Keuntungan Investasi Komoditas Syariah, Investor Wajib Tahu!

Komoditas syariah saat ini menjadi salah satu bentuk instrumen investasi yang disukai oleh banyak orang. Khususnya bagi investor muslim yang butuh instrumen investasi dengan prinsip-prinsip syariah sesuai aturan Islam. 

investasi syariah
Source : pexels.com

Sebenarnya hal tersebut tidak sulit untuk dilakukan saat ini karena ada Sharia (ICDX Sharia Commodity Market) yang memfasilitasi Anda untuk melakukan investasi di sektor komoditas syariah. 

Apa Itu Investasi Komoditas Syariah? 

Mari pahami dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan investasi komoditas syariah. Komoditas itu sendiri adalah barang atau produk yang akan diperjualbelikan secara global. Global di sini artinya barang tersebut akan dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia. Jadi kegiatan jual beli produk tidak terbatas pada satu wilayah atau bahkan satu negara. 

Sementara itu Anda tentu sudah mengenal apa yang dimaksud dengan syariah. Syariah merupakan sebuah prinsip yang sesuai dengan aturan agama Islam. Jika Anda mendengar istilah komoditas syariah, artinya komoditas tersebut diperjualbelikan dengan sistem yang halal. Sistem jual belinya mengikuti aturan atau syariah Islam dan tidak melibatkan unsur riba yang dinilai haram. 

Lalu bagaimana dengan investasi komoditas syariah? Sebenarnya jenis investasi ini sudah cukup lama dilakukan oleh masyarakat. Bahkan jauh sebelum ada investasi saham dan obligasi. Komoditas dinilai sebagai instrumen yang menguntungkan apalagi jika berasal dari sebuah bisnis yang populer dan berkapasitas besar. 

Ada beberapa jenis komoditas yang masuk ke dalam kategori komoditas syariah. Mulai dari emas, kopi, gandum, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut, maka Anda harus memilih komoditas yang tepat dari perusahaan yang stabil. 

Keuntungan Investasi Komoditas Syariah

Apa yang membuat investasi komoditas syariah ini layak dijadikan pilihan? Tentu ada beberapa hal yang memberikan keuntungan dari jenis investasi ini. Sebelum Anda mulai berinvestasi dan menyetorkan modal, mari simak beberapa keuntungannya sebagai berikut.

investasi syariah
Source : pexels.com

1. Terlindungi dari Dampak Inflasi

Keuntungan yang pertama, investasi komoditas cenderung akan melindungi Anda dari dampak inflasi. Umumnya permintaan komoditas akan cenderung tinggi saat inflasi meningkat. Hal ini akan mendorong kenaikan harga komoditas tersebut. Begitu juga saat nilai dolar AS melemah, harga komoditas justru akan terus meningkat. 

Salah satu hal yang memang harus dipikirkan oleh investor sebelum memilih instrumen investasi adalah pengaruh inflasi. Jika instrumen tersebut mudah terpengaruh oleh inflasi bahkan bisa mendapat dampak yang sangat signifikan karena inflasi, maka sebaiknya alihkan ke instrumen lain. Tentu lebih disarankan untuk memilih instrumen investasi yang tidak terpengaruh oleh adanya inflasi. 

Kita tidak pernah bisa memprediksi kondisi ekonomi negara maupun global. Bisa saja inflasi terjadi sewaktu-waktu dan membawa kerugian pada strategi investasi Anda. Jauh lebih aman jika Anda memilih untuk berinvestasi di instrumen yang memang lebih terlindungi dari dampak inflasi. 

2. Harga Komoditas Cenderung Fluktuatif

investasi syariah
Source : pexels.com

Keuntungan lain yang juga akan Anda nikmati jika berinvestasi komoditas syariah adalah bisa mengoptimalkan nilai keuntungan. Hal ini terjadi karena harga komoditas cenderung berfluktuasi. Bisa saja harga komoditas tahun lalu rendah namun meningkat drastis di tahun ke depan. Kondisi semacam ini bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk mengoptimalkan keuntungan. 

Sebagai contoh, Anda bisa membeli saham emiten yang memperjualbelikan komoditas syariah ketika harga komoditas turun. Selanjutnya Anda bisa menjual saham tersebut ketika harga komoditas meningkat. Jika selisih harganya cukup besar maka nilai keuntungan yang bisa Anda dapat juga jauh lebih besar. 

Tentunya hal seperti ini tidaklah mudah untuk didapatkan. Bukan hal yang mudah untuk menjual saham atau emiten di waktu yang tepat seperti ini. Sebaiknya Anda terus memantau harga pasar dan melakukan jual beli di waktu terbaik. Dalam hal ini Anda juga harus teliti memilih emiten yang tepat sesuai dengan komoditas syariah yang diperjualbelikan. 

3. Sesuai dengan Aturan Islam

Sudah pasti investasi komoditas syariah ini juga sesuai dengan aturan Islam. Sesuai namanya, ini merupakan bentuk investasi yang mengikuti prinsip syariah. Di dalamnya tidak melibatkan riba maupun hal-hal lain yang menyalahi aturan halal dalam agama Islam. Apalagi jika Anda memilih platform yang tepat, platform yang benar-benar menerapkan prinsip syariah. 

Jika Anda adalah pemeluk agama Islam, maka investasi komoditas syariah ini akan menjadi solusi yang tepat. Anda bisa berinvestasi dan mendapatkan keuntungan sesuai target tanpa harus menyalahi aturan Islam yang sudah Anda percaya. Tentunya ini juga akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi Anda yang ingin menambah nilai aset tanpa harus melibatkan unsur riba di dalamnya. 

Di zaman sekarang ini ada banyak sekali pilihan instrumen investasi yang bisa Anda gunakan. Namun sudah jelas bahwa tidak semuanya menerapkan prinsip Islam atau syariah. Jika Anda berinvestasi pada sektor komoditas syariah maka akan jauh lebih aman. Keuntungan yang diperoleh juga bebas dari riba sehingga bisa dimanfaatkan dengan hati yang tenang. 

Sharia (ICDX Sharia Commodity Market) akan memfasilitasi Anda untuk berinvestasi dalam bentuk komoditas syariah. Di dalamnya akan berlangsung proses jual beli yang berjalan sesuai prinsip syariah. Jadi Anda bisa merasa jauh lebih tenang dan berinvestasi tanpa perlu takut akan riba.


Tidak ada komentar

Posting Komentar