Manfaat Sunscreen untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk digunakan saat melakukan kegiatan outdoor adalah sunscreen. Produk ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV yang berasal dari cahaya matahari.

rekomendasi sunscreen di shopee
Source : pexels.com

Sunscreen dapat berbentuk lotion, spray, gel, atau foam. Cara penggunaannya adalah dengan diaplikasikan pada permukaan kulit yang tidak tertutup oleh pakaian, termasuk wajah. Bukan hanya orang dewasa, sunscreen untuk remaja juga tidak kalah penting. 

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Nah, apa saja manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan jika rajin mengaplikasikan sunscreen saat beraktivitas? Simak ulasannya berikut ini. 

sunscreen untuk kecantikan
Source : pexels.com

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, paparan cahaya matahari adalah hal yang tidak bisa dihindari. Padahal, sinar matahari bisa berdampak buruk terhadap kulit, terutama bagian wajah. 

Efek terpapar cahaya matahari secara berlebihan adalah kulit menjadi merah dan kering, terlihat belang dan mengelupas, serta terasa perih. Pada jangka panjang, efeknya adalah mempercepat penuaan dini yang ditandai dengan kerutan dan flek.

Paparan sinar UVA dan UVB dari matahari tersebut dapat diatasi dengan menggunakan sunscreen. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan sunscreen ke seluruh permukaan kulit sesuai kebutuhan. 

2. Mencegah Kanker Kulit

Paparan radiasi dari sinar UVA dan UVB yang berlebihan bukan hanya dapat merusak penampilan, tetapi juga berdampak terhadap kesehatan. Efek paling parah yang bisa terjadi akibat hal ini adalah kanker kulit. Hal ini terjadi karena sinar matahari merusak DNA yang terdapat pada kulit. 

Karena itu, Anda sebaiknya tidak abai menggunakan sunscreen, terutama jika sering beraktivitas di luar ruangan. Bagian kulit yang wajib diolesi oleh sunscreen adalah bagian yang selalu terpapar sinar matahari.

3.Mencegah Kulit Terbakar

Apakah Anda pernah merasakan sensasi kulit terbakar karena paparan sinar matahari secara terus-menerus. Hal yang biasanya terjadi adalah kulit terkelupas sehingga tidak enak dipandang. 

Selain itu, kulit juga akan terlihat memerah dan lama-kelamaan terlihat belang. Ada juga yang merasakan gatal dan bengkak pada bagian kulit yang terbakar cahaya matahari. Bukan hanya mengganggu penampilan, efeknya juga membuat tidak nyaman. Penggunaan sunscreen akan mencegah kulit terbakar.

4. Mencegah Penuaan Dini

Karena tidak rutin menjaga kesehatan kulit sejak muda, wajah dapat mengalami penuaan dini. Ciri-ciri penuaan dini adalah wajah terlihat kurang cerah, kusam, kering, warna tidak merata, dan terjadi masalah kulit lainnya. 

Umumnya, kondisi kulit akan mengalami penurunan seiring dengan usia yang makin bertambah. Apabila terjadi pada seseorang dengan usia yang tergolong muda, hal ini dapat digolongkan dalam kategori penuaan dini. Sunscreen akan membantu Anda mengatasi masalah penuaan dini sehingga kulit tampak tetap segar dan sehat. 

5. Memberi Nutrisi Pada Kulit

Salah satu keuntungan menggunakan sunscreen adalah dapat menutrisi kulit. Kandungan nutrisi yang berada pada produk sunscreen biasanya berupa kolagen, keratin, dan elastin. Fungsi dari kandungan ini adalah membuat kulit terlihat lebih sehat, halus, serta bersih. 

Karena memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kulit sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar berbahaya, Anda perlu rutin menggunakan produk skincare ini. Gunakan saat bepergian atau beraktivitas di luar ruangan. 

6. Menjaga Kulit Tetap Segar

Sunscreen merupakan produk yang umum digunakan setiap hari walaupun mereknya berbeda-beda. Manfaat menggunakan sunscreen lainnya adalah dapat membuat kesehatan dan kecantikan kulit lebih terasa. Hal itu disebabkan oleh tampilan kulit yang terlihat segar dan bersih.

7. Mencegah Gangguan Kulit

Alasan yang tidak kalah penting untuk menggunakan sunscreen adalah dapat mencegah terjadinya gangguan pada kulit.  Jenis gangguan kulit sangat beragam dan sebagian besar disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Untuk menghindari masalah-masalah kulit tersebut, jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen. Bahkan, Anda pun dapat mengulang mengaplikasikannya kembali jika perlu. Jika perlu, bawalah sunscreen ke manapun.

Rangkuman

Ini dia beberapa manfaat sunscreen untuk kulit. Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, Anda sebaiknya tetap mengenakan sunscreen terutama saat melakukan kegiatan outdoor. Sunscreen yang tepat akan membantu menyehatkan kulit Anda. 

Beli Rekomendasi Produk Sunscreen untuk Remaja di Shopee

contoh produk sunscreen
Source : thedermspecs.com
Produk skincare ini bisa dibeli dengan mudah di Shopee. Selain lebih praktis, karena menawarkan banyak promo menarik, aktivitas berbelanja di Shopee menjadi lebih hemat. Salah satu contohnya, bisa mendapatkan cashback dari pembelian yang dilakukan di Shopee. 

Tunggu apa lagi, carilah sunscreen incaran kamu di Shopee dan memiliki kulit yang sehat dan cantik mulai dari sekarang.


Tidak ada komentar

Posting Komentar