Traveling Ditemani Storytel, Aplikasi Audiobook Yang Memiliki Beragam Pilihan Bacaan

Audiobook Indonesia

Sudah menjadi kebiasaan aku untuk selalu membawa buku ketika sedang traveling. Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang aku lakukan selama perjalanan. Kalau pas bengong gak ada kerjaan ketika dalam perjalanan, cerita dalam buku menjadi teman asik untuk mengisi waktu.

Namun kadang sebelum perjalanan pulang, satu buku udah kelar dibaca. Sehingga waktu perjalanan pulang nggak ada nih yang nemenin pas lagi gabut. “Makanya bawa buku yang banyak dong lel!”. Bawaan udah berat cuy, kalau ditambah bawa dua hingga tiga buku capek juga karena nambah beban lagi. Cukup beban idup saja yang berat gaes, beban punggung jangan.

Tapi sekarang aku nggak takut lagi untuk kehilangan teman baca saat traveling, karena kini ada Storytel Aplikasi Audiobook Indonesia yang berisi banyak banget bahan bacaan. Mulai dari novel fiksi seperti Dilan, novel karya Pidi Baiq ini bisa dibaca di Storytel. Selain novel fiksi ada juga novel non fiksi seperti Sapiens karya Yuval Noah Harari yang berisi tentang sejarah umat manusia, mulai dari Zaman Batu hingga abad kedua puluh satu.

Tentang Storytel

Storytel merupakan aplikasi baca buku online dengan fitur listening dimana terdapat narrator yang membacakan buku untuk kita. Saat ini tren mendengarkan buku menjadi semakin populer. Mendengarkan buku layaknya mendengarkan musik bisa bikin pikiran menjadi lebih tenang.

storytel-aplikasi-audiobook

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mendengarkan buku. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mendengarkan buku diantaranya.

  • Menghemat Waktu. Sambil mendengarkan buku kalian bisa mengerjakan pekerjaan lainnya. Seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga, menyapu, mengepel atau membersihkan rumah.
  • Meningkatkan perhatian dan fokus. Saat mendengarkan Audiobook kalian perlu memperhatikan ucapan sang narrator dan mempertahankan perhatian sepanjang narasi. Membuat kalian untuk tetap fokus dan perhatian terhadap suata narrator.
  • Memperbaiki pengucapan dan kelancaran berbicara. Saat mendengarkan audiobook kalian bisa memperhatikan cara pengucapan, kecepatan baca, jeda tekanan dan intonasinya. Sehingga mampu meningkatkan akurasi, kelancaran membaca dan berbicara kalian. Apalagi buat kalian yang sedang belajar Bahasa asing nih.
  • Meningkatkan daya ingat. Saat mendengar audiobook kalian harus banyak mengingat dan menghafal banyak hal. Mulai dari nama, karakter, latar, hingga urutan kejadian. Ketika otak belajar mengingat informasi dari alur cerita, kalian juga akan menjadi lebih baik dalam mengingat hal-hal lain.
  • Menghilangkan stress. Mendengarkan audiobook juga bisa menenangkan pikiran kalian lho. Dengan mendengarka audiobook saat akan tidur bisa membantu kita untuk lekas tertidur dan juga meningkatkan kualitas tidur.
harry potter audiobook


Kelebihan Mendengarkan Buku Lewat Storytel

Mendengarkan Divortiare karya Ika Natassa menjadi pengalaman pertama kali aku menggunakan Aplikasi Storytel. Novel-novel karya Ika Natassa ini emang enak sekali di dengarkan. Karena menggunakan Bahasa sehari-hari yang sederhana dan ringan. Konflik-konflik yang diceritakan pun merupakan konflik yang biasa kita temui sehari-hari yang dikemas secara ciamik.

Selain Divortiare ada juga novel romansa yang rekomended buat dibaca, seperti novel Selamat Tinggal.

Divortiare

Novel berjudul Divortiare ini menceritakan tentang seorang Banker bernama Alexandra Rhea yang telah bercerai dengan suaminya Beno Wicaksono. Dalam buku ini Ika Natasha menceritakan kondisi Alexandra setelah 2 tahun masa perceraian.

Setelah bercerai nyatanya Alex (panggilan untuk Alexandra) tidak benar-benar bisa move on dari Beno. Alex juga masih sangat tergantung terhadap Beno.

“Kita tidak pernah bisa mengontrol apa yang dibicarakan orang tentang kita, tapi seharusnya punya pilihan untuk memposisikan diri, apakah mau mendengarkan atau tidak” – Ika Natassa Divortiare

Rada gemes-gemes juga mendengar kisah Alex dan Beno dalam Divortiare-nya Kak Ika Natassa.

Baca juga : Mengintip Gaya Hidup Orang Korea Lewat Rando Kim

Setelah mendengar buku karya Ika Natassa ada banyak ada banyak sekali kelebihan yang aku temukan dari aplikasi Storytel ini. Apa saja itu?

1. Ada Beragam Koleksi Buku

Ada lebih dari 150.000 judul buku yang bisa kalian temukan di sini. Mulai dari buku romance, fiksi, non fiksi, biografy, buku anak dan masih banyak lagi. Tak hanya buku-buku terbitan dalam negeri seperti novel Negeri Lima Menara, kalian juga bisa menemukan buku-buku terbitan dari luar negeri. Seperti Game of Thrones.

Dan yang bikin aku tambah seneng ada juga buku best seller karya JK Rowling. Apa lagi sih buku karya JK Rowling yang paling digemari selain Harry Potter. Kini aku bisa baca Harry Potter Audiobook lewat Storytel.

Dan jika kalian sudah menonton film Hunger Games, di Storytel kalian juga bisa dengerin ceritanya lho!

2. Dilengkapi Fitur Yang Membantu

Aplikasi Storytel Audiobook ini juga dilengkapi fitur-fitur yang membantu.

  • Fitur pencarian, bisa membantu kalian untuk menemukan buku yang kalian inginkan. Fitur ini dapat melakukan pencarian melalui judul buku atau penulisnya. Misal nih kalian mau cari buku berjudul Mariposa, kalian bisa ketik di judulnya di kolom search. Nanti bakal muncul deh buku yang kalian cari.
  • Fitur save book, kalian bisa menyimpan buku favorit kalian untuk didengarkan nanti.
  • Download buku, membantu kalian agar bisa tetap mendengarkan buku saat offline.
  • Fitur kategori, fitur ini bisa membantu kalian untuk memilih buku sesuai dengan genre yang kalian minati.
  • Fitur pengaturan kecepatan, ini bisa kalian gunakan untuk mengatur kecepatan narrator saat membacakan buku. Jadi kalian bisa mengatur kecepatan baca narrator sesuai dengan keinginan kalian.
  • Fitur statistik, dengan fitur ini kalian akan memiliki laporan aktivitas membaca atau mendengar selama 30 hari terakhir.
  • Fitur mode baca, jika kalian ingin membaca buku sendiri kalian bisa menggunakan fitur ini.
  • Fitur mode anak, fitur ini dapat digunakan saat mendengar bersama anak, saat menggunakan fitur ini sistem akan mengalihkan pada buku anak-anak yang menarik. Selain itu dalam fitur ini kalian juga bisa memasang password lho, jadi anak-anak akan mendengarkan buku yang sesuai dengan usia mereka.

3. Narrator Yang Proffesional

Siapa yang nggak seneng sih dibacain buku sama artis papan atas seperti Dian Sastro, Chico Jeriko hingga Dee Lestari. Narrator pilihan Storytel emang nggak kaleng-kaleng.  Denger buku jadi lebih asik dan menyenangkan deh kalau dibacakan sama mereka. 

4. Tarif Langganan Sebulan Seharga Satu Buku

Cukup dengan uang Rp. 39.000 saja kalian bisa menikmati beragam fasilitas yang diberikan oleh Storytel. Jika biasanya dengan nominal tersebut dapat satu buku baru, dengan storytel kalian bisa menamatkan puluhan buku dalam sebulan.

5. Mudah Di Akses Dimana-mana

Karena bisa di akses melalui ponsel, jadi mudah untuk membawanya. Sekarang nggak perlu repot bawa banyak buku untuk menemani perjalanan. Cukup dengan Aplikasi Storytel di ponsel, ada banyak rekomendasi buku yang bisa didengar dan dibaca.

Setelah mengetahui manfaat dan kelebihan dari mendengarkan buku lewat aplikasi Audiobook Storytel, sekarang yuk mulai mendengarkan audiobook lewat Storytel. Buruan deh unduh aplikasi Storytel di aplikasi Storytel untuk iOS dan aplikasi Storytel untuk Android di sini.








25 komentar

  1. Justru aku ngga bisa baca buku selama naik mobil. Untung ada Storytel banget buat menemaniku di perjalanan. Soalnya sering sakit mata kalau baca buku di mobil.

    BalasHapus
  2. Terkadang saat kita traveling, ad bxk waktu terbuang selama perjalananan, tp hadirnya app Storytel bisa membuat kt lbh produktif, dengerin buku dimana aja

    BalasHapus
  3. nah cocok banget deh, jadi tetep bisa nikmati banyak cerita favorit dari mana aja ya tanpa ribet bawa-bawa semua bukunya hihi

    BalasHapus
  4. Memang deh, kalau sedang dalam perjalanan begitu, paling susah kalau harus bawa buku leih dari satu. Aku pun akan memilih buku yang nggak terlalu tebal untuk dibawa saat jalan-jalan. Kini sejak mengenal Storytel, tinggal siapkan powerbank saja untuk mendukung kekuatan si smartphone kalau sedang asik menikmati audiobook.

    BalasHapus
  5. Dulu kalau traveling aku suka bawa buku buat dibaca di perjalanan. Sekarang nggaknsempat dan tas juga nggak muat krn punya anak. Kalau pakai storytel masih mungkin bgt ya krn bisa diakses lewat hp.

    BalasHapus
  6. Aku sudah download ini mba, dan dengerin novel-novel yang aku suka sama buku cerita anak buat temen anak-anak tidur. Kayak didongengin kan

    BalasHapus
  7. Aku juga pakai storytel dong buat memenuhi kebutuhan anak untuk read aloud, apalagi emaknya juga bisa ikut dengerin meski sambil masak dan beberes rumah

    BalasHapus
  8. fitur-fitur yang ada di storytel ini aku nikmati juga kak. Banyak juga yg merekomendasikan aplikasi audiobook satu ini karena salah satunya bisa mendengarkan isi buku sambil beraktivitas

    BalasHapus
  9. Ah iya bener, aku juga kalau ke mana-mana dulu suka bawa buku. Tapi sejak punya anak, bawaannya rempong, buku jadi tersingkir. Sekarang nggak bingung lagi deh kalau lagi gabut di perjalanan, kan udah ada Storytel.

    BalasHapus
  10. Baca buku kalo isinya tulisan doang, kadang saya suka cepat bosan dan ngantuk. Ujungnya gak jadi baca. Nah, sekarang udah ada Storytel, keren deh. Solusi baru buat menikmati buku ya mbak.

    BalasHapus
  11. ini apk nya variasi ya supaya ga bikin bosan juga mau juga nyoba dikala ruang waktu, ini apk nya banyak yang blm tw ya mbk, saya baru baru ini dengar apk Storytel ini.

    BalasHapus
  12. Ini bangeeeet. Storytel juga jadi temen perjalanan yang menyenangkan bagiku, terutama karena mataku nggak kuat membaca di dalam kendaraan. Btw, itu yang mau mudik-mudik Lebaran mesti diingetin buat masukin Storytel sebagai bekal perjalanan deh.

    BalasHapus
  13. Nah, iya. Saya tipe audiotorik, jadi kayaknya bakal bantu banget storytel ini untuk menjaga daya ingat.

    BalasHapus
  14. cocok ya mba buat nemeni mudik, kebetulan besok malam mau mudik lebaran. ga perlu bawa banyak buntelan buku

    BalasHapus
  15. Wah, pas banget nuansanya mudik yaa. Asik kali ya mudik sambil denger storytel.
    Sayangnya taun ini saya ga mudik. Hihi

    BalasHapus
  16. Selama perjalanan mudik jadi gak membosankan ya ka, karena ada Storytel jadi tambah pengetahuan juga. Btw, hati-hati di jalan dan selamat sampai tujuan ya kak

    BalasHapus
  17. Sekarang pergi ke mana2, tetep bisa deket2 sama buku tanpa harus bawa2 buku ya mbak. Kan ada Storytel yang siap menemani. Paling siap sedia powerbank aja hehe.

    BalasHapus
  18. Iya, kak...
    Aku pun kerap membawa buku. Kalau engga, sengaja ada 1 buku di dalam mobil yang sebelum pandemi menjadi rumah keduaku.
    Jadi kalau mau baca tinggal sat-set.

    Tapi mengenal audiobook Storytel, jadi memudahkan sekali. Lebih simple tinggal sambungin bluetooth ke audio mobil dan beneran bisa didengarkan kapan saja dimana saja.

    BalasHapus
  19. seru ya mba jalan-jalan, apalagi pas momen mudik gini yang biasanya macet jadi lebih menyenangkan nih klo sambil dengerin StoryTel

    BalasHapus
  20. Seru juga nih bisa menikmati mendengarkan buku disela sela traveling. Ngga perlu repot lagi bawa buku tebal karena sudah bisa didengarkan saja

    BalasHapus
  21. Storytel ini memang keren banget sih. Mematahkan bahwa baca buku butuh waktu luang. Sekarang kita semua bisa mendengarkan buku kapan aja dan dimana saja

    BalasHapus
  22. Aku juga udah make aplikasi ini dan puas sii. Harganya juga worth it dan banyak buku yang aku suka tersedia di aplikasi storytel. Semoga makin berkembang dehh <3

    BalasHapus
  23. Yeay aku juga pakai Storytel. Alternatif baca buku via audio ya. Bisa jadi teman tidur plus berasa didongengin artes haha

    BalasHapus
  24. Banyak banget kelebihan aplikasi satu ini. Berbagai jenis buku ada. Aku juga berlangganan loh. Rekomended pokoknya.

    BalasHapus
  25. Jadi penasaran pengin nyoba nih

    BalasHapus