Tips Merawat Kamera CCTV Agar Awet dan Berfungsi Maksimal


cara merawat kamera cctv
Source: pexels.com
Kamera CCTV menjadi salah satu perangkat keamanan yang sering ditemukan di berbagai macam tempat. Nyatanya memiliki CCTV di rumah memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah memberikan ketenangan pikiran.

Baik menggunakan IP camera CCTV maupun CCTV biasa, kamu bisa melihat keadaan di dalam rumah ketika sedang berada jauh. Bukan hanya itu, kamera yang langsung terhubung dengan jaringan internet juga bisa membuatmu keadaan secara langsung hanya dengan menggunakan handphone. Ketika terdapat aktivitas yang tidak biasa, CCTV akan memberikan peringatan.

Manfaat Menggunakan Kamera CCTV

Nyatanya, CCTV bukan hanya digunakan untuk menjaga property, namun juga bisa memberikan manfaat yang lainnya, seperti:

  1. Memonitor Bayi

Dengan adanya CCTV, kamu bisa memonitor bayi dimanapun kamu berada selama terhubung dengan jaringan internet. Bahkan, bila kamu memilih kamera yang dilengkapi dengan audio dua arah, kamera akan memberikan peringatan jika terdapat gerakan atau suara yang mencurigakan. 


  1. Dapat Mengawasi Hewan Peliharaan

Kamera CCTV juga bisa digunakan untuk mengawasi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kandang kelinci maupun kandang burung. Bahkan, beberapa kamera juga didesain khusus untuk memberikan peringatan suara gonggongan anjing.


  1. Sebagai Pelengkap Smart Home

Bila sekarang ini kamu memiliki berbagai macam perangkat smart home, kamu dapat menautkan CCTV dengan perangkat tersebut sehingga bisa merespons dengan otomatis. 

Tips Merawat CCTV agar Awet Digunakan

kamera cctv untuk di rumah
Source : pexels.com

Baik CCTV biasa maupun IP camera CCTV, keduanya membutuhkan perawatan agar bisa digunakan secara maksimal. Berikut beberapa langkah perawatan yang bisa kamu lakukan, seperti:

  1. Menjaga Kebersihan CCTV

Performa yang dimiliki CCTV bergantung dari kondisi komponennya seperti hardisk, kamera, DVR, serta koneksi internet. Oleh sebab itu pastikan menjaga kebersihannya komponennya dengan baik. 


Kamu bisa membersihkan housing, lensa kamera, DVR, monitor serta drive unit secara berkala. Hindari membiarkan seluruh komponennya kotor serta penuh debu, jika kebersihan CCTV tidak dijaga dengan baik, gambar kamera bisa menjadi buram. 


  1. Perhatikan Pengaturan Rekaman

Kamu juga harus memperhatikan pengaturan mode rekaman kamera CCTV. Atur rekaman dengan optimal serta jangka waktu hasil rekaman. Selain itu kamu juga harus memperhatikan pengaturan kualitas rekaman dan berbagai pengaturan lainnya. 


  1. Perhatikan Seluruh Komponennya secara Berkala

Baik IP camera CCTV maupun CCTV biasa memiliki komponen yang sama, pastikan memperhatikan seluruh komponennya dengan berkala. Komponen seperti kabel serta koneksi juga harus diperhatikan. 


Biasanya, karena tidak dilakukan pengecekan dengan baik, kabel dan koneksi tidak terhubung dan akhirnya membuat kinerja CCTV menjadi tidak optimal. Selain itu posisi kamera juga harus diperiksa, jangan sampai target kameranya kurang tepat sasaran. Kamu bisa memeriksa penyangga kamera dan hal lainnya. 


  1. Perhatikan Keakuratan CCTV

Perawatan kamera CCTV lainnya yang harus diperhatikan adalah keakuratan kamera. Kamu harus memperhatikan keakuratan kamera dari jam, keakuratan indikator, hingga kondisi DVR, apakah bagian-bagian tersebut terjadi kerusakan atau tidak. 


  1. Lakukan Backup Berkala seluruh Rekaman

Kita tidak pernah mengetahui kapan membutuhkan video rekaman CCTV, oleh sebab itu tidak ada salahnya melakukan backup berkala. Bila kapasitasnya sudah penuh, kamu bisa mencadangkan hasil rekaman tersebut. 


Sortir rekaman yang menurutmu masih dibutuhkan, kemudian hapus rekaman yang tidak dibutuhkan. Kamu bisa melakukan penyortiran secara berkala. Lakukan backup data secara rutin dalam jangka waktu yang tidak begitu lama. 

Pilihan Kamera CCTV Terbaik Saat ini

Jika sudah mengetahui pentingnya memiliki CCTV hingga perawatannya, hal lain yang harus diperhatikan adalah memilih vendor yang tepat. Ketika mencari vendor di internet, kamu akan dijejali begitu banyak pilihan vendor.

Jika baru pertama kali memilih vendor kamera CCTV, tentu akan sangat sulit bukan. sebenarnya, salah satu rekomendasi CCTV berkualitas yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah ColorVu Hikvision. 

Berikut berbagai macam keunggulan yang dimiliki ColorVu Hikvision, antara lain:

  1. Bisa Memberikan Informasi Warna Seperti Keadaan Sebenarnya

Keunggulan ColorVu Hikvision yang pertama adalah dapat memberikan informasi warna seperti keadaan yang sesungguhnya. Render warna yang dimiliki IP camera CCTV ini sangat akurat, bahkan kinerja yang dimiliki sangat luar biasa. 


Kamu bisa mendapatkan warna yang mirip dengan aslinya meskipun saat lingkungan memiliki intensitas cahaya yang rendah bahkan hingga mencapai 0,0005 lux. Angka ini merupakan pencahayaan yang sama dengan malam tanpa bintang dan bulan. 


  1. Detail yang Ditampilkan Jauh Lebih Banyak

ColorVu Hikvision bisa dengan jelas merekam semua informasi detail dan warna dibandingkan dengan kamera CCTV biasa yang hanya menampilkan warna hitam putih. Dengan detail lebih banyak yang ditampilkan oleh ColorVu Hikvision, kamu bisa mengumpulkan informasi dengan lebih akurat. 


  1. Memberikan Pengalaman Visual yang Jauh Lebih Baik

ColorVu Hikvision memiliki kecerahan yang seimbang. Selain itu ColorVu Hikvision juga memiliki aperture super F1.0 serta sensor lanjutan sehingga menjamin perenderan dengan lebih realistis. 


Teknologi F1.0 sendiri merupakan teknologi yang dapat menangkap cahaya dengan sebanyak mungkin sehingga seluruh detail bisa terlihat dengan jelas. Seperti yang kita ketahui, teknologi canggih ini tidak banyak dimiliki oleh CCTV. 

Dengan berbagai kelebihan di atas, ColorVu Hikvision bisa dikatakan sebagai kamera CCTV terbaik di kelasnya. Bayangkan saja, CCTV ColorVu Hikvision ini bahkan bisa melakukan zoom secara maksimal. Meskipun zoom dilakukan, kecerahan gambar tetap akan terlihat dengan baik. Jika masih ragu dengan kualitas yang dimiliki ColorVu Hikvision, buktikan sendiri!

Tidak ada komentar

Posting Komentar