Generasi Muda Melek Teknologi Dengan Belajar Robotika Dari Hendro Yulius Suryo

kelas robotik
Source : pexels.com

“Di Robotika itu semua lengkap. Tidak Cuma belajar kognitif, efektif, belaja kerjasama, kolaborasi motoric, anak tidak takut gagal karena harus mencoba lagi (bila gagal),” ungkap Hendro Yulius Suryo Putra. Seorang penerima apresiasi satu Indonesia Wards di Bidang teknologi.

Beliau merupakan penggagas sekolah robot dan pendiri Yayasan AWG (Adicita Wiraya Guna) Robotik di Surabaya. Tak tanggung-tanggung mereka telah membuat robot X-line, Robot Gathering, Robot Transporter, Robot Pemadam Api hingga Robot Recue lho!

Dunia teknologi yang berkembang semakin pesat seperti sekarang ini, membuat generasi muda kita harus bisa untuk meluaskan wawasan agar tak tertinggal dari negara lain. Pengetahuan tentang robotika tak hanya tentang pemahaman teori belaka.

pemenang pewarta astra 2019
Source : antara.com

Namun seperti yang dikatakana oleh Hendro Yulius Suryo di atas, dengan robotika anak-anak bisa melakukan eksperimen, mengatasi kegagalan, dan berusaha untuk mencari solusi atas masalah atau kendala yang mereka hadapi.

Anak-anak yang tertarik dengan robotika akan memiliki peluang lebih unggul dalam memahami suatu system dan perkembangan teknologi masamendatang. Hal ini dikarenakan pelajaran robotika ini mendorong penalaran dan mengajarkan jenis ketrampilan berpikir yang dibutuhkan oleh orang dewasa abad ke 21 di dunia, di mana hamper semuanya akan ditingkatkan dengan penggunaan robotika.

Dengan adanya kelas robotika, mengarahkan system kerja otak anak pada kemampuan berpikir kritis. Anak-anak dapat belajar merasionalisasi dan bernalar Ketika mempelajari dan mengoperasikan robot. Dengan sendirinya robotika bisa mengajarkan kesenangan, penalaran praktis dan pemecahan masalah pada anak tanpa mereka sadari.

Anak bisa belajar untuk mengambil keputusan dengan baik. Dalam robotika anak diajarkan untuk memahami sebab dan akibat. Contohnya “jika menyebur ke kolam maka baju akan jadi basah”.

Di masa depan nanti, dunia tidak hanya terletak pada kemampuan menggunakan teknologi, tetapi juga bagaimana cara mengembangkannya. Dalam robotika anak-anak akan diajarkan pengkodean dan pemrograman yang berguna untuk mengembangkan teknologi yang bermanfaat sekali untuk Pendidikan anak.

Belajar pengkodean dan pemrograman membuat anak menjadikreatif dan percaya diri. Robotika ini tak hanya bisa dipelajari oleh anak laki-laki, anak perempuan pun tidak menutup kemungkinan untuk belajar robotika.

Hal tersebutlah yang menjadi tujuan utama dari Hendro Yulius Suryo dalam membangun sekolah robotic di Indonesia meski latar belakangnya bukan dari dunia robotic.

Berawal dari kepeduliannya terhadap dunia Pendidikan, di mana beliau diberi amanat untuk menjadi pemimpin Lembaga sekolah. Beliau berupaya menjaga nama besar sekolah dengan membuat ekstrakulikuler robot di SMP AlAzhar 13, Surabaya.

Pertama kali dibentuk, beliau mencari pelatih yang bisa memberi wawasan kepada murid-muridnya. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan ekstrakullikuler dan bisa menjuarai berbagai kompetisi robot. Namun ternyata hasilnya tak sesuai dengan harapan.

Tak pantang menyerah, beliau Kembali mencari pelatih yang lebih kompeten di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Setelah mendapat pelatih baru, anak didiknya mulai mengikuti kompetisi tingkat nasional di tahun 2012.

Sebelum membuat riset dan menciptakan robot sendiri, mereka mengimpor robot dari Amerika dan Korea Selatan. Dan akhirnya mereka bisa membuat robot sendiri yang tak kalah dari Korea Selatan. Hal tersebut mereka buktikan dengan mengalahkan robot-robot Korea saat bertanding.

Setelah beberapa kali menyabet juara berdirilah Yayasan AWG. Yayasan yang didirikan Hendro Yulius mulai mensosialisasikan kegiatan kelas robotika ini ke sekolah-sekolah di Jawa Timur. Lalu menyebar hingga ke Makassar dan Sorong Papua.

Kini telah ada sekitar 300 hingga 400-an anak yang menjadi murid AWG Robotik, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Semangat Hendro Yulius Suryo untuk mengajarkan teknologi robotika terhadap generasi muda perlu kita dukung. Agar generasi muda kita lebih melek teknologi dan mampu mengikuti perkembangan Teknologi di jaman serba modern ini.


Tidak ada komentar

Posting Komentar