Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Dan Otot Sedari Dini

 

tulang sehat dan kuat

Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat”

Kalian pasti sering mendengar ungkapan di atas, karena dengan tubuh yang sehat kita bisa melakukan segala aktivitas dengan baik. Penting banget untuk mulai aware dengan mulai menjaga kesehatan tulang dan otot, sama seperti menjaga bagian tubuh lainnya

Sebagai penopang tubuh kita, tulang memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang aktivitas yang kita lakukan. Seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang dapat berkurang. Berkurangnya kepadatan tulang pada manusia menyebabkan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Penyakit tulang keropos ini biasa disebut dengan osteoporosis.

Fungsi otot pun tak kalah pentingnya, posisinya yang menempel dengan tulang memiliki fungsi untuk menggerakkan tulang sehingga menghasilkan gerakan pada tubuh. Kontraksi dan relaksasi pada otot dapat menarik dan mendorong tulang, membuat tubuh bisa bergerak sehingga kita bisa berjalan, berdiri, jongkok dan melakukan aktivitas lainnya.

Semakin bertambahnya usia, tubuh bisa kehilangan massa ototnya. Perkembangan massa otot ada dua yaitu perkembangan sel pertumbuhan (anabollisme) dan penghancuran sel (katabolisme). Katabolisme terjadi lebih sering daripada metobolisme ketika usia semakin bertambah. Hal inilah yang bisa membuat massa otot menghilang.

Baca juga : Mengenal Dematitis Atopik, Penyakit Kulit Yang Menurunkan Kualitas Tidur

Oleh sebab itu, ada baiknya kita mulai menjaga kesehatan tulang dan otot sejak dini. Nah bagaimana cara untuk menjaga kesehatan tulang dan otot?

Cara Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

1. Rutin Berolahraga

Beberapa studi menyatakan bahwa olahraga baik untuk mendorong pertumbuhan tulang, meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, memperkuat sendi dan otot, serta mencegah tulang keropos. Olahraga yang dilakukan tidak harus berupa olahraga berat. Kalian juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, naik turun tangga, bersepeda, berenang, yoga atau latihan angkat beban.

olahraga lari
Source : pexels.com

Agar Kesehatan tulang dan otot kalian terjaga lakukanlah olahraga ringan secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Mungkin akan terasa berat ketika awal memulai, namun jika sudah terbiasa akan terasa lebih ringan.

2. Mencukupi Asupan Kalsium dan Vitamin D

Sebagai mineral utama yang terdapat dalam tulang, penting bagi kita untuk mencukupi asupan kalsium dalam tubuh. Kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa adalah sekitar 1000 mg, sedangkan untuk lansia di atas 50 tahun adalah sekitar 1200 mg.

Ada banyak cara untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh setiap harinya, seperti mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti susu, keju, yogurt, brokoli, kangkung, kacang, seafood, ikan salmon, sarden, teri dan tahu tempe.

minum susu untuk tulang dan otot
Source : pexels.com

Namun bila terlalu sulit untuk mengonsumsi makanan tinggi kalsium tersebut, kini sudah banyak susu untuk otot dan tulang yang bisa kalian beli di toko atau swalayan terdekat. Kandungan yang terdapat dalam susu untuk otot dan tulang tersebut dapat memenuhi jumlah kebutuhan kalsium harian tubuh. 

Bila akan membeli produk susu untuk otot dan tulang belilah yang mengandung kalsium, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan juga tinggi protein. Carilah produk yang memiliki kandungan vitamin D yang cukup. Karena vitamin D ini berfungsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan mencegah pengeroposan tulang. Jumlah asupan vitamin D harian untuk orang dewasa sekitar 15 mikrogram sedangkan untuk lansia 20 mikrogram.

3. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Beberapa asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang dan otot lainnya adalah protein, magnesium, zinc, vitamin C, vitamin K, dan asam lemak omega-3. Nutrisi-nutrisi tersebut berguna untuk meningkatkna penyerapan kalsium, mendorong produksi sel-sel pembentuk jaringan tulang, melindungi sel-sel tulang dari kerusakan dan menjaga kepadatan tulang seiring bertambahnya usia.

Kandungan nutrisi tersebut bisa kalian dapatkan dari sayur-sayuran, daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian. Agar tulang dan otot sehat, mulailah untuk makan makanan bergizi seimbang tiap harinya.

Baca juga : Mengajak Anak Muda Progresif Untuk Indonesia Yang Inklusif

Itu tadi sedikit cara yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Jangan menunggu tua untuk mulai menjaga kesehatan tubuh kita. Yuk mulai jaga pola makan, rajin olahraga dan memulai gaya hidup sehat. Ingatlah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.


Tidak ada komentar

Posting Komentar