5 Manfaat Main Game Online di HP Secara Ilmiah, Wajib Tahu!

main game online dengan byu
Source : pexels.com

Kemajuan teknologi di bidang smartphone, membuat ponsel yang sehari-hari kita bawa dan jarang lepas dari tangan ini punya kemampuan yang makin meningkat. Kalau dulu ponsel cuma untuk berkomunikasi secara mobile dengan orang lain, kehadiran internet membuat HP jadi barang yang semakin pintar saja.

Ya, kamu bisa memperoleh informasi lewat berselancar di dunia maya, melakukan interaksi secara sosial, mengabadikan momen luar biasa dan tentunya mengisi waktu lewat aneka aplikasi game online.

Bahkan untuk kegiatan terakhir, jumlah peminatnya terus meningkat dan menembus batas usia hingga latar belakang sosial. Tak main-main, Peta Ekosistem Industri Game Indonesia 2021 melansir jika jumlah gamer mobile di Tanah Air telah menembus 12,7 juta orang seperti dilansir Detik. Dengan otal penghasilan US$755,5 juta (sekitar Rp11,3 miliar), industri game mobile jelas sangat menggiurkan.

Manfaat Ilmiah Main Game Mobile di Smartphone

Ada yang bilang kalau game dan sains adalah dua hal yang saling bertolak-belakang. Game identik dengan anak-anak yang malas sekolah, sedangkan sains merupakan ilmu yang disukai anak pintar.

Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sains memiliki penjelasan sendiri mengenai manfaat yang bisa kita peroleh jika bermain game online di smartphone. Tentu saja dengan catatan kita harus bermain game secara bertanggung jawab. Apa saja? Dilansir Science Alert, berikut beberapa di antaranya:

1. Tingkatkan Memori

Kemajuan teknologi industri game membuat tampilan visualnya makin memukau bahkan mempunyai sentuhan 3D. Keberadaan video game 3D ini justru memiliki manfaat baru terutama dalam meningkatkan kapasitas memori.

Sebuah studi yang dilakukan sejumlah peneliti Universitas California pada tahun 2015 yang dimuat dalam Journal of Neuroscience mengungkapkannya. Dalam dua pekan penelitian, terungkap jika mereka yang bermain game 3D mengalami kinerja otak dan memori tindak lanjut lebih maksimal.

2. Penghilang Rasa Sakit

Dalam makalah yang diterbitkan di American Journal of Preventive Medicine pada 2012, terungkap bahwa video game bisa meningkatkan hasil kesehatan ratusan pasien. Tak hanya itu saja, penelitian yang dijelaskan di konferensi American Pain Society juga menemukan bukti kalau main game terutama yang bergenre realitas virtual (VR) bisa mengurangi kecemasan, serta rasa sakit penyakit kronis.

3. Bantu Penderita Disleksia

Penelitian yang terbit di Cell pada 2013 menganalisa adanya efek bermain game bergenre aksi terhadap anak-anak disleksia berumur 7-13 tahun. Efek itu membuat mereka bisa membaca lebih cepat tanpa kehilangan akurasi.

4. Bantu Atasi Trauma

Sekitar 37 pasien kecelakaan lalu lintas di IGD sebuah rumah sakit di Oxford, Inggris dipilih acak untuk terlibat dalam peneletian ini. Hasilnya, pasien yang bermain game Tetris mengalami sedikit kilas balik atas peristiwa kecelakaan yang membuat mereka trauma.

5. Bikin Pintar

PLoS ONE menerbitkan sebuah penelitian di tahun 2013 yang menyebutkan kalau saat seseorang bermain game, peluang kognisi mereka meningkat sangatlah besar. Terbukti entah bermain game bergenre aksi atau tidak, fungsi kognitif peserta meningkat.

Berdasarkan kelima fakta ilmiah di atas, terbukti kalau bermain game online di ponsel punya banyak manfaat. Kamu bisa bebas bermain game asalkan dilakukan secara bertanggung jawab. Nah, supaya kegiatan main game online di smartphone bisa berjalan lancar, penting bagi kamu untuk selalu memiliki kuota game.

kuota internet byu
Source : by.u

Hal itulah yang ditawarkan oleh operator favorit anak muda, by.U.

Menawarkan kuota GGWP+ khusus bagi gamer smartphone, kamu bisa mengakses setidaknya 10 aplikasi gaming mulai dari MLBB (Mobile Legend Bang Bang), Garena Free Fire, PUBG Mobile, Marvel Super War, AoV (Arena of Valor), LINE Get’s Rich, ShellFire, BlackDessert Mobile, LifeAfter dan Rise of Nowlins.

Tak akan mempengaruhi kuota data utama, kuota GGWP+ akan membuatmu tetap lancar jaya bermain game di ponsel dari mana saja. Jadi, mau leveling atau membantai para musuh, yuk cari tempat terbaik dan main game online sekarang juga!

2 komentar

  1. Wah banyak juga manfaatnya ya mulai dari penghilang rasa sakit, disleksia dll..ternyata ada sisi positifnya juga ya

    BalasHapus
  2. Sesuatu yang berlebihan berbahaya juga apalagibagi kesehatan

    BalasHapus