Menyusun Blog Plan 2022

Nggak terasa udah dipenghujung tahun 2021 ya kawan, waktunya bikin resolusi dong berarti. Kali ini aku mau menyusun blog plan di tahun 2022. Setelah ikut dalam kelas BRT Network bareng Mbak Marita kemarin, jadi kepikiran deh untuk bikin rencana blogging.

blogging dengan rencana

Apa itu blog plan?

Menurut Mbak Marita, secara sederhana blog plan adalah perencanaan blog, mulai dari merencanakan postingan-postingan blog, performa blog, penghasilan yang ingin didapat hingga tujuan dari ngeblog itu sendiri.

Jujur ya selama setahun ngeblog ini memang nggak pernah kepikiran untuk membuat rencana blogging. Selama ini aku termasuk blogger dadakan, kalau lagi mood nulis ya nulis kalau nggak mood nulis ya nggak nulis, nggak konsisten nulisnya gitu. Kalau lagi rajin ya seminggu bisa 3 hingga kali posting tulisan, kalau lagi males sebulan juga belum tentu ada postingan.

Setelah tau tentang cara menyusun blog plan ini jadi kepikiran untuk mulai konsisten ngeblog. Biar bisa mengembangkan blog dan dapat penghasilan dari blog. Selain itu dengan adanya blogplan ini kita bisa evaluasi blog kita, bagian mana yang masih perlu yang diperbaiki.

Cara Menyusun Blog Plan

1. Tentukan tujuan yang ingin dicapai

Semakin lama kita nyemplung di dunia ngeblog, bisa jadi tujuan-tujuan tersebut mulai diperbarui. Misal, awalnya ngeblog sekadar suka-suka, nulis juga sebisanya, sekarang masuk kelas BRT artinya mulai ada keinginan untuk naik kelas ngeblognya; belajar SEO dan lain-lain.

Nah, blog plan bisa mengabadikan tujuan-tujuan ini. Jadi ketika nanti dalam perjalanan ngeblog kita agak belok dari tujuan, saat membaca blog plan yang pernah dibuat, kita beloknya nggak kejauhan.

Tujuan/ target alias goal ini yang akan membantu kita untuk menuliskan langkah-langkah selanjutnya. Biar PV nya naik, harus rajin BW. Catatin deh jadwal BW di beberapa group yang diikuti. Biar kita bisa merencanakan, oh hari ini BW di grup A, besok di grup B, dsb. Kalau mau DA nya naik tapi nggak tahu caranya, hunting deh kelas yang bisa ngajarin kita tentang itu.

Contohnya, teman-teman di sini ikut kelas BRT. Ikut kelas blogging bisa jadi salah satu strategi yang dimasukkan dalam blog plan yang dibuat. Termasuk target siapa pembaca tulisan kita juga bisa dicatat di blog plan.

2. Menentukan Niche Blog

Buat yang blognya gado-gado alias niche lifestyle seperti punya saya, pernah nggak sih sesekali nengok blognya, label/ kategori apa yang lebih banyak diupdate?

Jangan-jangan sama nih, hari ini parenting, besok parenting, lusa parenting lagi. Padahal di blognya ada label otomotif, tapi isinya cuma 5 gelintir aja, hehe.

Dengan membuat blog plan, kita bisa nih merencanakan hari Senin posting kategori entertainment, Rabu posting kategori parenting, Jumat posting kategori kuliner, dsb.

3. Membuat Jadwal postingan

Menentukan jadwal posting. Dari tujuan yang sudah ditetapkan, evaluasi proses ngeblog sebelumnya dan juga kapasitas diri, kita bisa menentukan sebaiknya update blog itu sehari 1 postingan, atau sepekan 1 postingan, dsb.

Bisa juga kita masukkan jadwal seperti:

Hari Senin: post artikel baru dengan label kuliner

Hari Selasa: update 3 artikel lama

Hari Rabu: post artikel baru dengan label parenting

Hari kamis: update 3 artikel lama

4. Bank Ide

Dengan menyusun blog plan, sebenarnya secara nggak langsung kita udah menyimpan ide-ide berharga yang tadinya hanya ada di kepala dengan lebih rapi.

5. Membuat Outline

Termasuk di dalam sebuah blog plan adalah mempersiapkan outline postingan sebelum kita memulai proses penulisan artikel. Jadi tulisannya lebih terarah nggak mbleber ke mana-mana.

Misal, mau bikin tulisan tentang Tips Aman Berkendara, terus kita mulai dengan opening yang panjang mengular ke mana-mana. Saat sudah ada outline di tangan, kita tinggal lirik aja tuh, eh tadi poin-poin yang mau di bahas apa aja.. kok bisa sampai ke sini.

blog


Manfaat Blog Plan

  1. Membantu teratur dan konsisten posting
  2. Merencanakan konten yang seimbang
  3. Menyediakan konten yang ditunggu pembaca
  4. Tandai hari-hari special
  5.  Memilih ide terbaik
  6. Tidak ada alasan buntu ide
  7. Mencari postingan lebih cepat
  8. Menghemat waktu

Blog Plan 2022

blogging SEO

Blog plan aku mungkin hampir sama dengan teman-teman lainnya. Seperti Mbak Atiqoh aku juga ingin mendapat minimal 10 job perbulan. Seperti juga blog plan Mbak Sri yang ingin mendapat penghasilan miniman 2 juta perbulan dari blog. Untuk pengembangan diri, blog plan ku sama seperti Mbak Thalita aku juga ingin belajar tentang dunia blog dan ingin berbagi ilmunya.

Berbeda dengan Mas Taumy Alif aku tidak menargetkan untuk ikut blogwalking 50 kali dalam seminggu. Namun aku ingin melakukan ternak blog, membuat blog baru dengan niche yang lebih spesifik daripada blog pertama.

Untuk ujicoba, aku kemarin sempat menyusun plan blog untuk seminggu kedepan dari tanggal 13 Desember 2021 hingga 18 Desember 2021

  • 13 Desember 2021 Membuat outline untuk artikel lomba keju craft
  • 14 Desember 2021 Belanja keperluan untuk lomba dan membuat foto product sebagai pelengkap postingan
  • 15 Desember 2021 Menulis artikel lomba Keju craft
  • 16 Desember 2021 Posting artikel lomba keju craft dan diikutkan Blog walking
  • 17 Desember 2021 Menulis artikel organic review film YUNI
  • 18 Desember 2021 Posting artikel

Setelah menyusun plan blog rasanya jadi lebih mudah untuk mengatur blog. Jadi tau apa yang harus ditulis dan ide muncul dari mana saja.

Nah itu tadi blog plan aku untuk tahun 2022. Semoga bisa berjalan sesuai dengan rencana. Dan harapku semoga aku bisa konsisten untuk menulis.

Semoga blog plan yang dibuat teman-teman berjalan dengan baik ya.

 

 

 

 

1 komentar

  1. Semoga apa yang dirimu cita-citakan berhasil ya, mbak. Doa terbaik untuk dirimu. Tetap semangat dan menginspirasi lewat tulisan, ya.

    BalasHapus