Tips Memilih Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

Ketika orang dewasa mengalami sakit gigi tentu terasa sangat menyiksa apalagi jika hal tersebut dialami oleh anak-anak. Bahkan anak bisa lebih rewel dari biasanya saat mengalami sakit gigi. Jika sudah begini, maka penting bagi Anda untuk memilih obat sakit gigi anak untuk mengatasi gangguan tersebut dan jangan lupa pilih yang aman dikonsumsi.

Sakit gigi bisa disebabkan karena berbagai hal, salah satunya adalah kurang menjaga kesehatan gigi atau pertumbuhan bakteri yang berjalan lancar di rongga mulut. Lalu bagaimana cara memilih obat sakit gigi yang aman bagi anak?

Memilih Obat Sakit Gigi Anak

Berikut ini cara yang tepat untuk memilih obat sakit gigi anak paling ampuh dan aman dikonsumsi.

Pilih Obat Sakit Gigi yang Aman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih obat sakit gigi anak yang relatif aman dikonsumsi. Beberapa jenis obat sakit gigi yang aman untuk anak adalah paracetamol yang mampu meredakan nyeri gusi ataupun meriang yang menyertai sakit gigi. Obat ini bisa dibeli tanpa resep dokter, alias dijual bebas di apotek bahkan di warung.

Namun meski begitu, tentu Anda harus mengikuti saran penggunaan yang ada di kemasan obat atau agar lebih aman tanyakan pada apoteker. Paracetamol bisa diberikan sebagai pereda sakit gigi untuk anak mulai dari usia 2 bulan ke atas dengan dosis yang berbeda-beda. Selain paracetamol, anak juga bisa konsumsi obat ibuprofen yang juga termasuk dalam golongan anti nyeri sehingga bisa mencegah produksi zat penyebab peradangan dalam tubuh.

Konsumsi Obat Rekomendasi Dokter

Jika sudah mengkonsumsi paracetamol ataupun ibuprofen namun sakit gigi masih belum juga sembuh maka pastikan kunjungi dokter gigi anak terdekat. Saat mengunjungi dokter dan diperiksa, tentu biasanya dokter akan meresepkan obat. Rekomendasi obat dari dokter tentu saja lebih aman bagi anak dan pastikan bahwa kandungan obat cocok dengan kebutuhan anak terlebih bagi anak yang memiliki alergi pada obat-obatan dan jika anak memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Anda tentu tidak boleh beli obat sakit gigi anak memberikan obat sembarangan kepada anak dengan kondisi tertentu. karena bisa saja konsumsi obat sakit gigi tersebut malah memberi masalah kesehatan yang lain.

Cari Tahu Kandungan Obat

Jika ragu terhadap cari obat sakit gigi anak, yang dibeli secara bebas tanpa resep dokter maka bisa terlebih dahulu melakukan riset. Anda bisa riset seputar kandungan obat di internet atau melalui website resmi yang valid dan bisa dipercaya. Dengan cara ini Anda bisa merasa lebih aman karena mengkonsumsi obat yang tepat.

Konsumsi Obat Sesuai Dosis

Tips memilih obat sakit gigi anak yang tepat adalah dengan mengkonsumsi obat sesuai dosis dan aturan. Biasanya dosis dan aturan bisa dilihat dari kemasan jika beli obat bebas dan jika menggunakan rekomendasi obat dari dokter. maka pastikan menanyakan dosis dan aturan yang pas agar anak tidak mengalami overdosis atau keracunan obat.

Terlebih jika anak yang mengkonsumsi umurnya masih 5 tahun ke atas. Anda tentu wajib konsultasikan pada dokter jika anak mengalami reaksi alergi, setelah konsumsi obat sakit gigi tersebut.

Itu tadi beberapa tips memilih obat sakit gigi anak yang aman. Baik ketika ingin mengkonsumsi obat tanpa resep dokter ataupun dengan resep dokter, pastikan juga memilih dokter gigi yang terpercaya. Saat ini tidak sulit untuk menemukan pilihan dokter gigi yang tepat, bahkan nanti bisa melakukan reservasi secara online hingga konsultasi online lewat internet.

sumber :

https://lifepal.co.id/media/obat-sakit-gigi-anak/#Tips_Memilih_Obat_Sakit_Gigi_Anak

https://www.halodoc.com/artikel/6-obat-sakit-gigi-anak-yang-aman-untuk-digunakan

https://kabartangsel.com/tips-memilih-obat-sakit-gigi-anak-yang-paling-aman-dan-manjur/



Tidak ada komentar

Posting Komentar