4 Destinasi Wisata Gratis yang Wajib Dikunjungi saat Ke Kota Solo

 

travel jogja solo murah
Source : neutron.co.id

Banyak orang menyebut bahwa hidup di Kota Solo murah meriah. Selain karena harga makanan dan kebutuhan pokok cenderung lebih murah, Kota Solo juga menyajikan ragam hiburan serta tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi bersama keluarga, sahabat, dan pasangan. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga taman rekreasi bisa Anda kunjungi tanpa perlu merogoh kocek sepeserpun.

Nah, jika Anda merupakan warga Jogja, Semarang, dan sekitarnya, yang ingin berkunjung ke Solo, kini ada travel Joglo Semar yang siap mengantarkan Anda ke tempat wisata tujuan di Kota Solo. Selain lebih cepat sampai dibandingkan dengan moda transportasi lain, travel Joglosemar juga memiliki harga yang bersaing. Nah, pesan travel Joglosemar di sini melalui aplikasi Traveloka.

Tinggal pilih saja lokasi penjemputan dan titik pengantaran lalu pilih jam, tanggal dan pesan tiketnya secara online. Anda tak perlu mendatangi PO travel seperti yang dulu dilakukan. Cukup dengan smartphone, perjalanan Anda akan sampai tujuan.

Saat berkunjung ke Kota Solo, pastikan untuk menyambangi destinasi wisata gratis ini, ya!

1. Taman Balekambang

wisata murah meriah solo
Source : tripadvisor

Ada taman kota yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kota Solo yakni Taman Balekambang. Lokasinya berada di Jl. Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Taman Balekambang memiliki luas 9,8 Ha dan sudah berdiri sejak tahun 1921 oleh KGPAA Mangkunegara VII.

Taman Balekambang punya sejarah yang unik, taman ini dibangun oleh sultan Mangkunegaran sebagai tanda cinta untuk kedua anaknya yakni Partini dan Partinah. Ada banyak pepohonan yang rimbun dan sejuk di kawasan Taman Balekambang sehingga cocok untuk lokasi piknik bersama keluarga, sahabat, dan pasangan.

Selain itu, Taman Balekambang ini tidak dipungut tiket masuk alias gratis. Anda cukup membayar parkir apabila membawa kendaraan. Taman Balekambang buka mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Di Taman Balekambang ini Anda bisa bersantai di bawah pepohonan yang rimbun, melihat ikan di kolam ikan raksasa, atau menyaksikan ragam pertunjukkan yang biasanya digelar di Taman Balekambang.

2. Kebun Teh Kemuning

travel jogja solo murah
Source : jejakpiknik.com

Wisata gratis yang dapat dikunjungi dengan travel Joglosemar berikutnya ialah Kebun Teh Kemuning. Lokasinya berada di Jalan, Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah.

Kebun Teh Kemuning tepat berada di kaki Gunung Lawu sehingga sejuk, asri, dan tentunya menentramkan hati. Kabar baiknya, untuk masuk ke Kebun Teh Kemuning ini tidak dipungut biaya alias gratis. Anda bisa singgah, berfoto, atau ikut memetik pucuk teh di Kebun Teh Kemuning.

Dari Kota Solo, Anda harus menempuh sekitar 41 km agar sampai ke Kebun Teh Kemuning. Kebun ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dan kini dialihfungsikan sebagai destinasi wisata favorit warga Kota Solo dan sekitarnya. Di area perkebunan teh ini, Anda bisa menikmati ragam kuliner yang dijual di sekitar Kebun Teh Kemuning.

3. Kampoeng Batik Kauman

wisata solo murah
Source : dictio.id

Dijuluki sebagai Kota Batik, maka tak lengkap rasanya berkunjung ke Kota Solo namun tak singgah ke Kampoeng Batik Kauman. Di sini, Anda banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari belajar membatik, belanja aneka motif kain batik, hingga menyusuri Kampoeng Batik Kauman yang kecil namun berkesan.

Selain itu, Anda juga bisa belajar sejarah batik Solo yang didominasi warna coklat beserta arti dan maknanya. Kampoeng Batik Kauman ini berlokasi di Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Selain dekat dengan Pasar Kliwon, area wisata ini juga masih satu komplek dengan Masjid Gede Kauman dan Pasar Klewer yang mana ketiga destinasi wisata ini tak perlu membayar tiket masuk atau gratis.

4. Pasar Ngarsopuro

wisata gratis kota solo
Source : visitjawatengah.jatengprov.go.id

Jika selama ini Anda hanya mengenal Pasar Klewer atau Pasar Gedhe sebagai ikon Kota Solo, maka sesekali luangkan waktu untuk berkunjung ke Pasar Ngarsopuro. Di sini, ada banyak barang antik yang bisa Anda lihat dan beli jika tertarik. Mulai dari kaset-kaset kuno, kebaya kutu baru kuno, batik tulis kuno, dan sejumlah aksesoris atau furnitur vintage lainnya. Bagi Anda pecinta barang antik, maka ini akan jadi surga untuk Anda! Kabar baiknya, Pasar Ngarsopuro ini gratis.

Nah, itulah empat destinasi wisata gratis yang bisa Anda kunjungi saat berpetualang ke Solo tentunya dengan moda transportasi travel Joglosemar. Pastikan Anda memesan tiket travel Joglosemar di Traveloka untuk mendapatkan banyak promo menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan!

 

 

15 komentar

  1. jadi pengin ke kebun teh kemuning, nih, kapan-kapan ke solo, ah. terima kasih infonya, ya

    BalasHapus
  2. Wah, saya jadi pengin ke Solo lagi. Kota Solo sejuk, rindang, menyenangkan jalan-jalan di sana.

    BalasHapus
  3. Penasaran pengen main ke kampung batik. Belajar ngebatik, dan segala urusan perbatikan pasti seru tuh. Pernah ke Solo hanya selewat selewat saja. Lain kali harus lebih lama stay nya ya

    BalasHapus
  4. Saya harus ke Solo lagi sepertinya, ke Kampung Batik Kauman hanya selintasan, begitupun pasar Ngarsopuro. Ke kebun teh-nya belum. Malah baru tau kalau di Solo ada kebun teh juga, hiks.

    BalasHapus
  5. Mantul banget rekomendasi tempat wisata di Solo yang tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.
    Rasanya bisa puas berlibur bersama keluarga dengan mencoba hal baru seperti ke Kebun Teh Kemuning atau Taman Balekambang, Solo.

    BalasHapus
  6. Bapak saya senang ngajak saya dan anak2 ke kemuning. Pemandangannya keren tapi jalannya ada yang sedikit menakutkan karena sempit..

    BalasHapus
  7. Wah dari semua destinasi tersebut, saya belum pernah ada yang mampir. Eh, kenapa tiba-tiba baca ini jadi kangen selat solo yah. Duh jadi pengen ke Solo nih, mau temenin ga?

    BalasHapus
  8. Pas nih, pamanku ada di Solo. Pankapan ke sana, bisa sambil wisata keren rekomennya kak Lely

    BalasHapus
  9. Sayangnya blm bisa kesnaa nih, kebun teh kemuning kayak oke banget euy! pngen kesana jugaa <3 semoga tahun depan bisa kesana hihi

    BalasHapus
  10. pernah sekali ke solo, dna diajak makan di prasmanan di jalan adi sucipto klo tak salah. Selebihnya belum pernah sambang ke tempat wisata ini. Pengin ke pasarnya itu kayaknya menggoda banget.

    BalasHapus
  11. Kapan ya ku bisa jalan2 ke Solo? Kalau ke sana pastinya gak bingung lagi cari referensi tempat wisata yang menarik plus gratis karena udah dapat infonya lewat artikel ini. Paling pengen deh bisa jalan2 ke kebun teh di sana karena viewnya kelihatan indah banget dan udaranya juga pasti sejuk ya?

    BalasHapus
  12. Dulu saya ke saya cuma ke terminalnya doang haha
    Waktu itu mampir ambil penumpang pas mau ke Jogja
    Sekarang mau ke Solo kok ya ada saja halangannya

    BalasHapus
  13. semoga suatu saat nanti bisa ke Solo biar bisa mengunjungi tempat wisata gratis ini, apalagi di Kampung Batik Kauman ini ya, bisa puas niih lihat-lihat berbagai macam corak batik khas Solo :)

    BalasHapus
  14. Dulu aku pernah ke Solo, trus diajak sama teman pergi ke semacam Taman Balekambang itu malam-malam. Di sana banyak penjual makanan gitu. Apa namanya ya, Kak?

    BalasHapus
  15. AaĆ  Solo memang punya banyak pesona. Selain keramahan penduduknya, juga alam yang indah memesona. Saya pernah ke kebun teh kemuning dan sejak itu jatuh cinta pada rasa tehnya. Sampai hari ini kami di rumah mengkonsumsi teh kemuning. Rasanya enak dan alami

    BalasHapus