Grup BlogWalking Asik, Tempat Sharing yang Nggak Garing

blogwalking
Source : pexels.com
Masuk ke suatu komunitas merupakan salah satu cara yang aku lakukan untuk menambah pengetahuan dan teman. Sebagai seorang blogger newbie yang masih belum tau apa-apa tentang dunia perbloggingan, aku pun mencari tau beberapa komunitas blogger yang bisa diikuti agar bisa belajar tentang blogging. Di waktu itulah seorang teman memperkenalkan aku dengan Grup Blogwalking Asik ini.

Pertama kali masuk ke grup blogwalking asik ini blog masih belum TLD, masih blog gratisan. Tampilannya pun masih jelek dan isinya pun masih berantakan banget. Maklum lah ya, dulu ngeblog Cuma asal-asalan. Asal nulis, asal ngepost, kadang postingannya nggak ada fotonya, amburadul banget deh pokoknya.

Lalu masuklah aku ke grup blogwalking asik ini. Dari sini aku sedikit demi sedikit mengenal isitalh perbloggingan. Salah satunya adalah istilah blogwalking yang merupakan nama dari grup ini.

Apa itu blog walking? Blogwalking adalah sebuah kegiatan di mana kita berkunjung ke blog orang lain dengan tujuan tertentu. Tujuan seseorang melakukan blogwalking bisa bermacam-macam. Biasanya sih  untuk mencari informasi atau ide tulisan. Namun ada juga yang untuk arena bersosialisasi dengan blogger lainnya.

Kegitaan blogwalking ini tidak hanya sekedar mengunjungi blog orang lain dan membaca artikel mereka. Kita juga meninggalkan jejak di postingan blog mereka berupa komentar tentang artikel yang telah kita baca. Dari situlah kita mulai membuka obrolan dan diskusi dengan blogger lainnya yang tanpa kalian sadari akan memperluas jaringan pertemanan kita dengan blogger lainnya.

Mengenal Grup Blogwalking Asik

blogwalking
Source : pexels.com

Sesuai dengan namanya grup ini bertujuan untuk mengajak anggotanya melakukan blogwalking ke sesama anggota grup. Kegiatan blogwalking ini dimaksudkan agar semua anggota grup bisa saling mengenal satu sama lain.

Kegiatan blogwalking yang dilakukan tidak bisa dilakukan di sembarang waktu. Kegiatan dalam grup ini tertata dengan baik. Ada waktu-waktu tertentu yang telah dijadwalkan oleh admin grup. Dan ada hukuman yang diberikan bila anggota tidak mematuhi peraturan yang ada.

Untuk bisa ikut blogwalking, kalian hanya perlu drop link arkitel kalian. Untuk jadwal drop link artikel ada di hari Senin, Kamis dan Sabtu. Waktu drop link mulai jam 12.00 WIB hingga jam 20.00 WIB. Dalam sehari dibatasi maksimal 30 link artikel yang bisa di ikutkan blogwalking. Jadi kalian kudu gerak cepat nih biar bisa ikut list blogwaking hari itu. Karena ketika sudah sampai di nomor 30 maka list akan ditutup.

Jika kalian sudah drop link, tugas kalian adalah blogwalking di semua list artikel yang tertera. Dan semua orang yang ikut drop link hari itu akan melakukan blogwalking ke artikel yang kalian drop di list.

Tak hanya mengunjungi blog yang ada di list, kalian juga wajib untuk meninggalkan komentar di sana. Aturan memberi komentar adalah

  1. Komentar harus relevan dengan isi artikel
  2. Komentas mengandung minimal 10 kata
  3. Tidak diperbolehkan berkomentar hanya “niche kak informasinya bermanfaat”dan sabagainya.

Waktu yang diberikan untuk melakukan blogwalking sekitar 2 hari. Jadi jika kalian drop link blogwalking di hari kamis, deadline untuk menyelesaikannya adalah di hari sabtu jam 12.00 WIB. Jika belum tuntas blogwalking list sebelumnya, harus menyelesaikan terlebih dahulu. Dan tidak boleh megikuti blogwalking sebelum menuntaskan hutang blogwalking di list sebelumnya.

Grup Blogwalking Asik juga sebagai tempat sharing

Tak hanya untuk melakukan kegiatan blogwalking saja, grup ini juga menjadi tempat sharing yang asik. Jumlah anggota grup yang tergolong banyak, yaitu terdiri dari 200-an blogger, membuat grup ini menjadi tempat sharing dan diskusi yang asik.

Banyak banget blogger-blogger yang memiliki jam terbang tinggi dan ilmu yang mumpuni ada di dalam grup ini. Aku, si blogger newbie ini tentu merasa sangat amat bersyukur bisa masuk ke dalam grup ini dan bisa mengenal banyak blogger kece.  

Bayangin aja tiap ada lomba blog, pasti ada aja anggota grup blogwalking asik ini yang keangkut jadi juara. Mulai jadi juara 1, 2, 3, harapan, favorit. Pokoknya isi chat grup ucapan selamat terus kalau ada pengumuman lomba blog. Dan banyak juga anggota yang jadi langganan juara blog di sini. Tiap ada pengumuman lomba blog pasti namanya nangkring di situ.

Dan yang bikin terharu di sini adalah mereka nggak pernah pelit ilmu. Tiap ada yang tanya pasti dijawab dan kadang juga diberi masukan dan tips-tips. Tips biar bisa menang lomba misalnya hehehe.

Dan yang terbaru, kini juga ada kelas gratis yang diisi oleh anggota grup senior. Sayangnya kelas pertama kemarin nggak sempat ikut karena ketinggalan informasi huhu. Semoga di kelas berikutnya bisa ikutan lagi. Biar semakin banyak ilmu yang di dapat.

 

 

 

 

1 komentar