Kelas Gratis BRT Network, Mengenal Lebih Dalam Dunia Blogging

 

optimasi seo blog


Kelas gratis BRT Network ini dibuka awal Desember 2021 kemarin. Pertama kali tau tentang kelas ini aku emang sudah excited banget ingin ikutan. Secara ya, aku masih baru banget masuk ke dalam dunia blogging. Jadi pingin belajar lebih banyak lagi.

Saat dibuka pendaftaran kelas, tanpa babibu fafifu aku langsung daftar dong. Dan Alhamdulillah diterima dan bisa bertahan hingga sekarang. Karena dalam kelas ini terdapat system gugur. Bila tidak dapat mengerjakan tugas yang diberikan maka peserta akan di keluarkan dari grup.

Mungkin karena itu ya Mbak Lia Yuliani selalu ngerasa deg-degan selama mengikuti kelas ini. Karena memang aturannya tegas banget. Jadi buat peserta yang nggak menaati aturan yang berlaku siap-siap angkat kaki aja deh.

Baca juga : Setiap Orang Butuh Mengembangkan Diri 

Aturan Dalam Kelas  

belajar menghasilkan tulisan SEO friendly

Untuk bisa mengikuti kelas gratis BRT Network ini sampai akhir ada beberapa aturan yang harus ditaati. Apa saja aturan selama mengikuti kelas?

1. Menyimak bahasan di grup

Bahasan digrup akan disampaikan oleh mentor, namun bisa juga sesama teman (peserta) saling sharing ilmu yang punya. Jadi di sini peserta bisa juga sharing apa yang mereka tau jika ada temannya yang bertanya.

2. Mengikuti Seluruh Sesi Kelas

Ada beberapa materi yang disampaikan. Materi pertama peserta wajib hadir dalam sesi ini lewat Gmeet.

3. Belajar Case by Case

Karena treatment tiap blog berbeda, jadi tindakan yang dilakukan bisa berbeda. Jadi dalam kelas ini pembahasannya perkasus. Karena meski sama-sama Blogspot atau Wordpress, biasanya ada perbedaan tindakan.

4. Sistem Kelas Tidak Menyuapi

Tidak menyuapi di sini artinya peserta kelas gratis BRT Network wajib aktif mengikuti kegiatan kelas. Aktif bertanya, aktif mencari referensi dan aktif berdiskusi.

5. Mengerjakan Tugas Sesuai Deadline

Ada beberapa materi yang disampaikan oleh para mentor. Setelah materi diberikan, selanjutnya peserta akan diberi tugas sesuai dengan materi tersebut. Jika peserta grup tidak mengerjakan tugas hingga batas waktu yang diberikan maka dia akan dikeluarkan dari grup.

6. Dilarang untuk japri coach (mentor) selama kelas berlangsung.

Semua diskusi dilakukan di grup. Jadi kalau ada pertanyaan apapun itu bisa ditanyakan di grup. Nanti para mentor akan menjawabnya satu persatu. Yang ketahuan melanggar aturan tersebut akan dikeluarkan dari grup.

Dan Alhamdulillah aku bisa bertahan hingga minggu ini. Kenapa mesti dibela-belain sih ikutan kelas yang kalau kata Mbak Shafrida “kejam” ini? Kalau Mbak Shafirda sendiri bilang dari akhir tahun lalu sudah dibuat penasaran sama kekejaman kelasnya yang bikin heboh dan karena materinya yang luar biasa. Ya sapa juga yang mau melewatkan kelas gratis dengan materi blogging yang banyak ini.

Materi yang Diberikan

Ada beberapa materi yang diberikan oleh para mentor hingga akhir kelas nanti. Doa ku sama seperti Mbak Lia Yuliani, semoga kami bisa bertahan hingga akhir.

belajar SEO optimasi blog
Source : techfor.id


1. Menyusun Theme Blog Agar SEO Friendly

Materi pertama di Kelas gratis BRT Network disampaikan oleh Mas Priyo lewat Gmeet. Di sini Mas Priyo mengajarkan gimana sih agar thema yang kita gunakan itu sesuai standart SEO sehingga blog kita mudah untuk ditemukan di mesin pencari google.

Langkah pertama yang diambil adalah dengan memasang Meta SEO Inspector (MSI). Fungsi MSI adalah untuk melihat apakah tema blog sudah sesuai dengan standard SEO atau belum. Bila belum maka kita bisa membetulkanya lewat edit HTML theme di setelan blog.

Baca juga : Ingin Blog Ramai Dikunjungi? Coba Lakukan 4 Cara Ini

2. Optimasi SEO Onpage

Materi kedua disampaikan oleh Mas Pewe lewat chat di whatsapp grup. Secara garis besar SEO Onpage adalah teknik optimasi dari dalam blog. SEO Onpage ini berfungsi agar artikel yang kita tulis dalam bloog bisa dengan mudah dicari di mesin pencarian google.

  1. Ada beberapa parameter yang digunakan untuk optimasi SEO Onpage ini.
  2. Ada keyword di judul dan panjang meta judul 55 karakter.
  3. Keyword di judul sebaiknya diawal.
  4. Ada keyword di permalink dan panjang permalink maksimal 75 karakter.
  5. Ada keyword di meta deskripsi dan maksimal 155 karakter.
  6. Ada keyword di 150 karakter paragraph pertama.
  7. Keyword tidak perlu di bold, italic atau under line.
  8. Selalu ada kesimpulan.
  9. Jumlah kata pada artikel sebaiknya lebih banyak daripada competitor.
  10. Paragraph tidak perlu panjang.
  11. Ada H1, H2 dan H3 (urut)
  12. Keyword ada di H2 dan H3.
  13. Keyword di nama image pakai strip (-).
  14. Alt Image/ video.
  15. Internal link menuju ke artikel yang relevan.
  16. Gunakan LSI keyword.
  17. Share di media sosial (Facebook, twitter, instagram dan lain-lain).
  18. Inspect URL di Google Search Console.
  19. Besar file image maksimum 100kb atau kalau bisa di bawah 50kb.

Untuk minggu ini baru dua materi itu yang telah disampaikan di dalam kelas gratis BRT Network ini. Materi tersebut disampaikan dengan sangat baik oleh para mentor. Dan dalam pengerjaan tugas para mentor juga sangat membantu menjelaskan apa yang belum kami pahami.

Setuju banget  dengan Mbak Shafrida yang bilang kalau para coachnya nggak pelit ilmu, cara penyampaian materinya juga asyik jadi kami para peserta bisa mudah dan cepat mengerti.

Mentor Favorit

Kalau mau jujur sebenarnya semua mentor baik-baik dan sangat membantu sekali selama pengerjaan tugas. Namun kalau ditanya siapa sih mentor yang paling banyak membantu dan berperan besar selama dalam kelas? Sama seperti Mbak Lia Yuliani, mentor yang banyak banget membantu aku selama kelas ini adalah Mbak Marita Ningtyas.

Mbak Marita selalu dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang aku sampaikan tentang kendala yang aku hadapi ketika mengerjakan tugas. Apalagi waktu tugas kedua tentang edit html theme blog yang bikin pusing tujuh keliling itu. Bahkan sampai larut malam Mbak Marita masih saja menjawab satu persatu pertanyaan yang aku dan teman-teman berikan.

Jika Mbak Marita membaca tulisanku ini, aku mau bilang terima kasih sebanyak-banyaknya karena telah membantu aku selama ini. Semoga apa yang disampaikanya bisa menjadi amal jariyahnya nanti. Aamiin.

Kelas gratis BRT Network ini sangat membantu buat kami, terutama aku, blogger newabie ini sehingga bisa mengoptimasikan blog kami. Meski gratis, namun materi yang diberikan nggak kaleng-kaleng, isinya daging semua. Jadi buat kalian yang ingin belajar tentang blogging kalau ada kelas lagi bisa lah ikutan.

 baca juga : Cara Mudah Upgrade Skill Lewat Aplikasi Qubisa

31 komentar

  1. Mantapp semoga bisa bertahan sampai akhir yaa. Aamiin

    BalasHapus
  2. Semangat mbak. Kelas yang menguras energi ya. Tp klo berhasil bikin performa blog jadi wuzzz wuzz. Semoga lolos ampe akhir

    BalasHapus
  3. masyaallah, suka deh dengan blogger yang semangat untuk terus belajar. Saya banyak malasnya nih, hehehe. Jadi tersemangati setelah baca-baca cerita teman-teman ikut kelas gini

    BalasHapus
  4. Ngeri booii gaboleh japri selama kelas berlangsung. Bener2 ya, tapi emang setahuku sih alumni brt itu keren2 semua ahhaha. Wah, bentar lagi mentari bakal nangkring di pageone mulu nih

    BalasHapus
  5. Semangat. Kelas begini ini butuh tenaga dan pikiran ekstra. Semoga lolos sampai akhir mbak, ntar ajarin aku ya ilmunya. Hehe

    BalasHapus
  6. Wah, aku baca artikelnya aja serasa ikut belajar SEO deh. Banyak juga ya persyaratan untuk optimasi SEO di blog. Mau install Meta SEO Inspector (MSI) dulu deh...Untuk cek-cek blog...Makasih infonya nih...

    BalasHapus
  7. Mbak aku bookmark ya halaman ini, banyak banget ilmunya, gak mungkin aku inget satu per satu jadi tar pasti aku balik lagi haha

    BalasHapus
  8. Aku kira jadi blogger itu cuma sekedar hobi nulis aja. Ternyata ada kelas n professional mentor juga yaa..
    Semangaatt terus buat kalian para blogger indonesia :D

    BalasHapus
  9. Kelas yang menarik dan materinya daging banget ini
    Aku kayaknya sekali ikutan kelasnya mas pewe
    Pokoknya jangan males males kalau mu pinter ngeblog disink

    BalasHapus
  10. Nah ini mba, SEO On Page ini yang masih sering ngga tuntas dilakukan olehku, jadinya juga ngga optimal nih blog aku. Salah satunya, ukuran image, sering >100KB ukurannya ...

    BalasHapus
  11. Kelasnya cakep, dengan narasumber yang luar biasa. Pasti ilmunya buanyak ya Kak. Sukses selalu ya Kak.

    BalasHapus
  12. Kelas kejam, materi tajam dari mentor-mentor TOP. Iri euuuyy... Ingin juga masuk kelas BRT. Semoga next time buka lagi.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Degdegser mah kalo ikut kelas BRT, soalnya ada risiko "ketendang" Haha.. Tapi itu yang bikin disiplin & sungguh2 belajar & praktek.

    BalasHapus
  15. seru bgy pastinya yaa, udah gratis, dapatbilmu berkelas. BRT Network memang mantabs, bisa mengenal lebih dalam dunia blogger

    BalasHapus
  16. kalo baca aturannya BRT, memang peserta diharuskan disiplin dan sungguh2 ya kalo mau naik kelas sampai jadi blogger profesional

    BalasHapus
  17. Jadi penasan sama Mbak Shafrida. Sekejam apa sih belio? Hehehe.

    Menarik banget. Pasti senang ya dapat kelas gratis yang menfaatnya super banget seperti BRT ini.

    BalasHapus
  18. Wah keren banget sih. Saya juga pengen ikutan dong kk. Gimana nih caranya

    BalasHapus
  19. Ini tuh beneran seru memang kak wkwkwk aku ikutan tahun lalu dan kalau diibaratkan daging, BRT itu wagyunya hahaha. Premium! Sukses terus kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang orang-orang keren doang sih ya kayaknya yang bisa ikutan BRT gini mkwkwkw. Aku jadi pengen ikut deh di batch selanjutnya

      Hapus
  20. Beberapa artikelku belakangan jadi susah terindex, padahal dulu lancar-lancar aja, kayaknya ada yang salah dengan HTMLnya,tapi nggak tau apa. Mau banget ikut kelasnya.

    BalasHapus
  21. aku langsung auto ngecek dan bingung kenapakah ada problem di opengraphku hehehe. akhirnya malah ikutan pusing aku kak. Mendingan ikut kelasnya aja deh biar pusingnya barengan. Semoga nanti buka lagi yang batch selanjutnya

    BalasHapus
  22. Halo kak, salam kenal.

    Izin koreksi ya, covernya ada typo, lho. Hihi..

    Seru ya ikutan kelas BRT ini, aku malah nggak tau infonya, haha.. Walau kata ya "kejam" tapi pastikan kekejaman ini untuk kebaikan peserta semua, haha..

    Buktinya semua bisa selesai ngerjain tugas ini, hebat euy!

    Semangat ngeblog ya, kak..

    BalasHapus
  23. Padahal kelasnya termasuk singkat ya, tapi banyak banget ternyata. Bisa bayangkan jadwalnya bakalan padat banget dan bikin otak kemebul. Hihhi
    Keren banget alumninya, nih pastinya

    BalasHapus
  24. Yang paling kerasa sih dag-dig-dug ser nya ya mbaa, bikin terkaget kaget. Tapi seneng sih, klo gak digalakin dan gak disiplin gak akan ada progress. Mantap banget lah BRT

    BalasHapus
  25. Semoga dengan memahami SEO , kita semua bloger bisa menulis artikel yang muncul di halaman termuda Google ya mba. Semangat terus pokoknya

    BalasHapus
  26. Aku nih kayaknya harus gabung deh karena banyak belum paham tentang SEO dan blog biar tambah keren blog aku

    BalasHapus
  27. Semoga dilancafkan sampai.akhir ya mbak. Semangaaaaat. Aku belum berani masuk, masih punya bayi, jd takut gk maksimal ikut kelasnya

    BalasHapus
  28. Dirasa-rasa mbanya sudah handal nih ya. Sepertinya para mentor sangat ramah dan baik hati ya mba.

    BalasHapus
  29. Suka sekali menyimak artikel yang beriis kelas nya BRT. Sayang gak bisa ikutan. But next time semoga ada kesempatan

    BalasHapus
  30. Seneng banget kalau ikutan kelas gini. Dapet banyak ilmu dan relasii. Rules kelasnya juga bagus. Kalau mau dapat info daftar kelas gini itu dimana to kak?

    BalasHapus