Investasi Reksadana Pasar Uang Syariah Halal di digibank by DBS

DBS
Source : pexels.com
Investasi merupakan sebuah langkah tepat untuk mendapatkan dana simpanan guna memenuhi kebutuhan mendesak atau sebagai dan pensiun di masa depan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini membuat semua orang harus memiliki dana darurat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Salah satu cara mendapatkan penghasilan jangka panjang adalah dengan melakukan Reksadana pasar uang.

Reksadana sendiri merupakan sebuah media untuk mengumpulkan dana para pemodal yang nantinya akan diinvestasikan melalui manajer investasi. Biasanya Anda sebagai investor hanya tinggal menunggu keuntungan saja, karena semua akan diserahkan kepada manajer investasi yang berpengalaman.

Sedangkan Reksadana pasar uang adalah salah dari keempat jenis investasi Reksadana yang paling banyak digunakan karena dianggap mampu memberikan keuntungan yang tinggi dengan risiko kerugian yang rendah. Yang menarik dari jenis Reksadana yang satu ini adalah investor dapat mencairkan keuntungan sewaktu-waktu tanpa ada batasan kredit.

Jika membahas tentang Reksadana pasar uang, pernahkah Anda mendengar Reksadana pasar uang syariah? Sebagai pilihan investasi untuk menyimpan dana darurat yang halal, Reksadana pasar uang syariah dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin berinvestasi. Untuk mengetahui informasi lebih jauh tentang Reksadana pasar uang syariah, mari simak ulasan selanjutnya di bawah ini. 

Investasi Reksadana Syariah Pasar Uang

Meski terbilang baru di telinga para investor, tetapi keuntungan yang akan Anda rasakan terjamin dan tentunya halal. Reksadana pasar uang syariah merupakan wadah untuk mengumpulkan modal dari investor yang kemudian diinvestasikan oleh manajer investasi ke berbagai bidang yang berpegang pada prinsip syariah.

Beberapa lembaga tersebut seperti sukuk, saham syariah, dan efek syariah lainnya. Berbeda dari Reksadana pasar uang pada umumnya, jenis Reksadana yang satu ini menerapkan prinsip syariah seperti:

  1. Memiliki Fatwa 

Reksadana pasar uang syariah mendapatkan fatwa dari DSN-MUI atau Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia. Selain itu juga, Reksadana pasar uang syariah diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah yang akan membantu Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Telah Terdaftar di DES

Portofolio dari Reksadana pasar uang syariah yang berisi efek-efek tersebut telah terdaftar di DES. DES sendiri merupakan Daftar Efek Syariah, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi akan kehalalan dari keuntungan yang akan diterima nantinya. 

  1. Menggunakan Mekanisme Kekayaan Non-Halal

Prinsip yang diterapkan oleh Reksadana jenis ini yang selanjutnya adalah adanya mekanisme pembersihan kekayaan non halal atau cleansing. Proses ini dilakukan oleh pihak manajer investasi agar nantinya portofolio Reksadana pasar uang syariah menyesuaikan dengan DES terbaru. Jadi jika ada saham yang tidak termasuk DES, akan akan langsung dikeluarkan dari portfolio.

  1. Diikat Menggunakan Perjanjian Syariah

Perjanjian syariah atau wakalah bil ujrah akan digunakan saat melakukan investasi ini. Akad ini dimulai dari investor yang memberikan kuasa kepada manajer investasi dan Bank Kustodian untuk mengelola semua hal yang berkaitan dengan investasi dan nantinya manajer investasi serta Bank Kustodian berhak untuk mendapatkan ujrah atau fee.

Nah setelah mengetahui bagaimana prinsip kerja Reksadana pasar uang syariah, apakah kini Anda sudah semakin yakin untuk melakukan investasi di bidang ini? Jika sudah yakin, yuk ikuti cara memulai investasi Reksadana syariah di bawah ini.

Cara Memulai Investasi Reksadana Pasar Uang Syariah

Ada beberapa cara investasi Reksadana syariah yang harus Anda lakukan untuk terjun ke bidang Reksadana pasar uang syariah, dan berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Pilih Agen Penjual Efek Reksadana yang telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK

  2. Daftar sebagai investor dengan menyiapkan KTO, NPWP, dan swafoto dengan KTP

  3. Pastikan Anda mengaktifkan Preferensi Syariah atau bisa juga memilih produk Reksadana pasar uang syariah

  4. Pilih manajer investasi yang tepat

  5. Klik beli atau buy pada jenis Reksadana yang diinginkan

  6. Transfer sejumlah uang yang diinvestasikan 

Investasi Reksadana Bersama digibank by DBS untuk Mendapatkan Keuntungan Maksimal

dbs
Source : duitologi.com

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari Reksadana pasar uang syariah, Anda harus memilih APERD yang tepat, aman, dan tentunya telah memiliki izin dari OJK. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berinvestasi pada reksadana melalui digibank by DBS. Sebagai produk yang sempurna layaknya sajian lengkap investasi ala rumah makan padang, Anda akan disuguhkan dengan berbagai keuntungan seperti:

  1. Pembelian Berkala yang Flexible

Keuntungan pertama yang akan Anda nikmati saat menggunakan digibank by DBS adalah Anda dapat melakukan segala jenis pembelian secara berkala yang fleksibel. Adanya kebebasan dalam bertransaksi ini akan menguntungkan Anda jika sewaktu-waktu ingin membeli atau menjual saham.

  1. Mulai Dari Rp100 Ribu

Jika Anda masih awam di bidang Reksadana pasar uang, reksadana melalui digibank by DBS adalah pilihan tepat untuk Anda. Pasalnya Anda bisa mulai dengan modal yang kecil mulai dari 100 ribu rupiah saja. 

  1. Daftar SID, Jual, Beli & Switch Semua di Satu Aplikasi

Hanya dengan menggunakan aplikasi digibank by DBS, Anda sudah bisa melakukan banyak transaksi seperti mendaftar SID, jual, beli, dan switch semua di satu aplikasi saja. 

  1. Pilihan Lebih Dari 50 Produk Reksadana

Berbeda dari produk lainnya, Anda akan disuguhkan dengan 50 pilihan produk Reksadana di digibank by DBS. Tentunya semua pilihan produk ini mampu mendatangkan keuntungan yang tinggi. 

  1. 3 Pilihan Reksadana Kategori

Tidak hanya itu, digibank by DBS juga menawarkan 3 pilihan Reksadana kategori. Ketiganya adalah kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. 

Nah sekarang adalah giliran Anda untuk menjadi bagian dari investor Reksadana pasar uang digibank by DBS. Yuk segera unduh aplikasinya dan follow akun Instagram digibank by DBS sekarang juga. Jangan lupa lakukan cara investasi Reksadana di atas untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

sumber:

https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/reksadana

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40708

https://www.shinhan-am.co.id/berita/berita-detail/cara-mudah-investasi-reksadana-pasar-uang





Tidak ada komentar

Posting Komentar