5 Tips Mengembangkan Bisnis Travel Agent

 

pinjaman dana di Bank
Source : unsplash.com

Peluang bisnis agen perjalanan sangat potensial. Permintaan akan layanan ini selalu tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai serius mengembangkan bisnis travel agent dengan pinjaman uang dari bank terpercaya. 

Karena selepas pandemi Covid-19 mereda, geliat industri pariwisata akan kembali meningkat. Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini untuk mempersiapkan pelayanan terbaik. 

Susun kembali rencana bisnis, evaluasi servis yang sudah ada, dan tambah jenis layanan yang baru. Serta gencar lakukan promosi. Sehingga akan semakin banyak pelanggan yang mempercayakan rencana liburan mereka pada agen perjalanan Anda.

5 Tips Mengembangkan Bisnis Travel Agent 

Travel agent membantu siapapun yang ingin mendapatkan pengalaman menarik saat berlibur. Berwisata di destinasi-destinasi menawan yang ada di Indonesia. Atau mengunjungi berbagai pilihan negara yang menjadi tujuan wisata favorit.

Namun untuk mengembangkan bisnis travel agent dibutuhkan strategi yang matang. Supaya agen perjalanan bisa memberikan pelayanan yang memuaskan dan mengesankan. Dengan begitu pelanggan akan kembali menggunakan jasa agen yang sama. 

Berikut ini 5 tips mengembangkan bisnis travel agent dengan menggunakan  pinjaman dana di bank yang wajib Anda coba:

1. Kembangkan Relasi

Perluas lagi relasi bisnis yang masih ada hubungannya dengan industri pariwisata dan hospitality. Bangun kerjasama dengan biro perjalanan, penginapan, restoran, tempat wisata, dan lain sebagainya. 

Dengan kerjasama tersebut bisnis Anda bisa memberikan pelayanan yang lengkap. Serta menawarkan banyak pilihan untuk pelanggan. Hal ini akan menjadi kelebihan dari travel agent Anda. 

2. Petakan Tujuan Wisata

Travel agent harus bisa mengenali potensi dari setiap tujuan wisata yang dipilih. Identifikasi pesona atau atraksi apa saja yang akan disukai turis. Lalu petakan destinasi- destinasi yang sudah ditemukan. 

Kemudian susun rute perjalanan yang efektif. Mampu menghubungkan setiap lokasi destinasi wisata yang sudah direncanakan. Namun Anda juga perlu cerdik menghitung biaya, agar tetap sesuai dengan harga paket yang Anda tawarkan. 

3. Menambah Layanan Baru

Cara mengembangkan bisnis travel agent bisa juga dengan menambah layanan baru. Membuat paket wisata berbeda dan menambah tujuan wisata di dalam maupun luar negeri. Serta jenis layanan lain seperti asuransi perjalanan. 

Dengan begitu semua keperluan turis untuk berwisata aman dan nyaman, bisa terpenuhi oleh agen perjalanan Anda. 

4. Buat Paket yang Menarik

Persaingan di bisnis travel agent cukup kompetitif. Buat servis dari agen perjalanan milik Anda lebih menonjol dari yang lain. Caranya yaitu dengan membuat paket wisata yang menarik dan beragam. 

Lakukan riset pasar, kemudian mengecek sendiri tujuan wisata baru, dan cari tahu layanan yang dibuat kompetitor. Dengan begitu Anda dapat membuat paket wisata yang berbeda dan unik. Sehingga turis akan memilih jasa agen perjalanan milik Anda. 

5. Promosikan Secara Online

Strategi terakhir untuk mengembangkan travel agent yaitu gencar melakukan pemasaran secara online. Lengkapi informasi di dalam website, aktif di media sosial, dan pasang iklan untuk menarik pelanggan. 

Namun sebelum mempromosikan paket wisata, pastikan Anda sudah membuat perhitungan jadwal yang tepat. Dengan mempertimbangkan musim dan masa liburan (low season, high season, dan peak season). 

Serta momen-momen penting lain, contohnya untuk wisata ke Jepang pastikan kapan musim bunga sakura bermekaran.

Dengan melakukan 5 tips di atas bisnis travel agent Anda bisa semakin dipercaya dan berkembang. Modal untuk membuat bisnis agen perjalanan Anda lebih besar lagi bisa dengan mengajukan pinjaman dana di bank. Pilih bank yang menawarkan bunga rendah dengan tenor yang tidak terlalu singkat. 

Jenis Paket Wisata yang Bisa Travel Agent Tawarkan 

pinjaman uang
Source : pexels.com
Paket wisata merupakan sejumlah servis, lengkap dengan itinerary perjalanan untuk wisatawan. Turis yang tidak memiliki waktu untuk menyusun rencana liburan akan lebih memilih menggunakan jasa agen perjalanan. 

Pilihan paket yang ditawarkan bisa bermacam-macam, seperti tiga jenis paket wisata di bawah ini:

  • Open Trip

Agen perjalanan akan menyediakan kuota untuk suatu tur dan pelanggan bebas mendaftarkan diri. Sedangkan tanggal dan tempatnya sudah ditentukan oleh travel agent. 

Jenis servis ini menawarkan pengalaman menarik, karena turis akan bersama dengan orang-orang baru yang belum dikenal sebelumnya. 

  • Private Trip

Berbeda dengan open trip, paket private trip dipesan oleh sekelompok orang. Umumnya keluarga yang ingin berlibur bersama. Pelanggan bisa memilih destinasi wisata dan tanggal keberangkatan. Untuk jenis paket private trip Anda dapat memberikan tarif yang lebih tinggi.

  • Wisata Grup 

Jenis paket wisata group mengakomodasi jumlah turis yang lebih banyak. Biasanya yang memesan layanan ini adalah perusahaan, organisasi, atau komunitas. Untuk servis yang satu ini Anda bisa menawarkan promo berupa diskon atau cashback.

Supaya pelanggan bisa mendapatkan lebih banyak pilihan, sebaiknya Anda menyediakan tiga jenis paket di atas. Pelanggan yang puas dengan pelayanan selama traveling akan merekomendasikan agen perjalan Anda ke keluarga dan rekan-rekan mereka. 

Kembangkan Bisnis Travel Agent dengan Pinjaman Uang DBS KTA

Mengembangkan bisnis travel agent membutuhkan riset dan persiapan yang matang. Bisnis juga membutuhkan dana tambahan untuk melakukan strategi yang sudah dirancang. Modal mengembangkan usaha bisa Anda dapatkan dari pinjaman tanpa agunan DBS KTA

DBS KTA menawarkan berbagai keuntungan seperti, jumlah pinjaman yang dapat cair hingga Rp300 juta. Anda bisa atur tenor cicilan sampai 3 tahun dengan bunga pinjaman yang flat mulai dari 0,88% per bulannya. 

Pengajuan pinjaman uang Anda akan di-approve dalam waktu 3-5 hari kerja. Namun sebelum apply, pastikan Anda berdomisili di Jabodetabek, memiliki penghasilan minimal Rp5 juta/bulan, dan mempunyai kartu kredit di bank lain dengan limit Rp10 juta. 

Ketika mengajukan pinjaman Anda tidak perlu menyiapkan dokumen fisik. Cukup persiapkan e-KTP dan NPWP, lalu ikut langkah-langkah mendaftar dan pengajuan pinjaman di laman berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.

Ajukan pinjaman uang dengan bunga rendah dari DBS KTA, untuk kembangkan bisnis travel Agent Anda!


Tidak ada komentar

Posting Komentar