Kapan Aki Sepeda Motor Harus Diganti?

Siapa nih yang yang suka pakai sepeda motor untuk menunjang aktivitas sehari-hari? Aku juga merupakan pengguna motor karena praktis dan cepat sampai, serta gampang juga cari tempat parkir. Kalau jalan-jalan di dalam kota juga lebih enak naik sepeda motor karena bisa lincah di jalan dan menghindari kemacetan.

ganti aki motor
Source : otomotif.kompas.com

Namun kalau punya sepeda motor ya harus dirawat dengan baik, apalagi kalau sering dipakai. Jangan hanya memakainya, isi bensin, ganti oli, udah. Sepeda motor wajib dimasukkan ke bengkel untuk pemeriksaan rutin. Siapa tahu ada onderdil yang harus diganti. Saat motor rajin dirawat maka akan enak dipakai dan tidak mudah rusak.

Salah satu part motor yang harus diperiksa secara teratur adalah aki. Sudah berapa lama aki sepeda motor dipakai? Jangan sampai terlambat dan akhirnya berakibat negatif ke performa sepeda motor. Ingat ya kawan-kawan, untuk biaya perawatan motor tidak boleh pelit, tentu agar kendaraan roda dua tetap enak dipakai.

Tanda-Tanda Aki Sepeda Motor Wajib Diganti

ganti aki motor
Source : aki.astraotoshop.com/

Aki di sepeda motor masih bagus atau malah sudah wajib diganti yang baru? Berikut ini beberapa hal yang jadi penanda kalau aki sudah tekor dan harus diganti sesegera mungkin:

1. Aki Motor Sudah Berusia 2 Tahun

Kalau sepeda motor masih gress maka aki dan part lain juga masih baru. Namun saat sudah berumur 2 tahun, jangan tunda lagi. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk ganti aki.

Setelah itu wajib dicatat ya, kapan terakhir kali ganti aki sepeda motor, jadi kalau sudah 2 tahun berlalu, harus ganti lagi langsung saja diservis dan bawa ke bengkel motor. Jangan sampai terlambat karena akan berakibat negatif ke performa motor.

2. Mesin Sepeda Motor Susah Distarter

Kawan-kawan pernah panik karena mesin sepeda motor susah dinyalakan dan distarter berkali-kali hasilnya zonk? Setelah dicek ternyata bensin juga masih banyak. Ternyata yang harus diganti adalah akinya, karena aki berfungsi untuk menyediakan arus listrik, sehingga mesin motor bisa menyala. Oleh karena itu yuk langsung saja motornya diperiksa oleh montir-montir andal.

3. Suara Klakson Sangat Pelan

Kalau jalan-jalan atau menempuh perjalanan di daerah tengah kota, bisa jadi ada kemacetan atau arus lalu-lintas yang cukup padat. Kalau ingin menegur pengendara lain kan bisa pakai klakson ya, biar mereka juga langsung jalan dan gak bikin macet.

Akan tetapi saat mengklakson, suaranya lirih, bahkan hilang. Nah ini salah satu tanda aki motor harus segera diganti. Jangan sampai telat ganti aki lalu gak bisa mencet klakson dengan keras, malah bahaya di jalan.

4. Lampu Motor Kurang Terang

Salah satu tanda jika aki sepeda motor harus diganti yang baru adalah nyala lampunya kurang terang, bahkan nyaris habis. Oleh karena itu lampu juga wajib diperiksa apa masih bisa nyala, padahal usianya masih cukup baru. Jika memang harus ganti aki maka harus cepat-cepat bawa motor ke bengkel. Karena lampu yang redup akan berbahaya saat motor dipakai di malam hari.

5. Sudah Mencapai 50.000 Kilometer

Apakah kawan-kawan suka road trip naik motor? Atau berprofesi sebagai kurir atau driver ojek online? Nah jangan sampai aki tekor ya karena bikin pusing. Harus mengecek berapa jarak yang telah dilalui oleh sepeda motor. Jika sudah melewati angka 50.000 kilometer maka aki harus diganti, meski usianya belum ada 2 tahun.

6. Speedometer Kurang Jelas

Jika speedometer digital nyalanya kurang jelas saat digunakan maka ini juga salah satu tanda-tanda wajib ganti aki motor. Kalau speedometer gak jelas maka kecepatan motor bisa melebihi batas. Akhirnya kena tilang deh, sedih.

7. Akselerasi Motor Kurang

Kawan-kawan juga harus ganti aki motor jika akselerasi motor dirasa kurang. Tarikannya tidak enteng seperti biasanya dan motor kurang enak dipakainya. Saat sepeda motor jadi kendaraan utama maka memang harus diperiksa rutin oleh montir, dan akinya juga diganti dengan teratur.

Ganti Aki Sepeda Motor di Planet Ban

ganti aki motor
Source : planetban.com

Nah, kawan-kawan sudah tahu kan kapan harus ganti aki motor? Kalau memang sudah waktunya ganti aki, pastikan hanya di bengkel yang terpercaya. Planet Ban adalah bengkel yang bisa membantu kalian untuk ganti aki sepeda motor dan memberikan pelayanan terbaik, agar performa motor tetap bagus.

Lantas berapa biaya untuk membeli aki motor di Planet Ban? Kawan-kawan bisa cek daftar harga aki motor di bengkel Planet Ban terdekat.  Dijamin semua karyawannya ramah dan akan memberi jawaban, berapa biaya servis di sana, harga aki dan berbagai onderdil lain, dll.

Tak hanya ganti aki, di Planet Ban kawan-kawan juga bisa melakukan perawatan sepeda motor seperti ganti ban dan ganti oli. Jangan khawatir karena produk-produk yang digunakan dijamin asli. Harga juga ramah di kantong.

Jangan ragu untuk datang ke Planet Ban karena ada banyak cabangnya di seluruh Indonesia. Di Malang aja ada beberapa cabang bengkel Planet Ban dan aku juga udah langganan servis motor di sana. Bengkelnya lengkap, montirnya cekatan dan ramah, tempatnya juga bersih, jadi makin yakin langganan di Planet Ban.


2 komentar

  1. Aku juga dulu sering banget cuma pake motor doang tapi males servis rutin. Padahal juga pakenya tiap hari kan. Untung sekarang udah tobat jadi lebih rajin cek aki, oli, dan kampas rem. Apalagi ada Planet Ban deket rumahku, jadi ngga ada alasan lagi.

    BalasHapus
  2. Ternyata penting banget ya buat ganti oli motor tiap bulannya. aku juga kadang suka lupa buat service motor

    BalasHapus