Review : Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani, Kisah Cinta Rocky dan Rani

film bollywood
Source : koimoi.com

“Keluarga kita berbeda, ideologi keluargaku dan keluargamu berbeda”

Drama percintaan dalam film ini emang agak nyeleneh kalo aku bilang. Kalau dilihat dari judulnya, persepsi awal tentang film romance ini seperti film Bollywood pada umumnya apalagi film ini disutradarai oleh Karan Johar. Udah deh kepikirannya bakal seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge atau Kuch Kuch Hota Hai.

Kebanyakan dalam film-film garapan Karan Johan, perbedaan karakter perempuan dan laki-laki memang selalu ditonjolkan. Misal seperti yang cewek dari keluarga miskin sedangkan yang cowok dari keluarga kaya raya, ceweknya jutek cowok friendly banget, ceweknya kalem cowoknya bedigasan pun sebaliknya. Namun dalam kisah Rocky dan Rani ini Karan Johan mengemas  perbedaan  karakter tokoh utama perempuan dan laki-laki lewat tradisi dan pola asuh keluarganya.

Setelah sekian lama nggak nonton film Bollywood, rasanya seneng banget pas kemarin dikasi rekomendasi film bagus sama sobie. Awalnya nggak berekspektasi lebih tentang film ini, pas baca judulnya aja biasa pwool. Mikirnya “alah hanya drama percintaan biasa”. Tapi karena penasaran jadi tetep nonton aja, walau udah under estimate sama judulnya hehe.

Itulah mungkin kenapa ada istilah “don’t judge the book by the cover”, karena walau judulnya biasa pwool ternyata ceritanya apik banget, nggak sekedar tentang percintaan dua orang anak manusia aja yang isinya hanya tentang mereka berdua dan tokoh lainnya hanya selingan. Ada banyak sisi kehidupan dua keluarga yang bisa diambil pelajarannya di sini.

Baca juga : Ajeeb Daastaans, Empat Perempuan Empat Cerita

Sinopsis Rocky Aur Rani Kii Prem Kahaani

“ Jamini”

Kisah ini berawal dari Jamini, seorang perempuan yang disebut-sebut oleh Kanwal Lund (Dharmendra), Kakek Rocky.

Rocky (Ranveer Singh) merupakan calon pewaris perusahaan Laddo terbesar di India yang didirikan oleh neneknya Dhanalaxmi Randhawa (Jaya Bachchan). Kakeknya memiliki penyakit dimensia akut sehingga dia tak bisa mengingat anak dan cucunya.

Dalam sebuah acara Anugerah Punjabi yang dihadiri oleh Randhawa Family, Kakeknya membuat kegaduhan karena mencium seorang perempuan dan memanggilnya Jamini. Sepulangnya dari acara tersebut kakeknya diperiksa oleh dokter pribadinya dan mengatakan bahwa jika mereka bisa menemukan Jamini maka ingatan Kanwal Lund akan bisa pulih kembali. Dari sanalah Rocky mulai mencari tau tentang Jamini untuk mengembalikan ingatan Kakeknya.

Source : timesofindia.indiatimes.com

Di saat hanya ada Rocky di dalam kamarnya, Kanwal Lund memberitau Rocky tentang foto Jamini yang ada di buku diarynya. Di belakang foto terdapat tulisan lokasi foto itu diambil. Dari sanalah Rocky menemukan cucu dari Jamini yaitu Rani Chatterje.

Rani Chatterje (Alia Bhatt) merupakan seorang penyiar TV terkenal yang sering mengkritik pemerintahan. Dia memiliki acara televisi sendiri, kalau di Indonesia Rani ini seperti Najwa Shihab gitu lho orangnya. Intelek, berani dan kritis.

Setelah bertemu, mereka merencanakan untuk mempertemukan Kakek dan Neneknya masing-masing secara sembunyi-sembunyi. Karena Dhanalaxmi Randhawa menentang keras pertemuan dua orang ini. Wajar banget kalo Dhanalaxmi ini tidak suka suaminya bertemu dengan Jamini karena dia merupakan mantan kekasih suaminya. Sapa yang nggak cemburu coba kalo suaminya berdua-duaan sama mantannya.

Tapi dasar ini para cucu pada bandel yak  jadinya mereka bikin pertemuan sembunyi-sembunyi tiap akhir pekan. Disaat kakek neneknya merajut nostalgia masa pacaran, tanpa disadari timbul rasa cinta diantara Rocky dan Rani.

Kalo kata orang jawa Witing tresno jalaran soko kulino (cinta hadir karena terbiasa). Namun cinta keduanya terhalang oleh tradisi kedua keluarga yang berbeda.

kisah cinta rocky dan rani
Source : thehindu.com

“Kamu ingin aku tinggal dengan keluargamu dan kamu tinggal dengan keluargaku?”

Dibuatlah sebuah kesepakatan diantara keduanya untuk saling bertukar tempat tinggal dengan tujuan untuk bisa saling beradaptasi dengan keluarga masing-masing. Rani akan tinggal di rumah Rocky selama satu bulan, begitupun sebaliknya Rocky akan tinggal di rumah Rani selama satu bulan.

Jika belum sampai satu bulan diantara salah satu dari mereka tidak tahan dan pulang kembali ke rumahnya, maka mereka akan memutuskan hubungan mereka. Namun jika mereka bisa bertahan selama satu bulan maka mereka akan menikah

Baca juga : Hamid, Bocah Cilik Yang Menelepon Tuhan

Pertarungan Nenek dan Calon Cucu Mantu

Bagiku, konflik di sini bukan tentang pertarungan antar dua keluarga besar Rocky dan Rani. Dan tokoh utama bagiku adalah dua orang. Bukannya Rocky yang Namanya tercantum dalam judul film, tapi lebih ke neneknya Dhanalaksmi Rhandawa dan Rani Chatterje.

Dhanalaksmi Rhandawa

djaya bachan
Source : masala.com

Djaya Bachan yang biasanya memainkan peran orang tua yang kalem, memiliki peran yang berbalik 180 derajat dalam film ini. Nggak nyangka juga peran seperti ini bisa dimainkan dengan sangat apik oleh istri dari Amitha Bachan ini.  

Memasuki keluarga Rocky adalah memasuki dunia Dhanalaksmi Randhawa. Nenek Rocky ini memiliki power yang sangat kuat dalam keluarga Randhawa. Segala perkataan Dhanalaxmi adalah sebuah titah yang harus didengar dan dilaksanakan, tak ada yang berani untuk membantah pemilik Danlaxmi coorporate ini.

Dhanalaksmi diperlihatkan sebagai perempuan yang pandai, tangguh dan ambisius. Namun sayangnya, untuk memenuhi ambisinya dia tak pernah memperhatikan perasaan orang lain, terutama keluarganya. Dia merasa apa yang dia lakukan adalah yang terbaik untuk anak dan cucunya.

Digambarkan sebagai tokoh antagonis yang dibenci semua orang, namun aku melihat sisi lain dari Dhanalaksmi Randhawa ini. Seperti orang tua pada umumnya yang menginginkan kesejahteraan hidup keluarganya. Dia menginginkan segala kebutuhan keluarganya tercukupi.

Karena suaminya tak mampu mencukupi kebutuhan keluarga akhirnya dia berjuang sendirian. Hal inilah yang membentuknya menjadi pribadi yang keras dan tangguh. Tampaan hidup yang keras membuat kelembutan hatinya terkikis dan meninggikan harga dirinya. Menjadikannya perempuan yang tak mau kalah, hal inilah yang menjadi bumerang bagi dirinya.

Rani Chatterje

Source : idiva.com

Muda, cantik, pintar, kritis dan berani seperti itu gambaran Rani Chatterje dalam film ini. Sebagai seorang penyiar TV dan memiliki program sendiri di salah satu stasiun Televisi, tentu tak diragukan lagi kualitas dari perempuan satu ini.

Berasal dari keluarga harmonis dan intelek, hal ini diperlihatkan dalam percakapan sehari-hari mereka yang alih-alih menggunakan Bahasa Hindi tapi mereka menggunakan Bahasa inggris ketika berkomunikasi dalam rumah. Mulai dari ibu, ayah hingga neneknya merupakan kaum intelek yang berpikiran terbuka.

Rani dididik untuk bisa mandiri, bertanggung jawab atas segala keputusan dan tindakan yang dia ambil. Hal inilah yang akhirnya menjadikan Rani yang pernah ragu dalam bertindak meski tau akan resiko yang dia ambil.

Dhanalaksmi VS Rani

Dua perempuan tangguh berbeda pola pikir dipertemukan dalam satu rumah. Wah konflik besar macam mana yang tak akan terjadi? Sama-sama keras  kepalanya, sama-sama tak mau kalah, sama-sama merasa paling benar sendiri.

Rani yang muda, berpikiran terbuka, kreatif dan energik. Dhanalaksmi yang kolot, menggunakan aturan-aturan lama, cara pandang yang sempit tapi punya kuasa yang tinggi. Ngeri-ngeri sedap gitu liat pergulatan mereka.

Berbagai macam inovasi baru yang dibuat oleh Rani untuk Dhanalaksmi Coorporate lewat perantara Rocky. Membuat produk laddo laris terjual dipasaran. Namun sayangnya ketika dalam kondisi yang sedang meledak-ledak ada sikap Rani yang terlihat kurang hormat terhadap orang tua Rocky.

Kesimpulan

Source : sacnilk.com
"No Body's Perfect"

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik mereka yang masih muda pun mereka yang sudah dewasa. Rani yang masi muda, menggebu-gebu haus akan perubahan lupa bagaimana cara penyampaian yang lembut terhadap orang yang lebih tua. Dhanalaksmi dengan harga dirinya sebagai orang tua, disepelekan oleh anak muda tentunya juga terluka hatinya, namun sebagai orang tua harusnya dia bisa untuk mengayomi. Namun nampaknya dia lupa untuk mendengarkan dan menampung keluh kesah anaknya.

Rani dan Dhanalaksmi merupakan dua perempuan dengan pribadi tangguh dan hebat yang harusnya bisa bergandengan dan bekerja bersama-sama untuk melakukan perubahan-perubahan besar.

Score 

Cerita 8/10

Visual 7/10

Pesan yang disampaikan 6/10

Tidak ada komentar

Posting Komentar