Rekomendasi Games Kartu Mengasah Otak

solitaire
Source : solitaire.org

Bermain games tak selamanya buruk lho kawan, bahkan ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bermain games. Main games juga bisa untuk melatih krativitas kita dan juga untuk mengasah otak. Kali ini aku akan membahas rekomendasi games seru untuk mengasah otak.

Salah satu games untuk mengasah otak yang aku gandrungi adalah games kartu. Siapa sih di sini yang nggak pernah main kartu? Pasti udah pernah semua kan? Bermain kartu ini cocok banget untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak, anak remaja hingga orang dewasa.

Tak hanya keseruan yang kita dapat dari bermain kartu, namun bermain kartu juga mampu mengasah otak kita. Apa saja sih manfaat dari bermain kartu?

Manfaat Bermain Kartu

1. Belajar tentang kedisiplinan

Dalam permainan kartu selalu ada aturan main yang harus dipatuhi. Para pemain harus memahami aturan main ini untuk bisa memenangkan permainan. Bila tidak bisa mematuhi aturan main yang ada maka pemain akan kalah.

Bila kalian sudah bisa disiplin mematuhi aturan main yang berlaku selama permainan, maka kalian juga akan bisa disiplin mematuhi aturan yang berlaku dalam kegiatan sehari-hari.

2. Mengasah kemampuan mengatur strategi

Bila kalian sudah paham akan aturan yang bermain dalam permainan kartu, untuk bisa memenangkan permainan kalian harus bisa membuat strategi yang jitu. Karena bermain kartu itu nggak asal-asalan aja. kalian harus menganalisis cara agar bisa menang.

Disinilah kemampuan kalian dalam mengatur startegi dilatih. Semakin sering kalian memainkannya kemampuan mengatur startegi kalian akan semakin meningkat. Dan kalian bisa mengaplikasinkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Meningkatkan Ketrampilan Kognitif

Dalam bermain kartu kita biasanya akan memfokuskan pikiran untuk penyelesaian permainan. hal ini mampu untuk meningkatkan konsentrasi kita.

Permainan kartu yang mengharuskan pengurutan jenis dan type kartu melatih kemampuan otak dalam mengkoordinasian dan pengurutan.

Bermain kartu juga mampu mempertajam ingatan jangka pendek kita. Karena di awal permainan kita harus mengerti aturan main yang diberikan.

Dengan bermain kartu juga mengajarkan kita untuk memecahkan masalah. Karena kita diharuskan untuk menyelesaikan permainan sesuai dengan aturan yang disediakan untuk bisa memenangkan permainan.

Rekomendasi Games Kartu

Ada beberapa games kartu yang senang aku mainkan, selain karena permainannya yang seru games ini juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Setiap games memiliki level kemudahan, kalian bisa pilih mau memainkan permainan yang mudah banget, agak sulit atau sulit.

Semua permaian kartu yang aku mainkan ini ada di www.solitaire.org sebuah situs games online yang mudah banget untuk di akses. Permainan kartu yang disediakan pun ada banyak variannya. Yuk kita bahas satu persatu

Klondike Solitaire

Kalau di Amerika Serikat dan Kanada games solitare ini lebih terkenal dengan nama ‘Klondike’ atau ‘American Patience’. Kalau di Indonesia lebih popular dengan sebutan ‘Solitaire’. Games ini adalah permainan kartu yang dilakukan sendiri. Versi games solitare yang popular adalah yang dimainkan di Microsoft Windows.

Cara bermain

Permainan akan selesai saat kartu sudah terurut dengan benar sesuai dengan urutan, warna dan jenis kartu. Urutan kartu dimulai dari kartu (K)ing, (Q)ueen, (J)ack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, (A)s tanpa ada yang tertukar. Jenis kartu pun tak boleh di acak, bila kartu waru (daun) harus dijadikan satu dengan kartu waru (daun) lainnya.

Dibagian kanan atas ada 4 kotak kosong yang nantinya di jadikan tempat menumpuk kartu sesuai urutan. Dibagian kiri atas ada tumpukan kartu tertutup yang nanti bisa dibuka dan mengeluarkan kartu acak. Di bagian bawah ada 7 deret kartu yang deretan paling bawahnya merupakan kartu yang terbuka.

Isi 4 kotak kosong dengan kartu (A)s terlebih dahulu, baru berlanjut ke urutan kartu selanjutnya hingga kartu (K)ing. Untuk mencari kartu yang tepat kalian bisa menggunakan tumpukan kartu yang ada di kiri atas atau deretan kartu terbuka di bagian bawah.

Spider Solitare

spider solitaire
Source : google.com

Spider Solitaire ini juga merupakan permainan yang paling aku gemari. Sebelum memulai permainan kalian bisa memilih level permainan mau yang Easy : 1 suits, Medium : 2 suits, atau Hard : 3 suits. Bila kalian sudah memilih kartu akan muncul di papan permainan. Nah bila ternyata kalian merasa nggak cocok dengan level yang kalian pilih kalian bisa merubahnya klik ‘New games’.

Cara bermain

Kalian harus mengumpulkan 13 kartu dalam urutan menurun dari K(ing) hingga ke A(s). Jika kartu-kartu tersebut sudah urut, kartu itu akan dibuang.

Tujuan dari permainan ini adalah menumpuk kartu ke dalam urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Misal kartu yang ditumpuk adalah K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, As yang memiliki jenis kartu yang sama.

Kalian bisa memindahkan kartu disekitar papan permainan dengan beberapa aturan yang ada. Dimungkinkan untuk mengikuti semua aturan dan masih diblokir jika kalian kurang strategi dan sedikit keberuntungan. Memblokir diri sendiri berarti kalian kalah dalam permainan.

Penilaian dalam permainan ini dinilai dari setiap langkah yang kalian buat

Permainan dimulai dengan score 500 poin

Setiap satu kali langkah yang kalian buat nilai akan dikurangi 1 poin

Kalian akan mendapat tambahan 100 poin setiap kartu yang berhasil terurut.

Itu dia dua rekomendasi permainan solitaire yang seru dan bisa untuk mengasah otak. Masih banyak lagi permainan kartu seru yang bisa kalian mainkan di www.solitaire.org.

Permainan kartu dalam situs Solitaire.org

  1. Pyramid Solitaire
  2. Tripeaks Solitaire
  3. Golf Solitaire
  4. Mahjong Solitaire

 

29 comments

  1. Aku dulu suka main keduanya di komputer. Kan gratis kalau pake windows hehehe..

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah main games kartu gini. Seru kali ya, biar ga jenuh sama kerjaan di rumah.

    ReplyDelete
  3. games kesukaanku pas kecil nih. Baca tulisan ini jadi mengingatkanku untuk main game lagi, udah lama banget rasanya nggak main games begini.. padahal bagus ya buat kreativitas kita

    ReplyDelete
  4. Games yang murah meriah nih solitare. Kalau lagi bosen saya juga main ini. Selain simple juga gamesnya ringan.

    ReplyDelete
  5. iya lho seru banget games kartu ini
    bisa mengasah otak sambil menghibur
    buat rileks gitu

    ReplyDelete
  6. Aseek aku juga udah maen iniii trus pilih yang zumaa classic. lucu bangett gambar bola2nya juga bedaa sama game offlinenya

    ReplyDelete
  7. dulu cuma tahu main Spider Solitaire saja, karena cuma itu aja yang bawaan di laptop/PC di rumah saat itu.
    eehh pas kapan waktu tuh coba iseng main game online Solitaire ini kok ya banyak jenisnya ya? jadi lebih seru dan banyak pilihan :)

    ReplyDelete
  8. Tanpa sadar main games apalagi si Solitaire yang kerap daku mainkan, bisa melatih disiplin dan lihai mengatur strategi sih memang

    ReplyDelete
  9. Ya ampun Solitaire! Ini game kesukaanku zaman baheula. Di kantor pun kalo lagi suntuk suka curi-curi waktu main game ini :D Sekarang kayaknya makin seru ya.

    ReplyDelete
  10. Game kartu ini yang sering aku mainin di komputer dulu. Seneng banget kalau bisa berhasil menyelesaikannya waktu itu.

    ReplyDelete
  11. Yang pernah ku mainin adalah game Spider Solitare haha, tapi sudah lama sekalii. Btwe permainan kartu ini juga macam2 yaa cara maininnya padahal karunya sama.

    ReplyDelete
  12. Sejauh ini baru Spider Solitare saja yang pernah kucoba mainkan di masa kecil. Ternyata ada game solitaire versi lainnya ya. Katanya main solitaire dulu itu biar orang-orang terbiasa pakai mouse.

    ReplyDelete
  13. aku juga suka maenin solitaire kalau lagi killing time atau lagi nyari suasana baru sih. Bisa buat refreshing otak dong

    ReplyDelete
  14. Ternyata banyak manfaat ya main solitaire, dulu suka main pas masih pake komputer jadul

    ReplyDelete
  15. Wah asik ya permainan kartu Soltaire, tp jujur aku gk begitu paham bermsin kartu. Tp hbs baca caranya main JD rada ngeh...hehe msin ahh...

    ReplyDelete
  16. Salah satu game yang pernah sering saya mainkan nih. Kalau main lagi nih bisa sekaligus nostalgia nah asyiknya sekarang sudah ada situs buat main game ini secara praktis ya... Karena bisa lewat hp saja mainnya. Kalau dulu mah saya baru bisa main kalau on PC

    ReplyDelete
  17. Dulu banget aku pernah main solitaire tapi bukan online, melainkan offline. Nah ini sekarang ada onlinenya jadi lebih mudah ya. Mau coba ahhh buka web nya.

    ReplyDelete
  18. Wuih ini game jaman SD dulu di komputer tempat kursusku wkwk

    ReplyDelete
  19. Ini games aku jaman dulu saat bete dengan kerjaan kantor..rileks dengan main Solitaire. Wah masih ada ternyata yah kak. Otw main lagi ah nih :)

    ReplyDelete
  20. Aku ingat dulu begadang main game ini
    Tetapi sempat ketagihan dan akhirnya komputer dijual haha
    Sekarang jadi kangen main deh

    ReplyDelete
  21. ya ampun inget jaman komputer masih jadul banget main ini wkwkwk.

    ReplyDelete
  22. Games kartu ini memang nggak pernah ketinggalan zaman ya. Sampai kapanpun tetap asyik dimainkan. Apalagi udah ada versi onlinenya gini, seru juga yaa..

    ReplyDelete
  23. dulu betah banget main spider solitaire, kalo kalah diulang ulang terus sampai berhasil hahaha...

    ReplyDelete
  24. Aq belum pernah coba game ini kak, kayaknya aq mesti langsung cobain. Lumayan buat ngilangin stress juga kan ya

    ReplyDelete
  25. Aku suka yang spider solitaire medium, lebih menantang hahaha..Biasanya nyuri waktu main saat di kantor, kalo lagi rehat bikin laporan. Ahh, jadi ingat dulu aku pernah jadi orang kantoran juga.

    ReplyDelete
  26. Hmmm, sayangnya aku kurang suka ngegame mbak. Tp kartu2 itu sudah kukenal sejak kecil, banyak org dewasa yg mainkannya

    ReplyDelete
  27. Permainan paling enak emang yang multifungsi ya kak.

    Tapi pling enak sih semacam ini. Santai tapi tetap bisa diajak mikir ��

    ReplyDelete
  28. Ini seru parah. Gamenya dulu selalu ada di komputer. Lama banget ga main ini lagi. Ternyata bisa untuk mengasah otak yaa.

    ReplyDelete
  29. Kalau saya sih dulu sering banget tuh main yang Spider Solitaire di PC. Lumayan untuk mengisi waktu luang apalagi kalau seandainya tidak ada kegiatan.

    ReplyDelete