Menelusuri Jalur Rempah Hingga Napak Tilas Pengasingan Pangeran Diponegoro Ke Makassar Bersama #TemanHidup Traveloka

liburan bareng traveloka

Ketika dunia kembali normal setelah pandemi, Makassar menjadi destinasi impian yang ingin aku kunjungi bersama teman hidup. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini selalu menggelitik untuk di kunjungi. Tak hanya memiliki wisata alam yang indah, Makassar juga memiliki peranan penting dalam sejarah perkembangan perekenomian Nusantara.

Di penghujung abad XV, Makassar hanyalah Pelabuhan niaga kecil di muara Sungai Tallo. Kota perniagaan kecil ini kemudian berkembang dan bersatu dengan Kerajaan Gowa. Setelah Bersatu dengan Kerajaan Gowa, Bandar Makassar dipindahkan ke muara sungai Jeneberang. Dari sinilah Kerajaan Gowa mengalami perkembangan pesat dan mulai mengembangkan wilayahnya dengan membangun benteng pertahanan.

Benteng Fort Rotterdarm merupakan benteng pertahanan yang didirikan Kerajaan Gowa pada masa pemerintahan Raja Gowa XVI. Ada 17 benteng yang di bangun oleh kerajaan Gowa pada masa itu, dan Fort Rotterdam merupakan benteng yang terbesar. Sebegitu pentingnya peran Makassar pada sektor perdagangan Nusantara pada masa itu membuat aku semakin penasaran untuk bisa menginjakkan kaki di tanah orang bugis ini.

Ini tiga alasan utama aku lihat dunia lagi dengan menjelajah Kota berjuluk Anging Mamiri bersama teman hidup.

Melihat Kejayaan Bandar Peniagaan Rempah-rempah Terbesar di Asia Tenggara

benteng fort rotterdarm
Source : swiss-belhotel.com

Kota yang terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi ini, dulunya merupakan jalur penyebaran rempah-rempah Nusantara. Tak hanya itu, tapi juga merupakan Bandar perniagaan rempah terbesar di Asia tenggara. Hal ini dikarenakan letak Makassar yang berada diantara Malaka yang saat itu merupakan pusat dagang utama Nusantara bagian barat dan Maluku sebagai daerah penghasil rempah-rempah.

Ingin menilik kembali kejayaan Makassar pada masa itu, Fort Rotterdarm akan menjadi tempat pertama yang akan aku kunjungi. Benteng yang dulunya digunakan sebagai pusat penampungan rempah-rempah oleh Belanda ini menjadi saksi bisu masa jaya Kota Makassar sebagai kota niaga.

Di dalam benteng ini terdapat 16 bagunan dengan arsitekturnya bergaya eropa. Bangunan-bangunan tersebut berderet mengelilingi dinding bagian dalam benteng. Di dalamnya juga terdapat museum La Galigo, museum dengan koleksi fosil bebatuan dan senjata-senjata kuno milik masyarakat Sulawesi Selatan. Di museum itu kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan Kota Makassar dari masa ke masa.

Menjelajahi Karts Terbesar Kedua di Dunia

Karst rammang-rammang makassar
Source : suara.com

Berada di Kabupaten Maros, sekitar 40 km dari Kota Makassar, Karst Rammang-rammang menjadi tujuan aku selanjutnya. Menduduki posisi ketiga Karst terindah di dunia setelah Lijiang Karst di China dan Ha Long Bay di Vietnam, keindahan Kart Rammang-rammang tentunya tak perlu diragukan lagi.

Pegunungan batu kapur terbesar kedua di dunia ini memiliki 280 gua dan 16 gua diantaranya merupakan situs prasejarah tertua di dunia. Kita bisa menjelajahinya dengan cara menyusuri sungai Pute menggunakan perahu jolloro.

Setelah menikmati keindahan pegunungan karst, aku akan mengajak teman hidup aku lihat dunia lagi dengan mengunjungi Kampung Berua, kampung yang berada di tengah Karst Rammang-rammang. Membayangkan berada di sana, duduk-duduk berdua sambil minum teh panas di depan teras rumah panggung sederhana dengan pemandangan gunung karst yang memanjakan mata.

Napak Tilas Pengasingan Pangeran Diponegoro

napak tilas pangeran diponegoro di Makassar
Source : goodnewsfromindonesia.id

Siapa sih yang nggak kenal dengan Pangeran Diponegoro, pahlawan nasional asal Yogyakarta yang berhasil membuat Belanda kewalahan dengan strategi perang gerilyanya. Perlawanannya berlangsung mulai tahun 1825 hingga 1830 dan terkenal dengan sebutan perang diponegoro.

Kekalahan Pangeran Diponegoro terjadi akibat taktik licik Belanda. Pada saat itu Belanda yang dipimpin oleh Jenderal De Kock, mengajak Pangeran Diponegoro untuk bertemu dan bernegosiasi. Namun saat pertemuan ditanggal 28 Maret 1830 itu berlangsung, Pangeran Diponegoro ditangkap. Peristiwa penangkapan Pangeran Diponegoro tersebut dituangkan dalam sebuah lukisan karya Raden Saleh yang berjudul “Penangkapan Pangeran Diponegoro”.

Setelah ditangkap, Pangeran Diponegoro kemudian diasingkan. Awalnya beliau diasingkan ke Manado lalu dipindahkan ke Makassar. Salah satu bangunan di Benteng Fort Rotterdam menjadi tempat yang didiami Pangeran Diponegoro selama pengasingan. Tempat tersebut menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Diponegoro selama diasingkan hingga akhirnya Beliau Wafat pada tanggal 8 Januari 1855 dan di makamkan di Kampung Melayu, Wajo, Makassar.

Melihat langsung tempat pengasingan Pangeran Diponegoro menjadi salah satu alasanku memilih Makassar sebagai kota tujuan  untuk lihat dunia lagi bersama teman hidup. Napak tilas pengasingan Pangeran Diponegoro ini aku lakukan untuk mengenang perjuangan Beliau membela rakyat kecil dari kekejaman Belanda.

Menginap di Swiss-Belhotel Makassar

hotel impian di Makassar
Source : traveloka.com

Selama liburan di Makassar, aku mendambakan bisa menginap di Swiss-Belhotel Makassar. Hotel yang berada di Jalan Ujung Pandang No 8, ini memiliki letak yang strategis karena berdekatan dengan laut.

Sebagai daerah pesisir, Makassar memiliki keindahan laut yang tak kalah apiknya dengan laut-laut di Jawa. Dengan menginap di Swiss-Belhotel Makassar, aku bisa langsung melihat keindahan laut ketika bangun tidur di pagi harinya.

Lokasinya yang berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Hasanuddin membuatnya mudah untuk dijangkau. Selain itu hotel bintang 4 ini berada di pusat kota sehingga akses untuk berkeliling kota Makassar lebih mudah. Untuk ke Pantai Losari saja bisa diakses dengan berjalan kaki.

Swiss-belhotel Makassar

Fasilitas Hotel

Tak hanya letaknya yang strategis, fasilitas yang diberikan pun lengkap.

  • Hotel ini memiliki 296 kamar dengan desain kontemporer dan modern. Kamar-kamar ini terbagi menjadi 7 tipe yaitu Superior Room, Deluxe Room, Grand Deluxe Room, Business Suites, Executive Suites, Presidential Suites, dan Family Room dengan 3 pilihan tipe kamar yaitu Deluxe Duplex, Grand Deluxe Garden View dan Business Suites with Balcony.
  • Kolam renang dewasa dan anak-anak. Letak kolam renang berada di luar ruangan dan tepat menghadap laut. Terdapat kursi malas untuk menikmati sunset dan sunrise.
  • Fasilitas pusat kebugaran yang lengkap dengan peralatan canggih. Juga terdapat fasilitas spa dengan formula tradisional khas Makassar. Setelah capek menjelajahi Kota Makassar bisa banget nih melakukan spa biar badan kembali rileks dan fresh.
  • Restoran dengan masakan tradisional dan internasional. Untuk urusan kuliner, Swiss-Belhotel juga menyediakan restoran yang menyuguhkan berbagai masakan lokal dan internasional untuk para tamu. Jadi nggak perlu kebingungan untuk cari sarapan, makan siang atau makan malam.
  • Ruang rapat dan berkumpul. Hotel ini memilihi 8 ruang pertemuan yang bisa digunakan untuk rapat atau acara gathering. Ruangan terbesar mampu menampung hingga 1.200 orang tamu.
  • Dekat dengan tempat wisata. Terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di dekat hotal. Seperti Pantai Losari, Benteng Fort Rotterdam, Museum La Galigo dan Makassar Trade Center (MTC)  Karebosi tempat belanja dan grosir pertama di Makassar.

Memesan Hotel Lewat Traveloka

Untuk urusan hotel aku selalu mempercayakan pemesanannya lewat aplikasi Traveloka. Ada banyak pilihan hotel di berbagai kota di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara yang bisa dipesan di Traveloka hotel. Dan Swiss-Belhotel Makassar merupakan salah satu hotel yang bisa dipesan lewat aplikasi ini.

cara pesan hotel di traveloka

Cara Pesan Hotel Lewat Traveloka

1. Cari hotel

Kalian bisa melakukan pencarian hotel dengan memasukkan kota destinasi wisata atau tempat wisata. Lalu masukkan pula tanggal kalian akan menginap dan berapa kamar yang kalian butuhkan. Dan tekan tombol search.

2. Pilih hotel

Nanti akan muncul beberapa pilihan hotel di kota destinasi wisata yang kalian cari. Pilih hotel dan kamar hotel yang sesuai dengan keinginan kalian. Klik lihat kamar untuk mengetahui detail kamar yang akan kalian pilih.

3. Pesan hotel

Di halaman detail hotel, kalian bisa memilih jenis dan jumlah kamar yang ingin kalian pesan. Setelah memilih jenis kamar dan mengisi berapa jumlah kamar yang kalian pesan kalian bisa melanjutkan melakukan pemesanan.

4. Isi data pemesan dan tamu hotel

Langkah selanjutnya adalah mengisi data pemesan dan data tamu yang akan menginap. Kalian juga dapat menambahkan asuransi perjalanan ke pesanan hotel kalian.

5. Melakukan pembayaran

Setelah semua data terisi kalian bisa melakukan pembayaran. Pilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan kalian. Ada batas waktu yang ditentukan dalam melakukan pembayaran. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang diberikan habis.

6. Voucher hotel dikirimkan

Setelah pembayaran sukses diterima, nanti voucher hotel resmi Traveloka akan dikirimkan ke alamat email kalian. Pengiriman voucher hotel dilakukan maksimal 60 menit setelah pembayaran sukses.

Kenapa Harus Pesan Hotel di Traveloka?

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dengan memesan hotel lewat aplikasi Traveloka. Apa saja keuntungan yang bisa kalian dapatkan?

Harga sesuai pricelist

Harga yang diberikan Traveloka sudah termasuk pajak dan biaya administrasi. Jadi harga yang tertera di aplikasi adalah harga yang nantinya kita bayarkan tanpa ada tambahan-tambahan biaya lainnya.

Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Ada lebih dari 40 metode pembayaran yang bisa kalian lakukan saat memesan hotel lewat Traveloka. Sehingga kalian bisa dengan leluasa melakukan pembayaran. Beberapa metode pembayarannya seperti transfer ATM, kartu kredit, internet banking, via mini market seperti Alfamart, Indomaret atau Alfamidi.

Mendapatkan Harga Terbaik

Memiliki jaringan hotel yang luas, baik domestik maupun internasional, mulai dari bintang 1 hingga bintang 5, Traveloka memberikan harga yang kompetitif. Dengan dukungan dari hotel-hotel tebaik seperti Accor Hotel, Marriot, Best Western, Santika, Sahid, Swiss-Bell, Sheraton, sangat memungkinkan Traveloka memberikan harga terbaik mereka.

Review Tamu

Dengan adanya review tamu, dapat menghindarkan kita dari mendapatkan hotel yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Di Traveloka sendiri ada lebih dari 2 juta review dari tamu hotel yang pernah menginap di jaringan hotel yang ada di aplikasi Traveloka.

Diskon dan Promo Khusus

Traveloka selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik untuk para pelanggannya. Salah satunya dengan memberikan diskon dan promo untuk produk-produk layanan jasanya. Tak terkecuali dalam pemesanan hotel.

Booking Hotel Murah di Traveloka

Dalam rangka #LihatDuniaLagi bersama #TemanHidup, Traveloka memberikan diskon hotel dan Holiday Stays Duar Duar Kembar. Diskon khusus pemesanan hotel dan holiday stays ini bisa kalian temukan di tanggal-tanggal kembar, seperti pada tanggal 10 bulan Oktober ini.

Nggak tanggung-tanggung diskon yang diberikan  bisa sampai 70%, ditambah lagi kupon spesial sampai dengan Rp.1.000.000 lho!

duar duar kembar traveloka
Source : traveloka.com
Periode diskon hotel dan holiday stays Duar Duar Kembar 10.10 kali ini dimulai dari tanggal 23 September 2022 hingga 10 Oktober 2022. Diskon apa saja itu?

Diskon Special 10.10

  • Diskon hotel domestik dengan kupon diskon sampai Rp. 1.000.000 ditambah diskon special sampai dengan 30%.
  • Diskon hotel internasional dengan kupon diskon sampai Rp. 1.000.000 ditambah diskon special sampai dengan 50%
  • Kupon diskon Holiday Stays sampai dengan Rp 1.000.000 ditambah diskon special sampai dengan 30%.
  • Diskon eksklusif Bazzar hingga 70% dan kupon diskon sampai dengan Rp 500.000 untuk pilihan hotel tertentu.

10.10 Flash Sale

Duar duar Flash Sale dimulai dari pukul 19.00 WIB hingga 23.59 WIB. Kalian bisa mendapatkan diskon staycation hotel dan Holiday Stays sampai 50% ditambah kupon dobel spesial di Duar Duar Flash Sale 10.10.

Mid-Week Flash Sale

  • Promo ThursStay. Tiap hari kamis, mulai pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB dan 19.00 WIB hingga 20.00 WIB, kalian bisa mendapatkan diskon tambahan hingga 50% untuk hotel dan holiday stays.
  • Promo Staycation hemat. Tiap hari jumat mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB, kalian bisa mendapatkan diskon staycation sampai dengan 50% di promo staycation hemat.

Dengan traveloka memudahkan kita untuk booking hotel murah dengan kualitas yang istimewa. Liburan bareng traveloka bantu wujudkan mimpi untuk lihat dunia lagi bersama teman hidup.

Yuk #LihatDuniaLagi dan #BikinStaycationJadi dengan Traveloka! Langsung meluncur ke Traveloka lewat link ini : https://trv.lk/kompetisi-lihatdunialagi-bloggerperempuan

Referensi :

  1. https://www.traveloka.com
  2. https://www.makassarkota.go.id
  3. https://id.wikipedia.org 


17 komentar

  1. Ramang-Ramang dan Swiss-Belhotel nih yang udah lama bikin aku penasaran. Moga kesampaian deh pakai traveloka.

    BalasHapus
  2. Pemandangan Kart Rammang-rammang ini luar biasa ya. Pakai Traveloka berwisata ke Makassar jadi semakin mudah.

    BalasHapus
  3. Saya juga merupakan orang yang mendambakan bisa keliling Nusantara. Namun, masih menyesuaikan dengan kondisi dan tentunya budget, hehe... Semoga bisa ke Makassar juga nih.

    BalasHapus
  4. Aku kelahiran Makassar, tetapi cuma numpang lahir. Jadi pengen nih napak tilas tanah kelahiran. Sejarahnya panjang pasti menarik untuk dikunjung satu-satu

    BalasHapus
  5. Pengen banget wisata ke Sulawesi sambil menelusuri sejarahnya. Apalagi udah di tulis lengkap gini kan hingga tempat nginapnya. Ceki-ceki ke traveloka dulu lah liat tiket. Hee

    BalasHapus
  6. Asyik banget deh kalau liburan ke Makassar, bisa menikmati kuliner khas di sana. Ditambah banyak lokasi dengan sejarah menarik di sana..

    BalasHapus
  7. Makassar ini menjadi tempat yang sangat bersejarah, juga tempat yang cantik untuk dikunjungi. Belum lagi banyak kuliner khas yg wajib dicicipi. Makin menyenangkan banget kalau ke Makassar.

    BalasHapus
  8. Pemandangan Karts terbesar ini nih jadi idaman karena memang cocok jadi destinasi wisata idaman. Ah jadi mupeng mau traveling

    BalasHapus
  9. Ah iya
    Makassar ini menarik untuk dikunjungi ya mbak
    Bisa wisata sejarah, Napak tilas jejak pangeran Diponegoro

    BalasHapus
  10. Makasar jadi wishlish kami.semoga terealisasi, aplikasi traveloka recomended sekali banyak promo apalagi bagi yg hobby traveling sangat membantu sekali. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  11. Buat saya yang tinggal di kampung dan gak punya mbanking, pembayaran di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret itu sangat memudahkan lho. Jadi makin praktis ya urusannya itu

    BalasHapus
  12. Karts alias Gunung Kapur di Makasar ini memang keren banget ya, Mba. Mupeng banget pengin ke sana sambil menikmati keindahan alamnya. Kalau urusan hotel bisa serahkan saja pada Traveloka karena booking hotel di Traveloka super mudah dan banyak keuntungannya.

    BalasHapus
  13. Baru tahu lho aku ada Kars terbesar ketiga di dunia di Maros. Selain Kars, Maros juga banyak ya tempat wisata keren-keren. Puas keliling di Maros, tetap wajib mampir Makasar. Mesti di planning kalau mau liburan biar puas + booking hotelnya pakai Traveloka jangan lupa.

    BalasHapus
  14. OMG mba itu Karst Rammang-rammang menjadi gak salah deh menduduki posisi ketiga Karst terindah di dunia setelah Lijiang Karst di China dan Ha Long Bay di Vietnam. Bener-bener indah pemandangannya. Aku juga suka booking hotel di Traveloka karena lebih mudah, sat set jadinya kalau mau liburan

    BalasHapus
  15. Cakep bgt ya view Karst Rammang-rammang. Jadi pengen juga ke Makassar. Ntar nginepnya di Swiss Bell, aku pernahnya nginep di Swiss Bell yg di Solo dan nih hotel pelayanannya emang beneran bagus sih... Recommend emamg dan soal booking hotel, ga Traveloka dong solusinya.mhehe

    BalasHapus
  16. Di Makassar ada Karst terindah ketiga di dunia? Weeh, emang tanah Indonesia wajib dijelajahi apalagi bisa sekalian napak tilas pengasingan Pangeran Diponegoro. Tak cukup cuma 1-2 hari ya, Mbak. Terus nginepnya bisa ngandelin Traveloka kesayangan kita semua

    BalasHapus
  17. Buat temen-temen yang belum tahu, Karst itu adalah kawasan batu gamping. Penamaan Karst itu sendiri berasal dari wilayah yugoslavia CMIIW ^_^

    BalasHapus