUBISA ( Inkubasi Bisnis Lestari )

KUBISA ( Inkubasi Bisnis Lestari ) merupakan program pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Program inkubasi ini memberikan peluang bagi dunia usaha untuk membangun tata Kelola dan manajemen bisnis yang baik, serta memastikan bahwa bisnisnya mempunyai dampak sosial dan lingkungan.

Contoh Dampak Lingkungan dan Sosial

  • Inovasi produk lokal minuman nanas berkualitas di lahan gambutyang dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan
  • Proses produksi Puan Pina melibatkan mitra kebun petani lokak dan kolaborasi bersama kelompok wanita tani.
  • Memanfaatkan bekatul untuk bahan bolu kemojo yang sebelumnya bekatul tidak dimanfaatkan.
  • Menambah nilai ekonomi dari sisa olahan padi.
  • Menghasilkan bolu kemojo yang glutenfree dan rendah gula.

Kantin Skelas

Kantin Skelas merupakan display tempat produk-produk lokal dari masyarakat Kabupaten Siak ini di pajang. Berada di cagar budaya dan tempat wisata, menjadikan kanti Skelas ini menjadi tempat berburu oleh-oleh khas Kabupaten Siak. Sehingga bisa dengan mudah mengenalkan produk lokal Siak ke masyarakat luas.

Gerakan mencintai produk lokal, turut serta dalam mempromosikan, turut membeli produk buatan negeri sendiri seperti ini harus dilestarikan. Terutama terhadapa muda mudi masa kini. Karena dengan gerakan ini kita bisa bantu jaga bumi.

Yuk jaga kelestarian lingkungan dengan terus support produk lokal.


Tidak ada komentar

Posting Komentar