Cara Mengatasi Penjualan Menurun Untuk Toko Online Kamu

Pada era digital seperti sekarang ini, jual beli barang online telah menjadi sebuah gaya hidup baru. Kini, masyarakat mulai terbiasa membeli barang online. Buat kalian yang ingin mengembangkan bisnis online, yuk jualan online karena pangsa pasar bisnis ini sangatlah besar.

yuk jualan online
Source : pexels.com
Kemudahan bertransaksi menjadi daya tarik yang memikat para masyarakat untuk belanja online. E-commerce nomor satu di Asia Tenggara yang bisa kalian gunakan untuk mengembangkan bisnis online kalian adalah Lazada.

Perusahaan e-commerce yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada tahun 2012 ini memiliki presentasi pengunjung terbanyak ketiga di Indonesia, dengan rata-rata pengunjung perbulan mencapai 24,68 juta orang.

Oleh sebab itu yuk jualan online di Lazada. Ingin tau gimana cara mulai jualan online di Lazada?

Untuk bisa memulai jualan di Lazada, kalian harus daftar dulu sebagai seller.

Cara Daftar Menjadi Seller Lazada

  • Masuk ke Lazada.co.id atau link lzd.co/menjadiseller
  • Klik tombol “Menjadi Seller”
  • Klik Daftar Pejual, ada dua pilihan seller yaitu penjual Lazada dan penjual Lazmall. Pilih salah satu.
  • Isi data diri yang diperlukan.

Untuk perorangan atau individual, data yang diperlukan adalah KTP dan Buku tabungan yang sesuai dengan nama pemilik kartu identitas. Dan perlu kalian ingat, nama pemilik dalam identitas diri dan buku tabungan harus sama.

Untuk perusahaan atau corporate, data yang diperlukan adalah izin usaha dan NIB, buku tabungan atau rekening koran sesuai dengan nama perusahaan atau penanggung jawab izin usaha dan NIB. Perlu diingat, satu data rekening hanya bisa digunakan untuk satu akun.

  • Baca dan mengerti ketentuan layanan (penjual), perjanjian jasa logistic dan kebijakan privasi.

Jika sudah terdaftar menjadi seller, kalian bisa langsung jualan di Lazada. Jadi tunggu apa lagi yuk jualan online di Lazada.

Setiap penjual pasti menginginkan agar dagangannya laris terjual kan? ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan biar produk kalian laris manis tanjung kimpul.

Cara Menarik Konsumen Datang ke Toko

Penjualan Menurun

1. Menentukan nilai jual

Tentukan nilai jual produk kalian dengan cara menempatkan diri menjadi calon konsumen. Tentukan apa yang biasanya dicari oleh konsumen ketika memilih produk. Apakah kualitasnya, harganya atau pelayanannya?

2. Bikin banyak promo

Calon pembeli biasanya senang sekali dengan promo atau diskon. Dengan membuat promo-promo yang menarik tentunya akan membantu kalian untuk meningkatkan omset jualan. Kalian juga bisa memanfaatkan hari-hari besar seperti tahun baru, valentine, atau imlek untuk melakukan promosi.

3. Pasang iklan

Meskipun kalian berjualan lewat e-commerce, kalian juga perlu untuk memasang iklan sebagai strategi penjualan agar bisa menarik banyak pembeli di toko kalian. Ada berbagai macam bentuk iklan digital yang bisa kalian gunakan. Seperti google ads atau iklan lewat media sosial bahkan memasang iklan lewat e-commerce itu sendiri juga bisa lho, biar lebih mudah diatur pesannya.

4. Menggunakan foto yang menarik

Ketika berjualan di e-commerce, calon konsumen hanya bisa melihat produk yang kalian jual melalui foto dan deskripsi produk. Sehingga foto produk yang kalian gunakan harus menarik dan jelas. Agar calon konsumen tidak ragu untuk membeli produk di toko kalian.

5. Deskripsi produk yang lengkap

Deskripsikan produk kalian secara lengkap dengan kalimat yang mudah dipahami. Agar pelanggan mendapat gambaran produk yang jelas.

Namun gimana dong kalau penjualan di toko online semakin hari semakin menurun? Apa penyebab terjadi penjualan menurun?

Strategi Mengatasi Penjualan Menurun

Jualan di Lazada

Kalian bisa saja mengalami penjualan menurun saat melakuan bisnis online. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus menyiapkan beberapa strategi, agar jualan online kalian tidak merugi.

Yuk simak beberapa tipsnya dalam artikel penjualan menurun yang bisa kalian baca padablog Yuk Jualan Online. Pada blog Yuk Jualan Online di Lazada ini, kalian juga bisa menemukan banyak ragam tips seputar cara mengembangkan bisnis, apa saja trend produk terkini hingga cara pengelolaan keuangan bisnis 

Nah apa saja strategi yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan kembali penjualan kalian?

1. Lakukan Evaluasi

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan evaluasi. Evaluasi ini berfungsi untuk menilai apakah bisnis kalian sudah sesuai dengan perencanaan atau belum.

Hal pertama yang harus kalian lakukan saat evaluasi toko adalah mencari akar permasalahan yang ada, setelahnya baru melakukan Analisa.

Misalnya dengan mengecek data penjualan selama 6 bulan terakhir. Kalian bisa coba temukan faktor apa saja yang membuat penjualan naik dan turun. Lalu mulai Analisa dengan melakukan pemetaan, mana produk terlaris dan mana produk yang kurang laku. Proses pemetaan ini berfungsi untuk menentukan strategi marketing apa yang akan kalian lakukan nantinya.

2. Memberikan Pelayanan Maksimal

Tetap lakukan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan. Karena menjaga loyalitas dan pandangan konsumen terhadap bisnis kalian sangat penting. Jadi tetap fokus untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan.

Caranya adalah dengan memberikan promo menarik ataupun respon chat yang cepat dan menarik. Kalian juga bisa memberikan additional gift jika konsumen membeli produk secara online.

3. Membuat Paket Bundling

Paket bundling adalah menggabungkan beberapa produk dengan menjadikannya satu paket sekaligus. Kalian bisa membuat paket bundling yang memasangkan barang-barang lama dengan nilai jual rendah yang digabung dengan barang baru atau barang yang popular.

Dengan paket bundling ini kalian bisa meningkatkan penjualan dengan menghabiskan stok barang lama yang masih tersisa tanpa harus merugi.

4. Promosi Melalui Media Sosial

Dengan melakukan promosi aktif di media sosial, kalian bisa menarik banyak pelanggan baru untuk datang ke toko online kalian. Tapi juga tetap mempertahankan pelayanan terhadap pelanggan lama yang kalian miliki.

Promosi di media sosial dapat membantu kalian untuk konsumen baru. Dengan begitu peluang kalian meningkatkan penjualan di toko online lebih besar.

Kesimpulan

Jualan online di e-commerce tidak selamanya lancar. Ada kalanya penjualan menurun pun ada kemungkinan untuk merugi. Namun dengan menerapkan strategi pemasaran yang pas, kalian bisa mengatasi masalah tersebut. Sehingga tidak mengalami kerugian yang terlalu banyak.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, pejualan kalian juga bisa meningkat dengan cepat. Ingin tau lebih banyak tips dan trick jualan online di Lazada? Kalian bisa cari tau selengkapnya pada web Yuk Jualan Online dari Lazada.









17 komentar

  1. Jualan online zaman now sangat terbantu ya, Mbak. hadirnya e-commer, juga media sosial, membuat promosi kita bisa semakin luas. Gratis lagi hehehe.
    Jadi harus terus semangat promo. Terus percantik juga tampilan foto promo, agar konsumen semakin tertarik membeli produk kita.

    BalasHapus
  2. Dalam mengatasi penjualan menurun, paket bundling emang bisa jadi solusi nih. Apalagi emak-emak kan suka banget beli paket bundling apalagi kalau harganya lebih hemat daripada harga aslinya.

    BalasHapus
  3. Kalau udah melakukan semua strategi di atas tapi penjualan masih tetap turun, gimana kak? Contohnya kaya paket bundling, ada yang salah satu suka sama barang yang dipaketin bundling, ada yg gak suka kesemuanya.

    BalasHapus
  4. Aku dulu jualin buku juga pake sistem paket bundling pas ngga laku2 wkwkw mana stok terus adaa tapi ngga ada yg beli :p yah satu2nya cara pake paket bundling buku2 lawas ituu alhamdulillah banyak yg beli akhirnya sampai habis

    BalasHapus
  5. Di zaman sekarang kian mudah menemukan solusinya ya. Ketika penjualan menurun, kita bisa bisa mengoptimalkan lagi dg berbagai cara.

    Salah satu yg masih oaling ampuh ya memang promosi sih. Atau beri diskon juga.

    BalasHapus
  6. Di tengah persaingan banyaknya toko online di Marketplace, seller memang harus punya strategi agar penjualan tidak terus menurun. Aku termasuk pelanggan yang suka beli paket bundling loj, lebih hemat. hihi

    BalasHapus
  7. Keren nih Lazada. Ada blognya juga sebagai panduan bagi seller untuk jualan.
    Dengan paket bundling biasanya memang barang lebih cepat laku karena harga lebih hemat dan pembeli langsung tersugesti untuk beli saat itu juga mumpung lagi promo.

    BalasHapus
  8. Gak hanya online bun offlinepun samaa...namanya jualan kadang rame kadang sepii apalagi pandemi dan krisis mulai menyerang.

    Lazada bagus untuk pemula belajar dagang juga buat pedagang besar. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  9. adanya penurunan penjualan memang sering dialami oleh para seller yaa, apalagi kalau kita jualan produk yang gak everlasting atau yg ngikutin trend aja. Makanya harus genjot promosi dan promo-promo biar penjualan bisa tetap stabil

    BalasHapus
  10. Jualan online bergabung dengan Lazada banyak kelebihannya, ya. Seller bisa dapat bimbingan untuk meningkatkan usaha sekaligus mengatasi penjualan menurun dari tim Lazada.

    BalasHapus
  11. Lazada ini keren banget ya. Benar-benar mendampingi sellernya agar jadi sukses, jualannya laris manis. Memang butuh strategi nih buat naikin penjualan yang menurun. Tinggal pilih mana yang paling sesuai untuk diterapkan

    BalasHapus
  12. kalau mau bikin harga-harga promo mesti banget tuh yaa ngitung nilai dasar atau bahan baku jualan, biar ga tekor huhu

    BalasHapus
  13. Namanya juga orang jualan ya mbak
    Pasti ada naik turunnya
    Kalau penjualan menurun, harus segera melakukan berbagai upaya

    BalasHapus
  14. Apapun jualannya, emang di Lazada kayaknya yang paling seru buat jualannya. Karena kita sebagai pelaku UMKM begitu dibantu dengan program programnya..jadi berasa punya banyak insight dan bisa mengembangkan skill juga. Kereeeen

    BalasHapus
  15. Suka duka dalam berjualan online ya..
    Ketika penjualan turun, maka mencari celah untuk tetap bisa bertahan dan membuat strategi lainnya agar buyer tetap bisa merasakan kebaikan dan keuntungan belanja online di toko online yang kita kelola di LAZADA.

    BalasHapus
  16. Saya punya akun di marketplace lain ngga ads yang beli produk hikss coba beralih ke Lazada deh sapa tau ada yang mau beli..

    BalasHapus
  17. Aku masih aktif sih jualan online di Fb. Dan coba-coba ah jualan di Lazada juga. siapa tau keberuntunganku ada juga di Lazada.

    BalasHapus