Cara Dapat Cuan Dari Ngeblog

Nulis terus dibayar? Awalnya nggak kepikiran sih kalau dengan nulis bisa dapat uang.

Menulis sudah jadi hobi aku sejak usia aku masih belasan tahun. Dulu malah punya cita-cita untuk jadi Jurnalis biar bisa dapat penghasilan dari menulis.

Monetisasi blog
Source : pexels.com

Ada banyak jalan ke Roma, begitu pula ada banyak cara untuk mendapat penghasilan dari menulis. Karena nggak kesampaian menjadi Jurnalis, masuk ke dunia blog menjadi batu loncatan aku untuk menyalurkan hobi menulis.

Dulunya ngeblog cuma jadi tempat buat nyalurin hobi nulis aja. Setelah mengikuti kelas Capacity Buliding yang diadakan oleh  Komunitas Eco Blogger Squad, jadi tau deh gimana cara dapat cuan dari ngeblog.

Kelas Capacity Buliding ini diadakan pada Hari Jumat, Tanggal 20 Mei 2022 dengan tema Blog Monetization Opportunity. Narasumber yang dihadirkan adalah Kak Aprijanti seorang beauty dan lifestyle blogger.

Monetisasi blog
Keseruan kelas Capacity Building Eco Blogger Squad

Blog Monetization Opportunity

Blog Monetization Opportunity atau monetisasi blog adalah kegiatan pemasaran yang bisa memberikan keuntungan, baik dari sisi materi maupun exposure. Jika dari materi yaitu mendapatkan keuntungan langsung berupa uang, dari sisi exposure bisa menaikkan awareness di mata khalayak yang dituju.

Tipe-Tipe Monetisasi Blog

Ada beberapa tipe yang bisa dilakukan dalam monetisasi blog.

1. Sponsor

Sponsor ini biasanya berupa content placement, dimana blogger diminta untuk menuliskan artikel atau tulisan sesuai dengan pesanan yang nantinya akan dibayar sesuai dengan persetujuan di awal. Tulisan ini biasanya berupa review produk atau jasa.

Ada dua tipe tulisan yang biasa digunakan blogger Indonesia. Pertama dengan cara yang halus dengan tidak menyebutkan merk atau brand dalam judul, jadi terlihat seperti tulisan organik. Kedua dengan menuliskan brand dalam judul.

Di Indonesia sendiri tidak ada aturan yang pakem untuk membuat tulisan content placement. Jadi blogger bisa menulis sesuai dengan gaya tulisan mereka sendiri. Berbeda dengan di Amerika, untuk tulisan content placement mereka mengharuskan menuliskan nama brand dalam judul. 

2. Affiliate

Program affiliate merupakan tulisan yang disisipi dengan external link menuju ke website e-commerce. Penghasilan dari program affiliate ini di dapatkan blogger dari pembaca yang melakukan pembelian lewat tautan yang disematkan dalam tulisan. 

Untuk saat ini ada banyak e-commerce yang melakukan program affiliate ini. Seperti shopee, lazada dan masih banyak lagi. 

3. Adsense

Fitur dari google ini bisa menghasilkan cuan buat para blogger. Kalian cukup mendaftarkan blog kalian ke google Ads dan menunggu persetujuan, bila sudah di acc maka kalian bisa memasang iklan di blog kalian.

Dapat penghasilan dari blog
Source : Searchenginejournal.com

Penghasilan yang didapat berasal dari berapa banyak pengunjung blog kalian yang klik iklan tersebut. Kalian bisa menarik uang kalian jika sudah mencapai nominal tertentu, untuk saat ini batas minimal uang yang bisa ditarik adalah Rp. 1.300.000.

4. Digital Product

Tak hanya menuliskan tentang produk orang lain, kalian juga bisa memasarkan produk kalian sendiri ke blog.

5. Spokes Person

Selain menulis, kalian juga bisa menjadi pembicara dan mendapat pengahasilan dari itu.

6. Brand Ambasador

Jika kalian sudah memiliki banyak pembaca setia, bisa jadi akan ada perusahaan yang melirik kalian. Dan kalian bisa menjadi brand ambassador produk mereka.

How They Know You And Get Paid

Kalau nggak ada yang kenal, mana ada yang nawarin project, iya gak? Nah sekarang gimana sih caranya biar orang-orang tu tau kalau kalian bisa nulis dan punya blog.

1. Networking

eco blogger squad
Source : pexels.com

Networking ini penting banget lho, nggak cuman dalam dunia blogger aja, dalam dunia kerja juga penting. Kalau nggak ada kenalan sesama blogger gimana dapat info terbaru mazze.

Networking ini bisa berupa ikut komunitas hingga menuliskan biodata di sosial media. Karena biasanya sesame blogger itu saling memberi info.

Misalnya nih Blogger A dapat project dari perusahaan AA. Ada kalanya perusahaan AA ini bakal nanyain “ada teman blogger lain gak yang kompeten yang bisa ikut project juga”. Dan blogger A ini bisa jadi merekomendasikan kalian.

2. SEO

SEO atau Search Engine Optimation ini berfungsi agar tulisan kalian mudah untuk di kenali oleh google. Apa manfaatnya sih tulisan dikenal sama google?

Jika tulisan kalian mudah di tracking oleh google, maka tulisan kalian punya peluang besar untuk muncul di halaman pertama mesin pencari google. Sehingga mudah untuk ditemukan oleh pembaca. Karena kebanyakan pembaca akan mengklik artikel yang berada di halaman pertama google.

3. Ads

Mempromosikan diri kita dengan menggunakan fitur Ads di sosial media. Bisa lewat Instagram ads atau facebook ads. Dengan mempromosikan diri kita, kita bakal lebih banyak dikenal orang. Kadang juga ada perusahaan yang tertarik untuk memberikan project menulis dari fitur ads tersebut.

4. Competition

Dengan ikut kompetisi kalian akan lebih banyak dikenal. Apalagi kalau bisa memenangkan lomba bakal memberikan nilai lebih. Karena menandakan kalian merupakan orang yang kompeten di bidang ini.

Blog Make Up

Langkah yang tak kalah penting untuk dapat cuan dari ngeblog adalah dengan menata blog agar banyak menarik pembaca.

TLD (Top Level Domain)

Top level domain
Source : Pandagila.com
Yang pertama kalian harus dilakukan adalah dengan mengubahnya  blog kalian menjadi blog TLD. Kenapa? Nggak masalah sih blog kalian belum TLD kalau kalian sudah terkenal. Jadi orang nggak akan meragukan kalian. Tapi kalau kalian masih baru di dunia blog maka ubahlah ke TLD. 

Karena blog TLD memiliki kesan lebih proffesional. Sehingga orang lain akan lebih percaya untuk mengajak kalian ikut project mereka.

Responsive

Karena sekarang orang lebih suka melihat dan membaca lewat ponsel, pakailah template blog yang enak dilihat. Nggak perlu yang terlalu banyak pernak-perniknya, cukup yang simple dan menarik.

Bila ada budget berlebih kalian bisa membeli template yang menarik. Atau kalaupun memakai template yang gratis, pilihlah yang enak dilihat .

Selain tampilan, kalian juga harus memperhatikan kecepatan blog kalian. Semakin cepat proses load blog kalian semakin bagus. Karena pembaca malas menunggu, bila blog kalian lama terbuka mereka bisa saja keluar sebelum membaca tulisan kalian.

Bahkan menurut google jika proses membuka web lebih dari 5 detik saja sudah dikategorikan lama. Sehingga blog kalian diturunkan diurutan paling bawah oleh google.

Clear Contact

Tulis profil yang detail dan jelas. Hal ini berguna bagi perusahaan saat butuh content placement. Kalian bisa melengkapi profil kalian dengan alamat, email, nomor yang bisa dihubungi hingga ketertarikan kalian.

Kalian pun bisa menjelaskan profil kalian secara detail. Seperti, saya merupakan ibu dua anak atau saya merupakan wanita karier dan lain sebagainya.

Broken Link

Broken link merupakan link rusak yang tidak bisa diakses oleh mesin pencari. Broken link ini ada karena link atau website yang kita sematkan ternyata sudah hilang atau berubah domainnya. Sehingga ketika  link teraebut diklik akan muncul halaman eror. Biasanya dalam laman tersebut muncul tulisan 404 atau 505.

Broken link ini bisa menyebabkan penurunan pembaca. Sebuah survey menyebutkan, sebanyak 88% pengunjung tidak kembali ke sebuah website ketika mendapati lama 404 (eror page). Sehingga penting banget buat blogger untuk membersihkan broken link ini agar website lebih terpercaya lagi.

Niche

Blog gado-gado sangat tidak disarankan. Apa sih blog gado-gado? Blog gado-gado adalah istilah yang diberikan untuk blogger yang tulisan blognya beraneka ragam. Jadi segala hal dibahas, mulai dari kesehatan, traveling, kuliner, make up, fashion dan lain-lain.

Ada baiknya setiap blogger fokuss pada satu niche saja. Kalau memilih niche Kesehatan ya fokus aja nulis tentang kesehatan, seperti itu. Atau kalau sudah terlanjur gado-gado, ada baiknya sedikit demi sedikit mulai difokuskan ke niche tertentu.

Karena niche ini memperlihatkan karakteristik kalian. Yang nantinya berguna dalam menentukan ciri khas kalian.

Mandatory Tools

dapat penghasilan dari blog
Source : pexels.com

Sekarang apa saja sih alat yang digunakan untuk menunjang blogger dalam menulis blog.

Kw Tools

Keyword ini berguna agar tulisan kalian SEO friendly. Sehingga pembaca yang mencari di google search engine mudah menemukam tulisan kalian. Kw tools ini berfungsi untuk mencari kata kunci apa sih yang sering dicari di google search engine?

Nah apa saja kw tools yang bisa kalian gunakan

  • Answerthepublic.com
  • Google trend
  • Google keyword planner
  • Keywordtool.io

Analitiyc Tools

Analityc tools ini berfungsi untuk melihat performa blog kalian, sehingga kalian bisa melihat perkembangannya. Selain itu dengan analityc tools ini kalian juga bisa menentukan goals untuk blog kalian.

Apa saja Analityc tools yang bisa kalian gunakan.

  • Google Analitycs
  • Social Media Analitycs
  • Think With Google

Audit Tools

Audit tools ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi dalam blog kalian. Dengan audit tools ini kalian bisa tau nih erornya blog ada di mana dan bisa memperbaikinya.

  • Google Source Control
  • Semrush
  • Broken Link Checker

Nah itu tadi berbagai tips yang disampaikan oleh  Kak Aprijanti dalam kelas Capacity Building yang diselenggarakan oleh Komunitas Eco Blogger Squad. Banyak banget yang aku dapatkan dalam kelas ini. Semoga kalian yang membaca tulisan ini juga mendapatkan banyak insight yang bisa langsung diaplikasikan.


 

Tidak ada komentar

Posting Komentar