Berjuang Untuk Indonesia Merdeka Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menjadi PR besar bagi bangsa kita. Tiap tahunnya masih terjadi kebakaran hutan di titik-titik panas di wilayah Negara hutan hujan tropis ini. Kenapa hal ini masih saja terjadi?

merdeka karhutla
Source : pexels.com

Taukah kalian, ternyata luas hutan di negara kita ini lebih dari separuh luas daratannya. Menurut data dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) total luas hutan di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 125,76 juta hectare (ha) atau setara dengan 62,97% luas daratan Indonesia yang sebesar 191,36 juta ha

13.43 juta ha diantaranya merupakan hutan gambut.. Hutan gambut di Indonesia merupakan hutan tropis berdaun lebar dan merupakan hutan gambut tropis terbesar kedua di dunia setelah Brazil dan Amazone.

Apa hubungannya karhutla dengan hutan gambut??

Hutan gambut atau lahan gambutdi Indonesia tersebar di beberapa pulau besar seperti Kalimantan, Sumatera dan Papua. Lahan gambut  merupakan area yang rentan sekali terbakar. Bahkan dikatakan putung rokok yang mati saja bisa membakar lahan gambut. Sangking mudah terbakarnya area tersebut.

Namun gambut yang berbentuk seperti spons dan memiliki fungsi untuk menyimpan air ini, kok bisa jadi mudah terbakar? Gimana ceritanya?

Yuk kenalan dulu dengan lahan gambut.

Apa Itu Gambut

Pengertian gambut menurut KLHK dalam permen LH No.7/2006 menjelaskan tanah gambut yaitu tanah hasil penumpukan bahan organic melalui produksi biomassa hutan hujan tropis.

Merdeka karhutla
Source : pantaugambut.id

Lahan gambut ini terbentuk dari material-material organic seperti serasah, ranting pohon, akar pohon dan kayu yang tidak membusuk secara sempurna dan lambat sehingga menumpuk dan membentuk lapisan gambut.

Proses pembentukan gambut berlangsung selama ribuan tahun lamanya. Berasal dari cekungan atau genangan air yang sangat luas lalu mengalami pendangkalan akibat tanaman yang tumbuh di lahan basah (bahan-bahan organic) yang kemudian mati, menumpuk didasar cekungan lalu mengalami pembusukan yang lambat karena tidak ada udara, secara perlahan dan bertahap.

Butuh waktu 2000 tahun lamanya untuk bisa membentuk lahan gambut sedalam 4 meter. Dan biasanya lahan gambut ini ditemukan di area genanganair seperti rawa, cekungan antara sungai, maupun daerah pesisir.

Karakteristik lahan gambut berbeda dengan tanah mineral, perbedaan ini bisa dilihat dari sifat fisika, kimia dan biologinya. Lahan gambut memiliki kadar air 100% hingga 1300% dari berat keringnya sehingga air dapat terserap 13 kali bobotnya.

Karena memiliki kandungan air yang tinggi membuat kepadatan tanah gambut menjadi sangat rendah. Kepadatan tanah gambut hanya sekitar 0,1 gr/cm3, sehingga kemampuan menahan beban rendan dan bersifat lunak dan lembek.

Bagaimana Gambut Bisa Terbakar?

Pasti kalian bertanya-tanyak kan, lahan gambut yang sifatnya basah bagaimana bisa mudah sekali terbakar?

Lahan gambut yang masih berfungsi sebagaimana mestinya tidak mudah terbakar karena memiliki kandungan air yang besar. Namun lahan gambut yang telah beralih fungsi atau dialihkan fungsinya menjadi lahan perkebunan inilah yang memicu terjadinya kebakaran hutan.

Pencegahan karhutla
Source : pantaugambut.id

Alih fungsi lahan gambut dimulai dengan mengeringkannya dengan cara membuat kanal (saluran drainase), menurunkan permukaan air tanah di gambut (subsidensi) dan mengurangi tingkat keasaman lahan gambut yang tinggi sehingga mudah ditanami oleh tanaman lain seperti kelapa sawit dan akasia.

Lahan gambut yang kering inilah yang rentan sekali terbakar. Ketika lahan gambut ini kering api kecilsaja bisa memicu kebakaran. Api bisa menyebar hingga lapisan gambut dalam yang kedalamannya bisa mencapai 4 meter.

Walaupun api di permukaan sudah padam, bukan berarti api di lapisan dalam juga padam. Oleh sebab itu kebarakan yang terjadi di lahan gambut bisa bertahan selama berbulan-bulan. Bahkan bisa menjalar ke tempat lain.

Bantu Indonesia Merdeka Karhutla

Tepat pada Hari kemerdekaan Indonesia ke-78 ini ayok bersama-sama berjuang untuk kemerdekaan karhutla di Negeri kita ini. Bagaimana caranya?

Merdeka karhutla
Source : pantaugambut.id

Melakukan Pencegahan

Aksi paling efektif dalam menangani kebakaran hutan dan lahan adalah dengan melakukan pencegahan sebelum terjadinya kebakaran.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan melakukan sosialisasi terkait bahayanya kebakaran hutan terhadap masayarakat sekitar yang hidup dan tinggal dilingkungan area hutan. Merevisi peraturan perundangan yang terkait dengan pemberian perizinan di lahan gambut. Serta melakukan pengamatan pada titik rawan yang lebih intensif.

Pemadaman

Melakukan proses pemadaman, proses pemadaman ini bisa dilakukan dalam beberapa cara, seperti :

  1. Pembuatan sekat bakar, yaitu jalur yang dibersihkan dari bahan bakar yang sengaja dibuat di wilayah yang rawan terjai kebakaran untuk mencegah penyebaran api apabila terjadi kebakaran.
  2. Pemadaman manual dengan mobil pemadam kebakaran dan tangka air.
  3. Water bombing, yaitu menjatuhkan bom air dari helikopter untuk memadamkan api.
  4. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan cara penyemaian garam untuk menciptakan awan hujan di atas area yang terbakar.

Pengendalian Karhutla

Pengendalian karhutla adalah dengan melakukan penanganan pasca kebakaran. Penanganan pasca kebarakan ini dilakukan dengan tidakan atau kegiatan yang meliputi inventarisasi, monitoring dan evaluasi serta koordinasi dalam rangka menangani suatu area setelah kebakaran.

Penanganan pasca kebakaran dapat dilakukan dengan pembuatan kebijakan mengenai restorasi gambut. Kegiatan restorasi gambut dengan cara rewetting,revegetation dan revitalitation yang telah terdegradasi serta monitoring.

Melakukan Aksi Bersama Team Up For Impact

Team up for impact

Team Up For Impact ini merupakan sebuah website yang mengajak kita untuk melakukan aksi sederhana untuk menjaga lingkungan yang dilakukan secara bersama-sama dan serentak. Kalian bisa ikut dalam aksi ini hanya dengan mengunjungi situsnya di https://teamupforimpact.org/.

Semua orang bisa ikut dalam aksi ini, karena aksi ini tidak dibatasi oleh usia atau latar belakang pendidikan. Ada banyak challenge yang bisa kalian kerjaan di sini yang dibagi dalam beberapa kategoy seperti sampah, makanan, digital, energy, bisnis hijau dan aktivisme.

Dengan melakukan aksi bersama Team Up for Impact, kalian akan bisa ikut membantu Indonesia untuk Merdeka dari Karhutla. Apa aksinya??

Aksi Bareng Team Up for Impact

Pencehagan kebakaran hutan
Source : pantaugambut.id

Aksi di team up for impact ini dilakukan dengan menyelesaikan misi yang disediakan. Goals dari misi-misi ini adalah mendapatkan satu pohon untuk ditanam di hutan. Pohon ini kita peroleh jika bisa menyelesaikan challenge yang diberikan. Jadi kita bisa ikut serta menanam pohon tanpa perlu harus ke hutan. Semakin banyak pohon yang bisa kita tanam bisa semakin mengurangi selimut polusi.

Hingga saat ini sudah ada 51 pohon yang ditanam dan lebih dari 1.285 orang yang telah bergabung dan mengikuti tantangan harian bersama-sama dan mendapatkan pohon. Sekarang giliran kalian untuk bergabung dan ikut bersumbangsih menanamkan pohon untuk kelesatarian alam bumi ini.  

Cara ikut challenge

  • Kunjungi situs https://teamupforimpact.org/
  • Ada beberapa challenge yang bisa kalian ikuti. Kalian cukup memilih challenge yang kalian ingin lakukan setiap hari. Setiap kali kalian menyelesaikan challenge kalian akan mendapat poin.
  • Kumpulkan poin hingga 1400 poin, dari poin tersebut aka nada 1 pohon yang ditanam atas nama kalian dihutan.

Yuk ikut bareng-bareng ikut challenge team up for impact, bantu Indonesia merdeka dari karhutla

 


Tidak ada komentar

Posting Komentar