Mencoba Resep Rawon Khas Blora, Persiapan Buat Menyambut Hari Raya Idul Adha

Rawon santan omela
 @wahyu puspita

'Hari raya Idul Adha tinggal beberapa minggu lagi nih, sudah punya ide nggak mau masak apa nanti? Menu olahan daging menjadi menu wajib untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Secara ya stok daging di rumah pasti melimpah.

Kali ini aku mau bagi resep rawon khas Blora yang manis gurih. Rawon Blora ini berbeda dari rawon lainnya, karena ada tambahan santan untuk kuah rawonnya. Hal inilah yang bikin rawon Blora memiliki rasa manis gurih.

Jika biasanya bahan utama dalam resep rawon Blora ini adalah santan, dalam resep kali ini aku akan menggantinya dengan krimer kental manis biar nggak bikin kolesterol naik. Seperti yang kita tau, santan kaya akan lemak jenuh dan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan akan membahayakan bagi kesehatan tubuh.

Sebagai pengganti santan aku menggunakan Krimer Kental Manis Omela yang memiliki rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan. Sehingga pas banget sebagai bahan pelengkap bisnis kuliner kalian.

Krimer kental manis omela pengganti santan
@wahyu puspita

Baca Juga : 4 Menu Minuman untuk Takjil Anti Ribet

Resep Rawon Khas Blora

Rawon merupakan makanan yang banyak sekali digandrungi orang, karena memang rasanya enak sekali. Hal ini lah yang membuat banyak usaha makanan memiliki menu rawon di dalamnya. Masakan berbahan dasar daging sapi dan kluwek ini memang mengugah selera. Apalagi kalau ditambah dengan tempe atau mendol.

Untuk memasak rawon khas blora apa saja yang perlu disiapkan?

Bahan Utama

  • 500 gram daging sapi, kalau bisa daging sandung lamur (daging yang berasal dari bagian dada bawah sapi, tepatnya di dekat kaki depan)
  • 1 liter air
  • 5 sdm (75 ml) Krimer Kental Manis Omela
  • 2 batang sereh
  • 6 lembar daun jeruk

Bumbu Halus

  • 3 buah kluwek
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • ½ sdm ketumbar
  • ½ ruas jahe
  • ½ ruas kunyit
  • 1 sdt merica
  • 5 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • Garam secukupnya

Cara Memasak

  1. Potong daging menjadi potongan-potongan kecil, lalu rebus hingga matang dan empuk. Sisihkan.
  2. Larutkan 1 liter air dengan 5 sdm krimer kental manis omela.
  3. Haluskan semua bumbu dan campur jadi satu.
  4. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan bersama sereh, daun jeruk, hingga harum dan layu.
  5. Masukkan potongan daging yang sudah masak dan empuk ke dalam bumbu dan aduk hingga rata.
  6. Masukkan larutan omela dan garam. Aduk kembali sampai bumbu meresap ke dalam daging dan mengeluarkan minyak dipermukaan.
  7. Jika sudah tercampur rata dan bumbu sudah meresap ke dalam daging, angkat.
  8. Rawon siap disajikan bersama bahan pelengkap lainnya, seperti tauge, telur asin, tempe, mendol atau kemangi.

Lamanya proses memasak rawon khas Blora di atas kurang lebih selama 60 menit. Resep tersebut bisa disajikan untuk 4 orang.

Baca Juga : 4 Makanan Khas Lombok

Jika rawon tidak habis dimakan saat itu juga, rawon bisa disimpan dan di makan lagi keesokan hari kok. Rawon bisa tahan hingga 6 bulan lamanya setelah dimasak, asalkan disimpan dengan baik.

Tips Menyimpan Rawon

Berikut tips menyimpan makanan yaitu menyimpan rawon yang bisa kalian lakukan.

  1. Pisahkan daging dan kuah rawon, hal ini biar daging tidak hancur jika dipanaskan berulang kali.
  2. Simpan di dalam wadah kedap udara, agar terhindar dari bakteri.
  3. Masukkan ke dalam kulkas, jika disimpan dalam kulkas dengan suhu udara di bawah  5 derajat celcius, rawon bisa tahan selama 3 hari.
  4. Simpan di dalam freezer, jika disimpan dalam freezer dengan suhu minus 18 derajat celcius rawon bisa tahan selama 6 bulan. Jika rawon dikeluarkan dari freezer, kalian harus menunggu kuah rawon mencair terlebih dahulu baru bisa dipanaskan.

Resep memasak rawon dengan menggunakan Krimer Kental Manis Omela ini bisa kalian praktekan di rumah untuk menyambut Hari Raya Idul Adha nanti.

Krimer kental manis omela
@wahyu puspita

Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

 

1 komentar

  1. This product is used to manufacture Compression Stockings electronics components such as sensors, meters, testing tools, digital connectors, and processing tools. The flourishing electronics business within the region is projected to contribute to the growth of the market in Europe over the forecast interval. The key gamers within market are profiled in this report and their methods are analyzed totally, which assist understand the competitive outlook of the injection molding machine business.

    BalasHapus