Punya Bisnis Pastry & Bakery? Ini Rahasia Suksesnya

 

tips bisnis
Source : pexels.com

Menjalankan bisnis di bidang pastry & bakery memang tidak mudah apalagi tingkat persaingannya sangat tinggi. Sehingga kamu perlu melakukan upaya-upaya khusus untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Untuk melakukan hal tersebut tentu dibutuhkan modal, baik itu berupa materi maupun skill. Tapi jangan khawatir kamu bisa menggunakan KTA online untuk mengembangkan dan memajukan bisnis agar skalanya semakin besar.

Mengembangkan bisnis pastry & bakery memerlukan ide dan inovasi kreatif, sehingga tidak semua orang bisa melakukannya. Kalau bingung cara memulainya, kamu bisa mengikuti tips mengembangkan bisnis pastry & bakery berikut ini.

Tips Mengembangkan Bisnis Pastry & Bakery

Meski bukan hal yang mudah kamu pasti bisa mengembangkan bisnis ini, asalkan punya niat dan kemauan yang kuat. Sebenarnya tidak hanya itu tapi kamu juga perlu menyusun strategi agar bisnis berjalan sesuai harapan. Berikut beberapa tips mengembangkan bisnis pastry & bakery yang bisa dicoba.

Terus Ikuti Tren

Dikutip dari toasttab, sebagai pemilik bisnis pastry & bakery kita harus update dengan tren-tren yang sedang berkembang di masyarakat. Mengikuti tren bukan berarti harus menjiplak inovasi orang lain, kamu bisa menambah sentuhan unik agar berbeda dari kompetitor.

Berikan Fasilitas & Layanan Tambahan

Selain dari kualitas produk yang dijual ada satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu layanan pelanggan. Tidak semua outlet pastry & bakery menyediakan layanan yang lengkap contohnya:

  • Pemesanan dan pengiriman online
  • Custom kue sesuai permintaan pelanggan
  • Metode pembayaran cashless, dan lainnya

Jangan lupa sediakan meja dan kursi untuk pelanggan yang ingin makan di tempat. Jika ukuran outlet-mu kecil sebaiknya cari tempat lain yang lebih besar. Dengan KTA online proses cepat kamu bisa mendapatkan tambahan dana untuk pindah ke outlet yang lebih luas dan bagus.

Dengan memberi fasilitas dan layanan yang memadai, pelanggan akan merasa lebih nyaman. Sehingga memungkinkan mereka untuk datang kembali membeli kue di tempatmu. 

Konsisten Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dalam bisnis apa pun, pelanggan adalah raja yang harus kita layani dengan baik. Untuk memenangkan hati pelanggan kamu harus memberi pengalaman menarik dan berbeda. Contohnya dengan menawarkan kue gratis untuk paket pembelian tertentu atau membuat program loyalty untuk para pelanggan setia.

bisnis pastry and bakery
Source : pexels.com

Menambah Varian Kue

Selain karena cita rasa, keberagaman kue yang dijual juga mempengaruhi minat pelanggan saat datang ke outlet-mu. Oleh karena itu, tak salahnya menambah beberapa varian kue agar pelanggan tidak bosan. Selain menjual jenis-jenis kue yang sedang tren kamu juga perlu membuat menu andalan sebagai ikonik bisnis.

Menyusun Rencana Pemasaran yang Efektif

Kenapa harus menyusun rencana pemasaran? Tanpa rencana ini kamu pasti kesulitan memasarkan kue buatanmu ke calon pelanggan. Di era digital seperti sekarang, media sosial merupakan wadah pemasaran yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis.

Karena siapa saja bisa mengaksesnya dan tidak perlu menyiapkan biaya yang besar. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan jasa digital marketing untuk memaksimalkan strategi pemasaranmu. Bila perlu gunakan KTA online untuk merealisasikannya.

Mintalah Kritik & Saran dari Pelanggan

Pebisnis yang tidak suka mendengar kritik dan saran biasanya lebih sulit berkembang karena mereka terlalu fokus dengan gagasannya sendiri. Padahal pendapat pelanggan merupakan hal penting yang harus didengarkan.

Dengan mendengar keluh kesah mereka kamu bisa mengubah bisnis menjadi lebih baik. Jadi tidak ada salahnya menanyakan pendapat pelanggan mengenai cita rasa kue, layanan, dan fasilitas yang kamu berikan.

Melalui kritik dan saran yang mereka berikan kamu bisa memperbaiki kekurangan pada bisnismu. Bagaimana cara mendapat ulasan dan kritik dari pelanggan? Sebenarnya mudah karena bisa ditanyakan secara langsung atau melalui formulir online dan fitur review di layanan pesan antar.

Membuat Kue Edisi Spesial

Menjual kue edisi spesial merupakan salah satu cara menarik lebih banyak pelanggan. Seperti yang kita tahu di Indonesia banyak hari besar yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat varian kue edisi spesial.

Contohnya kue kering khas lebaran, cookies natal, jajanan pasar edisi HUT RI, chocolate cake untuk valentine, dan lainnya. Varian kue edisi spesial ini biasanya bersifat musiman karena diminati di hari-hari tertentu saja.

Bila perlu susun agenda secara berkala untuk merencanakan kue-kue edisi spesial yang akan dijual. Meski sifatnya musiman cita rasanya harus diutamakan agar pelanggan tidak merasa kecewa.

Percantik Interior Outlet

Tampilan interior juga perlu di-upgrade agar pelanggan merasa nyaman saat masuk ke outlet-mu. Biaya yang dibutuhkan untuk merombak interior memang lumayan besar tapi kamu bisa mengajukan KTA online untuk memperoleh modalnya. Jangan lupa pilih interior yang sesuai dengan konsep bisnis agar terlihat menyatu dan serasi.

Menjalin Kerja Sama dengan Pihak yang Tepat

Menjalin kerja sama dengan suatu pihak bisa menjadi langkah yang tepat untuk menaikkan nama bisnismu. Pihak yang dimaksud di sini harus memiliki citra yang bagus di mata masyarakat agar membawa dampak positif untuk bisnis.

Contohnya berkolaborasi dengan chef ternama, influencer, atau selebriti terkenal. Agar tidak salah memilih partner bisnis sebaiknya telusuri dulu seluk-beluk orang/perusahaan tersebut. Bila perlu minta rekomendasi dari orang-orang di sekitar sebelum memutuskannya.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengembangkan bisnis pastry & bakery yang bisa kamu coba. Bila perlu modal untuk melakukannya kamu bisa mengajukan pinjaman di digibank KTA sekarang. Pengajuan digibank KTA dengan limit hingga Rp200 juta bisa dilakukan secara online dan proses approval-nya hanya memerlukan waktu 60 detik.

Jangan khawatir kamu tidak perlu memberikan dokumen fisik apa pun tapi pastikan sudah memiliki e-KTP. Tunggu apalagi? Segera ajukan KTA online digibank KTA dan mulai kembangkan bisnismu sekarang juga.  Klik di sini untuk mengetahui syarat dan ketentuannya lebih lanjut.


Tidak ada komentar

Posting Komentar