Anak Susah Makan? Atasi dengan Cara Ini

pediasure complete
Source : pexels.com
Pernahkah teman-teman pusing karena anak tidak mau makan nasi putih atau tiap hari hanya ngemil tanpa mau makan yang lain? Anak yang susah makan memang bikin mumet karena takut ia akan kurang gizi dan stunting. Sebagai orang tua maka wajib untuk mencari jurus jitu agar menghindari keadaan saat anak susah makan, dan cara-caranya seperti ini:

1. Buatkan Makanan dengan Bentuk Menarik

Ada tipe anak yang makan dengan ‘matanya’. Maksudnya, ia tidak sekadar menikmati rasa nasi dan lauknya. Namun akan lebih semangat untuk makan ketika penampilan hidangannya menarik.

Misalnya nih, kita bisa bikinin nasi dan lauk yang dibentuk serta diatur ala bento. Contohnya adalah nasi dicetak berbentuk kepala kucing atau beruang, lalu dadarnya dimasak bersama sosis dan dibentuk bunga. Untuk mencari contoh lainnya sudah banyak ya di media sosial.

Contoh lain adalah nasi yang dibentuk segitiga atau bulat-bulat kecil lalu dimakan bersama nori. Atau, roti oles selai yang dibentuk dengan cetakan sehingga menyerupai binatang. Cetakan nasi dan roti ada banyak ya di marketplace dan harganya cukup terjangkau.

2. Jangan Terlalu Banyak Memberi Cemilan

Penyebab anak susah makan bisa jadi karena ia hanya suka makan cemilan, bahkan sampai berbungkus-bungkus tiap hari. Sebagai orang tua wajib untuk mengatur agar anak tidak kekurangan gizi dan mereka hanya doyan cemilan yang memiliki kadar MSG tinggi.

Oleh karena itu biasakan agar anak kenyang makan nasi, baru boleh makan cemilan. Kalau perlu razia kamar anak agar ia tidak menyembunyikan bungkus cemilan di dalamnya. Kebiasaan anak harus diubah agar kelak saat dewasa ia punya pola makan yang baik.

atasi anak susah makan
Source : pediasure.co.id

3. Ajak Makan di Luar

Kadang anak tidak mood untuk makan karena merasa bosan dengan suasana di rumah. Oleh karena itu sesekali mereka bisa diajak untuk makan di luar. Misalnya di restoran yang ramah anak, yang menyediakan kids corner atau perosotan.

Alternatif lain, ajak saja mereka untuk piknik ke taman atau tempat lain. Kalau piknik lebih hemat ya karena bawa bekal makanan sendiri, tinggal bayar parkir, tiket masuk ke taman / tempat rekreasi, dan ongkos bensin. Anak-anak akan senang lalu makan dengan lahap.

4. Berikan Menu Baru

Ada satu sifat anak-anak yaitu: gampang bosan, apalagi kalau ibunya masak menu yang itu-itu saja. Jangan sedih dulu karena bisa eksperimen dan menemukan menu lain yang kira-kira disukai anak.

Saat ini sudah banyak ya contoh menu yang kids friendly dan resepnya bisa ditemukan dengan mudah di internet. Misalnya chicken katsu, ikan dori saus asam manis, dll. Ajak anak untuk melihat contoh-contoh resep yang ada di HP, jadi mereka bisa memilih lalu setelah dimasakkan, akan mau makan.

5. Masak Bareng Anak

Anak-anak sedari kecil jangan didorong keluar dari dapur ya karena memasak adalah basic skill, baik untuk anak perempuan maupun laki-laki. Ajak anak untuk masak bersama, tentu yang menunya simple agar mereka tidak terlalu lama menunggu masakan matang.

Contoh menunya adalah: omelet telur isi keju, roti bakar, sosis goreng saus asam manis, dll. Dengan masak bareng maka anak akan paham cara dan proses memasak. Mereka akan berpikir bahwa memasak ternyata butuh proses lama dan lebih menghargai makanan.

Nah, bagaimana, sudahkah bisa mengatasi anak susah makan? Saat mereka mogok makan, jangan dimarahi apalagi dijewer. Nanti malah trauma makan dan akan susah ke depannya. Namun, anak bisa disediakan menu yang ramah anak dan dibentuk lucu-lucu. Mereka juga dibawa makan di luar agar bisa ganti suasana.

Namun kini ada PediaSure Complete atau PediaComplete yang memiliki kandungan gizi cukup untuk sikecil. Jadi nggak perlu khawatir lagi dengan asupan gizi anak meski nafsu makannya sedikit.

Pedia Complete ini tersedia dalam varian rasa vanila dengan dua ukuran yaitu 400 gr dan 850 gr. Namun sebelum memberikan Pedia Complete ini, baiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi si kecil dengan dokter anak


Tidak ada komentar

Posting Komentar