Cara Mudah Hitung Cicilan KPR

Pingin beli rumah tapi nggak tau budgetnya berapa?

Siapa nih di sini yang udah mulai nabung buat beli rumah, tapi masih bingung ngitung budget untuk dapatkan hunian impian berapa. Mau ambil KPR tapi bingung cara menyisihkan gaji bulanan untuk bayar cicilan tiap bulannya berapa.

rumah idaman
Source : pexels.com

Sama, aku juga awalnya nggak tau nih berapa uang yang harus disisihkan untuk cicilan rumah atau gimana sih caranya nabung biar bisa beli rumah impian kita.

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang terutama pasangan-pasagan muda yang baru saja menikah. Namun masih banyak yang kewalahan untuk mewujudkan impian tersebut. hal ini dikarenakan banyak hal kebingungan dalam perencanaan pembelian hunian impian mereka.

Untuk bisa mendapatkan hunian impian ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Tentukan Goals

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk bisa mendapatkan hunian impian kalian adalah menentukan goalsnya. Targetkan kapan kalian akan membeli rumah. Ketika target sudah ditentukan kalian bisa mengira-ngira berapa uang yang harus kalian sisihkan untuk melakukan DP rumah.

Perencanaan Anggaran

DP rumah biasanya sekitar 15% dari harga rumah, misalkan harga rumah impian kalian Rp 500.000.000 maka kalian harus siapakan uang Rp. 75.000.000 untuk bisa DP rumah tersebut. Dengan begitu kalian bisa menargetkan berapa persen gaji yang kalian harus sisihkan tiap bulannya.

Diingat kembali sesuaikan budget untuk membeli rumah sesuai dengan kemampuan finansial kalian. Dan perlu diperhatikan untuk membeli rumah KPR ada beberapa biaya tambahan yang perlu disediakan. Seperti biaya booking, notaris, Biaya Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan lainnya.

Membuka Rekening Khusus

Membuka rekening khusus untuk tabungan rumah ini mempermudah kalian untuk mengetahui berapa persen perkembangan usaha kalian. Apakah sudah hampir mencapai target atau masih jauh dari target.

Selain itu dengan rekening khusus ini, pengelolaan uang kalian juga lebih tertata. Sehingga uang tabungan untuk membeli rumah tidak akan tercampur dengan uang yang dibutuhkan untuk biaya hidup sehari-hari.

Penghasilan Tambahan

Kalian bisa mulai mencari penghasilan tambahan diluar gaji bulanan dari pekerjaan tetap kalian. Kini ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan di luar jam kerja. Seperti berjualan online, menjadi penulis lepas, membuat konten dan masih banyak lagi.

Dengan adanya penghasilan tambahan ini akan mempercepat terkumpulnya dana untuk bisa digunakan DP rumah impian kalian.

Investasi

Kini mulai banyak instrument investasi yang bisa kita pilih dengan berbagai resiko dan target yang bisa kita pilih. Seperti saham, sukuk, deposito, obligasi, asuransi hingga reksadana. Kalian bisa memilih berinvestasi sesuai dengan yang kalian inginkan.

Dengan berinvestasi memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak uang tambahan yang bisa menambah uang tabungan membeli rumah impian.

Menghitung Cicilan yang Sesuai dengan Finansial

Mengambil KPR tentunya tak hanya memikirkan DP yang harus dibayarkan, tetapi juga cicilan tiap bulannya dan berapa lama cicilan tersebut. Jangan sampai kita sudah memberikan DP rumah lalu ke depannya tidak bisa membayar cicilannya.

Untuk itulah perlu banget untuk menghitung cicilan tiap bulannya, sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Jangan sampai rumah yang sudah kita beli harus disita karena kita nggak mampu untuk bayar cicilannya.

Lalu, gimana caranya untuk menghitung DP, besar cicilan dan lama angsuran.

Hitung Cicilan KPR dengan Mortgage Calculator

Kini tak perlu bingung lagi untuk membuat hitungan simulasi kredit rumah, karena ada Mortage Calculator. Mortgage (hipotek) merupakan salah satu instrumen kredit jangka panjang di bidang property yang bisa bantu kalian untuk menwujudkan impian memiliki rumah idaman dengan cepat dan mudah.

mortgage calculator
Source : mortgagecalculator.uk

Dengan MortgageCalculator.UK kalian bisa melakukan simulasi hitungan KPR. Kalkulator hipotek ini bisa digunakan untuk menghitung hipotek dengan pembayaran bulanan tetap.

Untuk bisa mengetahui nilai pembayaran cicilan bulanan untuk suku bunga tetap atau suku bunga saja, kalian bisa memanfaatkan fitur https://www.mortgagecalculator.uk/amortisation/ . Amortisasi adalah istilah khusus yang digunakan dalam hipotek dan mengacu pada pembayaran berkala selama beberapa periode.

kalkulator simulasi hitung kpr
Source : mortgagecalculator.uk

Dengan melakukan simulasi hitungan di Mortgage Calculator, setidaknya kalian bisa punya pandangan untuk bisa menyisihkan uang demi memperoleh rumah idaman kalian.

 

Tidak ada komentar

Posting Komentar