Bayi 8 Bulan Sudah Bisa Apa Aja? New Moms Wajib Tau

perkembangan bayi
Source : pexels.com

Menjadi seorang ibu merupakan kebahagiaan yang tak tergambarkan. Dan pengalaman pertama menjadi seorang ibu baru bisa menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan. Perasaan senang dan gembira melihat perkembangan buah hati.

Nah, diusia 8 bulan bayi mulai aktif-aktifnya bergerak. Perkembangan bayi 8 bulan dimulai dari merangkak hingga belajar melangkah. Yang pastinya bakal membutuhkan perhatian ekstra dari Moms.

Nah bayi 8 bulan udah mulai bisa apa aja? Yuk kita bahas satu persatu..

Perkembangan Bayi Usia 8 Bulan

Menginjak usia 8 bulan, bayi mengalami perkembangan yang signifikan pada tinggi dan berat badannya. Idealnya, kenaikan berat badan bayi diikuti dengan pertambahan tinggi badannya. Selain dari berat. Selain itu si kecil bakal mulai menunjukkan aktivtas baru yang menggemaskan, berikut beberapa aktivitas si kecil yang mulai bisa moms perhatikan.

Merangkak

Dimulai dengan belajar merangkak atau merayap untuk berpindah tempat. Di usianya di 8 bulan, bayi akan mulai mencoba untuk merayap dengan posisi perut dan dada menempelke permukaan. Lalu dia akan mendorong tubuhnya dengan menggunakan kedua tangan dan lutut. Setelahnya si kecil akan mulai belajar bergerak maju dan mundur.

Seiring berjalannya waktu, si kecil akan mulai belajar merangkan dengan menggunakan salah satu kakinya untuk mendorong dan tangan yang berlawanan sisi untu menarik tubuh mereka.

Berdiri dan berjalan merambat

bayi 8 bulan
Source : pexels.com

Setelah belajar merangkak, pada tahap selanjutnya mereka akan mulai belajar berdiri. Biasanya dimulai dengan pegangan di meja, kursi atau sofa dan mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri. Setelah mulai terbiasa berdiri mereka akan mulai berjalan merambat dengan tetap berpegangan pada benda-benda di sekitar mereka.

Mengambil dan memegang benda

Pekembangan bayi pada usia 8 bulan, mereka sudah mulai suka mengambil barangdan menggenggam benda menggunakan tangan mungil mereka. Mulai suka memegang dan menggerakkan mainan mereka, membanting, memukul-mukul mengocok, membenturkan atau menjatuhkannya.

Menariknya lagi mereka juga sudah mulaibisa mengambil benda hanya dengan menggunakan satu tangan dan memindahkannya ke tangan yang lain. Si kecil juga mulai bisa meraup remah makanan yang terjatuh dan memegangnya dengan tangan yang terkepal, lalu membuangnya lagi dengan membuka tangan.

Memahami kata

Perkembangan bayi usia 8 bulan juga terlihat dari cara mereka berkomunikasi. Mereka sudah mulai bisa menyebutkan kata-kata yang sering kita sebutkan. Seperti “Mama”, “Papa”, “susu”, “daah” dan lain sebagainya.

Bayi juga mulai menyadari dengan apa yang mereka sukai dan tidak. Hal tersebut mereka perlihatkan dengan ekspresi wajah, missal cemberut ketika tidak suka atau tertawa ketika mereka menyukainya.

Tidak mau pisah dengan ibunya

Di usianya yang ke 8 bulan, bayi mulai mengalami separation anxiety yaitu rasa takut ditinggalkan. Oleh sebab itu mereka akan jadi semakin lengket dengan Moms, biasanya mereka akan menangis bila tidak mellihat ibunya disekitarnya.

Penglihatan semakin membaik

Di usia ini bayi mulai bisa mengenali orang-orang yang berdiri di seberang ruangan. Mereka mulai bisa melihat benda-bendapada jarak jauh. Ketajaman pandangan bayi ini semakin membaik di usianya yang ke 8 bulan. Sehingga mereka sudah bisa melihat lebih jelas layaknya orang dewasa.

Itu tadi beberapa aktvitas yang sudah bisa dilakukan bayi pada perkembangan bayi usia 8 bulan. Mungkin masih banyak bentuk-bentuk aktivitas lainnya yang ditunjukkan bayi pada usia 8 bulan ini, namun yang perlu diketahui Moms, penting sekalli  untuk memperhatikan perkembangan bayi dari bulan ke bulan.


Tidak ada komentar

Posting Komentar