Meningkatkan Omset Penjualan Toko dengan Buka Toko di Blibli

Awal pandemi covid yang melanda dua tahun lalu menyebabkan Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah, larangan untuk berkumpul dan berkerumun. Aturan ini mau tak mau memberikan dampak kepada semua orang, tak terkecuali bagi pelaku usaha. Toko-toko harus tutup untuk sementara waktu dan kegiatan jual beli pun dibatasi.

Selain memberikan dampak kepada pelaku usaha, aturan tersebut juga mengubah gaya perilaku konsumsi masyarakat. Yang dulunya lebih suka pergi ke toko, pasar, supermarket  untuk belanja, kini menjadi lebih sering belanja online lewat aplikasi jual beli di ponsel.

Jualan di Blibli

Perubahan perilaku konsumsi masyarakat ini ternyata masih terbawa sampai saat ini meski kini sudah ada kelonggaran kebijakan dan tak ada lagi pembatasan kegiatan di luar rumah. Hal inilah yang menjadi alasan aku memutuskan membuka toko online untuk mengembangkan usaha yang sedang aku rintis sekarang ini.

“Untuk mengobati rasa kangen mereka dengan Kota Malang”

Itulah tujuan awal aku membuka toko oleh-oleh khas Malang. Aku pun membuka toko online di Blibli. Dengan harapan produk lokal asli Kota Malang ini bisa menjangkau seluruh Negeri dari Sabang hingga Merauke. Sehingga mereka yang berada jauh dari Malang tetap bisa menikmati makanan Khas Kota Malang yang bisa membuat mereka merasa berada di Kota Malang.

Langkah mudah jualan online

Kenapa aku memilih membuka toko di Blibli?  selain karena cara buka tokonya yang nggak ribet, aku juga kepincut sama program Blibli yang diberikan khusus untuk seller baru. Jadi, buat seller baru, Blibli memberikan modal promosi hingga 5.4 Juta. Program yang pas banget bagi toko baru untuk meningkatkan omset penjualannya. 

Meningkatkan Omset Jualan di Blibli

Setiap pelaku usaha pasti menginginkan usahanya berkembang. Usaha yang berkembang bisa dilihat dari omset penjualan yang meningkat. Jualan online menjadi salah satu cara yang aku ambil untuk meningkatkan usaha jualan oleh-oleh khas Malang ini. Selain berjualan melalui Instagram aku juga mulai jualan di Blibli.

Blibli merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.  Dalam sebulan saja pengunjung Blibli bisa mencapai 60 juta orang, 22 juta orang diantaranya rutin berbelanja dengan tingkat kepuasan konsumen nomer  satu. Dari data internal Blibli 2021, rata-rata satu pelanggan berbelanja sebesar Rp. 700.000.  

Dari data tersebut dapat kita simpulkan bahwa jangkauan pasar Blibli sangatlah luas. Dengan  jangkauan pasar seluas itu diharapkan omset penjualan bisa meningkat dan bisa mengembangkan usaha kecil menjadi lebih besar lagi.

Keuntungan Jualan Online di Blibli

Ada banyak keuntungan yang aku dapatkan setelah buka toko di Blibli yang bikin aku tambah nyaman jualan di Blibli. 

1. Gratis ongkos kirim untuk penjual tanpa biaya tambahan. Dengan adanya gratis ongkos kirim bisa menarik pembeli. Promo gratis ongkos kirim ini sangat menguntungkan kita karena sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

2. Gratis asuransi pengiriman. Blibli memberikan asuransi pengiriman kepada pelanggan untuk kenyamanan pelanggan. Sehingga pelanggan bisa mengklaim bila terjadi kerusakan saat pengiriman pada barang yang mereka beli.

3. Gratis foto produk oleh tim Blibli. Kadang sebagai penjual kita nggak punya foto yang oke untuk di pajang di etalase toko online kita. Blibli membantu kita dengan memberi foto untuk produk-produk tertentu.

4. Gratis training dan e-learning untuk mengembangkan bisnis seller setiap minggu. Sebagai orang baru yang berkecimpung di dunia bisnis online seperti aku ini, Blibli sudah menyiapkan kelas untuk mengembangkan usaha pada seller baru. 

5. Gratis daftar dan biaya operasional untuk titip produk di Gudang Blibli atau fulfilment by Blibli (FBB). Untuk buka toko di Blibli tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

6. Gratis untuk menambahkan lebih banyak lokasi toko dan PIC (Staff Toko). Jika kita mau membuka cabang di tempat atau kota baru nggak perlu biaya tambahan lagi.

7. Layanan Seller Care khusus. Dengan adanya Seller Care kita bisa menanyakan apapun yang tidak kita pahami. 

8. Jualan bebas denda dan deposit. Kalian bisa langsung jualan di Blibli tanpa perlu menambahkan deposit terlebih dahulu. Dan tak ada lagi denda penalti bagi toko yang gagal mengirimkan produk ke konsumen.

9. Gratis upgrade toko menjadi Official Store. Dengan jadi Official Store membuat toko menjadi lebih trusted. Dan penjualan bisa lebih meningkat lagi.

10. Dan seperti yang aku katakan diawal, untuk Seller Baru gratis modal promosi hingga 5.4 Juta.

Fitur di aplikasi Blibli Seller memudahkan kita untuk bisa Kelola akun di Blibli. Mudahnya Kelola akun Blibli ini dapat membantu kita untuk meningkatkan omset penjualan toko. 

Tips Agar Toko Ditemukan

E-commerce sama saja seperti pasar, dan toko kita sama seperti lapak-lapak di dalam pasar. Bila pedagang pasar membutuhkan lokasi yang strategis yang mudah di temukan oleh calon pembeli, berjualan di e-commerce beda lagi caranya. Karena di e-commerce tidak ada lokasi toko yang bisa kita pilih.

Agar pembeli bisa dengan mudah menemukan toko kita dan mulai berbelanja di toko kita, ada beberapa strategi marketing yang harus kita lakukan. Beberapa diantaranya adalah,

1. Jadi Top Rated Seller

Toko dengan Top Rated Seller mengindikasikan bahwa toko tersebut memiliki produk dan yang pelayanan yang bagus, sehingga memiliki rating tinggi. Di Blibli sendiri top rated seller ini dilihat dari level badge yang dimiliki toko.

Ada 4 level badge toko yang diberikan Blibli yaitu : Bronze, Silver, Gold dan Diamond. Level badge ini ditentukan berdasarkan 2 komponen penting.

Pertama dari rating seller, yaitu penilaian pembeli atas produk dan pelayanan yang mereka terima.

Kedua total pesanan, untuk setiap penjualan yang berhasil selama 180 hari terakhir akan dihitung oleh system dan mempengaruhi nilai badge toko.

Jadi semakin baik rating yang diberikan pembeli dan semakin banyak pesanan dengan status berhasil, maka level badge toko akan naik.    

2. Kecepatan Pengiriman

Semakin cepat produk sampai ke pembeli, semakin meningkat rating toko kita. di Blibli sendiri terdapat pengiriman Instant Sameday yang bisa kalian aktifkan. Mengaktifkan pengiriman Instan Sameday membantu kita untuk meningkatkan pesanan hingga 40 kali lipat, meningkatkan penjualan hingga 17 kali lipat dan meningkatkan rating toko hingga 8 poin.

3. Mengoptimalkan Halaman Produk

Pengoptimalan halaman produk ini membantu calon pembeli untuk menemukan barang yang mereka cari. Pengoptimalan halaman produk bisa dengan memberi nama produk yang tepat, misalnya nama produk berisi merek, model, tipe, hingga jenis produk. 

Lalu memberikan foto yang detail dan menarik, agar calon pembeli bisa melihat produk dengan jelas. Dan yang nggak kalah penting lagi, tuliskan deskripsi produk yang lengkap dan berikan harga yang kompetitif. Agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk yang kita jual.

4. Menggunakan Fitur Bliklan

Bliklan merupakan fitur untuk pemasangan iklan produk yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk. Produk yang kita iklankan akan muncul di beberapa lokasi di website atau aplikasi Blibli. Seperti di halaman pencarian produk, halaman detail produk hingga halaman “Terima Kasih” setelah pembeli menyelesaikan transaksi.

Bliklan ini menggunakan Machine Learning untuk menentukan tipe produk yang diiklankan serta tipe customer yang akan melihat iklan tersebut berdasarkan dari riwayat pembelian atau kata kunci pencarian produk. Sehingga iklan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran. 

Biaya Bliklan bisa kita tentukan sendiri sesuai dengan budget yang kita miliki. Dan buat kalian Seller baru kalian bisa mendapatkan modal promosi hingga 5,4 juta dari Blibli yang bisa kalian gunakan untuk mengoptimalkan penjualan kalian.

5. Masuk Ke Dalam Rekomendasi Seller

Toko yang kita miliki juga punya kesempatan untuk masuk ke dalam rekomendasi Blibli Seller lho. Cara agar toko kita bisa masuk yaitu

  1. Mempunyai transaksi minimal 1 produk
  2. Memiliki rating toko minimal 75
  3. Tambahkan produk yang sedang diminati di pasaran yang bisa kalian lihat di google trend.
  4. Memberikan harga produk yang kompetitif. Semakin kompetitif harga produk yang diberikan semakin berpotensi produk tersebut masuk ke halaman rekomendasi seller.

Nah jika sudah tau strategi dan cara untuk berjualan online di Blibli, ayo segera mulai buka berjualan dengan daftar jadi Blibli Seller. 

Langkah-langkah Buka Toko di Blibli  

Cara mulai jualan online di Blibli mudah banget kok. 

  1. Daftar di Link ini https://blib.li/BL14.
  2. Isi kolom-kolom informasi yang muncul. Seperti nama, alamat, email, nomor telepon, kata sandi, nama toko dan lain-lain.
  3. Setelah semua informasi tersebut diisi dengan lengkap centang “Saya menyetujui Syarat dan ketentuan”.
  4. Lalu terakhir klik daftar dan masukkan kode OTP yang telah dikirimkan. Maka toko yang kita buat akan otomatis terdaftar sebagai toko di Blibli Seller.

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mulai Berjualan 

Sebelum memulai berjualan, ada beberapa hal yang harus kita lakukan.

  • Melengkapi informasi toko atau gudang dengan mendaftarkan alamat toko atau gudang milik kita. Hal ini berfungsi agar Blibli mengetahui area asal pengiriman produk.
  • Melengkapi dokumen pembayaran dan legal, seperti nomor rekening dan lain-lain.
  • Upload produk. Setelah semua data lengkap barulah kita bisa mengupload produk yang kita jual. Ada dua cara untuk menayangkan produk di Blibli, yaitu secara satuan dan massal (bulk). Kita juga bisa menambahkan produk di aplikasi Blibli Seller.

Jika semua proses di atas sudah dilakukan, kita sudah bisa mulai jualan deh.   

Nah, buat kalian yang nggak mau ketinggalan program-program terbaru dari Blibli Seller, kalian bisa mengikuti akun media sosial @blibliseller dan tiktok @blibliseller. Di sana selalu ada informasi yang up to date tentang program-program Blibli Seller.

Dan buat kalian yang lagi cari oleh-oleh khas Malang atau ingin merasakan makanan khas Malang, bisa banget buat mampir ke toko aku di Busy Bee. Ada banyak makanan khas Kota Malang yang bisa kalian temukan di sana. Mulai dari camilan seperti keripik tempe, kripik singkong, mie lidi hingga kopi khas Malang. 

Buruan deh masukin camilannya ke keranjang belanja dan segera Check out!!

16 komentar

  1. Gara-gara pandemi, bisnis jualan semakin meningkat. Pun begitu juga dengan transaksi digital maupun transaksi jual beli online juga meningkat. Bahkan sampe sekarang masyarakat malah sudah merasa nyaman belanja secara online. Makanya nggak heran deh, jualan online bisa menguntungkan sekali, salah satunya ya bisa berjualan di Blibli.

    Cara membuka toko online di Blibli juga cukup mudah ya, asalkan seluruh persyaratan sudah lengkap.

    BalasHapus
  2. Ya ampuuun, ada modal promosi sampai 5 juta? Gila, nih, Blibli nggak tanggung-tanggung support sellernya.

    BalasHapus
  3. Efek pandemi belanja online jadi menggiurkan yaa, tinggal klik sana klik sini isi kerangjang full tanpa di sadari wkwkwk Terus kebablasan belanja :D
    Sebagai penjual tentu ini menjadi kesempatan emas buat tingkatin pemasarannya

    BalasHapus
  4. Belanja di Blibli banyak gratisnya. Nggak heran kalau banyak pembeli yang nyaman belanja di sana. Maka, sebagai online shop yang buka toko di sana pasti juga terbantu.

    BalasHapus
  5. Sekarang jualan di marketplace seperti blibli bisa meningkatkan omset ini hal yang menarik buat penjual daring. UMKM perlu juga pengetahuan soal ini biar bisa menambah pendapat dan pasar lewat marketplace. Blibli oke, deh

    BalasHapus
  6. Sekarang blibli lebih mudah sih ya menurutku untuk jadi seller, dah gitu banyak promo dari bliklan juga. top lah pokoknyaaa

    BalasHapus
  7. Biar makin meluas lagi bisnis yang sedang dikelola memang bagusnya buka toko di Blibli, sehingga bisa cepat ditemukan juga oleh calon pembeli

    BalasHapus
  8. Memanfaatkan teknologi dengan cara membuka toko online yang menyediakan apapun yang dibutuhkan oleh para konsumen merupakan cara efektif dalam memperoleh keuntungan. Apalagi jika prosedur menjadi seller di eccoemrce cukup memudahkan

    BalasHapus
  9. Banyak keuntungan ya kalau buka toko di blibli. Boleh dicoba nih bagi yang punga usaha. Biar lebih maksimal jualan juga memperoleh keuntungan lainnya.

    BalasHapus
  10. ternyata langkah-langkah buat bikin toko online di Blibli sangat mudah ya mbak, aq jadi kepikiran pengen buka toko juga di Blibli tapi masih mikir mau jualan apa ya enaknya.

    BalasHapus
  11. Oh, ternyata ada caranya yaa..biar menjadi seller prioritas atau Top Rated Seller di blibli.
    Aku pikir semua direkomendasikan berdasarkan SEO.
    Semakin semangat berjualan dengan banyaknya tips berjualan online di zaman digital.

    BalasHapus
  12. aku seneng belanja di Blibli apalagi kalau punya voucher hahaha. eh aku belum cobain jualan di Blibli, bikin toko kali ya di sana.

    BalasHapus
  13. Blibli ini keren banget lah, ngasih banyak manfaat banget buat Blibli sellernya. aku juga udah join, tapi belum maximal, yang minta di Blibli belum banyak, hehehe

    BalasHapus
  14. di blibli rame ya mba.. jadi kalau mau jualan di sana pun nggak kesusahan dapat pembeli dan pelanggan baru. bonusnya, toko kita jadi ramai dan barang yang kita jual pun lariss

    BalasHapus
  15. Wiiihh ulasannya lengakap banget kak, seneng deh ada platform yang mendukung usaha kita apalagi UMKM yang baru bangkit dari pandemi covid-19

    BalasHapus
  16. Wah pandemi ini bener bener memberi efek positif buat UMKM yaa. Mupeng juga dengan modal 5 jutanya

    BalasHapus