Mengenal Hukum Penawaran dan Pemintaan Dalam Trading Crypto

investasi crypto
Source : pexels.com

Investasi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah passive income kita. Dengan berinvestasi kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus aktif bekerja. Ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan.

Jenis-jenis investasi yang bisa kita lakukan diantaranya adalah :

1. Deposito

Deposito dilakukan dengan menyimpan sejumlah uang  ke Bank dalam jangka waktu tertentu dengan syarat-syarat tertentu. Pihak Bankakan membarikan bunga yang lebih tinggi daripada menabung biasa pada setiap simpanan yang kita lakukan. Investasi ini memiliki resiko rendah karena bunga yang flat dan dana aman tersimpan di Bank.

2. Emas

Membeli emas dan menyimpannya merupakan jenis investasi yang telah dilakukan mulai jaman dahulu. Orang-orang suka menyimpan emas sebagai tabungan karena nilai jual emas dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Investasi dalam bentuk ini juga tergolong beresiko rendah.

3. Property

Sama seperti emas namun dengan bentuk simpanan yang berbeda. Investasi property ini biasanya berupa pembelian tanah, rumah, atau bangunan. Alasannya sama, yaitu karena tiap tahunnya harga property akan terus meningkat. Investasi ini tergolong investasi jangka panjang dengan resiko rendah.

4. Saham

Investasi saham mulai marakakhir-akhir ini, karena kini mulai mudah untuk melakukanya dan arus informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Saham sendiri merupakan salah satu instrumen pasar keuangan yang paling popular yaitu berupa tanda penyertaan modal seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas (PT).

Dengan kita membeli saham artinya kita membeli sebagian kepemilikan atas sebuah perusahaan tersebut. Sehingga bisa disimpulkan semakin banyak kita membeli saham perusahaan tersebut, semaki besar pula presentase kepemilikian kita atas perusahaan tersebut.

Investasi saham ini tergolong investasi dengan resiko tinggi. Meski demikian, investasi saham banyak diminati karena hasilnya yang cepat dan banyak.

Trading Crypto Indonesia merupakan salah satu jenis investasi saham yang marak dilakukan. Hampir sama seperti trading saham, hanya saja objeknya yang berbeda karena transaksi dilakukan dalam bentuk cryptocurrency (mata uang crypto).

Tranding Crypto

investasi crypto

Hadirnya Cryptocurrency karena adanya mata uang digital dan blockchain dikalangan masyarakat. Trading Crypto merupakan kegiatan menjual dan membeli asset mata uang digital yang tersedia di pasar cryptocurrency dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.   

Trading Crypto memiliki resiko yang cukup tinggi karena nilai fluktuasi mata uang crypto yang sangat tinggi. Oleh sebab itu harus ekstra hati-hati ketika akan memulai investasi jenis ini. Ada baiknya sebelum memulai melakukan trading Crypto pelajari dulu tentang hukum penawaran dan permintaan dalam investasi cryto.

Hukum Penawaran Dan Permintaan

Dalam trading crypto hukum permintaan dan penawaran sama seperti hukum ekonomi yang kita ketahui.

Hukum penawaran

“Semakin tinggi harga sebuah barang atau jasa, maka semakin tinggi pula penawaran yang diberikan produsen kepada pasar”.

Karena dalam bisnis yang menjadi tujuan utama adalah keuntungan, maka ketika produsen melihat adanya kenaikan harga mereka akan memproduksi barang lebih banyak. Namun sebaliknya jika harga barang atau jasa menurun, makan produsen akan mengurangi penawaran jumlah barang atau jasa tersebut.

grafik penawaran
Grafik penawaran (Source : investopedia.com)

Penawaran dalam Crypto

Penawaran dalam crypto adalah jumlah token yang terdapat pada blockchain, termasuk juga token yang tidak beredar di kalangan public. Istilah ini dikenal juga dengan total supply. Saat proyek crypto meluncurkan token baru, mereka biasanya akan membuat token crypto lebih banyak dibandingkan yang telad didistribusikan oleh mereka saat itu.

Metrik yang banyak dijadikan sebagai acuan oleh para trader dan investor crypto adalah penawaran maksimum. Penawaran maksimal merupakan jumlah maksimal token yang bisa dicetak kedepannya.

Hukum permintaan

“Semakin tinggi harga sebuah barang atau jasa, maka semakin sedikit pula permintaan barang atau jasa tersebut”.

Bisa dikatakan bahwa jika harga sebuah barang atau jasa naik maka jumlah permintaan menurun, sehingga semakin meningkat biaya peluang yang harus dikeluaran untuk membelinya.

grafik permintaan
Grafik Permintaan (Source : investopedia.com)

Permintaan Dalam Crypto

Permintaan dalam crypto adalah jumlah permintaan atas token crypto. Jumlah permintaan dalam cryto dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari ekposur dan kepopuleran crypto yang terus meningkat hingga implementasi crypto dalam berbagai bidang dan institusi.

Cara Kerja Penawaran dan permintaan dalam Crypto

Jumlah maksimal permintaan bitcoin adalah 21 juta, tidak bisa bertambah lagi, sedangkan saat ini telah ditambang sekitar 19 juta bitcoin. Bitcoin diperkirakan akan habis ditambang pada tahun 2140.

Nah sementara itu minat masyarakan terhadap crypto, terutama bitcoin semakin meningkat drastic dengan adanya exposur dari media, enterpreneur, millionaire hingga selebritas. Hal ini menyebabkan meningkatnya jumlah permintaan  terhadap crypto.

Dari situ bisa kita lihat, bahwa penawaran bitcoin akan semakin menipis nantinya, diiringi dengan semakin meningkatnya permintaan atas bitcoin. Hal ini membuat harga bitcoin di pasaran akan semakin meningkat, karena permintaan banyak namun barang atau penawaran sedikit.

Dan harus diperhatikan lagi di sini bahwa nilai asset crypto sangatlah fluktuatif, sehingga pastikan untuk selalu melakukan riset mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan investasi asset crypto di manapun.

Investasi Crypto Di PINTU

pintu
Source : finance.detik.com

PINTU merupakan aplikasi trading crypto di Indonesia yang menawarkan aset digital seperti bitcoin dengan desan UI/UX sederhana yang cocok untuk pemula.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download PINTU sekarang! PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi asset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi yang intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor crypto baru dan kasual.


Tidak ada komentar

Posting Komentar