Tips Memilih Heater Pemanas Air

Heater pemanas air untuk kamar mandi sudah menjadi kebutuhan sekunder yang populer, termasuk di Indonesia. Banyak rumah, penginapan, dan mungkin rumah sakit serta perkantoran terpasang pada kamar mandinya heater pemanas air.

tips memilih heater pemanas air
Source : kompas.com

Memang nyaman mandi air panas setelah lelah beraktivitas, atau saat sakit, atau ketika cuaca dingin. Membuat orang ingin membeli heater pemanas air untuk dipasang di kamar mandinya. Namun di antara sekian banyak pilihan heater untuk kamar mandi, mungkin bingung memilih yang mana. Berikut ini beberapa tips memilih heater pemanas air agar mendapatkan yang terbaik.

Sesuaikan Budget

Budget merupakan salah satu hal yang paling penting dalam membeli heater pemanas air untuk kamar mandi. Pilih heater yang paling sesuai dengan budget namun dengan kualitas yang sebaik mungkin. Pertimbangkan juga biaya perawatan jangka panjang, apakah spare part tersedia, apakah perlu mengganti filter, dan sebagainya.

Sesuaikan Bahan Bakar

Heater menggunakan beberapa jenis bahan bakar untuk memanaskan air, yang paling populer adalah gas, panas matahari dan listrik. Sesuaikan dengan ketersediaan bahan bakar. Jika gas lebih mudah didapatkan dan lebih murah maka bisa menjadi pilihan. Sebaliknya jika listrik lebih murah dan dirasa lebih praktis maka cari heater yang menggunakan listrik.

Heater dengan panas matahari mungkin bisa jadi pilihan yang cocok dan hemat untuk negara tropis seperti Indonesia. Tapi bagaimanapun heater jenis ini mempunyai kekurangan, terutama karena sangat bergantung pada panas matahari untuk memanaskan air.

Maka jika musim penghujan atau langit sedang mendung, panas matahari akan sulit didapat. Juga ketika suatu saat di sekitar rumah dibangun bangunan tinggi bisa menghalangi sinar matahari.

Apapun jenis bahan bakar yang dipilih harus dipertimbangkan dan dipastikan keamanannya. Baik dalam insatalasi heater maupun pemakaian dan perawatan jangka panjang.

Kenali Jenisnya

Heater kamar mandi beragam jenisnya. Yang paling populer adalah heater dengan tangki dan heater tanpa tangki.

Heater dengan tangki bekerja dengan cara menampung air di dalam tangki, air dipanaskan, lalu air panas siap digunakan. Kekurangannya harus menunggu air menjadi panas lebih dahulu dan air panas sulit tersedia setiap saat. Terlebih lagi jika air dipanaskan terlalu lama bisa terjadi pemborosan air dan energi (bahan bakar).

Heater tanpa tangki bekerja dengan cara langsung memanaskan air yang mengalir. Sehingga bisa menyediakan air panas setiap saat asalkan bahan bakarnya juga tersedia. Jika bahan bakarnya listrik maka air panas akan selalu siap diproduksi sepanjang listriknya tidak padam. Kelebihan lain heater tanpa tangki adalah tidak memerlukan tempat yang luas untuk pemasangan.

Pilih Yang Memiliki Keunggulan

Banyak orang yang memilih heater tanpa tangki karena praktis dan bisa menyediakan air panas kapan saja. Salah satu heater tanpa tangki yang memiliki keunggulan dibanding produk-produk sejenis adalah heater dari Champs Industrial.

Heater Champs tidak hanya bisa memanaskan air, tapi dilengkapi shower pijat dan ada fitur mencegah air terlalu panas yang bisa melepuhkan kulit. Juga memiliki teknologi Lumiflo yang mampu memurnikan air, sehingga air  lebih bersih dan lebih sehat.


Tidak ada komentar

Posting Komentar