Ingin Furniture Kayu Jati Tetap Mengkilap, Berikut Cara Membersihkan Kayu Jati Yang Benar

Kayu jati selalu menjadi pilihan nomor satu untuk dijadikan perabot rumah tangga. Hal ini dikarenakan kualitasnya kayunya yang bagus, kuat dan tahan terhadap segala cuaca. Agar perabot kayu jati tetap mengkilap dan awet digunakan, cara membersihkan kayu jati pun harus dilakukan dengan benar.

Banyak orang yang memilih kayu jati sebagai perabot rumah tangga mereka. Bukan tanpa sebab mereka melakukannya, ada banyak kelebihan kayu jati sebagai furniture.

cara membersihkankayu jati
Source : pexels.com

Sifatnya yang kuat, tahan lama dan stabil misalnya, membuat kayu jadi memiliki nilai estetika yang tinggi dalam industri mebel. Membuat kayu dengan warna coklat muda hingga coklat tua ini sering digunakan untuk membuat furniture seperti meja, kursi dan lemari. Selain itu kayu yang berasal dari pohon jati (Tectona grandis) ini juga sering digunakan sebagai bahan bangunan seperti pintu, jendela dan lantai kayu.

Nah, apa saja kelabihan kayu jati sebagai furniture?

Kelebihan Kayu Jati

1. Daya Tahan Kuat

Kayu eksotis ini tahan terhadap air, kelembaban dan kondisi cuaca ekstrim. Bentuknya tidak mudah berubah dan sangat kuat. Perubahan cuaca yang sering kali menjadi factor perubahan bentuk kayu, sama sekali tidak mempengaruhi kayu ini.

2. Tahan Terhadap Rayap

Kayu jati ini memiliki tekstur yang padat dan pori-pori kecil, membuat rayap dan serangga tidak dapat masuk dan merusak kayu. Selain itu jenis kayu ini juga mengandung minyak alami yang membuatnya tahan terhadap serangan serangga, rayap dan jamur.

3. Tampilan Menarik

Pada kayu jati, lapisan finishingnya cenderung cukup tebal dan tidak terlalu tipis. Permukaannya juga halus dan tidak bergelombang. Kayu ini juga memiliki karakteristik serat kayu dan warna yang khas. Membuat kayu ini memiliki tampilan yang lebih menarik dan elegant.

4. Mudah Perawatannya

Untuk membersihkan perabot kayu jati bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan professional cleaner. Selain itu, furniture kayu jati tidak perlu terlalu sering di pernis. Hal ini karena komposisi warna kayu secara alamiah membuatnya semakin indah seiring dengan bertambahnya usia kayu jati.

5. Awet dan Tahan Lama

Furniture kayu jati bisa tahan 50 hingga 70 tahun jika dirawat dengan baik dan benar. Furniture kayu jati merupakan investasi yang baik untuk jangka panjang dan nilai investasinya pun cenderung naik dari tahun ke tahun.

Cara Membersihkan Kayu Jati

kelebihan kayu jati sebagai furniture
Source : courtina.id

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan kayu jati agar tetap mengkilap dan awet sampai puluhan tahun. Berikut tips cara membersihkan kayu jati dari Citra Kayon, sebuah perusahaan perkayuan yang berdiri di Jakarta sejak tahun 2003.

Bersihkan Debunya

Bersihkan debu yang menempel pada perabot kayu jati kalian. Kalian bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkannya. Namun, untuk debu yang melekat dan susah dibersihkan kalian bisa menggunakan kain lembut atau sikat dengan larutan sabun untuk membersihkannya.

  • Cara membersihkan kayu jati dengan larutan sabun
  • Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat dalam wadah kecil
  • Untuk membersihkan seluruh permukaan kayu, termasuk celah dan sudut-sudut kecil yang sulit dijangkau, gunakan sikat atau kain yang terlah dibasahi dengan larutan sabun.
  • Pastikan tidak terlalu basah sehingga kayu tidak terlalu lembab.
  • Bilas kayu dengan kain yang sudah dibasahi air bersih untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran.

Menghilangkan Noda Air

Gunakan pasta gigi atau baking soda untuk menghilangkan noda air yang ada pada perabotan kayu jati. Berikut cara yang bisa dilakukan :

  • Campur pasta gigi atau baking soda dengan sedikit air hangat untuk membuat pasta yang cukup kental.
  • Oleskan secara perlahan pada noda air dan diamkan selama beberapa menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lap dengan kain kering.

Menghilangkan Noda Hitam

Gunakan asam oksalat untu menghilangkan noda hitam pada perabot kayu jati. Campurkan asam oksalat dengan air dan gosok menggunakan kain pada kayu jati. Lalu bilas dengan air bersih dan lap dengan kain kering.

Membersihkan Dengan Cairan Pembersih Khusus

Untuk noda-noda membandel yang sulit dibersihkan, kalian bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk menghilangkannya. Ikuti petunjuk pada kemasan dengan benar dan jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu pada area yang tidak terlihat sebelum menggunakan pada seluruh permukaan kayu.

Menggunakan Teh Hitam

Kandunga tanin pada teh hitam berfungsi untuk mengangkat noda pada kayu jati. Cara menggunakannya pun mudah. Kalian cukup menyeduh teh hitam seperti biasa, lalu celupkan kain lembut ke seduhan teh hitam dan lapkan pada permukaan kayu jati yang ingin dibersihkan. Setelah selesai, bilas kayu jati dengan air bersih dan lap kering.

Hindari penggunaan teh hitam yang mengandung gula atau bahan tambahan lainnya yang dapat meninggalkan residu pada kayu. Sebelum menggunakan the hitam, pastikan untuk melakukan uji coba pada area kecil terlebih dahulu untuk memastikan bahwa teh tidak merusak atau merubah warna kayu.

Menggunakan Minyak Kayu Jati

Kalian juga bisa menggunakan minyak kayu jati untuk menjaga kayu jati tetap bersih dan berkilau.caranya dengan mengoleskan kayu jati pada permukaan kayu dengan kain lembut. Tunggu beberapa saat agar minyak meresap ke dalam kayu, lalu lap dengan kain bersih dan kering.

Hindari Bahan Kimia

Untuk membersihkan perabot kayu jati hindari bahan kimia yang keras seperti pembersih serbaguna atau cairan pembersih oven. Karena dapat merusak lapisan pelindung kayu jati sehingga membuatnya pudar. Gunakan bahan alami atau produk khusus yang dirancang untuk membersihkan kayu jati.

Itu tadi beberapa cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan perabot atau furniture kayu jati agar tetap mengkilap dan bisa awet hingga puluhan tahun.


Tidak ada komentar

Posting Komentar