Menyusun Budgeting Kebutuhan Harian dengan PINA Jadi Bisa Nabung Buat Traveling

Aplikasi investasi terpercaya
Kok bisa sih traveling terus, duitnya darimana?

Pingin traveling tapi penghasilan pas-pasan, sedangkan biaya untuk traveling lumayan besar. Dulunya aku juga begitu, rasanya kok penghasilan numpang lewat aja ya di ATM. Setelah gajian, uang langsung ludes aja, nggak tau deh udah dipakai untuk apa aja.

Pinginnya sih menyisihkan uang untuk ditabung buat jatah healing dengan traveling bareng teman. Namun nyatanya uangnya udah habis duluan sebelum akhir bulan. Sehingga cuma bisa gigit jari aja kalau liat teman pada traveling.

Namun masa-masa itu kini telah teratasi sudah. Bodohnya aku yang dulu nggak pernah menyusun budgeting kebutuhan harian dengan baik. Sehingga anggaran keuangan tidak tertata dengan baik dan banyak anggaran yang membeludak tanpa disadari.  

Awalnya dulu males banget bikin budgeting kebutuhan sehari-hari, karena ngerasa ribet banget. Untungnya ada PINA, aplikasi perencanaan keuangan yang banyak banget ngebantu aku dalam membuat budgeting kebutuhan sehari-hari.

Manfaat membuat Plan Budgeting Kebutuhan Sehari-hari

Dengan budgeting yang baik, kita bisa mengatur keuangan kita sehingga bisa menggunakan uang dengan baik dan menghindari pengeluaran yang tak penting. Jadi kita bisa lebih berhemat dan bisa mulai menabung untuk sesuatu yang kita inginkan.

Ini beberapa manfaat membuat Budgeting kebutuhan sehari-hari

1. Menyesuaikan Keuangan

Dengan membuat budgeting kebutuhan sehari-hari selama sebulan secara rutin kita bisa melihat kestabilan keuangan kita. Jika merasa pengeluaran cukup stabil, kita bisa menyisihkan sedikit pendapatan dan bisa mulai melakukan investasi.

2. Kondisi Keuangan Lebih Terkontrol

Dengan membuat budgeting kebutuhan sehari-hari, kita bisa punya kendali penuh atas uang yang kita miliki. Dengan begitu kita bisa memprioritaskan pengeluaran dan melakukan pelacakan ke mana uang itu digunakan.

Hal ini memberikan kita kesempatan untuk merencanakan dan mempersiapkan masa depan. Selalu periksa anggaran keuangan kalian untuk membantu mempertahankan kendali atas uang yang dimiliki dan mencegah pengeluaran yang berlebihan.

3. Mengelola Arus Pengeluaran

Dengan adanya budgeting setiap bulan kalian akan mulai terbiasa dengan budget yang diatur tiap bulannya. Misalnya untuk pembayaran rutin seperti listrik, air, asuransi dan lain-lain. Sehingga alur pengeluaran bisa terpantau, dan kalian bisa melakukan beberapa penyesuaian dan menunda pengeluaran yang dapat dihindari.

4. Menghindari Belanja Berlebihan

Setelah gajian di mana duit di ATM masih banyak, kadang kita ingin membelanjakannya. Dengan adanya budgeting kita bisa memilah nih mana uang yang memang digunakan untuk belanja dan mana yang tidak. Hal ini bisa membantu kita untuk tidak belanja berlebihan.

Menyusun Budgeting Dengan PINA

Aplikasi budgeting
PINA merupakan aplikasi budgeting yang memfasilitasi penggunanya untuk merencanakan keuangan mereka. Tak hanya itu PINA juga merupakan aplikasi investasi terpercaya yang bisa membantu penggunanya untuk membuat perencanaan dan strategi investasi sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara Menyusun Budgeting di PINA

Aplikasi perencanaan keuangan

  1. Pertama-tama download aplikasi PINA di Aplikasi PINA untuk iOS atau Aplikasi PINA untuk Android.
  2. Setelah mendownload aplikasi PINA, untuk aplikasi budgeting kalian bisa pilih  “Saya ingin memantau anggaran dan pengeluaran dengan PINA Save”, lalu klik atur bujet.
  3. Lalu isi tanggal kalian menerima gaji, berapa gaji kalian dan pengeluaran tiap bulan.
  4. Setelah itu isi pengeluaran berdasarkan kategori yang ada. Kategori yang ada dalam fitur PINA ini banyak banget, mulai biaya makan minum, tagihan listrik dan air, hingga biaya langganan Netflix pun ada.
  5. Setelahnya sudah deh, kalian bisa mencatat pengeluaran kalian tiap harinya di aplikasi catatan keuangan pribadi PINA ini.

Kemudahan Menyusun Budgeting Dengan PINA

Ada banyak banget kemudahan yang aku dapatkan saat menggunakan aplikasi perencanaan keuangan ini.

1. Seluruh akun dan rekening terkoneksi.

Aplikasi catatan keuangan PINA bisa dikoneksikan ke rekening bank kalian. Selain itu juga bisa dikoneksikan ke akun BPJS, e-wallet, hingga investasi pantau seluruh asset kamu secara menyeluruh dalam satu aplikasi

2. Personalisasi kantong pengeluaran

Kalian bisa memasukkan nominal setiap kebutuhan kalian ke kantong-kantong khusus yang telah disiapkan dalam aplikasi catatan keuangan pribadi ini.

3. Automasi rencana bujet

Menghindari ribet dan pusingnya menjaga pemasukan dan pengeluaran secara manual

4. Kendalikan setiap pengeluaran

Atur batasan pengeluaran bulanan dan review apa saja pengeluaran terbesar dari waktu ke waktu.

Memiliki misi merancang dan membangun masa depan keuangan untuk membantu semua orang mencapai kebebasan finansial, PINA mempunyai fitur-fitur yang bisa membantu kalian dalam membuat keputusan finansial yang sulit menjadi lebih mudah

Fitur-Fitur Andalan PINA

Aplikasi catatan keuangan pribadi

Investasi dan Reksadana

Tak hanya menabung, PINA juga memilliki beberapa fitur yang bisa membantu kalian memulai investasi lho. Sebagai aplikasi investasi terpercaya, PINA nggak cuma ngebantu perencanaan keuangan kalian tapi kalian juga bisa mendapat penghasilan tambahan dengan berinvestasi.

Classroom

Bagi pemula seperti aku yang belum pernah melakukan investasi, PINA memberikan kemudahan dengan menyediakan banyak sekali artikel investasi. Artikel ini berisi banyak sekali informasi tentang kemudahan berinvestasi dan mendapatkan penghasilan tambahan dari berinvestasi.

NetWorth

Fitur NetWorth ini memberikan kemudahan bagi kita untuk melihat besar asset yang kita miliki. Tak hanya itu kita juga bisa melihat penghasilan kita dari investasi saham dan reksadana.

Tak hanya itu kita juga bisa mengkoneksikan ke akun-akun finansial kita. Sehingga kita bisa dengan mudah mengecek perkembangan asset yang kita miliki setiap harinya.

Pengalaman Menggunakan PINA

Dengan adanya aplikasi budgeting PINA aku jadi terbantu dalam mengatur anggaran keuangan setiap bulannya. Sehingga duit di dompet nggak habis begitu saja.

Dengan aplikasi budgeting PINA ini aku yang dulunya boros banget sampai nggak bisa nabung, sekarang udah bisa sedikit menyisihkan uang untuk di tabung. Jadi kalau mau traveling udah nggak bingung lagi sekarang karena ada tabungan yang emang khusus buat traveling.

PINA mau bantu raih apa pun tujuan keuangan yang kalian inginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. Yuk segera buat tujuan keuangan kalian di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun, PINA bakal berikan cashback untuk kalian! Pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA


27 komentar

  1. duuuhh saya harus belajar juga nih, makin kesini rasanya budgetingku makin kacau deh, mau coba PINA juga, apalagi ada fitur Clasroom nya ya jadi kita bisa belajar banyak tentang investasi gitu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pake PINA dong buat atur budgeting. Dan yah semenjak pake aplikasi catatan keuangan pribadi ini jadi lebih hemat gitu. Pokoknya mantul betul lah aplikasi ini. Apalagi bisa buat investasi dan belajar finansial juga

      Hapus
  2. Terimakasih informasinya. Saya baru tahu kalo ada aplikasi PINA untuk mengatur rencana keuangan. emang penting banget sih bikin anggaran gini, apalagi kalo sampe jajan terus juga gak bagus, uang cepat habis. Harus ada tabungan.

    BalasHapus
  3. Fitur-fitur di PINA sangat membantu mengatur keuangan ya Kak. Ini penting agar tau ke mana aja aliran keuangan dialokasikan. Pastinya sangat membantu nih.

    BalasHapus
  4. Penasaran mau unduh juga jadinya.
    Soalnya memang pas sih ini aplikasi yang dibutuhkan, biar urusan bujet keuangan terkontrol dengan apik

    BalasHapus
  5. Aplikasi PINA ini keren banget buat kontrol keuangannya ya kak. Sampe hal mendetil pos2 hingga persentase pengeluaran/pemasukan bs terlacak sempurna. Jadi ga ada celah nih buat yg sembarangan atur keuangannya.

    BalasHapus
  6. Memang deh ya, traveling nggak bisa asal jebret saja, tapi butuh persiapan dan perencanaan panjang biar perjalanan jadi menyenangkan binti meraup banyak pengalaman. Kalau pesan dalam drama korea Bel Ami sih, uang itu seperti makhluk hidup yang perlu diperlakukan sebaik-baiknya, nggak terlalu digenggam, nggak mudah dipindahtangankan begitu saja. Asiknya sekarang sudah ada aplikasi PINA yang membantu dalam menyusun budgeting, termasuk melihat bagaimana sih cara kita mengelola dana yang dimiliki, demi bisa jalan-jalan.

    BalasHapus
  7. Aku setuju banget dengan adanya PINA bisa mengontrol arus pengeluaran. Yah, namanya buibu, kadang yang dicatat di kertas belanjaan A, ehh yang dibeli B. Dengan adanya reminding bujet dari PINA jadi seperti diingatkan.

    BalasHapus
  8. Iya juga ya mbak, dengan bantuan aplikasi ini bisa bikin semangat untuk budgeting traveling. Selain bisa terkontrol arus pemasukan dan pengeluaran bisa nabung juga dan investasi juga.

    Apalagi biaya traveling kan biasanya gak murah juga, tapi bukan gak mungkin dibudget asalkan ada aplikasi ini

    BalasHapus
  9. Budgeting makin praktis dan lebih sehat keuangan kita kalau ada aplikasi PINA. Rasanya saya juga butuh banget aplikasi ini.

    BalasHapus
  10. Classroom memang perlu banget buat kita yang masih belum ngerti apa2 hiks.. tapi ini aplikasi user firendly kan yaa... kayaknya kebayang bingung kalo banyak istilah asing..

    BalasHapus
  11. ternyata PINA banyak banget yang pakai yaaa, berarti memang sebagus itu. Aku juga pakai untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran sehari-hari. Bisa catat aset juga disana, jadi tahu deh kekayaan yg kita miliki itu berapa..

    BalasHapus
  12. Bisa untuk tabungan dan investasi juga ya? Bukan hanya catat-catat aja. Praktisi banget nih. Jadi bisa ngontrol pengeluaran

    BalasHapus
  13. menariknya fitur yg ditawarkan aplikasi PINA ini cocok banget buat kebutuhan kita, terutama pencatatan keuangan, bisa juga buat pos tabungan dan investasi pula, jadi lebih semangat cari cuan dan tidak asal bakar duit

    BalasHapus
  14. Beneran kalau memiliki tujuan keuangan, kudu banget merencanakan sejak awal.
    Rasanya bahagia dan puas banget kalau tujuan tersebut bisa tercapai ya..
    Dan dibantu dengan apps PINA, semoga goals keuangan 6 bulan ke depan uda bisa tercapai nih..

    BalasHapus
  15. mengelola keuangan emang penting banget ya, kalo gak emang bisa jadi boros. untungnya ada PINA ya, selain bisa buat budgeting juga bisa buat investasi

    BalasHapus
  16. dengan PINA bisa jadi lebih mudah ya, gak ada lagi alasan lupa untuk mencatat keuangan nih semua udah terekap dengan baik oleh sistem PINA ya.
    hmm, membantu banget nih untuk urusan budgeting :)

    BalasHapus
  17. Era digitalisasi semakin mempermudah segalanya. Dengan aplikasi mengatur keuangan ini tentu tdk hanya bermanfaaat utk mencatat namun juga memantau karena dapat diakses tanpa ada batasan waktu

    BalasHapus
  18. Nah, aku bersyukur juga bisa ketemu aplikasi ini, Kak. Aku sangat terbantu dalam mengatur anggaran keuangan setiap bulannya. Takada boncos lagi :D

    BalasHapus
  19. seneng banget deh lihat banyak review positifnya si PINA ini, ngebantu ya untuk ngantur masalah keuangan

    BalasHapus
  20. wah PINA banyak membantu ya, suka baca reviewnya jadi ingin coba juga, selama ini menentukan sendiri sih, agak puyeng juga sebetulnya untuk pembagian budget

    BalasHapus
  21. Menggunakan aplikasi budgeting PINA akan membantu keuangan dengan baik dan bermutu

    BalasHapus
  22. enaknya kalau kita pakai app pencatatan keuangan gini tuh goals lebih mudah tercapai yaa kak, karena udah ada budgeting dan merasa lebih semangat juga untuk mencapainya

    BalasHapus
  23. Cashback-nya sangat menarik. Dan cocok juga jika dibuat cair setahun. Pas banget setiap bulan ini tu ada dana ini itu mulai dari sekolah sampai dana keluarga.

    BalasHapus
  24. Kalau udah ada tujuan apapun juga harus maksain diri ya termasuk nabung untuk budgeting traveling. Dengan adanya PINA bisa bantu banget nih mengelola budget keuangan kita dan konsisten menyisihkan uang untuk traveling.

    BalasHapus
  25. Setuju banget nih. Dengan membuat budgeting di PINA, hidup lebih sehat dan terarah.

    BalasHapus
  26. Recommended nih kayaknya ya aplikasi PINA untuk budgeting keuangan rumah tangga. Biar pengeluarannya nggak boncos terus. Jadi pengen coba, soalnya selama ini cuma pake excel atau spreadsheet di google drive doang.

    BalasHapus