dkjshfkmdsacknbajcndwakncdiejhceuiwj

Kumpulan Cerita Perjalanan

Review : Explore Enjoy & Repeat, Catatan Perjalanan dari 20 Negara

 

buku travelling keliling dunia

“Travelling pun semakin terasa istimewa ketika saya menemukan jiwa-jiwa yang luar biasa baik dalam perjalanan. Jiwa-jiwa tulus ini membuat saya yakin bahwa saya akan baik-baik saja ke mana pun kaki melangkah karena dunia ini dipenuhi oleh orang-orang yang luar biasa baik. Jadi saya tak perlu takut untuk menjelajah, menikmati dang mengulanginya”.

Itu kalimat yang ditulis oleh Yani Lauwoie dalam akhir kata pengantarnya yang bikin aku manggut-manggut dan mengiyakan pendapatnya tersebut. Meski tak semua perjalanan selalu berjalan mulus layaknya yang ditampilkan di media sosial, namun setiap perjalanan selalu memberikan sisi menyenangkan. Dan akan selalu menemukan kita pada orang-orang baik.

Seperti cerita yang disajikan Kak Yani Lauwoie dalam bukunya yang berjudul Explore Enjoy & Repeat, Catatan Perjalanan dari 20 Negara ini. Dia menuturkan kisah-kisah perjalanannya ke 20 Negara Asia dan Eropa yang tentu saja ada sangat menyenangkan namun juga kadang kena apes juga.

Baca juga : Catatan Perjalanan Bung dalam Arah Langkah

Perjalanan Yani Lauwoie

Buku terbitan PT Gramedia Widiasarana Indonesia ini sukses bikin aku mupeng jalan-jalan keliling dunia, Eropa salah satunya. Iri banget deh sama kak Yani yang pernah mengunjungi banyak negara di dunia. Apalah aku yang paling jauh perginya cuma sampai Malaysia.

Perjalanan Kak Yani lebih banyak ke Australia dan Eropa ini dirangkum dalam 4 Bab dengan beberapa sub bab yang disesuaikan dengan kejadian-kejadian unpredictable yang dialaminya. Bab pertama misalnya berjudu Culture Shock, berisi tentang kisah-kisahnya menghadapi kebiasaan yang berbeda dari negara yang ia kunjungi.

Mulai dari kendala bahasa, di mana banyak mansyarakat dari negara yang ia kunjungi tak bisa berbahasa inggris, sehingga komunikasi jadi susah karena harus menggunakan bahasa isyarat. Hingga aturan fasilitas umum yang berbeda 180 derajat dari Indonesia. Seperti membuang tissue toilet ke dalam toilet adalah hal yang benar sedangkan membuangnya ke tempat sampah adalah hal yang salah di salah satu kota Australia. Dan begitu tepat waktunya petugas di Jepang.

Selain kendala budaya dan kebiasaan yang berbeda, iklim dan cuaca yang berbeda juga bikin cerita-ceritanya makin menarik. Seperti pengalamannya berjalan di hujan salju yang dulunya dia pikir menyenangkan seperti yang terlihat di film-film, nyatanya sungguh menyiksa. Seperti perjalanannya waktu di Hobart, Australia pada musim dingin.

Baca juga : Go Around The World Bareng The Journeys

Cerita yang Disisipi Tips

Tak hanya berisi bercerita tentang tempat yang dikunjungi, beberapa tulisan dari Kak Yani juga disisipi dengan tips-tips selama traveling. Apa lagi traveling ke luar negeri yang tentunya masih awam bagi beberapa orang.

Dari buku ini ada banyak hal yang baru aku ketahui. Contohnya saja nih tenyata di Australia banyak penjual souvenirnya yang berasal dari Indonesia. Dan banyak juga product-product buatan Indonesia yang dijual di Australia. Wah jadi seperti berada di Negara sendiri ya.

Trus ada juga kebiasan unik di salah satu kota di Australia, di mana membali telur di peternakan tanpa ada penjualnya. Jadi pembeli mengambil sendiri telur yang akan dibeli, lalu membayarnya di kotak. Kalau ambil kembalian juga di kotak itu. Wah kalau di sini bisa rugi banyak tuh penjualnya.

Ada beberapa tips yang dibagikan oleh Kak Yani dalam buku ini, seperti check in web agar lebih cepat saat naik pesawat. Atau anjuran untuk berhati-hati di Italia karena terkenal banyak pencoetnya dan kebanyakan mereka mengincar turis Asia. Dan masih banyak lahi tips yang dibagikan di buku ini.

Gaya Kepenulisan 

Gaya penulisannya yang luwes dan mudah dimengerti tanpa ada istilah-istilah yang rumit bikin buku ini cocok untuk dibaca siapa saja. Membaca buku ini seperti mengobrol dengan Kak Yani yang membahas tentang pengalamannya keliling dunia. Tulisannya membawa kita masuk ke dalam rentetan kisa perjalannya.

Dan yang pasti buku racun banget, bikin kita yang baca jadi pingin travelling ke negara-negara yang pernah di singgahi Kak Yani ini.

 

 

 

 

  

Service Sepatu Malang, Ubah Sepatu Lama Jadi Sepatu Baru

tempat reparasi sepatu malang

 “Kalau bisa diperbaiki, kenapa harus dibuang?”

Mencoba untuk memperbaiki barang yang rusak merupakan salah satu cara untuk mengurangi produksi sampah. Sifat konsumtif membuat kita suka untuk membeli barang baru dan mudah membuang atau tak memakai barang lama.

Aku dulu juga tipikal orang yang gak berpikir panjang untuk membeli barang baru. Liat barang unyu dikit beli, liat barang keren dikit beli tanpa berpikir bakalan kepakai atau nggak. “Yang penting beli dulu” atau “kalau nggak beli sekarang, takut kehabisan”, gitu sih dulu mikirnya.

Namun setelah beli, baru dipakai satu atau dua kali kadang udah nggak pernah dipakai lagi. Jadinya kan nggak manfaat gitu kan.

Dulu waktu masih kerja kantoran, salah satu barang yang sering dibeli adalah sepatu. Karena emang buat kerja ya, jadi biar bisa gonta-ganti sepatu gitu. Namun lama-kelamaan numpuk juga tuh sepatu di kosan. Yang sering dipakai juga yang itu-itu doank.

Semakin dewasa mulai deh mengubah pola pikir untuk nggak jadi orang yang konsumtif. Mulai deh memilah-milah kalau beli barang. Jadi kalau mau beli barang tanya sama diri sendiri,”aku beneran butuh nggak sama barang itu? Bakalan aku pakai nggak? Aku beli ini karena emang butuh atau hanya karena ingin saja?”.

Selain mulai mengurangi sifat konsumtif, aku juga mulai untuk tidak mudah membuang barang. Jadi kalau ada barang yang rusak, kalau masih bisa dibenerin ya dibenerin. Baru deh kalau emang bener-bener nggak bisa dibenerin dibuang.

Baca juga : Misi Rahasia Sebuah Kotak Bekal Untuk Bumi

reglue sepatu malang
Nah beberapa waktu lalu sepatu wedgesku rusak. Emang sih usianya lama, aku belinya waktu hari raya tahun 2014 lalu kalau nggak salah. Dan karena emang jarang pakai sepatu wedges untuk kegiatan sehari-hari, jadi sepatu ini lebih banyak di kotaknya daripada terpakai. Sepatu ini baru keluar kalau aku ada undangan pernikahan atau acara-acara formal lainnya.

Dan baru ketahuan rusak saat aku pakai menghadiri pesta pernikahan salah seorang teman. Untungnya nggak sampe copot semua talinya. Jadi masih bisa kupakai hingga pulang ke rumah.

Ngerasa sayang banget kalau dibuang, karena aku suka sama model sepatunya juga kenyamanan saat dipakai. Oleh sebab itu akupun mencoba mencari cara untuk memperbaikinya. Mulailah mencoba mencari lewat google search. Setelah mencari-cari ketemulah Service Sepatu Malang.

Awalnya agak ragu juga sih buat memperbaiki sepatu di situ. Namun setelah melihat hasil-hasil dari reparasi mereka akhirnya aku dengan mantap menitipkan sepatu aku untuk direparasi ke mereka.

Keuntungan Reparasi Sepatu di Service Sepatu Malang

jahit sepatu malang

Melayani Konsultasi

Ini salah satu pelayanan mereka yang bikin aku nyaman yaitu bisa berkonsultasi langsung tentang apa yang aku mau. Enaknya mereka akan mendengar apa yang kita inginkan. Waktu itu kasus yang aku hadapi adalah kulit sepatu yang terkelupas dan beberapa tali yang lepas dari sol. Dan aku ingin model dan warnanya tidak berubah.

Setelah aku mengirim foto kondisi sepatuku waktu itu, mereka menyarankan untuk mengganti kulit sepatu dan menjahit ke sol agar sepatu menjadi lebih awet. Mereka bilang cukup merombak bagian atas saja. Aku mengiyakan saran dari mereka, dan hasilnya sesuai dengan apa yang aku inginkan.

cuci sepatu di malang

Melayani Antar Jemput

Untuk pelanggan yang berada di Malang Kota gratis antar jemput sepatu. Karena waktu itu sedang masa pandemic seperti sekarang ini, aku seneng banget dengan pelayanan mereka ini. Jadi aku nggak perlu keluar rumah untuk mengantarkan sepatu yang mau diperbaiki.

Cukup memberikan alamat pengambilan saja kepada mereka. Nanti kurir mereka akan datang mengambil ke rumah. Dan bila sepatu sudah selesai diperbaiki mereka akan konfirmasi ke pelanggan untuk menentukan waktu pengiriman sepatu.

Baca juga : Tips Merawat CCTV Agar Awet dan Berfungsi Maksimal

Layanan Service Sepatu Malang

Ada beberapa layanan yang mereka berikan kepada pelanggan. ‘

1. Reparasi Tas

Tak hanya sepatu, Service Sepatu Malang juga bisa repasi tas. Tas kalian yang kulitnya terkelupas bisa diperbaiki yang nantinya akan jadi seperti baru lagi.

2. Jahit Biasa/XXX

Jahit biasa/XXX dilakukan bila sepatu mengelupas (menganga) karena lemnya terkikis air. Jahit sepatu ini bisa bikin sepatu jadi semakin awet (tidak mudah menganga).

3. Lem Ulang

Lem ulang dilakukan untuk kondisi sepatu yang sama seperti jahit. Bedanya, kalau jahit terlihat pola jahitnnya sedangkan kalau lem ualng tidak. Selain itu ada beberapa sepatu yang tidak bisa dijahit. Biasanya karena solnya yang keras.

4. Repair Upper

Repai upper ini dilakukan untuk kondisi sepatu yang bagian atasnya sudah rusak parah, sehingga harus diganti. Sama seperti kondisi sepatuku waktu itu.

5. Ganti Sol

Ganti sol dilakukan bila sol sepatu sudah rusak parah, sedangkan kondisi atas sepatu masih bagus. Sehingga bagian bawah sepatu (sol) harus diganti dengan yang baru.

6. Repaint

Repaint ini untuk sepatu yang sudah kusam, kalo kata orang jawa mbulak karena terlalu lama dipakai. Sepatu kusam ini biasanya terjadi karena sepatu sering di terkena sinar matahari atau cara pencuciannya tidak benar.

7. Cuci

Cuci sepatu, buat kalian yang ingin sepatunya kinclong lagi, kalian bisa cuci sepatu di sini.

Nah itu tadi pengalaman aku reparasi sepatu di Service Sepatu Malang, sepatu lama aku yang udah terkelupas sana-sini kulitnya kini jadi seperti baru lagi.

Ingin Dapat Cuan Tanpa Modal? Jadi Reseller Evermos Jawabannya!

Cara cari uang tambahan
Source : evermos.com

Pernah dengar tentang bisnis tanpa modal? Ternyata hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah menjadi reseller produk Evermos. Sebelum membahas tentang cara menjadi reseller Evermos, Anda sudah tahu apa itu reseller?

Reseller merupakan seseorang yang membeli barang atau jasa untuk dijual kembali. Dengan kata lain produk tersebut tidak digunakan secara pribadi melainkan dipasarkan ulang untuk meraih sejumlah keuntungan.

Nah, salah satu platform yang memungkinkanmu untuk menjadi reseller tanpa modal adalah Evermos. Evermos sendiri merupakan platform reseller yang banyak menjual produk-produk muslim di Indonesia.

Hebatnya lagi, pendaftaran anggota reseller Evermos tidak dipungut biaya alias gratis dengan proses yang sangat mudah, lho. Tidak perlu berlama-lama, biar makin yakin simak keuntungan jadi reseller Evermos berikut ini, yuk!

Keuntungan Jadi Reseller Evermos

Cara mudah jadi reseller evermos

Ada banyak alasan mengapa bisnis online Evermos terasa menguntungkan. Kalau Anda masih ragu, coba cek dulu poin-poin di bawah ini. Siapa tahu Anda jadi tertarik.

Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Sejatinya menjalankan bisnis jualan bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari usia muda sampai usia tua. Begitu pula dengan Evermos. Siapa pun bisa menjadi reseller produk Evermos.

Mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pengusaha pemula, sampai pegawai tetap juga punya kesempatan yang sama untuk meraih untung lewat bisnis Evermos.

Daftar Gratis, Jualan Tanpa Modal

Membangun sebuah bisnis itu tak melulu butuh banyak modal. Sekarang berjualan tanpa modal sangat mungkin buat diwujudkan.

Untuk menjadi member Evermos, Anda tinggal membuat akun dengan memasukkan no HP aktif, nama, kata sandi, dan area domisili. Setelah pembuatan akun selesai, Anda sudah bisa jualan dan jangan lupa untuk mempromosikan toko online jualan Anda ke media sosial.

Bisa Jualan Dari Mana Saja

Jika dulu jualan dilakukan secara face to face, sekarang transaksi jual-beli banyak berlangsung secara online. Hal ini tentu saja menjadi peluang yang menguntungkan bagi mereka yang kesehariannya disibukkan dengan aktivitas masing-masing. Pegawai kantor misalnya.

Sambil bekerja di kantor, Anda tetap bisa berjualan karena transaksi bisnis di Evermos dilakukan secara online. Jadi punya kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bukan?

Proses Transaksi Anti-ribet

Selain menyediakan langkah pendaftaran super praktis, proses transaksi di Evermos juga anti-ribet, lho. Evermos akan menyediakan link produk yang bisa kamu sebar di media sosial milik Anda.

Jika ada konsumen yang melakukan pemesanan, reseller akan melakukan pemesanan ke Evermos dan menyelesaikan transaksi dengan membayar sesuai harga reseller.

Setelah itu, Anda tinggal duduk manis karena semua produk yang telah dipesan akan dikemas dan dikirimkan kepada konsumen secara langsung.

Menawarkan Komisi Tanpa Batas        

Siapa sih yang tidak mau mendapat keuntungan sebanyak mungkin? Setiap orang pasti menginginkannya. Beruntungnya berbisnis dengan Evermos menawarkan Anda kesempatan untuk mendapatkan komisi tanpa batas.

Rata-rata komisi yang ditawarkan oleh Evermos adalah Rp 20 ribu per produk. Katakan saja dalam sehari Anda bisa menjual 6 produk. Itu berarti dalam sebulan Anda berkesempatan meraih pendapatan minimal Rp3,6 juta.

Komisi tersebut akan terus bertambah kalau Anda rajin melakukan promosi dan menjalankan strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan.

Gratis Belajar Bisnis

Seperti penjelasan pada poin di atas, berjualan itu membutuhkan sebuah strategi agar produk laris di pasaran. Kabar baiknya, sebagai anggota Evermos Anda punya peluang untuk belajar skill bisnis secara gratis.

Semakin Anda paham tentang teknik pemasaran, semakin besar peluang Anda untuk mendatangkan banyak pelanggan.

Tips Menjadi Reseller yang Sukses

Dapat cuan tanpa modal

Kesuksesan berjualan umumnya terletak pada kualitas pelayanan dan strategi pemasaran yang baik. Nah, biar jualan Anda laris-manis, coba ikuti trik berikut ini:

  1. Lakukan promosi melalui media sosial mengingat penggunaan media sosial di Indonesia sudah banyak. Selain membuat konten promosi yang menarik, Anda juga harus rajin-rajin berinteraksi dengan followers sebagai calon pelanggan.
  2. Berikan pelayanan sebaik mungkin agar konsumen merasa puas. Setelah transaksi selesai, jangan ragu untuk meminta pelanggan tersebut untuk memberikan ulasan. Dengan strategi ini, calon konsumen lainnya bisa lebih percaya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan.
  3. Tawarkan promo menarik demi meningkatkan pengalaman belanja di toko Anda.

Bagaimana? Apakah deretan keuntungan di atas mampu menggugah Anda menjadi bagian dari Evermos? Ayo, klik evermos.com dan raih cuan sebanyak mungkin.

 

Hamid, Bocah Cilik yang Menelepon Tuhan

 

review film hamid
Source : imdb.com

Ketika ingin nonton film Bollywood, aku mendapat rekomendasi dari seorang teman pecinta film untuk menonton film Hamid. “Coba nonton Hamid deh, bagus itu filmnya”, begitu katanya. Mendengar kata Hamid yang tebayang dalam benakku adalah seorang lelaki muslim. “Ah mungkin ini film tentang lelaki Pakistan yang tinggal di Kashmir perbatasan India, seperti film yang pernah dimainkan oleh Salman Khan yang berjudul Bajrangi Bhaijaan”, pikirku.

Namun ketika pertama kali melihatnya semua yang ada dalam bayanganku hilang. Tak ada bintang film Bollywood yang kukenal yang bermain peran dalam film ini. Semua tokoh dalam film ini belum pernah sekalipun aku ketahui.

Film garapan Aijaz Khan ini berlatar belakang di Kashmir yang masuk dalam wilayah India. Jadi daerah Kashmir ini dibagi menjadi dua bagian, sebagian merupakan wilayah India dan sebagian lainnya masuk di wilayah Pakistan. Tidak seperti mayoritas penduduk India yang beragama Hindu, warga Kashmir ini mayoritas beragama Islam.

Baca juga : Dangal 

Sinopsis Film Hamid

Film festival yang telah menyabet beberapa penghargaan ini bercerita tentang seorang bocah lelaki berusia 7 tahun bernama Hamid yang diperankan oleh Talha Arsyad Reshi. Pada suatu malam ketika ayahnya pulang dari bekerja, dia merajuk karena ayahnya lupa tidak membawakan mainan yang dia minta. Karenanya, ayahnya pergi lagi untuk membelikan mainan yang Hamid inginkan. Dan sejak saat itu ayahnya tak pernah lagi kembali.

Kini Hamid hanya tinggal berdua bersama Ibunya yang diperankan oleh Rasika Dugal. Karena  harus bekerja sendirian untuk menghidupi dirinya dan Hamid, Ibunya tidak begitu memperhatikan Hamid. Hal tersebut membuat Hamid merasa sangat kesepian.  

Suatu hari Hamid pergi ke ruang kerja Ayahnya dan menemukan handphone milik ayahnya. Dengan handphone milik ayahnya itu dia ingin menelepon Allah. Dia ingin meminta kepada Allah untuk mengembalikan Ayahnya.

film tentang anak lelaki india
Source : mojokseru.com

Ketika dia dalam perjalanan menuju ke sekolah, dia melihat banyak pamflet yang tertempel di dinding bertuliskan angka 786. Dia menanyakan arti angka tersebut pada teman Ayahnya yang berada di sana. “Number of Allah”, jawab teman ayahnya itu. (Masyarakat Muslim Pakistan dan India biasanya menuliskan angka 786 untuk menyebutkan bismillah).

Hamid berpikir 786 adalah nomor untuk menghubungi Allah, diapun mengacak nomor itu hingga berjumlah 10. Beberapa kali gagal hingga akhirnya teleponnya tersambung ke seorang tentara India. Dia mengira bahwa tentara tersebut adalah Allah.

Tentara bernama Abhay yang diperankan oleh Vikhas Kumar ini merasa dikerjai oleh bocah iseng. Namun beberapa kali mendapat telepon dari Hamid, Abhay menjadi sedikit melunak. Dan merekapun menjadi semakin akrab.

Penggambaran Konflik Kashmir India

Dalam film ini menggambarkan dengan jelas konflik yang terjadi di wilayah Kashmir, India. Meski merupakan bagian dari Negara India, orang-orang Kashmir ini begitu membenci India. Telah ada gerakan-gerakan protes di wilayah Kashmir yang diperintah oleh India sejak tahun 1989. Gerakan-gerakan tersebut didirikan untuk menyuarakan selisih dan keluhan atas Pemerintahan India, terutama Militer India. Warga Kashmir merasa dianak tirikan dan tidak mendapatkan hak mereka.

Oleh sebab itu wilayah Kashmir selalu dijaga ketat oleh militer India. Hilangnya ayah Hamid pun menjadi sorotan atas ketidak adilan HAM di wilayah Kashmir, India. Kasus orang hilang tanpa kejelasan, demonstrasi, pemukulan warga oleh tentara di tampaknya dalam setiap adegan film ini.

Baca juga : Taare Zameen Par

Melihat Konflik dari Sudut Pandang Berbeda

Selain penggambarannya yang apik, film yang rilis pada 15 Maret 2019 ini juga memberikan banyak pelajaran yang bisa diambil. Dari sini kita diajak untuk melihat suatu konflik dari sudut pandang yang lebih luas.

review film hamid india
Source : quora.com

Meski dalam film ini tentara India diperlihatkan sebagai orang yang jahat, yang sering memukul demonstran Kashmir dan anak-anak muda Kashmir. Namun ada sisi baik dalam tentara India yang juga di munculkan. Dalam hal ini dalam sosok Abhay, tentara India yang ditelepon oleh Hamid.

Para tentara India itu juga manusia yang memiliki keluarga dan orang-orang yang mereka kasihi. Abhay di gambarkan sebagai seorang suami yang memiliki seorang anak seusia Hamid. Dia juga merasa rindu akan rumah dan keluarganya, sama seperti yang dirasakan oleh masyarakat Kashmir yang kehilangan keluarga mereka.

Dan dia sebenarnya tidak membenci warga Kashmir atau memiliki dendam terhadap mereka. dia berada di sana karena tugas dari negara yang harus dia jalankan. Dia juga tidak ingin menjadi musuh dari warga Kashmir, dia juga mendambakan kedamaian.

Terlihat saat dia memperingatkan Hamid untuk tidak keluar rumah saat terjadi demonstrasi. Dia tidak ingin Hamid terluka bila tanpa sengaja melewati tempat demonstrasi berlangsung.

Nilai Hamid

Untuk film dengan issu politik seperti ini aku kasih nilai 8/10.

Karena konsep ceritanya yang sederhana dan mudah untuk dicerna. Namun apa yang disampaikan bisa tertangkap dengan jelas hanya dari kisah seorang bocah cilik bernama Hamid yang dengan polosnya ingin berbicara dengan Tuhannya.

 

 

 

 

Tips Merawat Kamera CCTV Agar Awet dan Berfungsi Maksimal


cara merawat kamera cctv
Source: pexels.com
Kamera CCTV menjadi salah satu perangkat keamanan yang sering ditemukan di berbagai macam tempat. Nyatanya memiliki CCTV di rumah memiliki berbagai macam manfaat, salah satunya adalah memberikan ketenangan pikiran.

Baik menggunakan IP camera CCTV maupun CCTV biasa, kamu bisa melihat keadaan di dalam rumah ketika sedang berada jauh. Bukan hanya itu, kamera yang langsung terhubung dengan jaringan internet juga bisa membuatmu keadaan secara langsung hanya dengan menggunakan handphone. Ketika terdapat aktivitas yang tidak biasa, CCTV akan memberikan peringatan.

Manfaat Menggunakan Kamera CCTV

Nyatanya, CCTV bukan hanya digunakan untuk menjaga property, namun juga bisa memberikan manfaat yang lainnya, seperti:

  1. Memonitor Bayi

Dengan adanya CCTV, kamu bisa memonitor bayi dimanapun kamu berada selama terhubung dengan jaringan internet. Bahkan, bila kamu memilih kamera yang dilengkapi dengan audio dua arah, kamera akan memberikan peringatan jika terdapat gerakan atau suara yang mencurigakan. 


  1. Dapat Mengawasi Hewan Peliharaan

Kamera CCTV juga bisa digunakan untuk mengawasi hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kandang kelinci maupun kandang burung. Bahkan, beberapa kamera juga didesain khusus untuk memberikan peringatan suara gonggongan anjing.


  1. Sebagai Pelengkap Smart Home

Bila sekarang ini kamu memiliki berbagai macam perangkat smart home, kamu dapat menautkan CCTV dengan perangkat tersebut sehingga bisa merespons dengan otomatis. 

Tips Merawat CCTV agar Awet Digunakan

kamera cctv untuk di rumah
Source : pexels.com

Baik CCTV biasa maupun IP camera CCTV, keduanya membutuhkan perawatan agar bisa digunakan secara maksimal. Berikut beberapa langkah perawatan yang bisa kamu lakukan, seperti:

  1. Menjaga Kebersihan CCTV

Performa yang dimiliki CCTV bergantung dari kondisi komponennya seperti hardisk, kamera, DVR, serta koneksi internet. Oleh sebab itu pastikan menjaga kebersihannya komponennya dengan baik. 


Kamu bisa membersihkan housing, lensa kamera, DVR, monitor serta drive unit secara berkala. Hindari membiarkan seluruh komponennya kotor serta penuh debu, jika kebersihan CCTV tidak dijaga dengan baik, gambar kamera bisa menjadi buram. 


  1. Perhatikan Pengaturan Rekaman

Kamu juga harus memperhatikan pengaturan mode rekaman kamera CCTV. Atur rekaman dengan optimal serta jangka waktu hasil rekaman. Selain itu kamu juga harus memperhatikan pengaturan kualitas rekaman dan berbagai pengaturan lainnya. 


  1. Perhatikan Seluruh Komponennya secara Berkala

Baik IP camera CCTV maupun CCTV biasa memiliki komponen yang sama, pastikan memperhatikan seluruh komponennya dengan berkala. Komponen seperti kabel serta koneksi juga harus diperhatikan. 


Biasanya, karena tidak dilakukan pengecekan dengan baik, kabel dan koneksi tidak terhubung dan akhirnya membuat kinerja CCTV menjadi tidak optimal. Selain itu posisi kamera juga harus diperiksa, jangan sampai target kameranya kurang tepat sasaran. Kamu bisa memeriksa penyangga kamera dan hal lainnya. 


  1. Perhatikan Keakuratan CCTV

Perawatan kamera CCTV lainnya yang harus diperhatikan adalah keakuratan kamera. Kamu harus memperhatikan keakuratan kamera dari jam, keakuratan indikator, hingga kondisi DVR, apakah bagian-bagian tersebut terjadi kerusakan atau tidak. 


  1. Lakukan Backup Berkala seluruh Rekaman

Kita tidak pernah mengetahui kapan membutuhkan video rekaman CCTV, oleh sebab itu tidak ada salahnya melakukan backup berkala. Bila kapasitasnya sudah penuh, kamu bisa mencadangkan hasil rekaman tersebut. 


Sortir rekaman yang menurutmu masih dibutuhkan, kemudian hapus rekaman yang tidak dibutuhkan. Kamu bisa melakukan penyortiran secara berkala. Lakukan backup data secara rutin dalam jangka waktu yang tidak begitu lama. 

Pilihan Kamera CCTV Terbaik Saat ini

Jika sudah mengetahui pentingnya memiliki CCTV hingga perawatannya, hal lain yang harus diperhatikan adalah memilih vendor yang tepat. Ketika mencari vendor di internet, kamu akan dijejali begitu banyak pilihan vendor.

Jika baru pertama kali memilih vendor kamera CCTV, tentu akan sangat sulit bukan. sebenarnya, salah satu rekomendasi CCTV berkualitas yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah ColorVu Hikvision. 

Berikut berbagai macam keunggulan yang dimiliki ColorVu Hikvision, antara lain:

  1. Bisa Memberikan Informasi Warna Seperti Keadaan Sebenarnya

Keunggulan ColorVu Hikvision yang pertama adalah dapat memberikan informasi warna seperti keadaan yang sesungguhnya. Render warna yang dimiliki IP camera CCTV ini sangat akurat, bahkan kinerja yang dimiliki sangat luar biasa. 


Kamu bisa mendapatkan warna yang mirip dengan aslinya meskipun saat lingkungan memiliki intensitas cahaya yang rendah bahkan hingga mencapai 0,0005 lux. Angka ini merupakan pencahayaan yang sama dengan malam tanpa bintang dan bulan. 


  1. Detail yang Ditampilkan Jauh Lebih Banyak

ColorVu Hikvision bisa dengan jelas merekam semua informasi detail dan warna dibandingkan dengan kamera CCTV biasa yang hanya menampilkan warna hitam putih. Dengan detail lebih banyak yang ditampilkan oleh ColorVu Hikvision, kamu bisa mengumpulkan informasi dengan lebih akurat. 


  1. Memberikan Pengalaman Visual yang Jauh Lebih Baik

ColorVu Hikvision memiliki kecerahan yang seimbang. Selain itu ColorVu Hikvision juga memiliki aperture super F1.0 serta sensor lanjutan sehingga menjamin perenderan dengan lebih realistis. 


Teknologi F1.0 sendiri merupakan teknologi yang dapat menangkap cahaya dengan sebanyak mungkin sehingga seluruh detail bisa terlihat dengan jelas. Seperti yang kita ketahui, teknologi canggih ini tidak banyak dimiliki oleh CCTV. 

Dengan berbagai kelebihan di atas, ColorVu Hikvision bisa dikatakan sebagai kamera CCTV terbaik di kelasnya. Bayangkan saja, CCTV ColorVu Hikvision ini bahkan bisa melakukan zoom secara maksimal. Meskipun zoom dilakukan, kecerahan gambar tetap akan terlihat dengan baik. Jika masih ragu dengan kualitas yang dimiliki ColorVu Hikvision, buktikan sendiri!

Cara Berinvestasi di Aplikasi Investasi yang Terdaftar di OJK

investasi terpercaya yang terdaftar ojk
Source : pexels.com

Sejalan dengan kepopuleran investasi online, saat ini ada banyak pilihan aplikasi investasi untuk memudahkan masyarakat yang ingin menanamkan modal. Namun perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua aplikasi tersebut aman dan terpercaya.

Sebelum berinvestasi online, alangkah baiknya kamu memperhatikan keamanan aplikasi yang akan kamu pilih. Salah satunya adalah memilih aplikasi investasi terbaik yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Apa Itu OJK?

investasi mudah dan terpercaya
Source : pexels.com

Sebelum kami membahas lebih lanjut, pertama-tama kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu OJK. Pasalnya, kredibilitas lembaga keuangan yang menawarkan investasi dapat kita nilai dari keterdaftarannya di lembaga tersebut.

Tujuan OJK didirikan yaitu untuk mewujudkan sistem keuangan yang stabil dan berkelanjutan. Selain itu juga bertujuan agar kegiatan dalam sektor keuangan terselenggara secara akuntabel, transparan dan adil.

OJK juga bertugas untuk melindungi kepentingan konsumen dan juga masyarakat di dalam sektor keuangan termasuk investasi.

Tugas dari OJK sendiri yaitu mengatur dan mengawasi berbagai kegiatan pada sektor pasar modal, sektor IKNB dan pasar modal.

Keuntungan Aplikasi Investasi yang Terdaftar di OJK

Ada beberapa alasan kenapa kamu wajib berinvestasi dengan menggunakan aplikasi yang sudah terdaftar di OJK. Berikut ini kami sudah merangkum berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memilih aplikasi investasi yang sudah terdaftar.

  • Aman dan terpercaya karena diawasi langsung oleh OJK.

  • Imbal hasil kompetitif dan menguntungkan bagi investor.

  • Mengikuti regulasi atau peraturan dari OJK.

  • OJK memberikan perlindungan penuh bagi investor yang tertuang di dalam undang-undang.

  • Transparansi investasi terbuka sehingga investor mengetahui perkembangan dana investasinya.

  • Kerahasiaan dan keamanan data maupun informasi konsumen lebih terjamin.

  • Menyediakan layanan penanganan pengaduan dan penyelesaian sengketa antara investor dengan lembaga keuangan yang sudah terdaftar.

Kenapa Harus Berinvestasi Melalui Aplikasi?

Proses investasi saat ini sudah semakin mudah. Berbeda dengan dulu di mana setiap produk investasi harus dijalankan secara konvensional. Kini kamu bisa berinvestasi secara online melalui sebuah aplikasi investasi yang bisa kamu pantau kapan saja dan dimana saja.

Selain itu, aplikasi investasi juga memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

1.  Mudah Dijalankan

Dulu menjalankan investasi hanya bisa dilakukan secara konvensional melalui broker atau lembaga keuangan langsung. Saat ini, dengan hadirnya aplikasi investasi, kita bisa menjalankannya kapan saja dan dimana saja.

Aplikasinya pun dibuat dengan tampilan interface yang mudah digunakan, baik oleh yang sudah berpengalaman maupun pemula.

2.  Tidak Memerlukan Modal yang Besar

Saat ini kebanyakan aplikasi investasi menawarkan produk penanaman modal tanpa biaya awal yang besar. Bahkan beberapa di antaranya ditawarkan dengan modal ratusan ribu rupiah.

Dengan begitu, saat ini siapa saja bisa berinvestasi tanpa harus mendatangi lembaga keuangan atau broker secara langsung.

3.  Proses Transaksi Mudah

Semua proses menjalankan investasi bisa langsung melalui aplikasi tersebut. Mulai dari pembelian investasi, penjualan, maupun mendaftar secara langsung. Dengan begitu, kamu bisa menghemat dan mengefisiensi waktu tanpa harus pergi ke kantor broker maupun lembaga keuangan terkait.

4.  Banyak Pilihan Produk Investasi

Ada banyak pilihan produk investasi yang saat ini berbentuk sebuah aplikasi. Beberapa di antaranya seperti reksadana campuran, P2P (Peer 2 Peer), forex, deposito, saham, dan lainnya.

Kamu bisa memilih produk investasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Selain itu, tingkat risiko yang ditawarkan pun cukup beragam.

5.  Penjelasan Informasi Produk Lengkap

Aplikasi investasi terbaik umumnya sudah menyediakan informasi produk yang lengkap. Informasi yang dimaksud meliputi produk terkait, minimum modal penempatan, hingga tingkat risiko untuk masing-masing produk.

Dengan begitu, kamu tidak perlu mempertanyakan lagi informasi-informasi terkait produk tersebut. Semua informasinya sudah terdapat pada aplikasi.

Kelebihan Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi digibank by DBS yang satu ini memiliki sejumlah kelebihan. Aplikasinya cocok untuk para pemula yang ingin mencoba berinvestasi khususnya di Reksadana. Pasalnya, melalui aplikasi digibank by DBS, kamu tidak hanya dapat melakukan aktivitas perbankan, melainkan juga bisa melakukan transaksi jual, beli investasi reksadana. Simak beberapa kelebihan sebagai berikut:

1.  Proses Pembukaan Rekening Mudah dan Cepat

Untuk berinvestasi di aplikasi digibank by DBS kamu harus memiliki rekening di digital banking tersebut terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, karena proses pembukaan rekening kini lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengisi dokumen berlembar-lembar.

2.  Proses Verifikasi Mudah

Kamu hanya memerlukan sidik jari dan juga e-KTP untuk verifikasi. Dua syarat tersebut sudah cukup untuk melakukan verifikasi data milikmu di aplikasi.

3.  Transfer dan Tarik Tunai Gratis

Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan layanan gratis transfer ke rekening di bank yang sama maupun ke bank lain. Selain itu juga menawarkan layanan tarik tunai gratis di berbagai ATM.

Tertarik untuk berinvestasi di sebuah aplikasi? Yuk, install digibank by DBS sekarang juga! Melalui aplikasi ini, kamu bisa berinvestasi reksadana dengan tingkat risiko rendah dan modal yang kecil.


Cari Tahu Perbedaan Reksadana Pendapatan Tetap dengan Pasar Uang Selengkapnya di Sini

Istilah Reksadana sering kali terdengar sehingga banyak orang yang tertarik melakukan investasi di instrumen tersebut. Meskipun masyarakat secara keseluruhan belum terlalu paham mengenai definisi Reksadana, antusias mereka dalam berinvestasi cukup tinggi. Ada dua jenis Reksadana yang saat ini paling banyak dipilih masyarakat yaitu Reksadana pendapatan tetap dan pasar uang. 

Mengapa kedua jenis Reksadana tersebut banyak dipilih masyarakat untuk menginvestasikan uangnya? Kondisi ekonomi di Indonesia masih belum sepenuhnya pulih, tentu membuat para investor berpikir secara cermat untuk menginvestasikan uangnya. Mereka akan mengharapkan investasi yang berpotensi terus bertumbuh dan mencetak keuntungan. Reksadana pendapatan tetap dan pasar uang menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan keinginan para investor pada situasi seperti sekarang.

Pengertian Reksadana secara Umum

Sebelum membahas tentang Reksadana pasar uang dan pendapatan tetap, ada baiknya jika Anda memahami pengertian Reksadana secara terperinci. Walaupun banyak orang yang tertarik menginvestasikan uangnya di Reksadana, tidak semua dari mereka mengerti terkait definisi Reksadana secara mendasar. Pasalnya ada banyak orang yang melakukan investasi karena mengikuti tren terkini bukan karena mereka benar-benar mempelajarinya secara keseluruhan.

Padahal mempelajari sebuah instrumen investasi itu sangat penting sekali, sebelum Anda terjun ke dalamnya. Pengertian Reksadana secara umum adalah sebuah alat sistem investasi yang di dalamnya berisi kumpulan dana para investor. Dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke beberapa instrumen untuk mendapatkan pertumbuhan dana dan keuntungan.

Perbedaan Reksadana Pendapatan Tetap dengan Pasar Uang secara Mendasar

Setelah membahas tentang definisi Reksadana di atas, kini saatnya Anda mengenal lebih jauh terkait perbedaan dua jenis Reksadana yakni pendapatan tetap dan pasar uang. Meskipun kedua jenis Reksadana tersebut termasuk minim risiko dan aman untuk berinvestasi dalam situasi seperti sekarang. 

  • Cara Kerja Reksadana Pendapatan Tetap

Pada Reksadana jenis ini 80 persen dari dana investasi yang terkumpul akan digunakan untuk berinvestasi pada instrumen investasi yang memiliki pendapatan tetap, contohnya yaitu obligasi. 

Obligasi yang dipilih manajer investasi pada jenis Reksadana ini dapat lebih dari satu tahun dan tergantung dengan strategi yang dilakukan. Lalu 20 persen sisa dana investasi yang terkumpul akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam instrumen pasar uang. Contohnya seperti deposito, Surat Utang Negara (SUN), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan lainnya.

  • Cara Kerja Reksadana Pasar Uang

Sedangkan pada jenis Reksadana pasar uang, investasi yang dilakukan akan secara penuh ke instrumen pasar uang. Seperti deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), obligasi dan lainnya. Namun obligasi pada Reksadana pasar uang umumnya memiliki jangka waktu tenor satu tahun atau kurang dari itu. Di dalam Reksadana pasar uang tidak ada persentase untuk mengatur dana investasi yang terkumpul. Semua dana akan disebar ke beberapa instrumen pasar uang oleh manajer investasi untuk mengurangi risiko investasi dan kerugian.

  • Perbedaan dari Segi Keuntungan

Jika dilihat dari segi keuntungannya, jenis Reksadana pendapatan tetap memiliki peluang lebih tinggi dibandingkan Reksadana pasar uang. Namun Reksadana pendapatan tetap kurang tepat jika dijadikan sebagai investasi untuk dana darurat karena memiliki jangka waktu yang cukup panjang yaitu mulai satu hingga tiga tahun. Sehingga lebih cocok bagi Anda yang benar-benar ingin berinvestasi bukan untuk menyimpan dana darurat.

Potensi Kinerja Reksadana Pendapatan Tetap dan Pasar Uang

Potensi pertumbuhan kedua jenis Reksadana tersebut bisa dibilang cukup menjanjikan, hal tersebut tentunya bukan sekedar bualan semata. Menurut data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dapat dilihat bahwa dana kelolaan Reksadana pasar uang pada bulan Mei 2021 lalu berhasil naik hingga 7 persen menembus angka Rp100,3 triliun. 

Tentunya pencapaian angka tersebut merupakan yang pertama kalinya, sehingga unit penyertaan terus bertumbuh. Sedangkan pada dana yang dikelola Reksadana pendapatan tetap juga terus bertumbuh mencapai 3,63 persen menjadi Rp146,1 triliun. Pertumbuhan tersebut tentunya beriringan dengan tumbuhnya unit penyertaan, sehingga membuatnya memiliki potensi yang cukup baik.

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap Mudah dan Menguntungkan di DBS Treasures

Perbankan prioritas DBS Treasures merupakan mitra yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi di Reksadana dengan aman dan menguntungkan. Jika Anda tertarik berinvestasi Reksadana sebagai nasabah prioritas di DBS Treasures minimal dana yang harus Anda siapkan yaitu sebesar Rp500 juta. Tentunya semakin besar dana yang diinvestasikan akan semakin tinggi peluang keuntungannya. 

Bagi Anda yang masih bingung terkait produk investasi Reksadana dari DBS Treasures, Anda bisa mengunjungi website resmi DBS Treasures untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Berikut kelebihan berinvestasi Reksadana di DBS Treasures:

  • Dana Investasi Akan Dikelola oleh Profesional

Anda tidak perlu cemas karena semua investasi Reksadana yang tersedia akan dikelola oleh manajer investasi terkemuka yang bermitra dengan DBS Treasures untuk mengoptimalkan kinerja produk dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • Mendapatkan Panduan Berinvestasi dari Tim Ahli Finansial

Tidak hanya itu, DBS Treasures akan memberikan wawasan untuk memandu Anda dalam melakukan investasi Reksadana, dengan mempersonalisasi dan mengkomunikasikan analisa pasar dan peluang terkini dari tim ahli finansial yang handal dan proaktif, sehingga Anda dapat yakin mengambil langkah investasi.

  • Mengurangi Risiko dengan Melakukan Diversifikasi

Dana yang akan Anda investasikan pada Reksadana di DBS Treasures memiliki tingkat risiko yang lebih rendah, karena dengan adanya diversifikasi penyebaran dana ke berbagai jenis instrumen investasi.

  • Investasi Reksadana dengan Mudah dan Aman di digibank by DBS

DBS Bank Indonesia tidak hanya menghadirkan DBS Treasures, tapi juga menghadirkan digibank by DBS yang dalam mempermudah segala transaksi. Anda juga dapat melakukan investasi Reksadana mulai dari Rp100 ribu melalui aplikasi digibank by DBS. Semua proses investasi, mulai dari pembelian, penjualan, dan switching dapat dilakukan dengan mudah di aplikasi digibank by DBS. Bahkan proses mendapatkan SID bisa dilakukan melalui aplikasi dengan mudah dan praktis.

Bagi Anda yang hendak melakukan investasi Reksadana dalam jangka satu hingga 3 tahun, berinvestasi Reksadana pendapatan tetap menjadi solusi yang tepat. Jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang singkat, Reksadana pasar uang jadi solusinya. Tunggu apalagi segera investasikan dana Anda pada Reksadana bersama DBS Treasures.