Mengenal Apa Itu Subdomain dan Fungsinya

 

Cara beli domain

Setelah lumayan lama berkecimpung di dunia blogging, ingin banget untuk mengelola website dengan memetak-metakkan tulisan berdasarkan konten-konten di dalamnya. Membaginya menjadi beberapa konten seperti kuliner, traveling, film, buku dll.

Agar aku masih bisa tetap menggunakan nama domain yang sama, membuat subdomain merupakan penyelesaian masalah paling tepat untuk keinginanku tersebut.

Sebelum membuat subdomain, tentunya kalian harus punya domain terlebih dahulu. Selama ini aku membeli domain di Niagahoster, salah satu penyedia domain dan hosting di Indonesia. Sebelum kalian mulai membeli domain dan hosting, kalian bisa cek domain website & vps hosting indonesia terlebih dahulu untuk mengetahui ketersediannya.

Jika nama domain yang kalian inginkan tersedia, kalian bisa langsung membelinya. Untuk melakukan pembelian domain kalian harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah itu kalian cukup mengikuti panduan cara membeli domain yang disediakan.

Setelah memiliki domain barulah kalian bisa membuat subdomain untuk website kalian.

Apa Itu Subdomain?

membeli domain murah
Source : hostinger.co.id

Subdomain adalah bagian sebelum titik pertama dalam struktur URL website. Subdomain bisa digunakan untuk membuat halaman lain dengan konten yang benar-benar berbeda dari website utama.

Subdomain ini bisa dikatakan sebagai ruang perluasan dari website utama. Misalkan website diumpamakan sebagai rumah dengan satu alamat utama yaitu domain. Nah subdomain ini adalah kamar atau ruangan baru di dalam rumah tersebut.

Jadi bisa disimpulkan subdomain merupakan bagian dari domain. Dimana penempatan subdomain ini berada di depan domain.

Perbedaan Domain dan Subdomain

Ada beberapa perbedaan yang cukup significant dari domain dan subdomain.

1. Fungsi

Domain merupakan alamat utama yang mewakili IP address website, sedangkan subdomain adalah alamat tambahan yang diambil dari domain utama yang sudah ada.

Domain berfungsi untuk mengubah IP Address website menjadi alamat website yang mudah diingat, sedangkan subdomain adalah bagian yang ditambahkan pada domain yang berfungsi untuk hal-hal terkait organisasi website.

2. Domain Bisa Berdiri Sendiri

Subdomain tidak bisa berdiri sendiri  karena bukan merupakan website. Subdomain tetap membutuhkan domain agar bisa digunakan.

Sedangkan domain bisa berdiri sendiri tanpa harus ada subdomain. Kalian tidak mungkin mengisi URL pada browser dengan mengetikkan subdomainnya saja. Karena harus ada nama domain yang diketikkan agar website bisa dibuka.

3. Biaya

Untuk bisa mendapatkan sebuah domain website, kalian harus membayar biaya berlangganan tiap tahunnya. Sedangkan untuk subdomain kalian tidak perlu lagi menambah biaya langganan karena tersedia secara gratis.

Contoh Subdomain

Contoh paling mudah dari subdomain adalah “www”. Siapa sih yang nggak pernah mengetikkan “www” ketika membuka website atau situs tertentu. “Www” ini merupakan contoh dari subdomain.

Sebenarnya setiap domain sudah memiliki subdomain default, yaitu “www”. Akan tetapi subdomain ini tidak difungsikan seperti pada umumnya, karena mengarahkan pengunjung langsung ke website utama.

Nah untuk subdomain yang berfungsi mengarahkan pengunjung ke halaman baru yang merupakan bagian dari website utama ini ada bermacam-macam. Lokasinya berada di depan sebelum titik nama domain.

Misalkan aku menggunakan nama subdomain trav untuk turunan website utama dengan pembahasan traveling. Maka ketika kalian mengetikkan trav.rayuanmentari.com di browser maka akan terbuka halaman khusus yang berisi pembahasan traveling saja.

Fungsi Subdomain

Ini beberapa fungsi dari subdomain yang harus kalian ketahui,

Membuat website dalam bahasa yang berbeda.

Misal kalian ingin go internasional nih ya, kalian bisa bikin website dengan dua bahasa. Misal website utamanya berbahasa Indonesia, lalu subdomainnya berbahasa Inggris. Hal ini akan membantu agar website kalian bisa dikenal dengan lebih banyak orang.

Membuat website versi mobile

Tampilan di PC dan di mobile sebuah website pasti berbeda. Nah agar tampilan website kalian tetap optimal saat digunakan di perangkat selular, kalian bisa membuat subdomain seperti m.rayuanmentari.com.

Mudah mengelola website

Dengan membuat beberapa subdomain kalian bisa memeta-metakan isi dari website utama. Hal ini akan memudahkan kalian untuk mengelola website.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa subdomain berfungsi untuk memisahkan konten tertentu dari website utama. Dan subdomain tidak dapat berdiri sendiri karena subdomain merupakan bagian dari domain.

Nah untuk membuat subdomain kalian harus membeli nama domain terlebih dahulu. Buat kalian yang ingin beli domain, hosting dan vps, kalian bisa membelinya di Niagahoster. Proses pembelian domain di sini sangat mudah.

Kemudahan membeli domain di Niagahoster

Bebas pilih Ekstensi

Ada banyak sekali pilihan ekstensi di sini, Mulai dari .com hingga .xyz semuanya ada. Kalian bisa cek nama domain yang kalian inginkan.

Banyak Promo

Ada banyak sekali promo yang diberikan oleh Niagahoster. Ada beragam pilihan promo khusus dan diskon spesial yang bisa kalian dapatkan. Sehingga beli domain tak lagi menguras kantong.

Terpercaya

Niagahoster merupakan penyedia domain terpercaya di Indonesia yang sudah terakreditasi ICANN.

Customer Service 24 jam

Jika kalian mengalami kesulitan saat melakukan pembelian domain kalian bisa menghubungi customer service dari Niagahoster. Costumer service di sini stand by selama 24 jam, jadi nggak perlu khawatir deh karena kalian bisa menghubungi mereka kapan saja.

Fitur Kelola Lengkap

Kelola domain dengan mudah melalui fitur DNS Management, Domain Forwarding, hingga Unlock Domain.

Integrasi Blogspot Cepat

Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengarahkan doman ke website Blogspot hanya dengan sekali klik.

Sekarang nggak bingung lagi kan mau beli domain di mana?  

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar