Menjaga Lingkungan Lewat Media Sosial? Emang Bisa?

Di Era Digitalisasi seperti sekarang ini, menjadikan segala hal bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet. Tak terkecuali dengan upaya untuk menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan kan butuh aksi nyata, tak hanya modal bicara saja. Memang betul kawan, melakukan aksi nyata untuk selamatkan bumi juga bisa lewat media sosial kok.

challenge team up for impact
Source : pexels.com

Bagaimana caranya?

Di dunia yang serba digital ini, rasa-rasanya semua orang pasti memiliki akun media sosial. Entah itu Instagram, Facebook, Youtube, Twitter dan lain sebagainya. Ada banyak manfaat yang diberikan oleh media sosial ini, beberapa diantaranya adalah sebagai tempat mendapatkan informasi terbaru yang berguna untuk menambah wawasan penggunanya. Fungsi dari media sosial inilah yang kita manfaatkan dalam upaya untuk menjaga lingkungan.

Selamatkan Bumi Lewat Media Sosial

Memiliki banyak pengguna, membuat media sosial menjadi tempat yang tepat untuk menyebarkan informasi yang berisikan upaya tentang menjaga lingkungan hidup. Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan lewat media sosial untuk ikut melakukan gerakan menjaga bumi.

Membagikan Aktivitas Eco Frendly

Ketika kalian melakukan berbagai bentuk kegiatan yang eco frendly kalian bisa membagikannya keakun media sosial kalian. Misalkan saja saat kalian mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan memilih bersepeda atau berjalan kaki ketika pergi ke tempat-tempat yang tak terlalu jauh dari rumah. Kalian bisa mempostingnya ke akun media sosial kalian. Dan memberikan penjelasan tentang manfaat yang diberikan dari apa yang kalian lakukan.

Atau saat kalian liburan memilih untuk pergi kedestinasi ekowisata, kalian bisa merekomendasikan perjalanan ini lewat akun media sosial. Karena destinasi ekowisata merupakan destinasi wisata yang ramah lingkungan. Dengan ikut membagikan destinasi ekowisata kalian juga ikut membantu ekonomi masyarakat setempat.

Membagikan Kegiatan Sehari-hari Yang Ramah Lingkungan

Kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa dilakukan dari rumah bisa memberikan dampak yang besar jika dilakukan secara konsisten. Jika satu orang saja bisa melakukannya secara konsisten dan yang lain mulai  mengikuti berapa besar dampak yang akan di berikan?

Dengan membagikan kegiatan sehari-hari kalian di rumah yang ramah lingkungan, diharap bisa menginspirasi teman-teman yang lainnya. Bisa dimulai dari memilah sampah, mengurangi sampah plastic, membawa botol minum tiap bepergian hingga membawa bekal ke kantor.

Hal-hal sederhana seperti itu tanpa kita sadari bisa memberikan dampak yang cukup besar untuk menjaga lingkungan.

Membagikan Informasi Tentang Lingkungan

Banyak masyarakat di luar sana yang masih awam dengan isu tentang lingkungan. Dengan sering membagikan informasi tentang lingkungan lewat media sosial bisa memberikan wawasan baru terhadap masyarakat.

Dengan banyaknya informasi yang mereka peroleh diharapkan dapat memberikan padangan baru  terhadap lingkungan. Membuat mereka lebih aware lagi dan mulai ikut menjaga lingkungan tempat mereka tinggali.

Ikut Challenge Team Up For Impact

Biar tambah semangat melakukan aksi jaga lingkungan, yuk ikutan challenge #bersamabergerakberdaya yang diberikan Tem Up For Impact. Team Up For Impact ini merupakan sebuah website yang mengajak kita untuk melakukan aksi sederhana untuk menjaga lingkungan yang dilakukan secara bersama-sama dan serentak. Kalian bisa ikut dalam aksi ini hanya dengan mengunjungi situsnya di https://teamupforimpact.org/.

Semua orang bisa ikut dalam aksi ini, karena aksi ini tidak dibatasi oleh usia atau latar belakang pendidikan. Ada banyak challenge yang bisa kalian kerjaan di sini yang dibagi dalam beberapa kategoy seperti sampah, makanan, digital, energy, bisnis hijau dan aktivisme.

Challenge Team Up for Impact

Menyumbangkan satu pohon untuk ditanam adalah goals yang kita peroleh jika bisa menyelesaikan challenge yang diberikan. Jadi kita bisa ikut serta menanam pohon tanpa perlu harus ke hutan. Semakin banyak pohon yang bisa kita tanam bisa semakin mengurangi selimut polusi.

Hingga saat ini sudah ada 51 pohon yang ditanam dan lebih dari 1.285 orang yang telah bergabung dan mengikuti tantangan harian bersama-sama dan mendapatkan pohon. Sekarang giliran kalian untuk bergabung dan ikut bersumbangsih menanamkan pohon untuk kelesatarian alam bumi ini.  


Cara Ikut Challenge

  • Kunjungi situs https://teamupforimpact.org/
  • Ada beberapa challenge yang bisa kalian ikuti. Kalian cukup memilih challenge yang kalian ingin lakukan setiap hari. Setiap kali kalian menyelesaikan challenge kalian akan mendapat poin.
  • Kumpulkan poin hingga 1400 poin, dari poin tersebut aka nada 1 pohon yang ditanam atas nama kalian dihutan.

Mudah banget kan!

Yuk ikutan menanam pohon tanpa ke hutan bareng Team Up for Impact!

 


9 komentar

  1. Aku juga udah ikutan beberapa challenge TUFI ini kak, emang bikin ketagihan yah. Dengan menulis atau menyuarakan isu lingkungan lewat blog atau sosmed semoga bisa menginspirasi banyak orang buat menjaga bumi.

    BalasHapus
  2. Challenge Team Up For Impact memang salah satu yang bisa kita lakukan dengan jempol sendiri, agar orang di sekitar (online) kita ikutan menjaga bumi ini ya

    BalasHapus
  3. Menurutku menyebarkan informasi di media sosial memang berpengaruh banget sih, karena semenjak follow akun-akun yang ngomongin soal lingkungan. Jadi mikir-mikir juga kalau mau pakai plastik. Lama-lama tertanam di alam bawah sadar gitu.

    BalasHapus
  4. Banget Mba.. Bener banget soal follow akun pegiat lingkungan. Jadi lebih aware, antara cemas tapi juga ingin berkontribusi untuk bumi

    BalasHapus
  5. semuanya bisa dilakukan dengan mudah ya Kak, bismillah semoga kita terus bisa menjaga bumi dan lingkungan untuk anak cucu nantinya

    BalasHapus
  6. Semuanya bisa
    Tergantung niatnya ya
    Media sosial bisa jadi jalan ninja kita melestarikan lingkungan

    BalasHapus
  7. Ternyata saat ini meskipun modal media sosial, juga tetap bisa melakukan hal baik terkait selamatkan bumi. Meski sedikit, semoga langkah kecil yang kita lakukan tidak sendiri lagi karena bisa menginspirasi banyak orang.

    BalasHapus
  8. Iya banget loh, pas aku share ttg nonton film diunduh Dari pada streaming Karena lebih hemat energi, banyak temen2 yang baru tau juga. Info2 sedderhana hemat energi buat jaga bumi wajib di reshare sih ya, biar Makin banyak orang yang tergerak buat ikut jalaninnya

    BalasHapus
  9. sekarang banyak cara untuk peduli dengan sekitar ya mbak, dan paling mudah melalui sosial media.
    Banyak campaign lingkungan yang disuarakan melalui sosial media. Simplenya seperti share daily activity ke sosmed, kadang aku malah mengikuti apa yang temen temen share selama hal itu positif dan membawa dampak yang bagus buat lingkungan

    BalasHapus