Cara Menjaga Stabilitas Internet Saat Bermain Game Online

internet game online
Source : pexels.com

Game online menjadi salah satu hiburan yang populer di kalangan anak muda saat ini. Tetapi, koneksi internet yang tidak stabil sering mengganggu kegiatan bermain game tersebut. Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat menyebabkan lag pada permainan, sehingga pengalaman bermain game tidak nyaman.

Macam-macam Tips untuk Internet Gaming, Keuntungan dan Kelemahannya

1. Menggunakan Jaringan 5G

Jaringan 5G memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan frekuensi yang lebih rendah, sehingga bisa mengurangi gangguan yang biasanya terjadi pada jaringan Wi-Fi. Dalam kebanyakan kasus, jaringan 2.4GHz pada Wi-Fi berpotensi terpengaruh oleh interferensi dari perangkat lain seperti microwave, Bluetooth, dan perangkat elektronik lainnya.

Namun saat ini, jaringan 5GHz hanya terbatas di kota-kota tertentu saja belum menyeluruh ke pelosok Indonesia. Menikmati kecepatan internet dengan jaringan 5G belum menjadi koneksi yang direkomendasikan.

2. Memaksimalkan Penggunaan Bandwidth

Mengatur penggunaan bandwidth juga menjadi penting ketika bermain game online. Dengan memprioritaskan penggunaan bandwidth pada game online, maka koneksi internet akan lebih stabil dari penundaan atau lag pada permainan dapat dikurangi, hal ini juga disampaikan oleh salah satu situs perbandingan harga gadget, Pricebook.

Beberapa router modern memiliki opsi untuk memprioritaskan lalu lintas internet. Selain itu, program pihak ketiga seperti NetLimiter juga dapat digunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth pada perangkat.

3. Menggunakan VPN Premium

Virtual Private Network (VPN) Premium dapat meningkatkan keamanan koneksi internet dan juga membantu mengatasi masalah koneksi yang lambat atau tidak stabil. VPN dapat mengenkripsi lalu lintas internet dan menyembunyikan alamat IP asli, sehingga memperbaiki keamanan koneksi internet.

Selain itu, VPN juga dapat membuka akses ke server game yang terbatas di wilayah tertentu. Namun, penggunaan VPN dapat mengurangi kecepatan akses internet karena tunneling data tambahan yang diperlukan.

4. Update Driver dan Perangkat Lunak

Memastikan driver dan perangkat lunak terbaru pada komputer atau laptop dapat membantu memperbaiki masalah koneksi internet yang mungkin terjadi. Driver adalah software yang mengontrol perangkat keras pada komputer, termasuk kartu jaringan atau adapter Wi-Fi.

Memperbarui driver secara berkala dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat keras dan membantu mengatasi masalah koneksi internet. Selain itu, update perangkat lunak seperti browser web dan aplikasi lainnya juga dapat membantu memperbaiki masalah terkait koneksi internet.

5. Tidak Menggunakan Aplikasi Lain

Menghindari penggunaan aplikasi lain selama bermain game online dapat meminimalkan gangguan pada koneksi internet. Sebagai contoh, mengunduh file besar atau menonton video streaming dapat membuat koneksi internet menjadi tidak stabil. Kegiatan seperti itu dapat menyebabkan gangguan pada koneksi internet dan menyebabkan penundaan atau lag pada permainan.

Rekomendasi Internet yang Cepat dan Stabil untuk Bermain Game Online

Bermain game online memang menjadi salah satu hiburan yang populer di kalangan anak muda. Namun, kendala seperti koneksi internet yang tidak stabil seringkali mengganggu kegiatan bermain game tersebut.

paket game
Source : indihome.co.id

IndiHome merupakan provider internet yang direkomendasikan di Indonesia. Dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan para gamer, IndiHome menyediakan layanan khusus untuk gaming dengan paket layanan internet IndiHome Game. Paket ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang menginginkan koneksi internet yang cepat dan stabil saat bermain game online.

Paket Internet Gaming IndiHome memiliki beberapa fitur unggulan yang akan membantu para gamer dalam menjaga stabilitas koneksi internet saat bermain game online, diantaranya:

  • Kecepatan Internet yang Cepat

IndiHome menawarkan kecepatan internet cepat dan stabil hingga 100 Mbps, sangat cocok untuk kebutuhan gaming yang memerlukan latensi yang rendah. Kecepatan ini akan meminimalisir lag pada saat bermain game online, sehingga para gamer dapat merasakan pengalaman gaming yang lebih lancar dan nyaman.

  • IP Publik

IP publik memungkinkan para gamer untuk mengakses server game dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini juga memungkinkan para gamer untuk menghindari kendala seperti limitasi bandwidth dan NAT traversal yang sering terjadi pada koneksi internet dengan IP yang dinamis.

  • Prioritas Jaringan

IndiHome memberikan prioritas khusus pada jaringan internet yang digunakan untuk gaming, sehingga para gamer tidak perlu khawatir akan terganggu oleh aktivitas lain pada jaringan yang sama. Prioritas jaringan ini memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan untuk gaming selalu stabil dan cepat.

  • Dukungan Teknis 24 Jam

IndiHome juga menyediakan dukungan teknis 24 jam untuk para pelanggan paket Internet Gaming. Para gamer dapat menghubungi tim dukungan teknis IndiHome melalui telepon, email atau chat langsung untuk mendapatkan bantuan jika mengalami masalah dengan koneksi internet mereka.

Dengan menggunakan layanan internet yang cepat dan stabil, para gamer tidak perlu khawatir lagi tentang koneksi internet yang lambat atau tidak stabil saat bermain game online. IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi pilihan terbaik bagi para gamer di tanah air, banyak juga fitur-fitur unggulan dan bonus tambahan yang ditawarkan setiap bulannya.


Tidak ada komentar

Posting Komentar