Manfaat Essensial Oil yang Perlu Kalian Tau

Essensial oil merupakan cairan ekstrak bagian tanaman tertentu, baik itu dari bunga, daun, kulit atau batangnya. Biasanya memiliki aroma yang lebih kuat dari tumbuhan asalnya. Hal ini dikarenakan jumlah tanamanyang diperlukan dalam proses pembuatannya.

essensial oil
Source : pexels.com

Beberapa tahun ini essensial oil mulai popular digunakan banyak kalangan. Beberapa diantaranya menggunakannya sebagai aroma theraphy untuk menghilangkan stress atau penat.

Namun, tak hanya itu saja manfaat essensial oil yang bisa di rasakan. Berikut manfaat essensial oil yang perlu kamu tau.

Manfaat Essensial Oil

Mengatasi Stress

Kerjaan yang menumpuk atau jadwal kegiatan yang berturut-turut membuat badan dan pikiran menjadi stress. Hal ini bisa kalian atasi dengan menghirup atau menoleskan essential oil.

Essensial oil lavender dan peppermint misalnya, memiliki manfaat menurunkan hormone kortisol atau yang sering disebut hormone stress.

Meningkatkan Mood

Menghirup essensial oil memberikan rasa tenang sehingga mampu menetralisis mood kalian menjadi bagus. Essensial oil lemon, chamomiledan lavender memiliki fungsi yang baik untuk meningkatkan mood.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Insomnia bisa terjadi ketika tubuh stress, menyebabkan kualitas tidur terganggu. Kurang tidur bisa membuat kegiatan jadi terganggu. Dilansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa menghirup essensial oil lavender memiliki efek yang positif pada kebiasaan tidur, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur kalian.

Selain aroma lavender, aroma cedarwood ( pohon cedar) disebutkan juga mampu memberikan manfaat yang sama.

Mengurangi Rasa Sakit Ketika Menstruasi

Ketika sedang dalam masa menstruasi, sering kali perempuan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh tertentu. Selain mampu meningkatkan mood saat menghirupnya, mengoleskan essensial oil pada bagian tubuh yang nyeri dikatakana juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

Mengobati Pilek dan Flu

Hujan yang turun hampir tiap hari, perubahan cuaca yang tak menentuk membuat daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh mudah terkena pilek dan flu. Untuk mengatasinya kalian bisa mencampurkan beberapa tetes essensial oil ke dalam air hangat lalu menghirupnya. Kalian akan mendapatkan sensasi lega pada hidung.

Essensial oil ini bisa digunakan bersamaan dengan minyakkayu putih atau minyakeukaliptus. Aroma minyak kayu putih mampu merelaksasikan otot hidung. Anti bacterial minyak kayu putih juga baik untuk mencegah infeksi.

Itu tadi beberapa manfaat essensial oil yang perlu kalian tau. Setelah tau manfaat yang diberikan kalian bisa menggunakannya sesuai dengan fungsinya. Selamat mencoba.


Tidak ada komentar

Posting Komentar