3 Risiko yang Menghambat Persiapan Dana Pendidikan Anak

reksadana pasar uang adalah
Source : pexels.com

Untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anak, mempersiapkan dana pendidikan sangatlah penting. Namun, biaya pendidikan yang semakin mahal membuat dananya harus disiapkan sejak dini. Salah satu solusinya adalah dengan berinvestasi di Reksadana Pasar Uang (RDPU).

Dibanding produk Reksadana lain, jenis ini memiliki risiko yang lebih kecil. Sebab Reksadana jenis Pasar Uang merupakan salah satu produk investasi yang menempatkan dananya di instrumen pasar uang, contohnya seperti deposito atau surat berharga.

Dana hasil investasinya kemudian bisa dimanfaatkan sebagai dana edukasi anak di masa mendatang. Namun, terkadang ada beberapa risiko yang dapat menghambat persiapan dana pendidikan. Jadi, kenali apa saja risikonya dan lakukan antisipasi sedini mungkin.

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Pendidikan adalah investasi jangka panjang. Maka dari itu Reksadana Pasar Uang adalah salah satu pilihan untuk memenuhi biaya pendidikan. Apalagi, biaya pendidikan yang kini semakin meningkat setiap tahunnya membuat persiapan dana pendidikan anak menjadi semakin penting. 

Oleh karena itu, para orang tua harus memperhitungkan biaya pendidikan yang diperlukan dan membuat rencana keuangan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut ini beberapa alasan pentingnya mempersiapkan dana pendidikan anak:

  • Memastikan Pendidikan yang Berkualitas

Dalam dunia pendidikan, biaya mahal seringkali identik dengan kualitas pendidikan yang baik. Dengan mempersiapkan dana sejak dini, Anda dapat memastikan anak Anda mendapatkan pendidikan berkualitas dan sesuai dengan keinginan mereka tanpa harus memikirkan masalah keuangan.

  • Memberikan Keamanan Finansial

Saat mempersiapkan dana pendidikan, diperlukan rencana keuangan jangka panjang untuk memberikan keamanan keuangan bagi keluarga. Hal ini dapat memberikan kebebasan finansial bagi orang tua untuk mengatur keuangan keluarga secara efektif.

  • Menghindari Beban Utang

Banyak orang tua membiayai pendidikan anak dengan utang. Hal ini seringkali menjadi beban besar yang menghambat kemajuan keuangan keluarga. Dengan persiapan dana, Anda dapat menghindari beban utang di masa mendatang.

  • Mendorong Anak untuk Lebih Menghargai Pendidikan

Dengan persiapan dana yang matang, anak akan merasa terdorong untuk belajar lebih keras dan mencapai tujuan akademiknya. Hal ini dapat membantu anak untuk memilih bidang pendidikan yang benar-benar sesuai dengan keinginan dan minat mereka.

Risiko yang Menghambat Persiapan Dana Pendidikan Anak

reksadana pasar uang
Source : pexels.com

Setiap perencanaan apapun pasti memiliki risiko, termasuk rencana persiapan dana pendidikan anak. Berikut ini 3 risiko utama yang dapat menjadi penghambat dan harus Anda hindari:

  • Perencanaan Pendidikan Kurang Matang

Banyak orang tua yang memulai menabung untuk pendidikan anak tanpa mempertimbangkan biaya pendidikan yang akan dihadapi di masa depan dan elemen-elemennya.

Sebab selain biaya SPP, terdapat pula biaya lain seperti biaya kursus atau biaya buku dan keperluan sekolah. Hal ini berisiko membuat tabungan dana pendidikan menjadi terlalu sedikit, yang bisa mengakibatkan kekurangan dana saat nanti dibutuhkan.

  • Risiko pada Penanggung Biaya Pendidikan

Orang tua selaku penanggung biaya juga memiliki banyak risiko yang bisa berdampak pada situasi finansial yang sulit. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, seperti kehilangan pekerjaan, sakit, atau keadaan darurat lainnya.

Hal tidak terduga ini bisa terjadi kapan saja. Jika orang tua tidak memiliki persiapan dana pendidikan yang cukup, maka anak mereka mungkin tidak bisa melanjutkan pendidikannya.

  • Risiko Inflasi Biaya Pendidikan di Masa Mendatang

Risiko lainnya adalah inflasi biaya pendidikan di masa mendatang. Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahun, dan inflasi dapat membuat biaya pendidikan di masa depan jauh lebih mahal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Jika persiapan dana pendidikan tidak mempertimbangkan faktor inflasi, maka orang tua mungkin tidak memiliki cukup dana untuk membayar biaya pendidikan anak di masa depan.

Antisipasi Risiko Penghambat Persiapan Dana Pendidikan Anak

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi 3 risiko di atas? Sebagai solusi, berikut ini langkah-langkah antisipasi yang bisa Anda lakukan:

  • Rencanakan Biaya dengan Teliti

Untuk risiko yang pertama, solusinya adalah dengan membuat perencanaan yang matang dan teliti. Hitung kebutuhan biaya secara rinci, mulai dari SPP pendidikan dasar, universitas, kursus, hingga fasilitas seperti buku dan gadget elektronik. Kemudian, hitung berapa jumlah yang harus ditabung setiap bulan atau tahunnya.

  • Siapkan Asuransi

Sebagai langkah antisipasi risiko pada orang tua selaku penanggung biaya, sebaiknya siapkan asuransi pendidikan dan asuransi jiwa. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak terduga, biaya pendidikan anak akan tetap aman.

  • Lakukan Investasi

Untuk mengantisipasi inflasi, Anda dapat menabung dalam bentuk instrumen investasi yang aman. Reksadana Pasar Uang adalah pilihan produk Reksadana yang risikonya rendah, sehingga ideal untuk dijadikan sebagai investasi biaya pendidikan.

Siapkan Dana Pendidikan dengan Investasi Reksadana Pasar Uang

Dengan memperhatikan dan mengantisipasi risiko-risiko di atas, Anda dapat mempersiapkan dana pendidikan anak dengan matang dan memastikan bahwa anak dapat mendapatkan pendidikan yang layak.

Solusi terbaik untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan berinvestasi. Apabila Anda tertarik berinvestasi di Reksadana, pilihlah mitra yang dapat diandalkan seperti perbankan prioritas DBS Treasures

Berikut ini beberapa keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda peroleh bersama DBS Treasures:

  • Pengelolaan produk investasi secara profesional oleh Manajer Investasi berpengalaman.
  • Kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang proaktif mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.
  • Meminimalisir risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan melalui diversifikasi (penyebaran dana) di berbagai aset atau produk investasi berbeda.
  • Transaksi jual beli, switching, dan proses registrasi SID (Single Investor Identification) yang lebih mudah dengan Aplikasi digibank by DBS.

DBS Treasures adalah mitra manajemen kekayaan yang siap mendukung Anda berinvestasi di Reksadana Pasar Uang dengan aman dan nyaman. 

Dapatkan strategi manajemen kekayaan yang sudah dipersonalisasi sesuai tujuan untuk dana pendidikan anak sekarang juga bersama DBS Treasures. Pelajari informasi selengkapnya di sini.


Tidak ada komentar

Posting Komentar