Mau Nyurprise-in Malah di Surprise-in

 

kue ulang tahun

Ngobrolin masalah ulang tahun, emang gak jauh-jauh dari kata surprise. Ngasih surprise ke orang yang lagi ulang tahun merupakan salah satu cara untuk merayakannya selain memberi kado atau ngadain pesta. Meskipun nanti ujung-ujungnya juga lanjut juga dengan acara traktiran bareng hehe.

Ada cerita lucu yang pernah aku alami tentang acara nyurprise-in temen yang lagi ulang tahun. Kejadian itu terjadi saat aku masih di bangku kuliah. Jadi dulu itu kalo ada temen se-genk yang ulang tahun pasti kita akan ngasih surprise. Dan membelikan kue ulang tahun di hari lahir mereka.

Surprisenya juga berbeda-beda tiap orang, tergantung suasana hati kita yang mau ngasih surprise, tempat yang bakal dijadikan tempat ngasih surprise dan tentu saja kondisi cuaca saat itu.

Pernah juga acara bikin surprise ini hampir gagal karena saat hari H hujan deras. Pernah juga karena si yang ulang tahun ternyata ga mau diajak ke tempat yang akan dijadikan lokasi ngasih surprise. Tapi kami selalu punya banyak cara untuk menghandlenya.

Sebenarnya kegiatan ini kami lakukan selain untuk menunjukkan rasa sayang kami juga untuk mempererat hubungan pertemanan kami. Tawa bahagia buncah di wajah tema-teman kami ternyata juga bisa menular kepada kami.

Nah ceritaku ini beda lagi. Jadi dalam anggota satu genk aku kana da yang ulang tahunnya di bulan yang sama dengan ulang tahunku. Hanya beda tanggal saja, itupun berdekatan. Aku di tanggal 4 dia ditanggal 7.

Waktu itu tidak ada acara ngasih surprise di ulang tahunku karena aku kebetulan pas tanggal 4 itu ada kegiatan. Akupun lupa kalau itu hari ulang tahunku dan nggak kepikiran akan di kasi surprise, jadi aku menjalani hari seperti biasa.

Dua hari akan memasuki tanggal 7 di mana temanku berulang tahun pada tanggal itu, sekitar tanggal 5 mungkin. Pacar temanku ini menghubungi aku, minta aku untuk membelikan kue tart buat temanku. (fyi mereka LDR, jadi cowoknya ini nggak bisa datang pas ulang tahun temenku).

Aku pun mengiyakan permintaannya dan mulai mencari kue ulang tahun bersama anggota genk lainnya. Tak hanya itu, kami juga merencanakan sebuah surprise buat dia. Seperti sebelum-sebelumnya.

Setelah mendapat kue ulang tahun yang pas, kami mencari tempat untuk acara surprise ini. dan tempat itu jatuh di warung kopi tempat kami biasanya nongkrong. Kami reservasi sebuah gazebo untuk acara kami tanggal 7 nanti.

Tepat tanggal 7 kami semua ngumpul di tempat yang telah direncanakan. Kue ulang tahun yang telah dibeli, disembunyikan di meja kasir yang telah kami titipkan sebelumnya ke kasirnya.

Setelah semua datang, kami memesan makanan dan minuman. Semua terjadi layaknya kita nongkrong hari-hari biasa. Tak ada yang istimewa atau nyeletuk ngasih ucapan ulang tahun. Kami bersikap seolah-olah lupa bahwa hari ini adalah hari ulang tahunnya.

Setelah itu aku dan seorang teman berpura-pura ke toilet. Sekembalinya kamidari toilet kami mampir ke meja kasir dan mengambil kue ulang tahunnya. Lalu menaruh lilin di atasnya dan menyalakannya.

Kami membawanya ke gazebo tempat semua teman berkumpul. Dan taraaa dia langsung terkejut saat aku dan temanku ini membawa kue tart dan menyanyikan lagu happy birthday. Setelah memberinya selamat, kami memotong kue ulang tahunnya dan membagikannya.

Aku sedang asik mengobrol dan memakan kue ulang tahun, dan tanpa ku sadari ada temanku yang menghilang. Aku masih bercanda dan tertawa dengan teman lainnya.  Saat tiba-tiba, dari belakangku ada seseorang yang menyanyikan lagu selamat ualng tahun.

Ada apa lagi nih pikirku. Aku menoleh ke belakang dan sudah ada dua orang temanku yang membawa kue ulang tahun dan mengucapkan “Selamat ulang tahun lely”. Aku benar-benar nggak menyangka bakal ada kejutan untukku.

Aku yang niatnya ngasih surprise eh kini malah disurprise-in.  

Momen Ramadhan, Momen yang Tepat untuk Melangitkan Doa-doa

 

momen ramadhan

“Ada tiga doa yang tidak tertolak, yaitu : doa orang tua untuk anaknya, doa orang yang sedang berpuasa, dan doa orang yang sedang safar (dalam perjalanan)”. (HR Baihaqi)

Bulan ramadhan menjadi bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh kaum muslimin. Bulan suci yang penuh dengan ampunan. Bulan tempat amal-amal berkali-kali lipat lebih banyak. Bulan di mana pintu langit akan dibuka, waktu yang tepat untuk melangitkan doa-doa.

Saat ramadhan ada momen-momen khusus di mana doa yang kita panjatkan mustajab di sisi Allah SWT.

1. Sepertiga malam dan waktu sahur

Dari Abu Hurairah bahwasannya Nabi Muhammad bersabda: “Rabb (Tuhan) kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhi. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku maka akan Aku ampuni” (HR Bukhari dan Muslim).

Ada rahasia waktu sahur yang jelas dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadis muttafaqun ‘alaih, dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan”. (HR Bukhari no 1923 dan Muslim no 1095).

Rasullullah SAW menganjurkan untuk makan sahur, sebab ada riwayat yang mengatakan bahwa Allah bersama para Malaikat-Nya bershalawat (mendoakan) dan melimpahkan rahmat kepada orang-orang yang melaksanakannya.

2. Sepanjang hari puasa

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak : orang yang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang di dzalimi”. (HR. Ahmad).

Sehingga kita yang berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, selama itu pula kita punya kesempatan untuk melantunkan doa-doa. Selama kita melaksanakan puasa.

3. Malam Lailatul qadar dan doa khususnya

Tak ada yang lebih baik daripada malam lailatulqadar, malam yang penuh dengan keberkahan. Malam yang selalu dinantikan kehadiran selama Bulan Ramadhan. Seperti yang telah dijelaskan dalam al-qur’an, malam lailatul qadr merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Menurut hadis yang diriwayatkan, “Nabi Muhammad pernah memerintahkan kepada Aisyah, “carilah lailatul qadar itu pada tanggal gasal dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan”. (HR Bukhari)

Dari HR Imam Muslim menyebutkan, “Malam itu adalah alam yang cerah. Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru”.

 

4 Menu Minuman untuk Takjil Anti Ribet

menu takjil
Berbukalah dengan yang manis. Kenapa berbuka disunnahkan untuk memakan yang manis-manis? Karena makanan manis dapat membantu mengembalikan nutrisi dan energy yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tubuh dapat segera pulih dari rasa lemas dan dehidrasi.

Karena itulah muncullah menu takjil. Sebenarkan kata takjil tak berarti makanan manis. Kata takjil berasal dari bahasa arab yang artinya mempercepat. Namun semakin lama kata takjil berubah arti menjadi makanan manis yang digunakan sebagai menu pembuka waktu berbuka puasa.

Kali ini aku akan mengulas 4 menu takjil manis yang mampu menyegarkan tubuh setelah seharian menahan lapar dan haus karena puasa. Menu-menu ini juga mudah untuk membuatnya.

1. Jus Kurma

jus kurma
Di sunnahkan untuk berbuka puasa dengan memakan kurma. Nabi berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Bila tidak ada beliau meminum seteguk air.

Nah, ingin makan kurma namun berupa minuman, kalian bisa membuat jus kurma. Kalian cukup menyiapkan 7 butir kurma dan sekaleng susu beruang atau segelas susu murni.

Cara membuatnya mudah banget. Ambil biji kurma, lalu ke tujuh butir daging kurma tersebut rendam dalam air selama kurang lebih 1 jam. Kemudian campur daging kurma dengan susu ke dalam blender. Blender hingga halus. Tak perlu menambahkan gula atau pemanis apapun, karena kurma sendiri sudah manis.

Setelah halus tuang ke dalam gelas, lalu masukkan ke dalam kulkas agar dingin. Jus kurma siap di minum untuk takjil berbuka puasa.

2. Es Blewah

es blewah
Setelah seharian tidak minum, kerongkongan jadi kering banget kan? Minum yang seger-seger jadi solusi yang pas untuk berbuka. Es blewah salah satu solusi tepatnya.

Kalian cukup menyediakan blewah, sirup, air putih dan es cube. Jika semua bahan telah tersedia, serut blewah dengan alat serut atau jika tak ada kalian bisa menggunakan garpu untuk menyerutnya. Jika sudah campurkan blewah dengan air putih lalu tambahkan sirup sesuai selera.

Aduk dengan rata agar manisnya merata. Lalu tambahkan es cube ke dalamnya. Minuman segar ini siap menemani berbuka kalian.

3. Susu Jelly

susu jelly
Ingin yang manis-manis tapi sayangnya belum sempat beli buah di pasar? Kalian bisa membuat es susu jelly yang manis dan segar. Cocok banget buat minuman sebelum berbuka.

Bahan yang kalian perlukan adalah jelly, susu kental manis, sirup, air putih dan es cube. Pertama buat jelly terlebih dahulu, karena memakan waktu yang agak lama agar jelly mengeras, usahakan membuatnya jauh-jauh sebelum waktu berbuka tiba.

Setelah itu serut jelly dengan serutan atau potong kotak-kotak kecil. Jika sudah jelly sudah siap, campurkan susu dengan air putih, tambahkan sirup  sesuai selera, aduk hingga rata. Setelah itu masukkan jelly yang telah dipotong-potong dan terakhir masukkan es cube.

4. Lemon Squash

lemon squash
Lemon menjadi salah satu alternative pilihan buat kalian yang butuh kesegaran ekstra saat berbuka. Rasa asam dari lemon bikin badan jadi segar. Agar rasanya lebih segar lagi, kalian bisa membuat lemon squash yang mampu menggoyangkan lidah. Nggak susah kok buat bikinnya.

Kalian hanya butuh sari lemon, soda/sprite, gula cair, selasih, daun mint dan es cube. Tuangkan satu sendok the sari lemon ke dalam gelas, lalu tuangkan soda atau sprite memenuhi gelas. Aduk sari lemon dan soda atau sprite, tambahkan gula sesuai selera.

Nah agar terlihat manis kalian bisa menambahkan selasih  dan daun mint diatasnya. Biar terlihat lebih cantik lagi, kalian juga bisa menambahkan irisan tipir buah lemon di tepian gelas. Jadi berasa buka puasa di caffe kan?

Itu tadi 4 menu minuman yang bisa kalian coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat berbuka puasa.  

Malang, Kota Dingin Berhati Hangat

kesan kota malang

"Dingin ya di sana”, merupakan komentar pertama yang biasanya  diberikan orang-orang ketika mengetahui bahwa aku berasal dari Kota Malang. Kata dingin agaknya selalu melekat dalam identitas Kota Malang karena wilayahnya yang berada di dataran tinggi.

Namun menurutku Malang tak sedingin yang mereka bayangkan, atau mungkin karena aku lahir dan lama menetap di sini ya. Jadi kesan dingin tak begitu terasa dalam diriku, tak seperti yang orang luar Kota Malang rasakan.

Tapi memang ada waktu-waktu tertentu di mana suhu udara Malang semakin dingin. Saat-saat seperti itu biasanya ditandai dengan masa orientasi mahasiswa baru (Ospek). Pada bulan itu, udara Malang akan terasa sangat dingin saat pagi dan malam hari.

Meski  udaranya yang dingin namun kota malang memiliki banyak hal yang mampu membuat hati menjadi hangat. Hal ini ni yang kayaknya bikin banyak orang dari laur kota yang akhirnya memilih menetap di sini.

Tempat singgah yang nyaman

Selain menyandang sebutan sebagai kota dingin dan kota bunga, kota Malang juga menyandang sebutan sebagai kota pendidikan. Hal ini dikarenakan Malang memiliki banyak sekali perguruan tinggi, mulai dari perguruan tinggi negri hingga swasta.

Tak sedikit orang yang datang ke kota kecil ini dengan tujuan untuk menuntut ilmu dan mencari gelar tinggi. Lalu mereka mulai betah untuk tinggal dan akhirnya menetap. Banyak hal yang akhirnya membuat mereka menetap.

Biaya hidup rendah

kesan kota malang

Salah satu factor yang bikin betah hidup di Kota Malang kerena biaya hidupnya yang tidak tinggi. Untuk biaya makan misalnya, kalian bisa menemukan banyak warung dengan harga yang miring. Tak hanya hanrganya yang murah namun makanannya juga enak-enak.

Untuk sarapan aja nih, dengan uang Rp. 6000 kalian bisa dapat seporsi pecel lauk tempe dan rempeyek. Bila ingin lalapan, harga lalapan ayam mulai dari Rp. 10.000 perporsi. Jadi seenggaknya kalian hanya mengeluarkan uang Rp. 10.000 untuk satu kali makan.

Bila kalian mencari warung dekat dengan kampus, kalian akan menemukan banyak sekali warung dengan harga bersahabat, porsi banyak, dan variasi makanan yang lebih banyak dari yang aku sebutkan di atas. Dengan begitu kalian tentu bisa lebih hemat lagi.

Untuk tempat tinggal sendiri, juga banyak sekali tempat kos harian dan bulanan yang bisa kalian temui di sini. Harga yang dipatokpun tergolong ramah dikantong. Tak hanya tempat kos, kini juga ada apartement yang bisa kalian beli.

Tempat Rekreasi yang beragam

kesan kota malang

Setelah seharian berkerja atau kuliah tentu ada hari-hari yang bikin penat. Nah, yang bikin Malang semakin menghangat adalah tempat-tempat wisatanya yang cocok banget buat menghilangkan penat bareng keluarga, teman atau pasangan.

Banyak ragam tempat wisata yang ada di Malang, baik di dalam kota atau di area kabupaten. Mulai dari wisata alam, sejarah, wahana hingga wisata kuliner yang pas banget buat menghabiskan waktu bareng keluarga, teman atau pasangan. Hal inilah yang akhirnya bikin banyak orang betah tinggal di Kota dingin ini.

Selain hal-hal yang aku sebutkan di atas, tentu saja hawa dingin Malang juga menjadi salah satu factor yang bikin betah. Katanya hawa dingin ini membuat hati jadi adem dan tentram. Bikin orang-orang yang tinggal di dalamnya menjadi lebih tenang dan gak gampang marah. Ya kayak orang-orang Malang yang kalian temui ini hehe.

Kalo kamu kenapa suka dengan Malang?

Sunnah Monogami

Artikel ini diikutsertakan dalam ODOP ICC X Mubadalah.id

sunnah monogami

Kemarin setelah mengikuti program menulis selama sebulan penuh bareng Indonesia Content Creator dan Mubadalah id, aku berkesempatan mendapat bingkisan buku. Dan beruntung banget dapat buku berjudul Sunnah Monogami ini.

Monogami berasal dari bahasa yunani yaitu monos yang artinya sendiri dan gamos yang artinya pernikahan. Secara bahasa monogami berarti kondisi dimana seseorang hanya memiliki satu pasangan dalam sebuah pernikahan. Kebalikan dari poligami, yaitu kondisi dimana dalam sebuah pernikahan boleh memiliki lebih dari satu pasangan.

Dalam islam sendiri diperbolehkan bagi seorang lelaki untuk menikahi lebih dari satu orang peremapuan. Seperti yang disebutkan dalam surat An-nisa ayat 3.

“Dan jika kamu takut akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi dua, tiga hingga empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinkanlah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya”.

Seperti yang terlihat secara nyata dalam literasi terjemahan, focus ayat tersebut adalah anjuran pada dua hal. Pertama perbuatan adil terhadap anak yatim, kedua ketika berpoligami juga harus didasarkan pada moralitas keadilan. Jika khawatir tidak mampu adil, seharusnya mencukupkan diri dengan satu isteri saja, agar tidak terjadi kezaliman dan kenistaan.

Surat An-nisa ayat tiga ini juga turun disaat orang-orang pada masa itu melakukan praktek poligami sesuka mereka. Mereka tidak meras takut bertindak tidak adil ketika mempoligami perempuan, sementara mereka merasa takut bertindak tidak adil terhadap anak yatim.

Nabi pernah melarang Ali bin abi Thalib saat meminta izin untuk mempoligami putrinya Fatimah Azzahrah. Setelah Beliau mendengar kekhawatiran Fatimah betapa poligami akan menyakiti dirinya.

Dalam buku ini juga dituliskan beberapa kejadian yang menimpa perempuan-perempuan yang dipologami suami mereka. Banyak diantara mereka yang merasa terdzalimi dan merasakan ketidakadilan dalam pernikahan mereka.

Beberapa pernyataan mereka seperti ini.

“Apapun saya lakukan untuk menunjang ekonomi keluarga. Ketika bapaknya dulu masih prihatin saya berusaha sangat menghemat. Kami pernah tidur berempat tanpa mengeluh. Saya juga pernah bisnis kecil-kecilan berjualan pakaian dengan staf Bapaknya di kantor. Saya lakukan semuanya supaya dia tak terlalu berat. Eh begitu makmur dikit dia sudah lupa bagaimana dulu kita susah. Dan sekarang setelah saya mengusahakan untuk hidup hemat, dia enak-enakan bangun rumah untuk si setan itu. Ini membuat saya jadi males. Orang bilang saya sebaiknya cari kegiatan untuk jaga-jaga. Niat terkadang muncul, tapi kalau ingat bagaimana perjuangan saya dulu disia-siakan, tak dihargai sama sekali, saya jadi kehilangan semangat. Terserah nanti Allah yang akan mengatur rizki saya dan anak-anak. Masa iya sampai nggak makan. (Ny Sar).

Catatan pragmentasi di atas dengan jelas membuat dehumanisasi manusia. bukan hanya perempuan sebagai korban, tetapi juga lelaki sebagai pelaku yang kehilanagan kemanusiaannya. Dihadapan korban, pilihan-pilihannya begitu sulit.

Beberapa pengalaman perempuan lainnya juga dituliskan dalam buku ini. Dan betapa poligami mampu merusak perempuannya.

 Selain membahas tentang poligami, buku ini juga membahas tentang hadis-hadis sunnah monogamy. Setelah begitu banyak hadis dan surat tentang poligami. Kita juga diberitahukan bahwa monogamy juga disunnahkan.

Tujuan dituliskannya buku ini memang untuk orang-orang yang belum mengetahui sepenuhnya mengenai argumentasi fiqh terhadap monogamy. Dan mereka yang masih menyangsikan pilihan alquran terhadap monogamy.

Buku ini diharapkan bisa membukakan mata mereka, bahwa monogamy bukan soal pengharaman sesuatu yang dihalalkan Allah, bukan soal pembiaran terhadap nasib perempuan yang dianggap berjumlah lebih banyak dari laki-laki, juga bukan soal ajaran Barat atau Timur.

Tetapi soal implementasi perintah Al-quran terhadap keharusan berperilaku adil dan larangan tindakan aniaya dalam perkawinan. Persis seperti yang dikatakan Al-quran, “dzalika adna alla ta’ulu. Bahwa monogamy lebih memungkinkan orang untuk tidak berbuat aniaya dan dzalim.

Memang benar poligami diperbolehkan, jika manfaatnya lebih banyak ketimbang mudharatnya. Namun apabila ternyata mudharatnya lebih banyak ketimbang manfaatnya, tentu ada baiknya kita cukuplah bermonogami.

Pernikahan adalah tentang dua orang, kedua-duanya harusnya merasa nyaman dan aman dalam pernikahan tersebut. Bukan satu berkuasa terhadap yang lainnya.