Latihan Mengasah Otak dalam Pekan Olahraga Otak di ZenCore

Pemanasan otak


Sebagai seorang perempuan, kadang kita dipaksa untuk bisa multitasking. Selain mengerjakan pekerjaan untuk karirnya, perempuan juga melakukan pekerjaan rumah tangga setiap harinya. Melakukan perkerjaan berbeda dalam satu waktu membutuhkan konsentrasi yang tinggi.

Meski begitu tak jarang aku sebagai perempuan juga sering gagal fokus. Apalagi kalau lagi banyak kerjaan yang menuntut untuk segera diselesaikan. Kadang kedistract dikit aja udah deh lupa tadi mau ngerjain apa.

Ternyata nggak cuma aku saja, beberapa teman perempuanku juga mengalami hal yang sama. Mudah gagal fokus dan lupa mau mengerjakan apa kalau sudah kedistract sesuatu.

Salah satu cara aku untuk menjaga konsentrasi adalah dengan meningkatkan kemampuan otak. Otak kita terdiri dari 2 bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Fungsi otak kiri adalah untuk mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan logika, bahasa, dan pemikiran analitis. Sedangkan otak kanan adalah untuk berpikir secara visual, intuitif, dan kreatif. Dengan melatih kedua fungsi dari otak kanan dan otak kiri, kita dapat meningkatkan konsentrasi kita.

Fitur ZenCore dalam aplikasi Zenius menjadi sarana aku untuk melakukan olahraga pemanasan otak. Karena dalam fitur ZenCore kita nggak hanya diajak mengerjakan soal-soal untuk meningkatkan kemampuan otak tapi juga diajak bermain dalam game seru yang bisa bikin kita jadi jagoan adu otak. Dengan ganti cara belajar yang seperti ini, membuat belajar jadi lebih seru dan nggak membosankan.

Berkenalan Dengan ZenCore

ZenCore merupakan salah satu core kurikulum Zenius yang berfungsi untuk melatih skill dan knowledge kalian. Skill dan knowledge merupakan kemampuan yang harusnya dikuasai dan ditingkatkan oleh setiap orang. Nggak peduli dari apapun jenjang pendidikannya, jurusan, usia atau bidang pekerjaannya.

Jagoan adu otak

Fitur ZenCore milik Zenius ini merupakan fitur yang bisa kalian gunakan dengan gratis, tanpa perlu membayar sepeserpun. Enak banget kan kita bisa meningkatkan kemampuan fundamental kita tanpa ada biaya yang dibebankan.

Selain itu ZenCore ini juga dirancang dengan pendekatan adaptive learning yaitu metode pembelajaran yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pembelajar melalui sumber belajar yang tepat. Sehingga kalian bisa belajar sesuai dengan level pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Skills dan Knowlegde Yang Perlu Dikuasai

Skill apa saja sih yang harus kita kuasain untuk mengembangkan kemampuan diri kita?

Fundamental Skills

Fundamental Skills ini berguna untuk melatih cara berpikir kalian biar makin bagus dan cerdas. Terdapat salah satu fitur ZenCore yang bertujuan untuk melatih fundamental skills. Dengan fitur ini kalian bisa jadi jagoan adu otak. Nama fiturnya adalah CorePractice

Insightful Knowledge

Meningkatnya kemampuan insightful knowledge, membuat kalian mampu melihat dunia dengan berbagai perspektif atau sudut pandang. Kemampuan ini bisa didapat dari berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history dan lain-lain. Kalian bisa meningkatkan kemampuan ini nantinya dalam fitur CoreInsight yang masih dalam tahap pengembangan.

Fitur CorePractice ZenCore

Ganti cara belajar

Seperti yang telah aku sampaikan di atas, CorePractice merupakan fitur ZenCore untuk meng-upgrade fundamental skills kalian. CorePractice ini berupa kuis yang memiliki 153.000 soal yang berguna untuk mengasah kemampuan fundamental kalian.

CorePractice berisi 3 kategori kuis yang bisa kalian mainkan, yaitu Matematika, Verbal Logic, dan Bahasa Inggris. Tiap kuis dimulai dari level 1 dan berakhir di level 100. Untuk sekali permainan kalian harus menyelesaikan 8 soal dengan batas waktu yang diberikan yaitu 120 detik.

Semakin cepat kalian menjawab nilai kalian akan semakin bagus. Eitts namun jangan asal jawab ya, karena kalian harus menjawab dengan benar untuk mendapat nilai yang bagus. Jangan pula terlalu lama mikirnya karena kalau kalian kehabisan waktu maka soal yang tak selesai dijawab akan dianggap salah. 

  • Kategori Matematika

Belajar matematika sangat penting dalam meningkatkan kemampuan otak. Salah satunya adalah dengan meningkatnya kemampuan berfikir logis dan rasional

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cresswell dan Speelman (2020), mereka menemukan bahwa partisipan yang mengikuti lebih banyak pembelajaran matematika dapat mengerjakan soal penalaran rasional dan logis dengan jawaban benar yang lebih banyak.

Mungkin karena itu kategori matematika menjadi kategori pertama dalam kuis di CorePractice. Soal-soal pada level awal yang diberikan masih tergolong mudah, yaitu berupa operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.  Namun semakin naik level, semakin sulit soal yang diberikan.

  • Kategori Verbal Logic

Kategori kedua yang bisa kalian mainkan adalah Verbal Logic. Kategori ini berisi pertanyaan-pertanyaan sederhana yang memerlukan logika. Level 1 masih berupa soal gambar benda yang umum kita ketahui lalu pertanyan logika sebab akibat. Semakin tinggi level yang kita kerjakan, soal yang diberikan juga semakin susah.

  • Kategori Bahasa Inggris

Untuk kategori Bahasa inggris, kalian akan langsung disuguhi pertanyaan tentang tenses dan vocabulary. Beberapa soal meminta kalian memilih “penulisan kalimat yang benar seperti apa”. Ada juga soal yang berupa kalimat dengan kata yang hilang ditengah yang harus kalian cari kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

Dengan ganti cara belajar seperti ini, belajar jadi lebih seru dan tak membosankan. Karena banyak sekali ragam soal yang bisa kita kerjakan. Belajar jadi berasa seperti bermain.

Cara Mengasah Otak di ZenCore

Buat kalian pengguna android yang ingin melakukan pemanasan otak di ZenCore, kalian bisa download Aplikasi ZenCore untuk Android di Google PlayStore. Sedangkan buat kalian pengguna Apple bisa download Aplikasi ZenCore untuk iOS di Appstore. Setelah mendaftarkan diri, baru deh kalian kalian bisa mulai deh ikutan kuis ZenCore.

ZenCore


Pekan Olahraga Otak

Ada kabar gembira nih buat kalian yang senang mengasah otak di ZenCore. Zenius akan mengadakan lomba dengan tema Pekan Olahraga Otak. Pas banget kan buat kalian yang jago mengasah otak. Selain bisa seru-seruan jawab soal, kalian juga bisa dapat hadiah lho.

Pekan Olahraga Otak ini merupakan event Zenius yang berkolaborasi dengan Fiesta Primagama. Event ini akan menjadi special campaign yang bertujuan untuk memberikan first experience kepada para user yang belum pernah mencoba ZenCore dan memfasilitasi more experience bagi para user yang pernah atau bahkan rutin menggunakan ZenCore sebagai Pemanasan Otak.

Event ini diadakan sebagai bagian dalam rangkaian Fiesta Primagama, yaitu perayaan 40 tahun bimbel offline Primagama yang telah resmi bergabung dengan Zenius sejak Bulan Maret lalu.

Nantinya Zenius bakalan terus mengajak para pengguna untuk terus melatih otak dengan Zencore melalui Pekan Olahraga Otak yang nantinya akan rutin digelar setiap dua minggu sekali. Dan pastinya selalu ada hadiah menarik yang akan dibagikan.

Periode Lomba

Pekan Olahraga Otak kali ini akan diadakan mulai tanggal 28 Maret hingga 24 April 2022, dan pemenang lomba akan diumumkan di minggu selanjutnya. Semakin banyak melakukan latihan dan menjawab soal-soal dengan benar, kesempatan menang kalian akan semakin besar. Karena penilan pemenang dihitung berdasarkan skor total masing-masing kategori subjek. Penilaian ini dihitung dari semua peserta yang melakukan praktik dan latihan sebanyak mungkin selama periode lomba.

Nantinya pemenang akan diumumkan melalui Instagram @zeniuseducation dan @primagama_id. Buat kalian yang ingin ikutan bisa cek infonya di artikel blog Zenius ya.

Hadiah Lomba

Apa saja sih hadiah yang bisa kalian dapatkan?

Dengan mengikuti lomba di Pekan Olahraga Otak kalian akan berkesempatan untuk mendapatkan Ipad 9, Samsung Smart Watch 4, xiomi Haylou, Solar LS05, JBL T450, dan hadiah hiburan untuk 5 orang yang beruntung.

Ayo segera daftar, jangan sampai kelewatan!!!

 

 

 

 

8 komentar

  1. Mau olahraga otak temukan jawabannya di artikel ini, zencore akan menemani waktu untuk berolahraga

    BalasHapus
  2. Aku kalau udah suntuk dengan tulisan biasa idenya mentok. Alih-alih main, karena sekarang Ramadhan aku pilihnya buka aplikasi Zenius dan main sama ZenCore. Asyik banget. Kadang nggak kerasa udah larut dengan soal-soal akutu. Hehehe

    BalasHapus
  3. Hihi... saya pun akhir-akhir ini sering kayak orang linglung. Dari dapur ingat mau mengambil sapi ke depan. Lalu jalan ke depan, sampai depan tengak tengok sambil garuk kepala, lupa tadi tujuan ke depan mau ngapain.

    Perlu ikutan pekan olahraga otak di zencore nih, biar otak nggak tumpul

    BalasHapus
  4. Jadi pengen ikutan niih. Kadang saya suka tes otak sendiri. Karena apapun hasilnya bikin bahagia karena terrnyata masih banyak yang tersimpan di memori. Karena dulu pernah sangat pelupa akibat stress berat dan kesulitan tidur berhari-hari bersamaan dengan sulit makan.

    BalasHapus
  5. Seru banget nih, apalagi hadiahnya keren-keren juga. Jadi pengen ikutan

    BalasHapus
  6. Wah bisa banget nih buat ngukur seberapa jago ni otak di pekan olahraga Zencore. Seru kayaknya, hehe itung-itung bisa sambil latihan yaa.

    BalasHapus
  7. Zencore ini tidak hanya cocok utk anak-anak ya kak. Untuk orang dewasa pun juga cocok. Hadiah gak tanggung-tanggung menarik banget

    BalasHapus
  8. The conventional manufacturing machinist position has advanced to the manufacturing machining that requires many configurations for brief runs to satisfy just-in-time supply demands of customers. One expert operator can run several of} autonomous CNC machines while one programmer can load the required designs. In short, using the most important radii potential on your design will each increase surface finish high quality, and cut back machining RING SECURITY CAMERAS costs. Larger instruments that create bigger radii run quicker and reduce costs. Courtesy of software like CAD and CAM, which supplies exact ending process, tool path, and operations cycle time based mostly upon product specs.

    BalasHapus