Solusi untuk Sistem Monitoring Sekolah: Software dengan Artificial Intelligence

monitoring sekolah
Source : Pexels.com

Sistem monitoring menjadi elemen penting dalam sistem keamanan yang efektif. Sistem ini menjalankan fungsi pengawasan untuk menunjang berjalannya pengamanan suatu area, guna menciptakan keadaan lingkungan yang aman dan kondusif. Salah satu yang lazim menggunakan sistem ini adalah lingkungan sekolah dimana pengawasan harus dilakukan secara ekstra.

Monitoring di lingkungan sekolah sebenarnya secara lazim sudah dilakukan oleh tenaga kependidikan pada sekolah tersebut. Namun tidak semua bagian bisa diawasi oleh personel pendidikan yang tersedia. 

Diperlukan juga sebuah solusi keamanan yang bisa mengawasi setiap aktivitas yang terjadi di seluruh penjuru lokasi sekolah.hal ini guna mewujudkan lingkungan sekolah yang disiplin dan nyaman.

Beragam Hal Negatif Membayangi Sekolah Tanpa Sistem Monitoring

monitoring sekolah
Source : pexels.com

Tanpa adanya sebuah sistem monitoring yang berkualitas, lingkungan sekolah akan menjadi lebih rawan terhadap segala bentuk kemungkinan buruk. Mulai dari negatif aktivitas siswa yang diluar pengawasan seperti bullying maupun penggunaan fasilitas yang tidak semestinya. 

Selain itu, penerobosan properti dan juga beberapa tindakan kriminal berisiko terjadi pada lingkungan sekolah, karena penghuni sekolah merupakan para siswa yang sangat lugu dan mudah untuk terpengaruh.

Dari beberapa kemungkinan potensi hal buruk yang ada, makna hadirnya sebuah sistem pengawasan yang mumpuni menjadi sebuah keharusan pada lingkungan sekolah.tanpa sistem pengawasan yang baik, segala potensi buruk dapat menjadi jauh lebih besar kemungkinannya.

Cara-Cara Untuk Meningkatkan Sistem Pengawasan Gedung  Sekolah

monitoring sekolah
Source : pexels.com

Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan sistem pengawasan pada bangunan sekolah agar menjadi lebih optimal, berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Melakukan Desain Ulang Sistem Keamanan

Dalam perjalanannya, bangunan sekolah pasti mengalami perkembangan baik renovasi maupun modifikasi untuk menunjang kebutuhan pembelajaran. Melakukan desain ulang terhadap sistem keamanan juga dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi, dimana adanya sistem akses kontrol juga harus terhubung sehingga memberikan fungsi pengamanan yang maksimal.

  1. Meningkatkan Kualitas Personel

Garda terdepan untuk menciptakan sebuah sistem keamanan yang baik adalah personel. Sebaik apapun teknologi yang diterapkan, tidak akan menjadi efektif apabila kualitas personel masih kurang.

Kualitas personel yang dimaksud meliputi berbagai hal diantaranya adalah kemampuan untuk mengoperasikan berbagai peralatan sistem monitoring, dan juga melakukan aktivitas pengawasan dengan indera masing-masing.  Kompetensi yang dipersyaratkan untuk personel bertujuan untuk membentuk sebuah sistem pengamanan yang sigap terhadap setiap kondisi bahaya

  1. Menerapkan Sistem Keamanan Terintegrasi

Sistem keamanan yang kompleks mengharuskan hadirnya sebuah sistem keamanan yang terintegrasi. Melakukan integrasi terhadap seluruh komponen sistem keamanan termasuk sistem akses kontrol  akan memudahkan proses pengawasan dan eksekusi fungsi keamanan.

HikCentral Enterprise untuk Sistem Monitoring Sekolah 

Setiap tempat memerlukan sistem keamanan termasuk sekolah, HikCentral Enterprise menyediakan kebutuhan perangkat keamanan untuk industri pendidikan dengan keunggulan, sebagai berikut. 

  • Perangkat lunak ini tidak sekadar mendukung sistem akses kontrol, bisa juga meningkatkan keuntungan bisnis dengan teknologi canggih. Platform yang menjadikan video sebagai kompetensi inti, memiliki paduan teknologi IoT, analisis data besar, AI, pengenalan wajah dan sebagainya. Dengan fitur teknologi ini, maka perusahaan bisa memakai aplikasi terpadu dan cerdas. 

  • Perangkat lunak platform ini menjadi solusi kebutuhan sistem akses kontrol bagi empat industri umum. Industri yang dimaksud adalah kawasan industri, pendidikan, retail dan bangunan komersial. 

  • HikCentral Enterprise adalah platform terbuka yang bisa terintegrasi bersama sistem pihak ketiga lainnya. Contohnya, sistem akses kontrol yang terintegrasi dengan elemen keamanan seperti kamera CCTV. Dengan adanya pengintegrasian ini maka bisa memperoleh data akurat tentang pihak yang memakai akses pada area tertentu. Hal ini menjadikan pengelola gedung mencegah penyalahgunaan akses, menerapkan efisiensi sumber daya keamanan gedung hingga memonitor kinerja karyawan.

  • Hikvision memiliki perangkat lunak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Bahkan terkait manajemen kelas, perangkat ini memfasilitasi pengelolaan kelas yang lebih efisien, sehingga memungkinkan beban administrasi berkurang. Selain itu, ada pemeriksaan kehadiran multi-skenario. 

  • HikCentral Enterprise dari Hikvision menawarkan perlindungan secara keseluruhan bagi lingkungan sekolah melalui tiga lapisan perlindungan. Keamanan lingkungan pendidikan dipastikan lewat lapisan yang dimulai dari gerbang sekolah, jalan kampus serta pintu masuk gerbang. 

  • Platform ini menawarkan manajemen terpusat untuk lingkungan pendidikan, sehingga satu sistem bagi semua skenario, sehingga memudahkan manajemen. Manajemen terpusat menawarkan satu solusi yang mencakup penentuan posisi, alarm, pencarian serta modul analisis. 

  • HikCentral Enterprise pendidikan menawarkan video pengawasan yang diberdayakan artificial intelligence, sehingga efisiensi manajemen kampus meningkat. Adanya fitur ini juga bisa menjadi sarana pembangunan kampus digital yang tidak memerlukan kartu ID mahasiswa. 

  • Karena perangkat ini mudah terintegrasi bersama sistem informasi eksternal maupun sistem lainnya, sehingga menciptakan ekosistem pendidikan lebih terpadu. 

Untuk memastikan sistem pengawasan dan keamanan berjalan dengan lancar, diperlukan perangkat yang mudah diintegrasikan dengan perangkat lain tanpa proses yang ribet. Perangkat keamanan terintegrasi HikCentral Enterprise yang dikeluarkan Hikvision menjadi salah satu pilihan terbaik atas solusi peralatan keamanan terintegrasi untuk lingkungan sekolah.

Sumber:

https://www.suara.com/tekno/2021/07/06/092030/4-cara-efektif-meningkatkan-sistem-keamanan-gedung?page=all 

https://www.acehardware.co.id/inspirations/kombinasi-3-alat-ini-siap-jadi-solusi-praktis-untuk-sarapan-sehat-anda


Tidak ada komentar

Posting Komentar